Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Jeritan Siksa Dari Alam Kubur

Posted by agorsiloku pada Januari 7, 2007

Ini adalah kali kedua saya mendengar ceramah yang isinya tentang Dr Azzacov, seorang geolog. Di Siberia sana, menggali sampai kedalaman 14,4 km dan menemukan suara-suara orang yang kemudian dianalisis sehingga dan kemudian disimpulkan itu adalah suara dari neraka atau minimal siksa kuburlah. Bahkan suaranyapun diperdengarkan kepada sejumlah jamaah. Saya juga sudah mendengar ini untuk kesekian kalinya, tapi untuk kali ini terasa berbeda, sebab diceramahkan di Mekkah, di Tanah Haram. Menjadi bagian dari pesona keagungan Allah yang memperlihatkan bagian dari kekuasaanNya untuk diperdengarkan pada Dr Azzacov, kemudian dilantunkan kembali oleh ustad kami di sebuah apartemen tempat kami dalam perjalanan haji.

Cerita ini bahkan beberapa kali diulas oleh berbagai site dan media Islam. Saya sendiri tidak pernah terlalu tertarik pada ulasan begitu dan biasanya langsung saya lewati saja. Saya berpendapat bahwa semua yang berkenaan dengan gambar kebesaran Allah melalui sajian tulisan, pohon rukuk, tomat bertuliskan Allah, Suara Azan di bulan, atau neraka dalam perut bumi, atau sejenis-sejenisnya adalah hoax. Kebohongan atau kerjaan setan (setan dari golongan jin atau setan dari golongan manusia). Jadi, menanggapinya, memikirkannya adalah buang-buang waktu saja.

Ada beberapa alasan mengapa saya tidak merasa perlu percaya :

  1. Wahyu Allah yang datang kepada Nabi terakhir berlandaskan tauhid dan akal sehat. Kita diwajibkan mempercayai yang ghaib, mengimani kampung akhirat dan hari berbangkit dengan penjelasan cukup rinci dalam Al Qur’an dan sebagian penjelasan dari Hadits. Al Qur’an lebih mengetengahkan berpikir dan beriman sebagai derajat lebih.
  2. Nabi Muhammad, meskipun pada beberapa hadits memiliki hidayah untuk melihat/mengetahui hal-hal yang ghaib ataupun supernatural dan mendapatkan rahmatNya untuk melakukan perjalanan super dahsyat ke Sidratul Muntaha, namun dalam melaksanakan tugas kerasulannya tidak diberikan kekuatan-kekuatan ajaib yang neko-neko. Nabi tidak bisa menghidupkan orang mati, seperti dilakukan nabi Isa. Terluka ketika perang Uhud.

Jadi, dari dua hal pokok di atas, terlebih kalau kita membaca ayat-ayat suci (meskipun hanya terjemahannya yang bisa dimengerti lebih baik), terasa sekali kekuatan logika, pelajaran berpikir sebagai bagian dari energi kesalehan, yang harus dipelihara. Dengan konteks ini, maka saya lebih menganggap bahwa Allah tidak lagi akan menunjukkan keberadaanNya melalui cara-cara yang sudah tidak sesuai dengan jamannya lagi.

Saya lebih cenderung berpikir bahwa Allah mengajak manusia di akhir jaman untuk melihat keagunganNya, mengenalNya melalui ilmu dan pengetahuan, melalui tataran sains dan penciptaan, dan juga pada manusia itu sendiri seperti yang Dia jelaskan dalam ayat-ayatnya yang bertaburan logika dan pemantapan ilmu. Bahkan, menurut saya cahaya Al Qur’an semakin tampak jelas dengan semakin dalam dan luasnya ilmu, teknologi yang berhasil diraih kebudayaan manusia.

Pemahaman manusia di masa kini kepada ayat-ayat suci akan lebih cerah dan jernih dibanding saat Al Qur’an diturunkan atau beberapa abad kemudian. Mungkin dan sangat mungkin abad ke 21 ini pun belum sampai pada puncak peradaban pemahaman Al Qur’an, namun setidaknya dari beberapa kesesuaian sains cahaya Al Qur’an kian nampak. Bahkan dari beberapa sisi, sangat tampak pula bahwa sains masih terlalu kerdil pula dibanding penjelasan Al Qur’an.

Ada sebagian yang berpikir bahwa sains jangan dibawa ke dunia wahyu Illahiah. Menurut saya malah nggak begitu. Sains masih merupakan variabel kecil saja yang menunjukkan kebenaran Al Qur’an. Al Qur’an menunjukkan arah-arah akan kebenaran sains dan boleh jadi di suatu masa, sains bisa memiliki akselerasi lebih baik justru dengan memahami wahyu dari Al Qur’an. Sains justru masih terbata-bata meskipun sudah menjelang ujung ilmu pengetahuan. Pembahasan jagat raya statis, kemudian dikoreksi bahwa jagat raya meluas. Al Qur’an sudah menjelaskannya sejak dari dulu.

Bukan hanya sains, tapi juga fungsi-fungsi sosial terdefinisi jelas dalam Al Qur’an. Misalnya, keseimbangan al Qur’an mengenai kata-kata tertentu, bilangan 19, dan lain-lainnya hanyalah awal dari pemahaman baru, mengapa sampai Allah menantang ciptaanNya : buatlah ayat seperti al Qur’an kalau kamu memang benar.

Jadi, di akhir masa ini kiamat yang sudah tinggal sedikit lagi saja, saya berpikir bahwa Allah tidak akan lagi mengeluarkan bagian-bagian ilmuNya dengan cara-cara yang manusia akan berpikir ajaib, menyampaikan melalui pembukaan hijab-hijab yang dianggap mujizat sehingga manusia percaya pada keagunganNya. Iman dan akal adalah paduan sempurna untuk memahami ayat-ayatNya.

Kembali ke suara dari siksa kubur atau neraka Dr. Azzacov yang diceramahkan sebagai bagian dari “pemerkuat keimanan” dengan hoax. Menurut saya justru yang terjadi adalah sebaliknya. Yang mempercayai, akan kembali kepada dunia klenik lagi. Mencoba memahami konsep Alam Kubur dari sisi Al Qur’an tentunya lebih terjamin dari sudut keimanan. Menutup pintu akal dan iman, menjadi percaya keagungan Allah sambil bersekutu dengan setan. Bukankah nabi tidak mengajarkan ummatnya untuk mencontoh dan percaya hal-hal yang biasa terjadi sebelum kehadiran Nabi Muhammad?, begitu juga yang jelas kita baca dalam rangkaian ayat-ayat. Bukankah begitu banyak disampaikan : apakah kamu tidak memikirkannya?, pelajaran bagi orang yang berakal?.

Dunia kita masih dipenuhi sajen, ngelap berkah, dan hal-hal sejenisnya. Dunia dimana akal dikesetkan dan logika masuk tong sampah. Padahal sudah ditegasi berkali-kali, mereka itu tak bisa memberikan manfaat dan mudharat bagimu.

Dengan segala akal, tentu saja saya percaya bahwa saqar (kiamat) itu ada, neraka dan surga, hari pembalasan, malaikat, dan hal-hal ghaib itu diimani. Seperti juga berusaha memahami, bahwa ternyata alam semesta ini terbentuk dari energi, bahwa ternyata sebagian besar universe ini ternyata dibentuk oleh materi gelap. Dan percaya bahwa para fisikawan teoritis masih bergelut dengan pendekatan-pendekatan kuantum untuk memahami proses penciptaan. Ilmuwan boleh jadi akan mengubah lagi teorinya, dan Al Qur’an akan menunjukkan lagi tingkatan kebenarannya. Saya tak ragukan ini.

(Catatan Perjalanan Hajj 4)

About these ads

301 Tanggapan to “Jeritan Siksa Dari Alam Kubur”

  1. Dono berkata

    Ass.wr.wb,
    Pak Agorsi, saya yakin dan memang tepat bahwa alam semesta ini terbentuk dari energi.Dan klo saya boleh tambahkan bahwa sesuatu yg hidup itu adalah energi walaupun yg telah mati masih mempunyai energi, seperti firman Allah s.w.t sebelumnya, bahwa mereka2 yg telah mati itu sebenarnya tidak mati.

    Salam untk pak Agorsi.

    wassalam.

    • Anonymous berkata

      ngapusinan ngno kuwe om

    • darma berkata

      gw mah ga percaya ama tuh orang yg nulis jgn2 salah satu dari yahudi yg mu merobah islam boleh dong curiga. jaman sekarang gitu loh…. kalo org yahudi kan pinter bahkan islam aje hampir hancur tuh sama yahudi.. dgn bermacam macam alasan yg masuk akal emang sih ade bener nye ade salah nye tuh orang ngomong.. tp kalo bagi yg suka baca hati hati lah islam menjadi 73 golongan mungkin salah satu nye yg nulis di atas… kalo saran gw mah loh cari islam yg lo anggap baik dan lo terima menurut nalar fikir lo udeh lo kerjakan yg baik lo ambil yg buruk lo buang, dan lo merasa orang yg paling berdosa, orang yg paling salah namun lo terus berusaha mencari kebaikan udah gitu aja . islam ga bertele2 ko, lo jauhin larangan ya lo jalanin perintah nya.
      segala sesuatu yg lo liat baik kekuatan manusia atau kejadian alam, itu semua seharus nya menjadi pegangan hidup bahwa allah itu ada. dan siksa kubur itu tampak… inget bos allah itu ghoib.. namun lebih dan lebih dari apa yg kita lihat dan kita saksikan … gitu aje repot
      contoh seandai nya ada orang ga mempan di bacok, bisa terbang, bisa ilang dll ya ga papa dan lo seharus nye memiliki pikiran entu baru orang tuh blom tuhan gw kecil itu mah.. jd segala apa yg kite liat dan kite saksikan tentang penomena alam ghoib, keajaiban alam dan dll kite harus bersukur terus kite harus tambah yakin sama allah se yakin2 nye.. kenape rosululah ga bisa terbang ga bisa ilang mempan di bacok ye jelas lah oarang dia nabi penuh sareat ya harus ade sareat nye kalo rosululah kaya begitu bisa ilang bisa terbang dll heheheheheee gw yakin ga da org kapir yg ada cuman orang islam trus dunia ga nikmat deh.. atau gini aje allah aje langsung turun trus gebuk org yahudi or yg nentang islam hahhahahh ga logis ga da sorga ga da neraka dong, setan protes tuh di mane letak kasih sayang allah. semua yg alah ciptakan di dunia ini adalah sebagai perbandaingan dan hiasan sekaligus cobaan dan tantanggan bagi orang yg beriman
      semua adalah rekayasa allah…. jd ga usah lo berfikir yg jauh atau berusa ha menaruh paham lo ke semua orang
      jgn2 lo orang yg mengkapir kan org lain lagi heheheheheeee
      nih pesen orang gila pikirin dah gw mah ogah ,, org gila di pikirin

    • Anonymous berkata

      Tetapi Allah akan terus menunjukkan keberadaanNya melalui cara-cara-Nya (sudah pasti sesuai dengan zamannya) hingga Kiamat tiba. Bukti-bukti banyak bertebaran di langit dan di bumi

      • evie oktaviany berkata

        wahhhh alam kubur ternyata menyeramkan dan tidak akan pernah kita ketah,,,

      • iwan setiawan berkata

        Kebanyakan manusia adalah fasik yaitu menolak kebenaran. Jangan seperti orang sekuler/liberal menjadi sesat karena logika dan pemikirannya sendiri. Semoga azacov mendapat hidayah Allah. Mukjizat Nabi Muhammad Isra mikraj dan membelah bulan,yang membelah bulan sebenarnya Allah. Nabi Isa bisa menghidupkan orang mati sebagai tanda kerasulannya, Yang menghidupkan orang mati sebenarnya Allah, Nabi Musa dengan tongkatnya membelah laut merah menjadi dua hingga selamat dari kejaran Firaun… apakah otak manusia bisa mencernanya ?? Bagaimana pula dengan karomah2 yang dialami mujahidin Afghan,Cechnya, Bosnia dan Palestina yang semuanya terjadi diluar nalar manusia??? Apa itu tidak cukup membuktikan Kebesaran Allah?? Semua karena Kehendak dan Kekuasaan Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

      • agorsiloku berkata

        … apakah otak manusia bisa mencernanya ??
        Pertanyaan yang bukan pertanyaan yang bagus.
        Jawaban Agor : Tentu saja dapat mencernanya. Kenapa tidak. Tapi, tentu kita tidak membandingkan mujizat yang terjadi di masa kerasulan dengan apa yang didefinisikan sebagai karomah kan…. Tapi, kalau soal dr azzacov menganalisis suara drilling mesin di dalam sana, lalu disimpulkan sebagai suara jeritan dari neraka atau alam kubur… apa mas tidak bisa merasakan bahwa itu sebuah kebohongan (kecuali jika ada petunjuk di Al Qur’an atau Hadits Shahih, yang menegasi bahwa suara dari alam ghaib, bisa didengar oleh manusia. Sedangkan pengetahuan yang ghaib, kepada Nabi pun, diberikan, tapi tidak pada semua Nabi……

  2. helgeduelbek berkata

    Bagaimana dengan pertanda-pertanda seperti yg dibahas dalam buku-buku atau videonya Harun Yahya?

  3. agorsiloku berkata

    Saya belum pernah baca buku Harun Yahya secara serius, tapi kalau videonya sekitar 10an lebih sudah ditonton. Asyik dan nggak ada masalah kok. Mungkin ada yang menyalahkan “dianggap sesat”, terutama ketika menjelaskan tentang alam yang semu yang ada di pikiran. Mirip-mirip pendekatan Wahdatul Wujud Ibnu Arabi yang di”kafir”kan. Mendekati kelogisan alam holografis Prigram yang menjelaskan dunia sufi dari kacamata lain.
    Saya sendiri, percaya dunia itu semu dan hanya main-main belaka. Yang sesungguhnya, itulah kampung akhirat (QS 29:64). Apakah karena itu, Harun Yahya menjelaskan modelnya, saya tidak tahu.

    Sampai saat ini, saya belum pernah nonton video suara alam kubur dari Harun Yahya (apa ada ya?).
    Salam, agor

  4. Syahidil berkata

    Bagaimana penjelasan ilmiah untuk membuktikan bahwa sesuatu itu adalah HOAX ?? Apakah tepat jika kita menyebut suatu berita itu sebagai suatu HOAX, sedang kita tidak/belum pernah melakukan cross-cek sumber-nya alias belum tahu bernar/salah.

    Jangan sampai saat kita mendengar sesuatu hal yang kedengarannya rada aneh, lantas kita bilang itu HOAX lantara kita belum tahu jelas (tidak percaya) sumber beritanya.

  5. agorsiloku berkata

    Mas Syahidil, terus terang saja tidak mudah. Apalagi jika cara penyajian, kualitas bahasa, dan keilmiahannya kita rasakan tinggi. Yang biasa saya lakukan adalah mencari pandangan pembanding dari situs-situs lainnya (pada site ini saya masukan di katagori fenomena : Museum Hoax, Mister Hoax, dan TheModernReligion) atau ada berita-berita lainnya. Apakah itu benar?, kadang ragu juga.
    Namun, jika terkait dengan berita yang bisa dikomparasi dengan info wahyu Al Qur’an, maka tentu saya meyakini kebenaran dari Al Qur’an.
    Misal, Allah menyampaikan bahwa Gaib itu urusanKu, itu jadi patokan. Tapi di bidang kesehatan (seperti makanan sesuai golongan darah), (air hexagonal), pendaratan ke bulan, segitiga penyelamat, informasi dari ragam sumber membantu. Ahli pada bidang yang terkait, biasanya akan memberikan informasi yang benar.
    Cara-cara cerdas seperti DHMO (katagori sains), saya masukkan. Ini seperti hoax, tapi sesungguhnya cara penyampaian yang cerdas yang membuat se-olah-olah DHMO adalah zat berbahaya.
    Kalau itu belum kita dapatkan, (yakini kebenaran dan belum berhasil di cek n ricek)… ya, saya tidak mau jadikan itu sebagai referensi.
    Salam, agor

  6. Abdullah berkata

    Mas Agor kita tidak boleh mengatakan sesuatu yg kita sendiri belum tahu kebenarannya itu dikatakan Hoax, yakinkanlah sesuatu walaupun itu tdk sesuai dgn pikiran kita bahwa Allah S.W.T mampu membuat sesuatu untuk menunjukan kebesaran-Nya, dan cukup katakan AllahuAkbar apabila melihat sesuatu tentang mahluknya untuk menunjukan kebesaran-Nya, tugas kita hanyalah meyakini kebesaran Allah S.W.T. Apabila itu menambah keyakinan kita bahwa Allah itu Maha Besar dan tidak mengandung kesyrikan didalamnya maka tidak perlu dikatakan itu adalah hoax…
    Wassalam.

    @
    Mas Abdullah yang dirahmati Allah,
    Cukup lama saya merenungkan berbagai “tanda-tanda” yang sering disebarluaskan di internet, kadang dikutip berbagai orang, bahkan oleh ulama terhadap “tanda-tanda” ini sebagai bukti kebesaran Allah. Mulai dari tulisan-tulisan pada buah semangka, pohon rukuk, tulisan Allah pada gelombang tsunami, suara azan di bulan, juga termasuk suara siksa kubur dari kedalaman bumi yang dibahas ringkas pada tulisan ini. Inikah bukti kebesaran Allah?. Apakah manfaatnya bagi kita, manusia, khususnya ummat muslim?, bagaimanakah kita menyikapinya?, mungkinkah kita menguji kebenarannya (atau seperti orang terdahulu, apapun yang ditunjukkan tentang tanda-tanda kuasaNya), ditertawakan, dikatakan sihir, dan lain-lain sebagainya.

    Lalu, kalau “tanda-tanda” itu muncul di masa kini, bagaimanakah kita menyikapinya?. Apakah kalau kita tidak mempercayai berarti kita tidak menghambakan diri, tidak berserah diri padaNya. Sebaliknya pula, kalau itu ternyata (dan harus dibuktikan), itu adalah kebohongan, maka bagaimana pertanggungjawaban hambaNya kelak di depan pengadilan akhir?.
    Jujur saja, tidak mudah untuk menganalisis hoax, apalagi jika dibungkus dengan pendekatan ilmiah, kebesaran nama Allah yang terbungkus begitu. Bahkan di majelis keagamaan, oleh ulama top, oleh para ustad, itu juga dijadikan bukti kebesaran Allah. Sedangkan agor, menolak mentah- mentah hal-hal sejenis ini.

    Apa alasannya?.

    Pikiran logis : Tanpa hal-hal seperti itu, di masa akhir kehidupan manusia (ciri-ciri jaman akhir sudah tampak), hal-hal seperti suara alam kubur begitu tidak logis sebagai bukti kebesaran Allah. Allah telah menunjukkan pada alam semesta ini dan pada diri manusia sendiri tanda-tanda kebesaranNya. Bagi orang berakal. Jadi, tidaklah logis itu kerjaan (atau atas perintah Allah) ditunjukkan hal-hal seperti itu. (itu menurut pikiran agor).

    Sejarah Mujizat : Mujizat selalu ditunjukkan Allah kepada manusia (sesuai dengan kualitas berpikir manusia) dengan cara keluar dari hukum-hukum alam (sunatullah) kepada kaum yang ingkar agar mereka memilih jalan beriman. Sejak masa nabi-nabi terdahulu sampai nabi terakhir. Contoh tentu sudah banyak, seperti mujizat pada Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Shaleh, dan lain-lain yang sebagian dijelaskan oleh Al Qur’an.

    Kualitas dari Mujizat selalu meningkat (artinya lebih besar, dan lebih besar lagi), seperti ditegasi dalam QS 43:48 Dan tidaklah Kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. Dan Kami timpakan kepada mereka azab supaya mereka kembali (ke jalan yang benar).

    Al Qur’an adalah mujizat terbesar untuk ummat di penghujung waktu, Isra Mi’raj adalah mujizat yang tidak ada duanya dalam sejarah ilmu pengetahuan tentang alam semesta, bulan terbelah adalah sesuatu yang dahsyat yang ditunjukkan Allah kepada ummat zaman akhir. Al Qur’an memiliki sistem informasi dan keakuratan yang tidak tertandingi dengan tantangan kepada manusia sangat mengesankan : Buatlah ayat yang serupa…

    Al Qur’an dalam beberapa bagiannya dijelaskan : sempurna, terinci, pelajaran untuk orang berakal.

    Kemudian, bagaimanakah posisi “Suara Jeritan Alam Kubur” yang saya komentari panjang lebar dalam artikel di atas.
    Apakah itu alam kubur, apakah itu gaib, bagaimana urusan gaib dikendalikan oleh yang mahaKuasa. Mengapa Allah menyatakan, yang gaib itu adalah urusanKu. Bahkan jin pun (mahluk tidak kasat mata), tidak masuk dalam kriteria gaib dalam penjelasan Al Qur’an. Jika jin mengetahui hal yang gaib, sudah tentu ketika Nabi Sulaeman wafat, jin mengetahuinya. Faktanya tidak.

    Suara Alam Kubur yang ditangkap oleh perangkat teknologi menurut hemat agor, menurunkan derajat kemampuan berpikir manusia, ditarik ke masa-masa kegelapan kembali ketika sihir dan tipu daya merajalela di muka bumi (dan sampai kini).

    Juga dari link yang dirujuk pada artikel di atas, ada penjelasan tambahan. Mudah-mudahan ini memberikan makna dalam sebuah wacana.

    Ini hanyalah sebuah ijtihad, sebuah proses berpikir yang boleh jadi si agor juga keliru. Kebenaran milik Allah semata.
    Wassalam, agor.

  7. wahyudin berkata

    pak’orang yang menemukan suara siksa dalam kubur di siberia berkata”saya sebagai komunis tidak percaya surga dan neraka,tapi saya sebagai ilmuwan percaya itu

    @
    Sebagai orang muslim, ketika menerima berita dari…., maka periksalah (QS 49:6).
    Begitu terang Al Qur’an mengingatkan kita agar memeriksa. Singkatnya, kita hati-hati gitu lho, biar nggak nyesel. Masa peringatan dari Allah kita abaikan. Salam, agor

  8. El Zach berkata

    Kehati-hatian sangatlah penting,
    jangan sampai keluar dari batas-batas keimanan,
    karena salah satu tanda kiamat adalah hadirnya sejahat-jahat ulama,
    hendaknya kita rajin2 berdo’a semoga kita dan keluarga kita dijauhkan Allah SWT. dari segala keburukan di dunia hinga akhirat.
    semoga Allah SWT melindungi kita hingga mencapai husnul khatimah.

    @
    amin.

  9. cidh berkata

    saya pernah liat filmnya,tapi ga dengerin ceramahnya… waktu mulung data diwarnet punya temen.. karena takut keyakinan berpindah.. jadinya lebih baik datanya diapus..

    @
    sip, jangan pelihara kalau ragu dan tidak sempat dalami. salam

  10. Chairul berkata

    Apa benar??? tolong donk paparkan dengan cara-cara Qur’ani!
    Jangan dengan “Pikiriani”-ye! pusing pak…! semua pasti ada penjelasan Qur’annya donk ttg hal itu….

    kalo cuma menurut saya! wah udah banyak donk yg bilang gitu…

    hmmm… btw:
    “…maka saya lebih menganggap bahwa Allah tidak lagi akan menunjukkan keberadaanNya melalui cara-cara yang sudah tidak sesuai dengan jamannya lagi.” Apa iya???? buktinya masih banyak tuch… yg diperlihatkan Allah sama seperti pada orang-orang terdahulu!!

    ‘tidak lagi’ how come u be so sure, sir?? wah bahaya donk pak, kalo main anggap-menganggap! kalo gitu Ulama, Utadz atau bahkan pembawa Risalah-pun… gak ada gunannya donk??!

    Klenik?? weks! binatang apa itu?? “Baca aja: Bid’ah-bid’ah dianggap Sunnah”

    @
    Kalau sempat, ikuti link-link yang disambungkan dan komentar/jawaban pada bagian bawah artikel ini.
    QS 43:48 Dan tidaklah Kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. Dan Kami timpakan kepada mereka azab supaya mereka kembali (ke jalan yang benar).

    Saya menggunakan kata “menurut saya”, karena begitu banyak saya baca yang mempercayai hoax itu sebagai mujizat dengan berbagai alasan. Saya juga prihatin bahwa tidak sedikit site-site “sholeh” yang ikut serta menyebarkan “apa yang disebut sebagai kebesaran Allah” itu, sedang saya menolaknya. Perbedaan itu juga datang dari ulama yang meyakini. Penjelasan Al Qur’an yang spesifik tidak/belum saya jumpai, tapi kalau perilaku syirik, ceklah segala sesuatu apalagi datangnya bukan dari kaum beriman, dan sejenisnya cukup banyak. Salah satu yang saya dapatkan dari argumen penolakan adalah QS 43:48 itu, namun dari nalar, saya menyebutkan seperti kalimat yang Mas kutip itu.

    buktinya masih banyak tuch… ==> untuk contoh seperti apa, makin spesifik mujizat yang dapat Mas jelaskan, tentu akan lebih mudah dipahami (kalau ada)….

  11. Chairul berkata

    udah, saya liah link2 sebelumnya. yah.. wallahu’alam …

    tapi, tujuannya apa donk? pembodohan trhadap umat kah hal tersebut?? mengkaburkan ttg hal akhirat/hari pembalasan kah?? ghozwul fikr kah?? bener jadi bikin pusing eh.. :-D bukannya saya mmbahas ttg suaranya (bisa jadi memang mixed & match dari aplikasi komputer yang canggih kan?)– tapi, maxud dan tujuan klo itu hoax pak?? :-?

    sewaktu sma, sy pernah melihat ikan dibadannya mirip2 tulisan 4JJ1. tepatnya di daerah curug, kalimalang. klo seperti itu bagaimana? kebetulan? atau… kemiripan? atau… yah anggap aja ikan biasa…?? (tapi banyak lho yg datang pak!) tlg advisnya.

    @
    trims kalau begitu….
    Soal kebesaran Allah, menurut saya rujuk saja Al Qur’an, sangat banyak petunjukNya sebagai petunjuk untuk orang berakal. Tanda-tandanya. Sedangkan sifat mujizat kepada para Nabi yang dirujuk oleh Al Qur’an pada peristiwa sebelum Nabi, hampir semua berada pada lintas mujizat di kelas untuk melawan sihir, mujizat, azab yang tak dijelaskan oleh sisi-sisi ilmu pengetahuan.

    Surat QS 43:48, kalau kita renungkan sejak jaman Nabi Ibrahim (tahan api), Nabi Isa (menghidupkan orang mati), Nabi Muhammad (Al Qur an, Isra Miraj), jelas menunjukkan kualitas yang memenuhi ayat 48 surat 43 tersebut. Jadi, saya berpikir bahwa hoax itu kalau dipercaya, itu hanya kerjaan setan dari golongan manusia dan jin saja. Al Qur’an merujuk pada akal (berpikir, rasio, logika, ilmu pengetahuan, teknologi). Rujukannya ke sana. Tentunya, di samping iman.

    Tulisan yang seperti Allah di ikan, atau yang mirip atau ayam berkaki 8, atau sejenisnya, ya biasa saja. Allah menunjukkan kehadirannya melalui pengetahuan tentang alam dan penciptaan yang jelas lebih bermakna dari sekedar unjuk diri anak-anak.

    Lalu kalau banyak yang datang, banyak yang ngelap berkah, banyak yang memuji dan memuja, banyak yang melihat sebagai mujizat —> apa manfaat bagi kemashalatan ummat. Apakah ummat Islam diajarkan untuk mengagumi ciptaan Allah atau suara-suara ghaib sebagai alat untuk meningkatkan mutu keimanan?. Bagaimanakah iman itu ditingkatkan?, apa ajaran AlQur’an dan hadis? Kenapa kita tidak ke sana saja, padahal jelas Junjungan, Nabi Besar SAWA telah menegasi warisan untuk ummat adalah Al Qur’an dan Assunnah (ini juga ada di Al Qur’an), wasiat terakhir beliau SAWA di akhir hayat. Apakah ummat Islam tidak yakin akan kebesaran dan keberadaan Allah sehingga harus merujuk kebenaran melalui gambar Allah di awan, di api, atau di ikan. Kemudian berharap pada satrio piningit (?), imam mahdi atau manusia akhir zaman?. Kenapa begitu suka sama yang secara sosiologis, merujuk pada asa-asa yang begitu. Subhanallah, masa suci Allah dari apa yang dipersekutukan.

    Untuk apa?. Kalau merujuk pada sosiologis Islam, ummat yang jauh dari pemahaman kitabnya, buat islam di mata yang lain adalah bagus. Bagus sekali. Tidak usahlah ummat Islam murtad. Cukup melupakan Qur’an dan Hadis, rajin memecah belah antar golongan, itu sudah menjadi pertanda yang baik. So, juga semakin percaya sama yang tak manfaat, tak jelas itu, akan makin baik bagi ummat Islam. Kalau mereka bersatu, tekun, membuat nuklir, dsb, wah bahaya. Cukuplah mereka terpecah belah, bodoh, dan sebagian kita cap teroris. Oke….. Itu politik sejak jaman penjajah seabad yang lalu.

    Kemudian, saya tanya kembali, di abad ke 21 ini, apakah Allah Mas Chairul pandang perlu menunjukkan mujizatNya dengan cara begitu, di Malang, di Siberia, atau di api Sidoarjo?. Lalu what next?. Sedangkan Voyager buatan Amerika sudah meluncur berkali-kali, menjelang masuk ke Yupiter, Amerika sudah mendaratkan teknologinya di Mars, dan kita berkutat dengan mujizat pohon yang rukuk?. Astagfirullah, saya nggak percaya Allah ndeso begitu. Akal saya tidak mengijinkan untuk mempercayai, dan ayat yang tadi, adalah petunjuk yang saya imani.

    Salam, agor.

    • syaiful berkata

      Pak Agor, saya setuju pendapat bapak tentang yang ghoib,,tidaklah mungkin allah itu menunjukkan kebesarannya dengan cara2 seperti itu.. Jangan sedikit2 kita menganggap mukjizat.. Dikatakan mukjizat kalau tingkat kecerdasan manusia belum sampai kearah sana..sbg contoh ” kalau jamannya nabi ibrahim ada orang yg bisa berkomunikasi jarak jauh (jawa-sumatera) itu pasti dikatakan mukjizat, krn tingkat kecerdasan manusia di jaman itu belum sampai kearah situ,,tapi klu sekarang orang sumatra mendapat call dari jawa bukan mukjizat lagi namanya..bapak2,ibu2 kebenaran dan kebesaran illahi sekarang ini telah banyak terkuak dengan penemuan2 saintis…cobalah berpikir realistis..

      • agorsiloku berkata

        Pada masa Firaun, QS 43:48, Allah memperlihatkan mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari sebelumnya. Saya memahami ayat ini sebagai informasi bahwa mukjizat adalah peristiwa khusus yang diperlihatkan kepada manusia dengan kriteria yang punya sifat “semakin” tinggi nilainya. Pada pemahaman ini pula, saya me”nilai” mukjizat yang diberikan kepada rasul-rasulNya juga memiliki kadar yang semakin dahsyat. Pada Nabi Ibrahim salah satu mukjizatnya adalah tahan dibakar api. Pada Nabi Isa, mampu menghidupkan orang mati. Mana yang lebih dahsyat : tahan dibakar api (api terasa dingin) dengan kemampuan menghidupkan orang mati)?. Logika kita berada pada pemahaman menghidupkan orang mati lebih dahsyat. Bagaimana dengan mukjizat Nabi Muhammad diperjalankan ke Sidratul Muntaha. Bahkan ini hanya aspek keimanan saja yang mampu menerimanya. Demikian pula dengan Al Qur’an yang diturunkan dari perbendaharaan lauh mahfuzh?.
        Setelah berakhirnya masa kenabian, mukjizat dalam kriteria apa lagi “perlu” dikeluarkan?.
        Tentu di sini mendefinisikan pengertian mukjizat dalah khasanah Al Qur’an, bukan mukjizat menurut tradisi atau pemahaman, asal hebat dan luar biasa, kita sebut mukjizat.
        Trim’s untuk kesamaan pandangannya. Pada berbagai komen, tidak sedikit pula yang berbeda. Kita arifi saja perbedaan itu dalam semangat yang sama. Ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya…..
        Wassalam, agor

      • Asalamu’alaikum Kang @Agorsiloku. :D

  12. dika berkata

    assalamualikum Wr Wb. menurut saya mengenai hal ini kita kembalikan saja pada diri sendiri tentang jeritan dr alam kubur itu semuanya kehendak yang maha kuasa kita hanya manusia bias yang tidak dapat hidup dan berdiri sendiri. memang itu suatu keajaiban atau ke agungan Allah yang dapat kita rasakan untuk menjadi hidayah dan peboman untuk menuju kampung halaman di hari akhir. terima kasih wasalamualikum WR WB.

    @
    Wass wr.wb.
    Kurang lebih begitu Mas Dika, kembalikan saja pada diri mereka sendiri (apa maksudnya yang “kembalikan saja” itu?).
    Saya hanya memberikan catatan dalam sebuah wacana :

    Sebagai orang muslim, ketika menerima berita dari…., maka periksalah (QS 49:6).
    Begitu terang Al Qur’an mengingatkan kita agar memeriksa. Singkatnya, kita hati-hati gitu lho, biar nggak nyesel. Masa peringatan dari Allah kita abaikan.

    Kualitas dari Mujizat selalu meningkat (artinya lebih besar, dan lebih besar lagi), seperti ditegasi dalam QS 43:48 Dan tidaklah Kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. Dan Kami timpakan kepada mereka azab supaya mereka kembali (ke jalan yang benar).

    QS 72:26. (Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.

    QS10 :20. Dan mereka berkata: “Mepada tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) suatu keterangan (mukjizat) dari Tuhannya?” Maka katakanlah: “Sesungguhnya yang ghaib itu kepunyaan Allah, sebab itu tunggu (sajalah) olehmu, sesungguhnya aku bersama kamu termasuk orang-orang yang manunggu.

    Kemudian, alam kubur itu berada pada posisi mana dalam pandangan kehidupan?.

    Wass, agor.

  13. Dono berkata

    Ass,wr.wb,pak Agor.
    Beberapa hari yg lalu saya pernah mengalami jeritan seorang teman yg sedang nyenyak tidurnya, dia menjerit : ampun-ampun-ampun-ampun ya Allah ampunkan aku,saya terbangun dan melihat teman saya menjerit begitu.
    Keesokan harinya saya tanya dia, apakah yg terjadi semalam ? jawabnya
    ada apa Dono, saya jawab kamu menjerit seperti orang dipukuli dgn keras, astaqfirullah katanya, lantas saya pikir ini baru siksa dlm mimpi, seandainya siksa kubur gimana iya, ajaib deh.

    Wassalam, Dono.

    @
    Wass Wr.wb. Mas Dono…
    Baru mimpi “biasa” saja kita bisa ketakutan, apalagi siksa kubur. Firaun diperlihatkan neraka di pagi dan petang dalam matinya (di alam kubur).
    Astagfirullah.
    Wass, agor

  14. Chairul berkata

    tp.. lama kelamaan… bicara ini (siksa kubur) serem sendiri.

    jd inget waktu proses ruqyah dulu… :-( yah.. serem dech!!

    nah itu krn “dulu” sy percaya sm “klenik2″ (binatang apaan tau tuch! bikin sesat aja!!)

    numpang pak agor! lewat sini, sy mo sharing aja, jgn lagi percaya klenik2 dech… rugi banget!!

    btw, baru aja semalem sy dpt SMS (mungkin Hoax) dr teman sy dibali, dia kirim sms kurang lebih isinya gini : (HP sy ketinggaln dirumah jd gak persis hapal) :-D
    “Sebarkan asmaul husnah ini ke 7 orang teman : (nama-nama asma allah)…bla-bla-bla… maka semua keinginan mu akan tercapai.(JANGAN DIANGAP REMEH)”

    nah sy pikir, langsung ingat isian blog di pak agor! (ciee…)
    sy sms balik “ada-ada aja lu ah…”
    nah “menurut saya”: klo cuma disebarin ke 7 org apa ada gunanya?? klo gak diamalin (implementasi pelaksanaan sehari2) bukan amalan dimulut gitu. klo memang ada gunanya enak donk!! kirim aja sebanyak2nya 100, 200, 300… atau 1000 org skalian, ya gak sich?? gimana bisa klo kita gak mengamalkan perintah 4JJ1 bisa terkabul?? mungkin bisa aja, tapi…??

    yah klo cuma dgn sms keinginan kita tercapai, enak bangeetttt….!! tapi.. mimpi kali ye?? wong disuruh kerja malah bengong! gimana dpt uangnya?? jatuh dari langit??

    balik lagi! akhirnya SMS sy bales lg dengan “Sebarkan nama-nama dibawah ini ke 7 org teman kamu… (sy sebutkan nama sy 3x) … maka gw akan tenar!! (JANGAN DIANGGAP REMEH)” hehehehe… sorry agak jail nich. eh.. dia bales “kampret lu…”

    duch…heummm….

    @
    Perintah syiar tentu saja ada kan, tapi kalau menetapi harus 7,10, 1000 untuk sms jangan-jangan ini bisnis. Tidak ada hadis yang merujuk pada jumlah itu, jadi cuekin saja. Mas Chairul oke benar, saya juga kalau terima begitu cukup delete saja. Tapi syiar Rp 1000 per SMS bertebaran oleh ustad-ustad top. Harga sebuah sms kebaikan yang lumayan juga kalau pesertanya banyak. Semoga uangnya untuk sedekah.

  15. syahrul berkata

    assalamualaikum wr wb
    pak Agor, bagaimana dengan sinetron-sinetron sejenis hidayah yang saat ini banyak bermunculan di TV-TV. yang menggambarkan berbagai macam keadaan orang yang mau meninggal, baik itu yang su’ul khotimah maupun yang khusnul khotimah. apakah sinetron2 seperti itu juga dapat digolongkan sebagai media yang dapat menyesatkan dan membengkokkan keimanan manusia? ketika saya nonton sinetron itu pak, filling saya tidak enak, apalagi kalau lihat yang ada adegan ustad lawan siluman, kalau orang awam liat kayak gituan, bukannya mereka bakalan percaya bahwa siluman itu ada? trus film-film horror yang saat ini banyak digemari para ABG dan bahkan anak kecil, bukankah film-film seperti itu akan mendoktrin si anak untuk lebih mengenal hantu daripada Allah, dan apa2 yang telah tertanam dalam benak seorang anak kecil, akan sangat sangat sangat susah dihilangkan.

    @
    Wassalam Mas Syarul ….
    Karena saya tidak pernah baca hadis atau kisah bahwa Nabi Muhammad berkelahi bak bik buk dengan hantu, kuntilanak, atau apa saja. Karena saya tidak pernah baca Al Qur’an bahwa bahwa melawan hawa nafsu atau diganggu setan harus seperti itu, ya mo bilang apa lagi. Apalagi kuburan meledak, kuburan menyempit, dan lain sebagainya-sebagainya-sebagainya. Apalagi kemudian diperangi dengan melantunkan ayat-ayat suci, kalam Illahi yang dijual di sinetron.

    Kalau betul itu ustad, tentu dia lebih tahu hukum agama, tentu dia sangat tahu sejarah Nabi, tentu dia banyak tahu benar masalah agama. Tentulah mereka orang-orang sholeh, mereka panutan. Saya juga tidak tahu, apa sesungguhnya yang sedang didulang oleh para ustad itu.

    Hanya hati kecil saja yang bertanya : “Apa yang menjadi panutan mereka itu?”

    Wassalam, agor

    QS 72. Al Jin 6. Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

  16. renee berkata

    sepertinya pak Agor harus menyaksikan pertanda-pertanda kebenaran agama Allah YANG DIPERLIHATKAN MELALUI MAHLUK DAN ALAM INI DENGAN MATA KEPALANYA SENDIRI SETELAH ITU SAYA YAKIN DIA TIDAK AKAN BERANI MENYEBUT HOAX LAGI PADA KEAJAIBAN2 SEPERTI ITU SETELAH ITU BAHKAN MUNGKIN AKAN LANGSUNG SHOLAT TOBAT GARA2 MENDUSTAI KEBENARAN ITU.

    @
    Kalau bertobat berusaha dilakukan di setiap sholat atau mengkhususkan, meskipun rasanya belum bisa optimum.

    Soal mendustai kebenaran –> saya berusaha menghindari berdusta dan pada tingkat tertentu juga gagal.

    Soal Hoax Dr Azacov… nggak lah–> nggak pingin pergi ke dalam bersama Azacov… (siapa dia ya?)

  17. renee berkata

    BTW, LOKASI PENEMUAN ITU PASTI DITULISKAN PADA SETIAP ARTIKEL YANG DITULISKAN MENGENAI MISALNYA IKAN YANG BERTULISKAN AYAT2 ALQURAN PD SIRIP2NYA DI NEGARA KENYA ATAU KAMBING YG BERTULISKAN NAMA ALLAH DAN MUHAMMAD PADA TUBUHNYA YG BARU2 INI DITEMUKAN DIINDONESIA…COBA SI AGOR LIHAT LANGSUNG, KIRA-KIRA APA DIA MASIH MENYEBUT PERTANDA ITU ADALAH KLENIK ???????

    @
    Kalau si Agor lihat langsung dan ada tulisan itu pada kambing, monyet, atau tomat, sirip ikan, maka agor akan bilang : itu kerjaan syaitan, syetan, setan. (setan dari golongan manusia atau jin). Kalau dimirip-miripkan, itu akal-akalan setan saja.

    Klenik -> khusus pada artikel di atas, aku neh nggak bilang ada kata klenik (eh bilang deng… akan menggejala sebagai perklenikan). Jaman sekarang bukan itu yang musti diagung-agungkan….
    Belajar ke Amerika atau ke Jepang, atau tekuni ilmu pengetahuan, buat nuklir, bikin pesawat, atau dan lain sebagainya sambil tetap beribadah dan bersyukur atas rahmatNya.

    komentar dihentikan, kecuali tentunya ada argumen yang lebih tajam lagi…..

  18. mucin berkata

    klo menurut saya, betul tidaknya foto2 ataupun gambar2 yang memperlihatkan kebesaran dan keagungan allah ga perlu dipermasalahkan. kita sebagai orang islam harus tahu dua hal : rukun islam dan rukum iman. sebagai orang islam kita wajib percaya sama allah. Biar ga ada foto2 atau video atau yang lainnya kita juga wajib percaya sama allah.

    foto2 atau video2 itu ga ada pengaruh buat kita yang sudah islam, tp mungkin bisa membuka hati orang non islam untuk masuk islam.

    buat apa ribut2, otak kita cuma sebesar buah kelapa.

    @
    Terimakasih mas komentarnya. Pandangan ini diberikan karena cukup banyak site islami yang memuatnya. Hal yang sama dalam agama yang bukan Islam juga saya jumpai hal serupa dalam versi masing-masing.

    • zea berkata

      sy setuju sm Mucin,..np mempermasalahkan, apakah bentuk2 tulisan ALLAh yg ada dimana-mana itu buatan setan atau buatan ALLAH???
      Yakinlah satu hal, bahwa semua kejadian itu atas kehendak ALLAH..sekecil apa pun kejadian itu..
      Jadi, kalo ada tulisan kayak gitu..kenapa qt harus menuduh-nuduh syait0n yg berbuat demikian???
      Ber-p0sitif thinking saja..bahwa ALLAH itu py segudang rencana buat makhluk yang hidup di dunia..termasuk manusia apakah mampu merenungi semua yang terjadi di alam ini..

      • agorsiloku berkata

        Assw Mas Zea, pada postingan ini dan pada postingan sejenis (search dengan kata kubur), banyak komentar dari saudara-saudara kita. Ada yang setuju, ada yang tidak, ada yang menjelaskan, ada yang memberikan rujukan, ada yang sekedar berargumentasi.

        Semua dengan ijin Allah (bahwa peristiwa terjadi), pembunuhan terjadi, pencurian terjadi, pemerkosaan terjadi, semua dengan ijin yang menjadi takdir. Namun, jika diperluas pemahaman, apakah ijin Allah = ridha Allah Swt, maka kita bisa mengklarifikasi keduanya.
        Saya setuju dengan positif thinking, karena itu juga perbedaan (menerima atau menolak dalam bahasa yang wajar, sebagai pemilik blog, saya biarkan). Segala sesuatu ada hikmah dan kesempatan untuk memahami.
        Dalam hal kejadian Allah berunjuk petunjuk, Al Qur;an menjelaskan rinci kriterianya. Tentu seorang muslim akan melihat dari sudut pandang ini terlebih dahulu sebelum menarik kesimpulan. Itupun dengan segala kelemahan sebagai manusia memahami kesempurnaan petunjukNya.
        Wassalam, agor

  19. Dimashusna berkata

    Rukun Iman ada 6
    1. Iman Kpd Alloh
    2. Iman kpd Malaikat NYA
    3. Iman kpd Kitab2 NYA
    4. Iman kpd Rosul2 NYA
    5. Iman kpd hari Akhir
    6. Iman kpd qodo dan qodar

    Tidak mempercayai kejadian Jeritan siksa dari alam kubur tidak berarti Pak Agor menolak keberadaan Alloh, Juga tidak menyebabkan Syahadat menjadi batal, Pak Agor hanya memposisikan kejadian itu sebagai apa yang dia sebutkan di atas.
    Saya yakin Pak Agor masih memegang teguh rukun iman yang di atas.
    jadi cuma sudut pandang yang berbeda terhadap kejadian itu.

    @
    :) saya hanya “gelo”, masak sih Allah SWT mengeluarkan jurus-jurus “itu” dalam memberikan pertanda kehadiranNya. Di Al Qur’an tidak ada sama sekali penjelasan bahwa manusia berakal akan mendapatkan pelajaran dari tanda-tanda seperti itu. Atau adakah yang terlewati, plis deh tunjukkan ayat atau hadis terpercaya akan tanda-tanda keistimewaan yang begitu sebagai bagian dari proses keberimanan.

    • gak usa gelo mas agor…. dari kegelohan itulah mas agor menunjukan ketidak fahaman dalam hidup, jurus apapun yang di gunakan Allah dalam memberikan tanda kebesarannya itu adalah sah sah saja…. cuma saja mas agor lupa klo Allah tidak seperti Manusia…… klo manusia memang … gak layak berbuat yang gak keren seperti itu, wajarlah manusia punya sifat yang begitu kurang baik , tapi Allah adalah dat yang bijaksana dan maha mengetahuinya,…. mas agor salam kenal dari si bocah keramat

    • aaaaaaaaaaaaaaa bbbbb gak usa gelo mas agor…. dari kegelohan itulah mas agor menunjukan ketidak fahaman dalam hidup, jurus apapun yang di gunakan Allah dalam memberikan tanda kebesarannya itu adalah sah sah saja…. cuma saja mas agor lupa klo Allah tidak seperti Manusia…… klo manusia memang … gak layak berbuat yang gak keren seperti itu, wajarlah manusia punya sifat yang begitu kurang baik , tapi Allah adalah dat yang bijaksana dan maha mengetahuinya,…. mas agor salam kenal dari si bocah keramat mmmmmmmmmm ggggggggg

  20. andRie berkata

    assalamualaikm, wr,wb
    saya jg sependapat dgn p. agor, salam kenal pak.
    menyaksikan kebesaran Allah tdk perlu repot2 nyari pertanda2 spt tulisan2 diatas. msh bnyk pertanda2 Allah yg bs dilihat dgn jelas sesuai akal dan bermanfaat sbg ilmu dan penambah keimanan kita.
    msalah jeritan dr alam kubur, saya ada link menarik dr blogny p.Priyadi, disini:
    http://priyadi.net/archives/2005/08/15/hoax-mengenai-suara-suara-dari-dalam-tanah/

    semoga kita selalu cek n mericek kembali info yg kita terima, apalagi dr inet.
    wassalm

    @
    Wass.wr.wb,
    salam kenal kembali. Ya betul, link Mas Priyadi menarik, thx infonya…

  21. Choiril berkata

    Bismillahirahmanirrahim
    Assalamualaikum wr.wb

    Sungguh Allah SWT Maha Besar yg telah menunjukkan tanda-tandanya dilangit dan dibumi.
    Berkenaan dgn butki tanda-tanda kebesaran Allah (foto-foto) dsb, Anda boleh saja berpendapat bahwa anda tidak mempercayai bukti2 seperti itu karena menurut saudara itu adh pekerjaan setan, karna menurut saudara juga bukan zamannya lagi Allah SWT menunjukkan tanda2 kebesarannya seperti itu.

    Sebaiknya pendapat saudara tsb tidak diutarakan/issue kan di depan khalayak (web). Karna ini bisa saja menjadi polemik diantara umat Islam sendiri. Naudubillah. Allah hu Akbar yg telah mununjukkan kebesarannya dilangit dan dibumi.

    Memang bukti kebesaran Allah SWT tidak untuk diperdebatkan melainkan untuk diImani, karena Sampai kapanpun bukti kebesaran Allah akan tetap tersirat dilangit dan dibumi ini baik itu dgn menuliskan lafadnya ataupun tidak.

    Sekali lagi saran dr saya ‘tolong diedit/disaring lagi artikel ataupun pendapat pribadi yg mengandung polemik diantara umat Islam”. Sebelum hal ini betul2 menjadi polemik umat islam.

    Mari kita sama-sama mencintai Islam

    Wasslam

    @
    Wass. wr.wb. Saya menyampaikan suatu pendapat dengan rujukan seperti pada beberapa tanggapan pada komentar. Tentu saja saya tidak keberatan untuk menghapus, mendelete, atau meminta maaf bahwa dalam proses saya memahami ada kesalahan, atau tentu saja saya harus bertobat karenanya. Namun tunjukkanlah secara jelas. Juga terhadap pembahasan-pembahasan sejenis baik yang setuju atau pun menolak yang bertebaran sangat banyak “keajaiban seperti itu”, baik dari “keajaiban Islam”, maupun dari “agama yang berbeda”. Kalau terjadi selisih pendapat, polemik, atau bagaimana gitu, bagaimana nasehat Allah kepada manusia?.

  22. Choiril berkata

    Assalamu wr wb
    Bagaimana juga anda menanggapi akan kebesaran Allah yg sudah tersurat (Alquran) dan yg tersirat (yaitu alam semesta ini). Bukankah ini adh tanda2 kebesaran Allah! Nah klo gitu gak usah dipermasalahkan lagi. Kalaupun kita diperlihatkan fenomena alam yg tak masuk akalpun, saya juga percaya itu adalah kehendak Allah, sebagai contoh adanya lafatz2 Allah di batu, dipohon di langit, di bumi. Itupun menunjukkan bahwa alam semesta inipun berdikir menyebut nama Allah.

    Memang semua tergantung cara pandang seseorang menerima dan mengartikan sebuah mistery, menerima atau tidaknya dan terlepas dari kesirikan kepada Allah, misal aja “batu/benda bertuliskan Allah atau sejenisnya dijadikan jimat” dan akhirnya terjebak dgn memuja-muja batu/benda tersebut”. yang ini jelas SALAH

    Saya sendiri bukanlah pemikir seperti anda, karna manusia bisa gila bila terus memikirkan Dzat-Nya Allah yg maha besar. Bukankah Allah Maha berkehendak atas sesuatu

    Polemik/selisih pendapat udah pasti ada karna manusia diberi akal, —> tapi sayangnya dgn akal yg cuma terbatas manusia seringkali bertingkah & sombong. selisih pendapat boleh tapi alangkah bijaknya klo kita tidak menambah-nambahi sesuatu yg blom paham,… ya tentunya semua itu kita kembalikan lagi kepada Alquran Kallamullah (nasehat Allah pada manusia). Saya Perlu belajar banyak untuk betul2 memahami kandungan Alquran.

    Bagaimana pula dgn orang yg TIDAK berpikir akan tanda2 kebesaran Allah?….padahal mereka mengetahuinya ?—>(yaa tentunya mereka akan TELER terus)….Silahkan menjabarkan sendiri makna TELER.

    Seandainya saja anda mempunyai bayi (kandung sendiri) dan bayi anda itu ada lafatz Allah di kening nya. Akankah anda masih menganggap itu adalh perbuatan setan atau menganggap anak anda adlh setan dan apakah anda akan membunuh anak anda sendiri? (padahal setan itu adh jelas2 musuh yg nyata).
    (mungkin anda akan berkata “sayangnya anak saya tidak demikian”)

    Saya sendiri juga tidak suka berandai-andai karena seringkali membuat kita malas, tapi bagi Allah tidak ada yg mustahil jika Allah berkehendak. Bukan begitu

    Mohon maaf, cara berpikir saya mungkin agak NDESO, tapi cara pandang Allah tentunya Sangat berbeda dgn semua mahluknya. Bukankah kandungan Alquran (Allah) mencakup masa lalu, masa Semarang dan masa yg akan datang. - artinya ini TIDAK NDESO dong.

    Ini menjadi pemikiran lagi bahwa Allah (cara pandang Allah) tidaklah NDESO sebagaimana yg pernah anda utarakan sebelumnya.

    Tapi ngomong2 janganlah suka menghina orang NDESO, sebab sebagian besar sego alias nasi berasal dari ndeso.
    Yg jelas fakta saat ini NDESO sgt digemari orang KUTO/kota (baca: Tukulisasi)

    Demikian mohon maaf dan beda persepsi bukanlah perpecahan, marilah kita kembalikan pada Alquran karna Allah tentunya mempunyai rahasia terhadap segala sesuatu.

    Wass

  23. [...] Ini komentar/pandangan beliau pada komentar-komentar dari postingan Jeritan Siksa Kubur. [...]

  24. NIHA berkata

    Asslamu’alaikum
    Pak menurut ane apa yang ada dalam kubur emang bener-bener ada, and menurut ane apa yang anda tulis semoga bisa menjadi pengingat bagi sa saja yang membaca artikel ini sebagai salah satu pedoman atau referensi agar mereka hidup lebih terjaga.
    sukron

    @
    Wass. Wr.wb..
    Seperti yang dijelaskan dalam al Qur’an, kepada Firaun diperlihatkan neraka pagi dan petangnya. Di bagian lain juga ada ayat yang menjelaskan mereka dibangunkan di hari kiamat kelak. Di bagian lain al Qur’an juga dijelaskan, jangan dikira mati, mereka hidup di sisi Tuhannya, dan mendapatkan rejeki (QS 3:169).

    Dalam pemahaman saya, ini memang menjelaskan keberadaan alam kubur, suatu batas antara dunia dan akhirat…

    Amin.

  25. ABU EDRIAN berkata

    Saya senang ternyata masih banyak orang yang benar-benar membela agama ALLAH di muka bumi ini dengan adanya diskusi terbuka disini…saya setuju dengan pernyataan utk menyingkirkan bid’ah dan klenik perbuatan syaiton laknatullah itu..tapi pak moderator tanda-tanda kekuasaan ALLAH SWT itu pasti tdk dapat dilakukan oleh syaiton dan keluarganya kan pak???
    ALLAH Maha Besar berbahagialah kita memeluk agamanNya dan semoga ditetapkan begitu sampai kiamat nanti..Aamiin…

    @
    Tanda-tanda kekuasaan Allah ada di segala ufuk dan pada diri kita, begitu salah satu ayat menyampaikan. Termasuk pada diri syaiton dan keluarganya. Kita terbang naik lion air, garuda, dan kita terpeleset… dimanapun… pada setiap kejadian … adalah tanda-tanda kekuasaanNya. Jantung kita berdetak, dan seluruh kehidupan …. karena kekuasanNya, maka setan (golongan jin dan manusia) memanfaatkan dari kekuasaanNya…. :D

  26. yudi berkata

    saya percaya akan kebesaran allah swt. dan saya percaya jeritan siksa kubur seperti yang di jelaskan di halaman atas.allah maha besar, allah juga maha tahu apa di perbuat oleh umatnya. ustad trima kasih atas keterangan yang ustad berikan buat kami sehingga kami mengerti akan kebesaran allah swt.

    @
    Kesimpulan kita yang mungkin berbeda ya.

    • darma berkata

      bpk yudi yg terhormat;
      saya setuju sama bapak tp pak yg saya takut kan kalo kita baca terus nangis dan selalu inget ame allah setelah dua jam kite buka2 yg lain eh kite liat artikel yg bikin dosa eh eeeh kite lupa ame yg kite baca, alias jd setan lg. emang si sisetan kuat goda nye. banyak muslim taat semua jd hilap hehehhee mendingan kite banyak istigfar aje deh pa, trus bermohon sama allah agar kite di beri ijin untuk selalu sayang sama allah dan taat ma perintah ye sampe akhir hidup kite ye pak ye ho’oh

  27. kutai69 berkata

    Kalau tidak jelas tentang sesuatu perkara ,bukankah agama menyuruh tawaquf sahaja…

    @
    Dalam konteks ini yang ingin diketengahkan bukan masalah yang menekankan pada pendekatan tawaquf (berdiam) namun merujuk pada satu proses berpikir dalam satu upaya memahami ayat. Tentu saja membaca lebih teliti, mencek pada link terkait akan lebih menjelaskan… :D

  28. sikabayan berkata

    euh… memang ngga ada yang engga logis sih sebetulnyamah didalam rujukan islam teh… ada rujukan yang mengatakan manusia tidak akan bisa menembus bumi setinggi gunung… karena yah mungkin isinyah lava semuah… kalau 14,4km ada sesuatu yang dipercaya barjah… nanti banyak orang berbuat konyol ngegali dalem2 buat nolong sodara2nyah… malah nanti keluar lumpur panas… pastinyah kita teh tidak boleh menenbus ke alam barjah… ituh kan alam semi akhirat… sebaiknya alam barjah teh untuk dihayati, bukannyah untuk dicari… nanti juga kalau sudah habis kontrak di dunia pasti sampai juga disanah teh…

    @
    Alam gaib, manusia tidak diberikan pengetahuan… kok percaya bahwa ada suara yang bisa ditangkap peralatan elektronik buatan jepang.. atau eropa atau … ada-ada saja. Semoga ini bukan artinya kita mengingkari ayat yang sudah begitu jelas menegasi perihal alam gaib dalam al qur’an.

  29. Anonymous berkata

    APA BENAR

    @
    Kalau pertanyaan ini dimaksudkan pada Jeritan Siksa Kubur versi Dr. Azzacov, maka jawabnya : menurut agor itu kebohongan alias hoax.

  30. Veeta berkata

    Maaf.. klo mau menentang, tapi apakah Allah masih memandang bhwa pembuktian adanya Allah harus memikirkan keadaan kemarin dan hari ini? zaman atau bukan zamannya lagi..??

    @
    Berbeda pandangan bukan menentang, setiap dari mahluk berakal yang disebut manusia akan melihat dari cara pandang masing-masing. Tentunya, beragam pandangan dan perbedaan pandangan bertujuan untuk memperluas cakrawala berpikir. Bukan untuk menghakimi pikiran. Apa yang saya pribadi (agor) pikirkan sebagai benar, belum tentu juga di kemudian waktu benar. Apa yang diketahui hari ini a, besok menjadi b atau menjadi ab (kombinasi a dan b). Dalam bahasa lain, yang tertutup sedikit demi sedikit terbuka. Akal kita memang terbatas, dengan akal itu pula kita menyimpulkan dan mengambil manfaat, memperluas pandangan dan hati. Saya mencoba dengan rahmatNya memanfaatkan sebisa-bisanya apa yang dikaruniakan Allah kepada manusia, karunia akal.

    Kembali ke pernyataan :

    apakah Allah masih memandang bhwa pembuktian adanya Allah harus memikirkan keadaan kemarin dan hari ini? zaman atau bukan zamannya lagi..??

    Ini satu pemahaman yang saya tarik dari pemahaman kecil bahwa mengenai kehadiran mujizat dan betapa tingginya peran akal disampaikan oleh Al Qur’an. Pelajaran bagi orang berakal. Kondisi yang berbeda dengan mujizat-mujizat yang diberikan Allah kepada rasulnya di masa sebelumnya.
    Kalau berkenan, klik juga yang dilink dari artikel mengenai hal ini, baik yang dari artikel di sini maupun yang di link ke site lain.

  31. Veeta berkata

    Menurut saya!! kejadian yang berulang tentang pembuktian keberadaan Allah yang terjadi di beberapa tempat, merupakan suatu fakta yang benar2 datang dari Allah, karena setan ataupun jin sekalipun tidak dapat berbuat seperti itu tanpa karna perintah dari Allah semata. jadi percaya tidaknya umat manusia terhadap kebesaran Allah sudah menjdi toleransi dan keimanan masing-masing umat manusia sebagai makhluk ciptaannya…!!!

    dan menurut saya… Logika tidaknya kejadian itu bukan menjadi suatu kendala dari peristiwa Allah… karena tidak ada suatu kejadian yang tidak mungkin bagi Allah!!!

    @
    Kalau tidak keberatan, saya tidak mengomentari balik mengenai kejadian yang Mas/Mba sebagai “fakta yang benar-benar datang dari Allah“, saya komentari kalimat terakhir saja :

    …Logika tidaknya kejadian itu bukan menjadi suatu kendala dari peristiwa Allah… karena tidak ada suatu kejadian yang tidak mungkin bagi Allah!!!

    Tidak ada satu kejadian apapun yang tidak mungkin bagi Allah. Kalimat ini bisa memiliki ragam pengertian bahwa segala sesuatu dalam “ijin”-Nya, dalam ridhaNya, atau dalam kekuasaanNya. Pandangan ini memang “menjadi benar” dalam sebuah kondisi misalnya : QS 14. Ibrahim 32. Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.

    Kata bahtera dan berlayar di lautan dengan kehendakNya. Berlayar akan kemana dan mau kemana adalah tujuan manusia dan lautan memenuhi hasrat manusia dalam kehendakNya. Tujuan manusia yang berlayar ada dalam lingkup universal kehendakNya, sedangkan keinginan manusia berlayar dan mengatur layarnya mencapai tujuan manusia dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain ada dalam irisan kehendakNya.

    Jadi dari contoh di atas, jelas bahwa keseluruhan kehendak Allah adalah keseluruhan dalam pilihan dan kehendak manusia berada dalam lingkup pilihan manusia. Ini adalah perdebatan Ibn Rusyd dan Al Ghazali yang begitu populer :D

    Pengertian ini menimbulkan pengertian mengenai kehendak dan maha berkehendak. Iblis ingkar kepada Allah untuk mengikuti perintahNya. Syetan menipu manusia, manusia menipu manusia, dan semua itu adalah kejadian. Semua kejadian tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Semua dalam pengetahuan, semua dalam keluasan kebebasan yang diberikan.

    Nah dengan pemahaman ini, kemudian kita memikirkan kembali bahwa pada setiap kejadian adalah “demikian” dan apakah yang Mas/Mba sampaikan pada alinea pertama menjadi sebagai pilihan jawab mengapa menerima.
    Ini terpulang pada cara pandang dan pemahaman yang boleh jadi ada persamaan dan perbedaan. Semoga kita saling merenungkannya untuk semakin mendekat padaNya.

  32. Raja Ahmad Ismail berkata

    Assalamu’alaikum,
    Fenomena alam yang belakangan ini gencar diberitakan, melalui ponsel, internet, email dan sebagainya seperti, awan yang membentuk lafazh Allah, puncak gelombang ketika tsunami yang berbentuk lafazh Allah, pepohonan yang membentuk kalimah shahadah, sisik-sisik ditubuh ikan yang “kelihatannya” seperti tulisan arab berbentuk lafazh Allah, dsb. dsb. termasuk “suara jeritan dari alam kubur” yang “katanya” terekam ketika penggalian di Siberia (?), mendapat berbagai tanggapan dan multi tafsir.
    Ada yang percaya dan ada pula yang tidak. Dulu, hampir 40 tahun yang lalu, ketika saya masih di SMU, pernah juga mendengar berita bahwa beberapa orang saintis Barat ( namanya saya nggak ingat) mendengar suara dari masa lalu (yang katanya suara Nabi Muhammad, entah bagaimana caranya mengindentifikasi, saya tidak tahu persis)yang tertangkap oleh perangkat radio mereka pada frekwensi tertentu. Waktu itu saya juga berpikir, mungkin saja. Karena gelombang suara memiliki frekwensi dan panjang gelombang tertentu dan terus merayap melintasi ruang dan waktu. Terlepas apakah itu merupakan “petunjuk Allah” atau hanya perbuatan jin atau syaitan, kemungkinannya benar, cukup masuk akal sementara kemungkinan tidak benar juga masih terbuka.
    Bukankah dalam sebuah hadits ada tersebut bahwa siksa kubur bisa didengar oleh makhluk lain ( hewan )dan malaikat, selain manusia dan jin?. Dan Nabi sendiri pernah mendengarnya, sehingga beliau menancapkan sepotong pelepah korma basah diatas kuburan seseorang supaya, sebagai syafaat beliau dengan izin Allah, selama masih basah pelepah korma tersebut, siksa kuburnya akan dihentikan.
    Jadi apapun fenomena alam yang terjadi, apakah itu penampakan-penampakan, apakah itu bencana dan musibah, apakah itu prilaku manusia, dsb. , kalau kita kaitkan dengan tanda sudah dekatnya akhir zaman, sejauh masih bisa kita carikan pembandingnya dan rujukan-rujukan yang bisa dipertanggung jawabkan, maka hanya ada dua kemungkinan : ada yang benar dan ada yang tidak benar.
    Sikap kita?. Kembali ke Alquran dan Sunnah serta pergunakanlah akal untuk membuat pertimbangannya.
    Cobalah lebih istiqamah dalam berIslam secara kaffah dan berusha beramal shaleh semampu kita. Karena dua hal inilah yang bisa menyelamatkankan didunia maupun diakhirat.
    === SELAMAT MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN SERTA PERBANYAKKANLAH AMALAN BAIK DIDALAMNYA DAN MAAF LAHIR DAN BATIN ===
    Wassalam,

    @
    Wass.wr.wb
    hanya mengamini. Amin :D

  33. naim berkata

    wow

  34. Sulaeman berkata

    Bagi orang-orang yang beriman dan keimanannya mantap sempurna terhadap al quran dan al hadits ,ada atau tida ada bukti yang didengar;dilihat;diraba dirasa;dicium , ia tetap yaqin bahwa siksa kubur itu ada karena sudah dijelaskan oleh Allah dalam Al qur an dan dijelaskan oleh Rasulullah dalam al Hadits tentang kejadian mahluq dan kesudahannya.

    @
    Keyakinan karena petunjukNya. Jadi tidak perlu bantuan penemuan Dr. Azzacov?, begitu maksudnya! :D

  35. La Ode Nahartono?g1langk berkata

    “ANDAI KUBUR BISA BICARA”

    Saudaraku….!!!
    Waspadalah pada kematian yang datang tak diduga.
    Bias jadi Dia datang menjemput dikala engkau sedang berdiri, tidur, bermain, atau sedang melakukan dosa.

    Tidak engkau lihat korban dijalan-jalan?
    Berapa banyak kabar yang engkau dengar dan aku dengar tantang orang yang segar bugar mati tanpa sebab?

    Saudaraku…..!!!
    Jangan engkau tertipu dengan kemudaanmu, jangan engkau terpedaya dengan ke sehatanmu ,jangan engkau bangga dengan kekayaanmu, jangan engkau buang waktu luangmu, beramallah sebelum ajalmu.

    Saudaraku !!!
    Andai kubur bisa berbicara, niscaya dia akan berkata:
    Akulah rumah yang sarat mala petaka,
    Aku rumah gulita
    Aku rumah kesendirian,
    Aku rumah yang sepi
    Aku rumah keterasiangan,
    Aku rumah yang sangat pekat,
    Aku rumah cacing-cacing tanah dan kenistaan.
    Aku copot pangkal tangan dari lengan nya
    Aku memisahkan paha pada lututnya, lutut dari betisnya, betis dari telapak kakinya,

    Saudaraku !!!
    Andai kalian lihat orang yang berbaring dipangkuanku selama tiga hari Niscaya kalian takut melihatnya,
    Bola matanya keluar meleleh dipipih,
    Kedua bibirnya terpisah dari giginya,
    Nanah dan darah mengalir dari kerongkoangan dan mulutnya,
    Perut mengembung,
    Dada membusung

    Saudaraku !!! renungkan lah

    By:La Ode Nahartono / sabar_prihatin@yahoo.com(g1langk)

    @
    Ungkapan yang menggetarkan.

  36. [...] Menarik Jeritan Siksa Dari Alam KuburTRAGEDI LUMPUR LAPINDOBaitullah dari Google EarthBaitullah (Kabah) Terendam BanjirBenarkah Bumi [...]

  37. SUGENG berkata

    Assalamu alaikum
    Tolong kirim artikel tentang perjalanan roh manusia ketika dia sudah meninggal sesuai dengan alquran dan assunah .
    Dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada atas bantuannya
    Wasalamu alaikum

    @
    Wass.wr.wb.
    Saya punya beberapa arsip yang berkenaan dengan hal ini, masih saya pelajari… namun, saya agak ragu dengan uraiannya. Jadi saya belum berani menuliskannya kembali di blog atau mengirimkan kembali kepada rekan lainnya. Mohon maaf.

  38. Ali Bonar berkata

    wah,ulasan mas Agor terlalu sekali,masa pohon berbentuk menyerupai orang ruku,tulisan Allah di buah tomat,di bilang kebohongan belaka apalagi di sebut kerajaan setan,saya yg membaca sebagai umat islam tdk terima atas tulisan ini.semua itu adalah tanda tanda kebesaran Allah supaya manusia mau berpikir dan direnungkan,jadi bukan buang buang waktu memikirkan kebesaraan ALLAH.tau nda mas,ada orang yg insyaf karena melihat pohon berbentuk orang ruku tersebut,dia mulai lagi menjalankan sholat,apa masih sia sia memikirkan hal itu,terima kasih .

    @
    Mas Ali, banyak sudah di blog ini dan pembahasan mengenai hoax yang saya kutip. Sebagian mempercayai sebagai petunjuk Allah, sebagian lagi menertawakan dan mengajak untuk tidak gampang dipengaruhi oleh hal-hal seperti ini. Saya sendiri, tidak mendapatkan informasi dari Al Qur’an, cara-cara ini sebagai mujizat atau petunjuk meningkatkan keimanan.

    Namun, saya mohon maaf untuk perbedaan pandangan ini.

  39. Minto berkata

    Dan jika perpalingan mereka (darimu) terasa amat berat bagimu, maka jika kamu dapat membuat lobang di bumi atau tangga ke langit lalu kamu dapat mendatangkan mukjizat kepada mereka (maka buatlah). Kalau Allah menghendaki, tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang jahil (Qur’an :Al An’aam/35)

    Dan berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar? (Qur’an:Maryam/98)

    Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat (tanda-tanda) Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit[540] dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum[541]. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. (Qur’an: Al A’raaf/40)

    Hadist Nabi: Ruh orang Kafir ditahan di sijjin (tempat tahanan/penjara sementara) dibawah bumi, ditahan ruh orang mu’min di ‘iliyyin (tempat yg tinggi) sampai hari kiamat/pengumpulan. Kesimpulan saya, mereka baru disiksa ditahanan Allah (siksa kubur) sebelum hisab/perhitungan/penghakiman/pengadilan/kiamat datang, baru nanti ada ‘neraka jahanam’ dan ‘surga’ tempat kekal. tetep aja neraka, bukankah diperut bumi ada api/magma/nar …

    bukankah Allah memberi tantangan mbuat lobang di bumi, utk mukjizat/keajaiban dalam ayat diatas, ayat berikut Allah tanya ‘denger nggak suaranya yg samar-samr’, ayat berikutnya menandakan ruh orang mu’min di illiyyin (7 lapis lagit) al hadist.

    @
    Terimakasih Mas Minto untuk catatannya.
    Hanya saya tidak berani menarik kesimpulan, karena di perut bumi ada magma, maka itu adalah nar (neraka) yang bahan bakunya seperti dijelaskan oleh AQ.
    Salam.

  40. BAJAK berkata

    ASSALAMUALAIKUM,,,
    TOLONG MAS JELASKAN … SECARA RINCI TENTANG KEJADIAN ALAM KUBUR N HADISH 2 NYA.

    @
    Apa yang saya pahami tentang alam kubur…. sebagaian besar hanyalah dari bacaan dan pandangan atau penjelasan dari Al Qur’an sebagai main streamnya dan dikumpulkan dalam beberapa artikel dalam tag postingan.
    Kalau sempat memberikan catatan tambahan, dengan senang hati ditunggu. Salam.

  41. opik berkata

    assalamu’alaikum wr wbr.
    kejadian itu adalah hidayah bagi dr.azzakov dan team nya secara khusus, dan bagi kita itu merupakan peringatan. kita diperintahkan untuk mengamati alam sekitar kita. dari fenomena alam Allah akan menunjukkan kekuasaannya, bukan berarti kita melupakan rasional akal sehat, krn pikiran / hati / angan2 itu juga sesuatu yg gaib.
    Lalu mobil, hukum2 fisika bs berjalan krn Allah mengizinkannya.
    ini menurut pendapat saya. saya yg penuh dosa ini tdk lah pantas mengingatkan anda disini yg terlalu berani mengatakan itu semua hoax dls kecuali anda punya bukti yg memadai bahwa itu hoak. Hal ini mungkin tdk akan terucap bila anda sendiri menjadi dr. azzakov yg mengalaminya sendiri. Bila iblis mengkafirkan seseorang maka tiada daya kecuali Allah berkehendak, begitu pula hidayah, Allah yg turunkan hidayah. seseorg yg menyampaikan dakwah kpd si fulan meski bersusah payah berbicara kebesaran Allah, bila Allah blm menurunkan hidayahnya kpd si fulan mk fulan tsb blm paham.
    kita kadangkala yakin terhadap mobil buatan jepang jerman dls pastilah bagus cepat dsb. tapi kadang kita lupa pada buah kelapa saja bagaimana airnya bisa manis pdhal tdk ada tebu di tanah, ada dagingnya didalamnya, tdk bocor, bagaimana pohon rambutan berwarna merah, manisnya berbeda dg kelapa, juga dengan padi2an hijau padahal tdk ada cat di dlm tanah. itu semua kebesaran Allah, apaladi buah2an yang ad lafadz Allah di buah tsb itu peringatan besar.
    bila ad ucapan itu dr saya, bila ad yg benar itu dr Allah SWT.
    wassalamualaikum.

    @
    Wass. wr.wb.
    Mengenai hoax dr.azzakov di link pada postingan dalam ragam tulisan.
    Betul, saya tidak bisa membuktikan dr.azzakov itu benar meski dari berbagai analisis menjelaskan awalnya dan kebohongannya. Sama seperti yang meyakini bahwa itu benar, juga tidak punya landasan untuk membuktikan kebenarannya. :D

  42. opik berkata

    bila ad ucapan yg salah itu dr saya, bila ad yg benar itu dr Allah SWT.
    wassalamualaikum.

  43. kalimusada berkata

    Terus terang saya sangat suka dengan penyampaian bapak dalam melihat suatu masalah, sangat hati-hati. Saya cuma mengingatkan diri saya sendiri aja, memang banyak hal-hal luar biasa yang terjadi di alam ini, tapi teknologi juga sudah sangat pesat sekali. Jadi saya hanya tidak ingin terlalu mudah percaya hal-hal begitu. Saya ga begitu faham tentang audio, tapi kalau liat pembuatan film ‘Twister’ koq kayaknya mudah aja sih bikin suara -suara yang bisa bikin heboh. Bisa jadi itu hanya salah satu dari ‘Israiliyat’, apalagi masalah siksa neraka kan adanya setelah yaumil hisab. Setau saya sih, maaf kalau sok tau, hehehe

    @
    Terimakasih catatannya, kita tampaknya lebih mudah percaya dan lupa pada petunjuk dasar dari kepercayaan itu sendiri. Kerap kita menerima dan tidak meneliti atau memanfaatkan akal pikiran dengan seksama. Ini telah diingatkan oleh Allah untuk selalu menyeleksi dengan hati-hati.

  44. nabil soewarno berkata

    saya berkata………………………
    menurutku suara siksa kubur itu bisa benar lho……………..mungkin itu peringatan Alloh bagi org yang kurang mengimani adanya siksa kubur…………….

    @
    tinggal bagaimana kita melihat petunjukNya mengenai kehidupan sesudah mati, di antara pintu surga dan pintu neraka….

  45. Opik berkata

    Assalm. wr wbr,

    Saya lupa persisnya mohon maaf bila ada kesalahan, ada hadist sy lupa lg oleh siapa rawi ny… Rasullullah bersabda: “Akulah yang paling benar diantara kalian. Maka barang siapa yang merasa benar, maka dia telah menantangku..”

    yang penting dr semua kejadian yg menurut Dr. Azacov ada jeritan alam kubur dls, Alhamdulillah DR. Azakov telah masuk Islam dan Insya Allah akan masuk beberapa orang Islam atas dakwah dr.azacov bila beliau termasuk orang2 yg berdakwah…

    Bumi itu luas, dan Allah hantarkan hidayah bagi siapa yg Dia kehendaki.

    Link2 berikut sangat menarik..
    ….”Suatu hari Maulana jumpa sekumpulan doktor yang tidak percaya kepada Alam Kubur. Kita terkadang yakin tentang apa yang tidak lihat apabila seorang pakar memberitahu kita mengenainya. Pakar tadi ditanya oleh Maulana: “Benarkah dalam tubuh manusia ada berbagai zat galian?” Jawab mereka: “Benar kerana kami telah membuat kajian & pakar dalam bidang ini.” Kata Maulana: “Walaupun saya tidak nampak bahan itu tetapi kepakaran kamu telah meyakinkan saya. Jadi begitulah juga Alam Akhirat. Yakinlah dengan kepakaran baginda Nabi saw.”

    Pada diri manusia ada 2 keadaan. Diluar kita nampak seperti seguni gula, sebatang besi, & sebagainya. Dalam badan kita seperti karbohidrat, mineral, protin & air yang tidak dapat kita lihat. Begitulah juga alam akhirat. Didunia kita nampak ular, keledai, kala & macam-macam lagi tetapi didalam kubur ular, kala, api tidak nampak dengan mata zahir ini…”
    Dikutip dari:
    http://muhajier718.blogspot.com/2006/08/bayan-maulana-umar-palanpuri.html

    saya menangis membacanya:
    http://azharjaafar313.blogspot.com/2008/01/bayan-jemaah-australia.html

    Bp Agor yg telah banyak ilmunya apabila ikut dalam usaha dakwah, subhanallah itu merupakan hadiah bagi umat dan Bp akan membuktikan sendiri apa2 keraguan pa Agor..Amin
    semoga bp bisa berlapang dada dlm segala sesuatuny.Amin.

    wassalam..

    @
    Wass.wr.wb.
    Coba search di google “Dr. Azzacov Christian” dan Dr. Azzacov Moslem”. Tentu Mas dapat menangkap “nuansa”nya.
    Salam, agor

  46. ana berkata

    assalamualaikum
    saya pernah dengar suara tu
    tapi saya nak simpan nye sebagai file
    macamn saya nak dapatkan suara 2 semula

    @
    waalaikum salam…
    saya juga dengar dan merinding…
    namun lebih merinding lagi interpretasinya… :D

  47. Ayruel chana berkata

    Kalau Frekwensi Suara Azab kubur Bisa ditangkap oleh binatang(ayam,anjing atau lainnya).

    Emangnya Dr. Azzacov bisa menterjemahkan frekwensi suara binatang(ayam,anjing atau lainnya) ke Telinga manusia,dan manusia bisa mengerti akan apa yang diucapkan binatang tersebut.

    Dr. Azzacov hanya menangkap frekwensi yang belum pasti kebenarannya.Belum tentu teriakkan itu adalah Azab kubur,barangkali cacing sedang pacaran.?????

    @
    Nah… kalau cacing sedang pacaran… saya sungguh belum tahu…. ha…ha…ha…. beberapa jenis cacing tertentu malah hermafrodit….. kawin dengan dirinya sendiri….
    jadi suara cacing yang pacaran… walah… apa nggak tuh cacingnya kepanasan… (bercanda)… :D

    • Anonymous berkata

      saya sebagai seorang muslim sangat percaya kalo siksa kubur itu memang benar ada..dan kejadia aneh yang kadang tampak di bumi maupun lagit dalam bentuk yg ga masuk akal manusia memang itu wallahuallam..kalo yg ga.percaya kejadian aneh di bumi atau lagit itu orang yg ga percaya adanya tuhan. Tuhan itu maha kuasa segala sesuatu di bumi maupun langit. Manusia diciptakan hanya untuk menyembah dan mengikuti perintah dan laranganNya..setiap manusia akan menjalani siksa kubur.

  48. Opik berkata

    Asslm wb wbr
    Imam Bukhari pernah berkata : “Lafadz Allah adalah kalam Allah, Al-Qur’an bukan makhluk perbuatan manusia adalah makhluk dan fitnah adalah bid’ah”

    mohon koreksi bila saya salah

    wassalam

    @
    Wass.wr.wb..
    Wah… :D mendiskusikan AQ itu mahluk atau bukan, kalam atau bukan… seperti kita kembali pada diskusi pakar yang melahirkan berbagai pandangan di masa lalu… bahkan sampai saling mengk***rkan… :D
    saya belum sanggup bicara di tingkat ini… :(

  49. Ayruel chana berkata

    Opik…kalau boleh saya mungungkapkan pendapat,tanpa membantah
    apa kata Imam Bukhori.Walau saya belum pernah membaca dari kitab
    mana Imam Bukhori berkata seperti itu.
    INGAT..Pendapat saya bukan membantah apa yang dikatakan IMAM BUKHORI.

    1.ALLAH ….lafadz …yang mana dimengerti kepada siapa2 yang dikhendakiNYA.
    Bagaimanakah Lafadz ALLAH diucapkan oleh makhluk lainnya?
    seperti cacing,gajah,batu,tanah,dll.apakah masih seperti lafadz yang kita ucapkan yang keluar dari mulut kita melalui angin yang menggetarkan pita suara dan dengan berbagai proses lainnya?
    Saya juga nggak tahu dan saya mau tahu>.

    2.Alqur’an….atau bacaan Alqur’an atau tulisan Alqur’an?
    Siapa yang sudah mengetahui apa itu Alqur’an,
    Hmmmmm…saya yakin jaminannya Syorga
    Sedang kita…apakah mungkin kita untuk tidak membaca :

    IHDINAS SHIROOTHOL MUSTAQIIM…
    (Tunjukilah kami Jalan yang lurus :kurang lebih maknanya mendekati seperti itu)
    Atau adakah Hak kita untuk mengatakan(red:membaca)………………..KUN FAYAKUN
    Tapi ALLAH menyuruh kita untuk…….IQRO’

    3.Bid’ah……..:sesuatu yang baru……
    Fitnah……..:Tuduhan tak beralasan/kehancuran/dan masih banyak lagi arti dari Fitnah itu.

    Bid’ah:Fitnah….Bisa jadi sih

    tapi yang namanya bid’ah…ada dalam lingkup permasalahan agama islam. sedangkan fitnah itu mempunyai arti global

    Semua itu hanya pola berpikir saya jangan dijadikan patokan.
    WALLAHU A”LAMU BISSHOWAB…

    • Abie Zainal berkata

      Assalamulaikum..
      kalo menurut saya.. Sedikit meluas nich..
      Lafadz Allah itu hanya Simbolis aja.. bukan sebuah karakter yg berarti… so’ Tuhan itu abstrak, hanya orang tertentu yg bisa merasakan yg memiliki ketenangan Hati, jiwa bersih, fikiran yg terang. dsb. pernah ngg’ kita merenung..
      pada saat nabi ibrahim mencari Tuhan…
      pada saat nabi musa as, minta petunjuk & dapat di pertemukannya langsung dgn allah..
      atau pada saat isra’ & mi’raj nabi, atau pada saat nabi muhammad akan diangkat menjadi nabi, beliau semua mengikuti Fase-Fase yg ada untuk bisa merasakan Tuhan..
      maka dari itu timbul banyak ideologi untuk bisa dekat dgn Tuhan..
      1. ada yg melalui Rasa Takut..
      2. ada yg melalui rasa cinta..
      3. ada yg melalui rasa malu..
      4. dan banyak lagi jalan..

  50. Abudaniel berkata

    Assalamu’alaikum,
    Memang banyak “penampakan” & “pendengaran” yang dinampakkan dan didengarkan kepada kita. Saya juga pernah lihat fotonya, pernah dengar juga rekaman suara dari alam “lain” hasil rekamam Dr. Azzakov (?) dan pernah juga ngintip-ngintip videonya. Saya punya koleksi foto-fotonya dan juga rekamannya. Apakah ma’nanya bagi kehidupan kita?. Kalau benar, Subhanallah kalau tidak benar maka Masya-Allah & Na’uzubillah.
    Wassalam,

    @
    Wass.wr.wb.
    Kalau teknologi video dan suara “diijinkan” masuk ke dalam khasanah teknologi yang begitu terbatas kemampuannya menyerap informasi dalam sajian digital. Setidaknya sampai saat ini, maka entah berapa banyak lagi teknologi akan mampu menyerap semua informasi tidak kasat mata. :D
    Wass, agor.

  51. Opik berkata

    Asslm wb wbr

    Alam gaib dan seluruh jagad raya ini mutlak pemiliknya Allah SWT.

    Apabila benar adanya Dr. Azzacove islam dan hingga kini muslim, maka Alhamdulillah.

    Tetapi apabila Dr. Azzacove berbohong (meskipun yg pro dan yg kontra masing masing tidak memiliki bukti2 yg memadai) maka itu sudah urusan Allah. karena dibicarakan disini juga pasti tidak ada habis-habisnya.

    Positifnya: Dr. Azzacov masuk islam.
    kita sebagai sesama muslim bukankah kita harus melindungi satu dan lainnya? tentulah orang2 terdekat beliau lebih berhak menegur bila dia salah apalagi berbohong.
    bila ada suatu kaum yg zalim maka Allah akan ganti dengan kaum lainnya, seperti kaum2 terdahulu.

    Rasullullah saw melihat iringan jenazah seorang yahudi, maka beliau berdiri dan mengucurkan airmata… mengapa?
    karena dakwah belum sampai kepadanya..

    Allahmdulillah Dr. Azzacov masuk Islam. Kita sebagai muslim juga janganlah membenci orang2 kafir… MENGAPA?
    karena mereka (orang2 kafir) di akhirat nanti selamanya di neraka.
    maka kita harus Ingat wasiat Rasullulah saw sebelum wafatnya ” ummati. ummati .. ummati..” kita harus risau seperti fikir Rasul bagaimana seluruh umatnya jauh dari siksa api neraka. mari kita saling ingat-mengingatkan ke jalan yang lurus, sambil memperbaiki diri. Dari mana kita dan mau ke mana kita? Kita ini dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.

    petani menanam padi di lokasi yang sama yg tanah yg sama dengan cuaca yg sama dan curah hujan yg sama tetapi padi yg tumbuh ada yang anjang dan lainnya ada yg panjang. maka kata Allah: Siapakah yang menumbuhkan tanaman itu kamu kah atau Kami yang menumbuhkan tanaman itu…?(maaf saya lupa persisnya surat ini dlm Al’Qur’an)

    Bagi orang-orang yg mengalami/melihat sendiri lafadz Allah lalu membuat dirinya ingat kepada Allah maka itu adalah kasih sayang Allah kepada org tersebut, tetapi pernyataan pak agor yg mengatakan bahwa itu semua dari kerajaan setan itu semua tdk dpt dipertanggung jawabkan.

    Sesuatu yg datang dari setan akan berakibat buruk pada pemikiran seperti mimpi buruk misalnya. meskipun dlm mimpi tersebut ada lafadz Allah namun bila berakibat menjadi fitnah kepada si pemimpi maka itu datangnya dari setan.

    Kejadian pengeboran itu telah membimbing Dr. Azzacov untuk masuk islam, maka itulah kebaikan yg harus kita ambil hikmahnya, itu sudah kehendak Allah. Masalah hidayah itu sudah urusan Allah jadi terserah Allah yg memiliki 7 lapis langit bagaimana Dia memberi hidayah.

    yang benar seluruhnya datang dari Allah yg salah hanya kebodohan saya semata.

    Wassalam.

    @
    Kalau kita ketik di gugel : Dr Azzacove moslem atau Dr. Azzacove become moslem ada kurang lebih 290 entri. Kalau moslem diganti muslim ada 490 an. Kalau moslem diganti christian ada 590 entri. Kalau diganti kristen hanya ada 97. Dalam potongan artikel ada kata : “I am moslem” ada juga hanya diganti “I am Christian”.

    Duh….

    Oh ya.. saya tidak menyebut kerajaan, tapi kerjaan setan (dari golongan manusia atau jin).

    Pandangan ini memang kurang mengenakkan. Mohon maaf, mungkin pandangan ini terlalu kasar.

    Namun, saya lebih berpegang pada kondisi logis seperti diuraikan pada artikel dan komentar-komentar yang saya komentari balik.
    Marilah juga kita berpikir kembali :
    Kalau hal seperti ini kerap ditunjukkan Allah kepada manusia, tentunya sudah tercatat berkali-kali dalam berbagai kitab para ulama terdahulu. Mengapa fenomena ini baru dijaman ketika manipulasi grafis sudah sedemikian canggihnya….
    Pohon rukuk, segala mahluk hidup itu bertasbih kepada Allah, hanya “kamu” tidak tahu tasbih mereka. Ini disampaikan Allah pada salah satu ayatNya. Jadi, jelas mahluk hidup itu memuji namaNya, meskipun itu pohon. Namun, kita tidak mengerti. Pohon tidak rukuk, jadi kalau dia rukuk dan dianggap sebagai perbuatan pohon itu untuk rukuk meniru manusia, maka apalah yang dapat kita pahami dari “kegiatan” seperti ini.
    Allah memberikan petunjuk bagaimana kita bersyukur dan bagaimana kita dapat mengenalNya, bagaimana beramal shaleh, dan kewajiban kita untuk meneliti dan periksa. Allah tidak menyampaikan informasi dalam kitabNya bahwa Allah akan memberikan informasi kehadiranNya dengan cara-cara yang hanya dijumpai melalui gambaran grafis seperti itu atau melalui foto-foto yang diedarkan luas di internet.
    Namun, sampai sekarang, saya belum berhasil mendapatkan rujukan dari AQ bahwa itu adalah kebenaran….
    Salam.

  52. Opik berkata

    koreksi:
    petani menanam padi di lokasi yang sama yg tanah yg sama dengan cuaca yg sama dan curah hujan yg sama tetapi padi yg tumbuh ada yang PENDEK dan lainnya ada yg panjang.

  53. Opik berkata

    Kepada Ayruel,

    kutipan Imam bukhari saya daptkan dari :
    http://teroriscinta.blogs.friendster.com/my_blog/2007/03/hadits_web2.html
    http://www.eggdisk.com/files/189012_owpyn/HaditsWeb2_Setup.rar%5DHaditsWeb2_Setup.rar

    kebetulan saya lgi koleksi hadist2

    wasaalam

  54. Abudaniel berkata

    Assalamu’alaikum
    Cara Allah memberi hidayah kepada manusia memang bermacam-macam.
    Tidak bisa kita perkirakan. Ada yang mendapat hidayah dengan kejadian aneh, ada juga yang mendapat hidayah lantaran kecelakaan bahkan ada juga karena rajin mencari kebenaran. Tak ada satu makhlukpun yang bisa memberi hidayah kepada manusia untuk memeluk Islam, syahdan Nabi SAW sekalipun. Beliau hanya bertugas menyampaikan, tidak lebih. Beliau tidak memilik kekuasaan untuk memaksa seseorang untuk memeluk Islam. Jadi apapun bentuk keanehan yang ditunjukkan Allah, mudah-mudahan dapat menjadikan jalan memperoleh hidayahNya.
    Wassalam,

    @
    Wass.wr.wb.
    Betul, saya sependapat keanehan bisa datang ketika kita memahami atau juga karena kita tidak memahami.
    Namun juga, dalam surat 12:100
    Dan ia menaikkan kedua ibu-bapanya ke atas singgasana. Dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf. Dan berkata Yusuf: “Wahai ayahku inilah ta’bir mimpiku yang dahulu itu; sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya suatu kenyataan. Dan sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari rumah penjara dan ketika membawa kamu dari dusun padang pasir, setelah syaitan merusakkan (hubungan) antaraku dan saudara-saudaraku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
    Saya tebalkan pada kata : ….Sesungguhnya Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki … ”
    Kata maha halus dan maha lembut disampaikan pada beberapa ayat. Ini menjelaskan suatu komposisi kehendak kepada orang-orang beriman, kepada hamba-hambaNya.
    Wass, agor.

  55. haniifa berkata

    Assalamu’alaikum
    @mas Abudaniel
    Memang banyak “penampakan” & “pendengaran” yang dinampakkan dan didengarkan kepada kita.
    Sepertinya untuk kasus “penampakan” penjelasan yang logis adalah… Unsur gas fospor yang terjebak di pekuburan dan pada malam hari sehingga terjadi perbedaan temperatur sedemikian rupa sehingga mendorong gas fospor itu keluar dari tanah, dan seperti kita ketahui unsur fospor menampakan kilasan cahaya putih stop kontak misalnya
    Wasalam.

    @ :D

  56. Anonymous berkata

    Asslm. wr wbr,

    Mas Agor, tentang “kerjaan setan” saya salah baca menjadi “kerajaan setan” mohon maaf saya kurang teliti.
    QS Al-Baqarah 149
    “..maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam..” mengenai pohon yg menghadap ke ka’bah (bila pohon itu benar adanya, Wallahualam) jangankan pohon, malaikat pun ketika di jaman Nabi Idris ingin bertemu dengan beliau as. krn kesolehan beliau yg sangat terkenal. dan di kisah Nabi Adam, sujudnya malaikat sbg bentuk penghormatan kpd manusia merupakan tanda kemuliaan manusia. Bukankah Iblis tdk mau sujud kpd Nabi Adam as., saya pikir setan pun merasa rugi untuk membuat pohon berbentuk manusia apalagi menghadap ke ka’bah pd posisi ruku.
    Bukankah hadist adalah pelengkap Qur’an yang merupakan tuntunan yg Rasulullah saw wariskan.

    sy ga ad hub ny dg pemilik web ini tapi cukup bagus sbg referensi.
    http://opi.110mb.com/haditsweb/index.htm

    saya juga pengagum Ahmad Bahjat. tetapi kita ini umat Rasulullah saw. maka hadist perlu sekali sebagai bahan pemikiran. trims atas respon2 & sharingnya.. Semoga Pa Agor selalu dicintai & dirahmati Allah SWT. amin…
    wasalam

    @
    Wasss. Mas Anonim.
    Terimakasih atas catatannya, menjadi bahan untuk direnungkan kembali. Ada memang perbedaan konsepsi berpikir saya mengenai pohon. Namun, harus jujur saya akui, betapa sulit akal sehat saya pohon menghadap ke Ka’bah dan membentuk manusia yang ruku sebagai “peristiwa kebetulan” atau sebagai bentuk penghormatan pohon itu kepada Sang Pencipta. Pandangan ini saya munculkan dalam postingan dan berbagai komentar dan catatan.
    Bukan maksud saling membenarkan atau menyalahkan, namun tidak lebih dan kurang, untuk merenungkan semua proses dalam berpikir manusia saja… :D
    Kalau pertanyaan mengenai hadist sebagai pelengkap Qur’an ?. Terus terang saja, saya agak sedikit berbeda pandangan, tanpa maksud untuk menafikkan hadist dan seluruh periwayatannya yang shahih. Namun, saya sering merenungi ayat ini :

    QS 6. Al An’aam 114. Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Quran) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu.

    Kata terperinci saya tebalkan. Kadang hati kecil bertanya, apakah kalam Allah masih kurang sehingga harus dilengkapi dengan hadis sebagai sumber pelengkap. Namun, di sisi lain ada penjelasan dari hadis sebagai buah karya para sahabat dan masyarakat masa lalu kepada Nabi.
    Setidaknya reposisi berpikir saya, bukanlah karena AQ tidak lengkap sehingga butuh pelengkap, tetapi kemampuan sayalah yang terlalu lemah untuk memahami sehingga butuh alat bantu. Pemikiran inipun masih dalam tanda kutip, karena Allahlah yang memberikan jaminan kepada manusia untuk memahami pesannya, juga disertai pesan pula untuk jangan mencari-cari (atau mentakwilkan) apa-apa yang tidak dijelaskan karena pemahamannya ada pada Allah Swt.

    Terimakasih pula untuk referensi dan do’a keselamatan. Semoga kiranya Allah melimpahkan rahmatNya kepada Mas beserta rekan dan handai taulan semuanya….
    Wass, agor.

  57. Opik berkata

    Anonymous Berkata:
    April 9, 2008 pada 1:18 pm

    saya lupa kasih nama Anonymous = Opik

  58. Haniifa berkata

    @mas Opik
    Penjelasan logisnya soal pohon kira-kira :
    1. Bisa rekayasa grafis. tanya mas pakar telematika
    2. Bisa rekayasa tanaman. tanya mas pakar bonsai
    3. Bisa pohon yang patah menuju arah kiblat, dan kemudian tumbuh pada patahan tersebut dahan baru, selayaknya daun-daunnya mengejar sinar matahari untuk proses potosintesis.
    Tapi saya pribadi lebih senang penjelasan mas Abudaniel tentang “Cara Allah memberi hidayah kepada manusia memang bermacam-macam. dan penjelasan mas Agor tentang “Dr. Azzacov“.
    Khusus untuk penjelasan mas Agor, pernah saya alami beberapa tahun silam, saat mencari pemahaman tentang “Dr. Rashad Khalifa”

    @
    Betul Mas Haniifa… khusus untuk Dr. Rashid Khalifa yang telah memunculkan angka 19 sebagai salah satu model matematis AQ dan ragam analisisnya yang begitu tajam sangatlah mempersonakan.
    Di sisi lain, ada sejumlah pendekatan dari Beliau (almarhum) yang juga penuh dengan tanda tanya bagi saya. Namun, untuk saya postingkan atau analisis, rasanya… boleh jadi kita punya “keraguan” yang sama…..

  59. Opik berkata

    Asslm. wr. wbr,

    Syukur Alhamdulillah bagi mereka yg terlahir dlm keadaan muslim, tmsk saya. Kita tidak tahu apa jadinya bila kita dilahirkan oleh seorang komunis misalnya apakah kita akan mengenal Islam atau tidak? tetapi hidup, kehidupan, penghidupan adalah milik Allah dan semua kepadaNya lah kita akan kembali.
    Betapa beruntungnya kebanyakan org2 Indonesia yg lahir dlm keadaan muslim. Sungguh betapa mahal hidayah, sekiranya peristiwa Dr.Azzacove adalah benar adanya maka hal itu baik untuknya, namun sekiranya kejadian itu hanya rekayasa, semoga ada yg dpt membuktikannya bukan dengan sanggahan semata namun bukti yg memadai, suara alam kubur merupakan bukti dari dr.azzacov terserah apkh mau diterima benar atau tidak, suara itu telah dipublikasikan. Ini masalah hidayah, perkara batin, bukankah islam itu lahir dan batin? kalau ada yg menganggap peristiwa itu menyesatkan saya kira yg benar2 sesat adalah mereka yg memerangi Islam secara terang-terangan.
    Bicara “jeritan” ini takkan habis-habis, kita hanya bisa membuktikannya nanti di padang mahsyar. Marilah kita bicarakan topik2 lain yang meningkatkan iman kita kepada Allah, yang meningkatkan derajat kita di mata Allah SWT. karena kita sama2 tidak memahami hal seperti ini,
    “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al Isra`:36)

    segala kesalahan ucap semua dari saya, kebenaran hanya dari Allah swt.

    wasalam

    @
    Ass.wr.wb. Mas Opik, terimakasih atas catatannya yang begitu hati-hati. Nggak salahkan, kalau kita mengambil pengetahuan tentang alam kubur berdasarkan petunjuk yang dijelaskan oleh AQ.
    Wass.

  60. Juned D. Prasetyo berkata

    Pendapat saya simpel saja mas Argo : Ada hadits (sahih) yang menyebutkan bahwa teriakan penghuni kubur yang sedang disiksa terdengar oleh semua makhluk Allah, kecuali jin dan manusia. Binatang juga makhluk Allah kan? Maka mereka juga (seharusnya) mendengar. Dan jika mereka mendengar, maka artinya gelombang suara jeritan ahli kubur itu real menduduki frekuensi tertentu, dan ini diluar frekuensi pendengaran manusia dan jin. Tapi dengan pendekatan ilmiah tertentu kan gelombang ini MUNGKIN saja dimasukkan ke frekuensi dengar manusia (which is antara 20Hz dan 20Khz). Dan itu (mungkin) yg terjadi pada perangkat Dr. Azzacov. Seperti halnya frekuensi gelombang infra merah yg tidak kasat mata bisa kita tangkap melalui foto. Singkatnya, suara jeritan ahli kubur tidaklah pada level kegaiban setinggi maaikat, apatah lagi surga neraka. Itu kalo kita merujuk sama hadits di atas.
    Bagaimana menurut anda?

    Saya jarang mengakses blog anda. Maka jika tidak keberatan mohon sekiranya bisa anda cc-kan jawaban anda di email saya?
    Jazakumullah.

    @
    Saya lebih merasa “afdol” merujuk AQ ketika menjelaskan mengenai dunia setelah kehidupan fana ini….

  61. Opik berkata

    Asslm. wr. wb.

    Memang betul, rujukan AQ merp yg pertama kita cari. tetapi ibadah pun seperti sholat byk terdapat pada hadist, apakah ibadah kita tdk afdol krn bacaannya tdpt pd hadist? selain sholat byk doa2 penuntun hidup spt doa bersiwak, doa wudhu, tdr dls.. lalu apkh krn tuntunan/bacaan2 sholat tdk afdol krn terdapat pd hadist?

    Allah pun berfirman dlm hadist Qudsi, yg didalamny byk ket mengenai akhirat.

    wasalam

    @
    Memahami judul dari postingan dengan menarik benang merah pada AQ sebagai rujukan utama, saya merasa lebih “afdol” atau pas karena keyakinan saya akan kebenaran AQ dan tidak perlu lagi memperdebatkan sahih atau tidaknya ayat. Kita tinggal berusaha memahami dan merenunginya. Pada postingan sejenis mengenai alam kubur, ada juga saya kutip hadis yang mungkin relevan.
    Oh ya, mengenai pertanyaan terakhir? mohon maaf itu pertanyaan di luar masalah postingan ya !. Soal yakin atau tidak sama hadis?, atau pandangan terhadap ibadah yang tertuang dalam hadis?. Yang jelas, saya bukan ahli hadis, jadi ya ikut saja sama ahlinya….

  62. [...] postingan-postingan saya yang cenderung -menghoaxkan – hal-hal seperti itu dengan menyampaikan catatan pengingat : sepertinya pak Agor harus menyaksikan pertanda-pertanda kebenaran agama Allah YANG DIPERLIHATKAN [...]

  63. karkun jos berkata

    semua yang ngak percaya siksa kubur nanti cuga akan merasakan, ngak percaya??? ngak percaya juga nanti yach atau mau sekarang , silahkan mati dulu

    @
    Ada sedikit perbedaan, antara suara jeritan yang ditangkap oleh teknologi Dr. Azzacov dengan siksa kubur. Yang diragukan dan agor tidak percayai adalah Dr. Azzacov dan segala pernak-perniknya, bukan siksa kuburnya. Siksa kubur (seperti banyak dipostingkan dan dikomentari) pada postingan ini adalah bagian dari keimanan. Sedikit perbedaannya, tetapi kedalamannya jelas sangat jauh berbeda. Insya Allah pembaca di sini memahami perbedaan ini. :)

  64. haniifa berkata

    @mas Karkun Jos
    Gimana kalau mas Karkun Jos dulu nyang duluan :D , nanti balik lagi kesini trus tulis pengalamannya…

  65. haniifa berkata

    @mas Karkun Jos
    Masih… di alam qubur gituh… 8)

    Kalau niatannya dibatalin… mendingan baca-baca dulu ini

  66. aburahat berkata

    Saya sangat setuju dg pendapat dan penjelasan mas Agor. Walaupun mungkin tdk sama tp seirama dlm menanggapi masalah suara dr kubur yg disampaikan oleh Dr Azzacov. Dua firman Allah yg saya bawakan sbg pola dasar utk menjelaskan hal tsb diatas:
    a. Firman Allah(saya lupa teks seutuhnya)”Apabila datang kepadamu suatu berita maka jgn langsung diterima apalagi dr kaum kafir/munafik/musyrik tp diteliti dg benar( teliti dg benar berarti dg AKAL)
    Jd apakah badan yg hancur tinggal tulang belulang bs bersuara? atau kalau JIWA secara akal bgm sesuatu yg tak berwujud bs bersuara. Klu kita katakan Allah Maha Kuasa berbuat sesuatu yg dikendakinya. Apa perlu Allah menunjukan kekuasaanNya pd Dr Azzacov dan apa manfaatnya.
    b.Firman Allah: Bagi mereka yg berdosa dan telah masuk keliang kubur Allah mempertunjukan siksaan yg bakal diterima nanti.Jd tdk ada siksa fisik. Yg ada penderitaan bathin (jiwa ). Merasakan siksaan tp tdk bisa berbuat apa2. Jd menurut saya berita dari Dr. Azzacov hanya isapan jempol

    @
    Kiranya demikian pula yang agor ingin sampaikan pada postingan ini. Terimakasih Mas Abu. :D

  67. yudhisidji berkata

    mohon diulang berita tentang jeritan tersebut sekedar “uh…uh…” seperti erangan pendek2, atau erangan yang membentuk kalimat yang jelas (mungkin bisa dikabarkan erangan itu pake bahasa mana…?). pembahasan siksa kubur memang selalu menarik ya ….

    salam yudhisidji

    @
    Sy juga ikut mendengarkan suara yang beredar luas diinternet… yah seperti jeritan yang riuh rendah, seperti gesekan besi roda, ciut-cit-ciut. Tergantung mau menginterpretasikannya….

  68. Abudaniel berkata

    Assalamu’alaikum,
    “Siksa kubur”. Dua kata yang merangkai satu perkataan yang, siapapun orangnya, bagaimanapun beraninya, setinggi apapun jabatannya, sekuat apapun tenaganya, pasti tidak mau merasakannya.
    Apakah siksa kubur ada?. Ada!. Yakin?. 1000% yakin!. Haqqul yakin. Walaupun belum sempat “ainul yaqin”. Kok?. Wong saya belum pernah lihat koq.:D Apakah anda pasti, bahwa hal tersebut ada?. Pasti!. Lha, anda kok bisa memastikan?. Bukan saya. Tetapi Rasulallah Shalallah ‘alaihi wassalam.
    Buakabkah terdapat sebuah hadits yang menceritakan bahwa ketika beliau sedang berjalan bersama beberapa shahabat, tatkala melewati sebuah kubur beliau lalu berhenti dan meminta sepotong pelepah korma basah lalu menancapkan kesebuah kuburan kemudian berdoa. Setelah selesai lalu beliau bersabda kepada para shahabat, kurang lebih maksudnya: Semoga diringankan siksaan atasnya (sipenghuni kubur)selama pelepah korma ini masih basah.

    Dan bukankah dalam sebuah riwayat yang lain diceritakan pula bahwa beliau pernah mengatakan kepada shahabat, bahwa kalaulah mereka bisa mendengar apa yang beliau dengar bagaimana jeritan orang yang disiksa didalam “kubur”nya, maka mereka akan lebih banyak menangis ketimbang tertawa. Jeritan tersebut terdengar oleh semua makhluk kecuali manusia dan jin.

    Kenapa banyak diantara manusia, bahkan diantaranya umat Islam sendiri yang masih tidak meyakini adanya siksa kubur?.
    Hal ini bersebab dari pemahaman kita terhadap “kubur” yang didalamnya berlaku penyiksaan dan pemberian nikmat.

    Kita memahami kubur adalah suatu tempat dimana “bekas kita” ditanam, dan dalam waktu tidak begitu lama akan tinggal tulang, bahkan mungkin tulangpun dalam waktu tertentu akan sirna tanpa bekas.
    kalaulah ini pengertian kita, maka akan timbul pertanyaan atau penyangkalan, bagaimana orang yang mati dilaut, yang terbakar hangus, yang mati diangkasa lepas (bisa saja terjadikan?. Seperti astronaut yang mati di bulan atau di mars, umpamanya). Bukankah mereka tidak dikubur sebagaimana lazimnya mayit?.
    Tambahan pula, belum pernah sipenggali kubur lama, atau saat pemindahan kubur, atau saat kuburan dibongkar ulang untuk keperluan otopsi, kita melihat ada penyiksaan didalamnya. Tidak diketemukan mayat maupun tulang yang pontang panting dipukuli malaikat kubur.
    Untuk memahami siksa kubur ( ada atau tidaknya), kita harus membetulkan dulu pemahaman kita tentang apa yang dimaksudkan dengan “kubur”, tempat dimana terjadinya siksaan tersebut. Kalau tidak,maka akan terjadi juga penolakan kita terhadap nikmat kubur dan sebagainya yang berhubungan dengan aktifitas didalamnya. Seperti, pertanyaan malaikat, meluas dan menyempitnya kuburan, mayat mendengar langkah kaki orang yang pulang setelah penguburannya, dsb. Dengan kata lain, sebagai seorang Islam, kita akan banyak menafikan hadits-hadits Nabi berhubungan dengan kehidupan di alam kubur.

    Ada cara yang pasti untuk memastikannya. Seperti kata Mas Haniifa dan Mas Karkun Jos, silakan mati dulu. Kemudian permisi kepada Allah sebentar, balik ke dunia kehidupan dan ceritakan pengalamannya. Gitu aja kok repot!:D

    Wassalam,

    @
    Sejumlah hadis (dengan periwayatan yang dinilai shahih) menjelaskan hal seperti yang Mas sampaikan. Agor tidak ingin memperdebatkan kesahihan hadis ini. Namun, tentunya di AQ dijelaskan cukup terinci mengenai Penderitaan dan Kenikmatan apa yang diperoleh di alam antara (alam barzah) ini. Beberapa yang cukup jelas diuraikan adalah :
    Diperlihatkan surga dan neraka (disebutkan dialami Fir’aun).
    Mendapatkan Karunia dari sisi Tuhannya (mati syahid).
    Tidur panjang (yang terasa sebentar) dan menyesal ketika dibangkitkan (di hari Kiamat).
    Ketiga hal yang dijelaskan di atas oleh AQ begitu gamblang, tinggal kita menyikapi/memahami pesan tersurat dari AQ.

  69. Opik berkata

    Asslm. wr. wb.

    Subhanallah
    Kasus jeritan ini, masing2 yg pro dan kontra tdk mempunyai bukti yg memadai, tp inti dr semua ini adalah masalah hidayah kpd dr.azzacove, Hidayah itu Hak Allah begitu pula mukjizat terserah Allah mu pake Awan, api lapindo, atau jeritan yg kita bahas namun kita semua lemah krn tanpa bukti.. buktinya lha itu nanti kita lihat saja di Alam kubur – padang mahsyar nanti..InsyaAllah.
    Melihat dr sisi hidayah, kita seharusnya bangga sebagai muslim di luar sana ada yg masuk Islam, diluar benar tidaknya tdk Dr.Azzacove masuk Islam berikut kejadian “Jeritan” tsb kita serahkan kpd Allah saja(Walaupun kedekatan kita dg Allah juga masih jauh dibandingkan para sahabat Rasul yg telah dijanjikan masuk surga), karena keIslamannya untuk Dr.Azzacove sendiri dan keridhoan Allah dan bagi Muslim, bila semua kejadian itu nyata adanya, Maha Besar Alah hanya Allah yg memberi hidayah…
    kita sudah seharusnya bersyukur krn telah dilahirkan dlm keadaan diwarisi Islam oleh Ibu Bapak kita tanpa ngebor 4000m dulu…

    Dan orang-orang kafir Mekah berkata: “Mengapa tidak diturunkan kepadanya mukjizat-mukjizat dari Tuhannya?” Katakanlah: “Sesungguhnya mukjizat-mukjizat itu terserah kepada Allah. Dan sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan yang nyata”.(QS.AL’ANKABUUT 29:50)

    Subhanallah Wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Ashaduanla ila ha ila anta astagfiruka wa atubu ilaika

    wasalam

    @
    Postingan yang menyangkut pengetahuan yang ghaib, mukjizat, ajaib, dan lain-lain yang banyak mendapat komentar adalah benar : Terserah kepada Allah, dan memahami hal ini juga agor coba mengikuti petunjukNya tentang hal ini. Dalam pemahaman agor, petunjuk Allah untuk melihat dengan akal sambil duduk, berdiri, melihat (mempelajari proses penciptaan), dan banyak kalam ilahi yang menjadi penanda ilmu pengetahuanlah yang justru diketengahkan. Oleh karena itu, yang berkenaan dengan Dr. Azzacove, adalah benar tidak bisa dibuktikan dengan telaahan, tapi agor yakin bahwa bila kita mengikuti informasi yang disampaikan AQ, maka seperti pada banyak komentar dan postingan yang relevan di blog ini dan blog-blog lain yang di link, maka akal dan hati akan menolak hal-hal seperti ini, biarpun maaf — dibungkus alunan ayat sekalipun.

  70. truthseeker berkata

    @Abdullah

    Mas Agor kita tidak boleh mengatakan sesuatu yg kita sendiri belum tahu kebenarannya itu dikatakan Hoax

    Wahhh..malah jd bingung saya, bukankah kl kebenaran yg belum jelas berarti syubhat, artinya lbh safe jk dikategorikan “hoax”.
    Atau yg dimksd mas Abdullah adalah sesuatu yg sdh menjadi fakta namun blm bs dijelaskan oleh akal?. Kl ini yg dimaksud mk sy pikir sah2 saja. Sy menangkap mas Agor berhati2 dlm hal ini krn banyaknya umat islam difeeding dg info2 yg tdk jelas sumber dan kebenarannya namun bombastis shg menggiurkan utk diyakini.
    @Agor
    Sisanya bagi saya ulasan dr mas Agor sangat memuaskan.

    @
    Rasanya memang cukup jelas saya menguraikan alasan mengkatagorikan atau memilah hal-hal ini sebagai “justru” yang menyebabkan kita terbelakang, kembali ke dunia klenik (dijelaskan pada postingan). Semoga pembaca menelaah alasan yang rasanya cukup “in deep”.

  71. hamba allah berkata

    jangan merasa benar sendiri bro…

  72. haniifa berkata

    Jangan bro sendiri benar… :D

  73. masbadar berkata

    aslkm,
    ikut nimbrung biar nambahin traffic..
    “mo ada atau gak kek yg begituan, sebagai muslim mah tetep beriman dengan benar kepada Allah, mu’jizat yg masih ada udah jelas; al qur’an, yg lain masihbisa diperdebatkan wong gak ada dalilnya sama sekali..”

  74. haniifa berkata

    nambahin traffic..
    Nggak keliru mas ?!
    Kalau saya lebih concern pada Rank blog Indonesia
    Sepertinya Oom Agor… ;) yach !!
    Setelah bersikutet 3 bln terakhir pada posisi 9 ratusan,… saiki weis kepala 4 ratusan.
    Slamet-slamet :D

  75. hamba Allah berkata

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Bismillahirrohmanirrahim

  76. hamba Allah berkata

    Dan katakanlah (wahai Muhammad) kepada hamba-hambaKu (yang beriman), supaya mereka berkata dengan kata-kata yang amat baik (kepada orang-orang yang menentang kebenaran); sesungguhnya Syaitan itu sentiasa menghasut di antara mereka (yang mukmin dan yang menentang); sesungguhnya Syaitan itu adalah musuh yang amat nyata bagi manusia.
    (Surah Al-Israa’, Ayat 53)

    Iaitu semasa kamu bertanya atau menceritakan berita dusta itu dengan lidah kamu, dan memperkatakan dengan mulut kamu akan sesuatu yang kamu tidak mempunyai pengetahuan yang sah mengenainya; dan kamu pula menyangkanya perkara kecil, pada hal ia pada sisi hukum Allah adalah perkara yang besar dosanya.

    Dan sepatutnya semasa kamu mendengarnya, kamu segera berkata: “Tidaklah layak bagi kami memperkatakan hal ini! Maha Suci Engkau (ya Allah dari mencemarkan nama baik ahli rumah Rasulullah)! Ini adalah satu dusta besar yang mengejutkan”.

    Allah memberi pengajaran kepada kamu, supaya kamu tidak mengulangi perbuatan yang sedemikian ini selama-lamanya, jika betul kamu orang-orang yang beriman.
    (Surah An-Nuur, Ayat 15-17)

    Dan orang-orang yang mengganggu serta menyakiti orang-orang lelaki yang beriman dan orang-orang perempuan yang beriman dengan perkataan atau perbuatan yang tidak tepat dengan sesuatu kesalahan yang dilakukannya, maka sesungguhnya mereka telah memikul kesalahan menuduh secara dusta, dan berbuat dosa yang amat nyata.
    (Surah Al-Ahzaab, Ayat 58)

    Semoga kita semua mendapat petunjuk dari Allah SWT dan kita selagi tidak tau mana yang benar atau salah jangan kita yakin kita lah tyang benar karena kebenaran itu dari Allah SWT dan atas kehendaknya Allah memberi petunjuk-Nya.

    wasalam

  77. Aburahat berkata

    @Hamba Allah
    Oleh karena itu kita berada diblog ini. Tidak lain utk mencari kebenaran agar jgn salah menerima informasi. Damai damai .Wasalam

  78. N. Arifin berkata

    Saya sudah dengar dua versi. Versi Islam, suara dari alam kubur dengan narasi dari seorang ustadz (VCD)saya peroleh dari adik saya kira-kira 1 tahun lalu. Versi ke dua, versi youtube – lengkap dengan narasi kejadinnya tetapi setelah diperdengarkan suara tersebut – diakhir ditulis nasihat .. “Follow Jesus Path bla…bla..bla (lupa).
    Entah nanti di you tube mungkin ada lagi di akhir…. “Follow the Budha… ????”.
    Menurut hemat saya nggak usah terlalu di percaya, cukup sholat dan baca buku Islam tentang siksa kubur – dan disana lebih jelas karena ada nukilan hadist dan Al Qur’annya.

    @
    Menurut hemat saya, nggak usah terlalu dipercaya?.

    Kalau saya malah ingin menyampaikan : Jangan pernah percaya karya VCD alam kubur itu sebagai sebuah kejadian sebenarnya.

    Tapi, jangan tidak percaya adanya siksa di alam kubur.

    Wass.

  79. N. Arifin berkata

    Setuju, jadi saya ralat — nggak usah dipercaya. Yang wajib dipercaya siksa kuburnya. Syetan memang penuh tipu daya, termasuk di abad yang sarat teknologi sekarang ini.

    @
    Betul Mas, kadang saya prihatin, betapa saudara-saudara kita mudah mengangungkan nama Allah dengan temuan-temuan yang nyaris akal-akalan atau ketika sebuah peristiwa tidak bisa dijelaskan segera maka langsung saja percaya. Kebiasaan memistism-kan itu berpotensi kita memberangus akal kita. Bukan karena ketidakahuan, tapi keterjebakan. Semakin terberangus, maka AQ sebagai petunjuk nyata buat orang berakal justru menjadi produk hiasan yang dipuji dan dikagumi, sekaligus jauh dari dipahami.
    Namun, ini memang sifat manusia juga. Termasuk agor jua… Subhanllah.

  80. dianpedrosa berkata

    ak stuju banget jmn skrg jmn rusak n g bs d kndaliin

  81. frida berkata

    ak dukung banget krna jmn skarang tu banyak anak atua manusia yg lpa sholat n lupa kpd allah maka jmn skrang adalah jman yg rusak n bejat

  82. ary berkata

    itu smua kmbali ke umat muslim sendiri, mo merubah sifat dan tabiat nya. klo menjalakan sholat dan menjahui segala macam’yg dilarang agama islam,insya alloh slmt dunia akhirat. klo sebalik nya malah melupakan alloh dan melanggar ketentuan dlm syariat islam. maka ajab siksa dunia maupun akhirat akan menanti umat manusia.

    @
    Terimakasih untuk peringatannya.
    Wassalam

  83. Abudaniel berkata

    Assalamu’alaikum,
    Yang saya percaya adalah : Siksa kubur ada!. Kok anda yakin?. Ya!. 100% yakin. Haqqul yaqin, walaupun belum ainul yaqin. Karena belum pernah lihat sih. Kecuali disinetron.
    Kalau ada yang, katanya, pernah dengar jeritan orang lagi disiksa (entah dikubur atau dineraka?)saat penggalian di Siberia (kalau nggak salah) dan direkam di CD atawa kaset, maka jangan percaya dulu dan jangan pula didustakan dulu. Just hold. Sampai bisa dipastikan kebenarannya atau kebatilannya.
    Caranya?. Banyak!. Tanya dulu sipendengarnya. Pastikan siapa saksinya. Kualitas penyampai dan saksinya bagaimana. Kapan waktu terjadinya. Kalau perlu ulangi lagi penggaliannya ditempat dia mendengarkannya.
    Pasti ada yang mengatakan, itukan perlu biaya besar. Betul. Kebenaran memang memerlukan biaya.
    Bukankah untuk mendapatkan sebuah hadits, seorang ulama masa lalu harus rela berjalan beribu-ribu mil hanya dengan unta bahkan kadang-kadang jalan kaki. Sekarangkan lebih gampang. Banyak kenderaan yang bisa digunakan.
    Tapi kalau ngak mau, ya sudah anggap saja itu hanya sebuah lelucon.
    Wassalam,

    @
    Wassalamualaikum ww.
    betul Mas Abu, cek n ricek dulu. Agor ketika mendengarnya pusing juga :( lalu nyari-nyari dari referensi pokok, apakah kehidupan : nikmat dan derita dijelaskan Al Qur’an atau tidak. Ternyata AQ menjelaskan. Berikutnya, apakah ada penjelasan di AQ bahwa manusia diperkenankan melihat, mendengar, atau dapat menggunakan fungsi-fungsi indera untuk mengetahui keberadaan alam kubur. Dari petunjukNya, baru menarik kesimpulan awal. Sepanjang AQ tidak menjelaskan atau menegasi, maka tidak berani menyimpulkan.
    Wassalam….

  84. Abu Rahmat berkata

    “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” QS 49:6

    ————-

  85. ikbal abdulloh berkata

    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Menurut saya siksa kubur itu ada ……udach gitu aja

    @
    Wass.ww.
    Tentu argumen dalam memahami petunjukNya (kah) sehingga kesimpulan ini kita dapatkan…
    Wassalam
    .

  86. duloh aink pisan berkata

    Mikoem
    Kata saya mah kenapa ada suara jeritan tersebut karena yaitu untuk membuktikan bahwa siksa kubur itu ada dan akan dialami oleh setiap manusia …..

    @
    Wa’alaikum salam.
    Untuk membuktikan bahwa siksa kubur itu ada? dan akan dialami oleh setiap manusia?.
    Wah…. apakah tidak berminat untuk merenungi lebih mendalam… :D
    Wass

  87. ahmad-juga berkata

    iman itu mahal. meng-imani hal-hal ghaib itu tidak mudah. hanya orang-orang yang dibukakan pintu hatinya, pikirannya, telinganya dan matanya oleh Allah lah yg mengimaninya. mereka adalah orang-orang pilihan Allah. bersyukurlah bagi mereka yang terpilih.

    Suara jerit kubur, bukanlah mukjizat. ia merupakan mesej bagi orang-orang beriman untuk bersiap menghadapi kematian, untuk tunduk, patuh, dan takut hanya kepada Allah swt, dan meyakini akhirat sebagai yang lebih utama daripada dunia.

    lagipula, mas agor, anda salah memahami istilah mukjizat. mukjizat adalah keluarbiasaan yang diberikan Allah kepada nabi dan rasul-Nya, seperti maunah (keluarbiasaan yg diberikan kpd para ulama), atau ilham (keluarbiasaan yg diberikan kpd hewan).

    Soal Anda tidak menemukan dalil Al-Quran tentang bisakah indera pendengaran kita menangkap siksa kubur, ini saya nukil salah satu ayat al-Quran.
    “Dan tidak pula sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar” (QS. Fathir:22)

    so, Allah swt Maha Kuasa untuk memperdengarkan siksaan kubur kepada siapa saja, termasuk kepada non muslim, sebagai mesej bagi segenap manusia, dan tentu saja bagi orang-orang yang beriman.

    sekali lagi, iman itu mahal. Sayang, anda sudah sampai ke rumah Allah, yang jauh dan biayanya mahal, tapi belum cukup untuk mendapat rahmat Allah. Tandanya? tulisan anda sama sekali tidak memberikan pencerahan dan ketentraman batin bagi para pembaca (Islam itu rahmatan lil alamin). ada apa gerangan dengan anda? benarkah anda seorang muslim? apakah justru tulisan anda adalah hoax yg sebenarnya?

    bertobat segera, memohon ampun, dan memohon hidayah dari Allah swt. layak untuk dilakukan secepat mungkin bagi orang-orang yang seperti anda!

    wallahu a’lamu bishshowab.

    @
    Terimakasih untuk catatan dan peringatannya yang cukup tajam. Terimakasih pula untuk sarannya agar bertobat. Insya Allah, peringatan Mas menjadi catatan berharga buat agor.
    Perkenankan, sedikit saya memberikan catatan dari alinea-alinea yang Mas kemukakan.

    iman itu mahal. meng-imani hal-hal ghaib itu tidak mudah. hanya orang-orang yang dibukakan pintu hatinya, pikirannya, telinganya dan matanya oleh Allah lah yg mengimaninya. mereka adalah orang-orang pilihan Allah. bersyukurlah bagi mereka yang terpilih.

    —-
    Saya tidak mendapati dari AQ iman itu mahal. Kalau bernilai ya.
    —-

    Suara jerit kubur, bukanlah mukjizat. ia merupakan mesej bagi orang-orang beriman untuk bersiap menghadapi kematian, untuk tunduk, patuh, dan takut hanya kepada Allah swt, dan meyakini akhirat sebagai yang lebih utama daripada dunia.

    Baik dari hadis atau AQ, saya tidak pernah membaca atau mendengar ulama menyampaikan ada manusia mendengar suara jerit kubur. Beberapa hadis menjelaskan Nabi mendengar, namun di AQ tidak ada sama sekali. Saya juga tidak pernah mengetahui dari riwayat pada AQ, mesej bagi orang beriman disampaikan oleh orang yang tidak beriman. Dr. Azzacov, seperti dikisahkan dalam hoax tersebut adalah seorang atheis. Tidak percaya Tuhan. Dalam berbagai hoax tersebut disebutkan :”Sebagai seorang komunis, saya tidak percaya surga atau Bible, tapi sebagai ilmuwan saya sekarang percaya adanya neraka,” demikian tutur Dr Azzacov.”
    –> komunis, tidak percaya surga, bible, tapi sebagai ilmuwan percaya neraka –> logika seperti apa ini?. Belum lagi data ilmiahnya : digali pada kedalaman 14,4 km, temperatur 1100 derajat celcius, mikrophone super sensitiv?. –> Ha…ha…ha… mikrophone jenis apa sih yang akan dipasang pada kedalaman 14,4 km super sensitiv. Apakah anda punya pengetahuan tentang ilmu geologi, pertambangan, penggalian sampai 14,4 km ke dalam bumi untuk mendengarkan suara?. Lumpur lapindo, mud vulkano pada kedalaman 9 km dan mesin bor yang bekerja di sana?. Logika apa yang dipakai ilmuwan untuk memasang microphone?. Apakah hal seperti ini pernah anda renungkan?. Oh ya, besi melarut (lebur pada temperatur) 1538 derajat celcius, air mendidih pada temperatur 100 derajat Celcius, alumunium pada temperatur 780 derajat Celcius sudah melebur. Lalu mircrophone bahan apa ya yang bisa tahan pada temperatur 1100 derajat celcius?

    lagipula, mas agor, anda salah memahami istilah mukjizat. mukjizat adalah keluarbiasaan yang diberikan Allah kepada nabi dan rasul-Nya, seperti maunah (keluarbiasaan yg diberikan kpd para ulama), atau ilham (keluarbiasaan yg diberikan kpd hewan).

    Tentang mukjizat, saya menuliskan di sini. Silahkan koreksi jika keliru.

    Namun, soal ilham, saya baru tahu bahwa ini adalah keluarbiasaan yang diberikan kepada hewan.
    Hewan saja? :D

    Soal Anda tidak menemukan dalil Al-Quran tentang bisakah indera pendengaran kita menangkap siksa kubur, ini saya nukil salah satu ayat al-Quran.
    “Dan tidak pula sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberikan pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar” (QS. Fathir:22)


    hm… mohon maaf, saya di sini gagal menangkap hubungan antara microphone di kedalaman 14,4 km, dr azzacov yang mengingkari adanya surga dan bible, dengan pendengaran siksa kubur. Namun, dari sinetron televisi indonesia sih… buanyak.

    so, Allah swt Maha Kuasa untuk memperdengarkan siksaan kubur kepada siapa saja, termasuk kepada non muslim, sebagai mesej bagi segenap manusia, dan tentu saja bagi orang-orang yang beriman.


    Cukup jelas penjelasan AQ tentang alam kubur : Barzah, pembatas. Tidur dan dibangkitkan saat hari kiamat. Jangan sebutkan mati, tapi mendapatkan rejeki dari sisi Allah (orang yang berjihad di jalan Allah), Menyesal dan berputus asa, merasa tidur sebentar dan bertanya mengapa dibangunkan. Dicabut keras jiwanya saat sakratul ma’ut. Diperlihatkan surga di pagi dan neraka di petang hari (kepada Fir’aun dkk). Silahkan temukan hal ini di AQ. Apakah pernyataan AQ diingkari, sedang di AQ tidak ada siksa pada tubuh yang dihancurkan sebelum tiba hari kebangkitan.

    sekali lagi, iman itu mahal. Sayang, anda sudah sampai ke rumah Allah, yang jauh dan biayanya mahal, tapi belum cukup untuk mendapat rahmat Allah. Tandanya? tulisan anda sama sekali tidak memberikan pencerahan dan ketentraman batin bagi para pembaca (Islam itu rahmatan lil alamin). ada apa gerangan dengan anda? benarkah anda seorang muslim? apakah justru tulisan anda adalah hoax yg sebenarnya?


    Wah ini sih tidak perlu saya berikan catatan kembali. Namun, menjadi harapan, agor sama sekali tidak berniat menyesatkan dengan apa yang agor ijtihadkan.


    bertobat segera, memohon ampun, dan memohon hidayah dari Allah swt. layak untuk dilakukan secepat mungkin bagi orang-orang yang seperti anda!



    Yap, terimakasih untuk pesannya. Namun, jika karena saya harus mempercayai tanpa analisis dan karenanya saya dianggap bukan seorang yang sedang berusaha menjadi muslim (berserah diri) karena tidak mempercayai pesan yang dimulai dari tahun 1990-an itu, saya bisa memakluminya meski juga, alangkah lebih baiknya juga Mas berusaha menggali dari segala sisi mengenai hal ini dan menunjukkan kebenaran dari pada mengembangkan prasangka. Cukup banyak beberapa postingan dan ragam sumber yang menertawakan ummat Islam yang mempercayainya, lengkap dengan segala argumen akal dan dalil. Mari kita telaah berita yang datang secara seksama. Mengembangkan pendekatan prasangkaan tanpa analisis logis hanya memunculkan caci maki dan anggapan-anggapan yang kurang pada tempatnya. Panutan kita pertama adalah Al Qur’an : tunjukkanlah, yang kedua hadis (yang HARUS tentunya sesuai dengan petunjuk AQ) maka tunjukkanlah. Lalu lainnya. Setelah itu, baru sampaikan “Wallahu’alam”. Namun, gunakan pesan suci itu tidak dalam kerangka prasangkaan. Insya Allah sebuah diskusi yang baik akan memberikan warna dalam kehidupan keberagamaan.
    AQ memisahkan yang hak dan yang batil, cahaya yang terang benderang, maka marilah kita lihat dari sini. 6:114. Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al Quran) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al Quran itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali termasuk orang yang ragu-ragu. Perhatikan kata terperinci !. Apa pula yang diajarkan AQ jika kita mendapatkan berita dari orang fasik : Periksalah !. (49:6). Bagaimana mungkin seorang muslim mempercayai berita tentang kebesaran Allah yang datang dari kaum kafir, yang menyatakan dirinya komunis, tidak percaya surga tapi percaya jeritan suara dari magma bumi/neraka, sedangkan orang-orang kafir adalah orang yang mengingkari ayat-ayat Allah dan berputus asa pada rahmatNya. Sedangkan para ulama, kaum beriman, jika membaca atau menerima hadis pun dengan hati-hati membaca, bertanya dan memeriksa sanadnya. Shahih apa nggak?. Tertolak jika satu saja periwayatnya diragukan. Ini sikap yang jelas ditunjukkan betapa perlunya kehati-hatian. Jadi, bagaimana mungkin bisa dituduhkan seperti pada alinea kedua terakhir Anda sampaikan kepada saya, sedangkan berita dari yang sudah jelas mengaku komunis, tidak percaya surga, ditelan mentah-mentah tanpa mau melihat lagi sanadnya. Sanad dari riwayat dr Azzacov? :D

    Kalau Mas mau sedikit menelaah dan mau memahami sedikit saja runtutannya atau membandingkan dengan pesan-pesan yang sudah begitu gamblang pada AQ, saya percaya Mas tidak akan memberikan catatan seperti pada komentar ini.

    Akhirnya, mohon maaf catatan ini dibuat dengan gamblang. Harapan agor, Mas Ahmad dapat tergugah memberikan catatan lebih berharga.

  88. dahlia berkata

    Assalamu’alaikum wr wb

    Mas dian perdossa…jaman skrg itu rusak karena manusianya sendiri jgn salahin jamannya yah..kasihan loh,Allah swt menciptakan manusia dan beserta isinya hanyalah semata-mata untuk tunduk dan beribadah kepadanya,perlu di ketahui bahwa Nabi muhammad saw pun sangat berperan dalam kehidupan kita,karena beliaulah kita di berinya rahmat dan syafa’at..smoga sluruh umat di dunia cepat sadar kembali ke jln ALLAH SWT amin…

    Jazakumulloh…

    wassalamu’alaikum wr wb

  89. ji lin u berkata

    maaf, sebelumnya karena saya bukan mau menanggapi hal di atas, tapi saya mau tanya bagaimana caranya untuk pesan buku bse depdiknas, karena di tempat browser web ini ada bacaan yang menyebutkan bahwa web ini juga melayani pemesanan bse depdiknas. terima kasih

    @
    BSE hanya menyediakan donlot buku digitalnya yang hak ciptanya telah dibeli pemerintah. Jadi tidak usah beli, tapi donlot langsung dari sumbernya, yaitu http://bse.depdiknas.go.id/
    Selain itu dari sumber lain juga bisa, karena penyebarluasan bse bersifat terbuka dan bebas. Majalah Komputer PC Media, menyertakan dalam dvd buku-buku bse ini. Dengan membeli majalahnya, maka dapat setumpuk ebook gratis. Sekali lagi, ini versi digital. Bukan versi cetaknya.
    Untuk mencetak dan memperjualbelikan juga bisa dilakukan dari bse tanpa perlu lagi minta ijin, jadi bebas-bebas saja dan tidak akan ditangkap. Buku Bse, SIAPAPUN boleh memperbanyak dan menjual secara bebas. Ini seperti menjual air laut, boleh-boleh saja. :D
    Hanya harga jual dan kriterianya ditetapkan oleh Pemerintah. Spesifikasi produk ditetapkan, sesuai ebook tersebut dan kertas cetak hvs 70 gram.
    Depdiknas sendiri tidak menjual buku bse (versi cetak).
    Kira-kira itu yang saya bisa jelaskan.
    Terimakasih ya.

  90. sealza berkata

    gue bnr2 kgk ngrti maksud tulisan ni tau!!!!!!!!!!

    @
    Tidak selalu dapat dimengerti…. bisa dimaklumi. :D

  91. benderahitam berkata

    Azab kubur.. memang benar apa yang disampaikan oleh rasululloh bahwa kalau kita tau gimana dahsyatnya azab kubur, dijamin gak bisa menikmati nikmatnya tidur dan makan minum..

    sekitar tahun 2004, suara-suara seperti rekaman azab kubur yang dari Rusia tiap saat saya dengar hampir selama 3 bulan. tapi yang paling menakutkan adalah suatu malam ketika saya diperdengarkan azab kubur yang sangat jelas. demi Allah, suaranya betul-betul mengerikan! jeritan penghuni kubur di antara ribuan suara gonggongan serigala sejenak membuat saya terpana karena suaranya sangat menggelegar dan memekakan telinga. saya hanya mencatat kejadiannya dalam buku saya yang berjudul Buku Harian si SantriMurtad.

    setelah saya mendengar rekaman azab kubur dari para ilmuwan rusia, saya sampai merinding seudah tau yang dulu saya dengar adalah suara-suara azab kubur.

    azab kubur yang saya dengar sepertinya dari seorang pemusik. sedetik setelah musiknya diputar, terdengar gonggongan ribuan suara serigala yang memburu arwah si pemusik. si pemusik menjerit dan meratap sambil memohon agar musiknya jangan diputar. sedetik setelah musik saya hentikan, suaranya tak lagi terdengar. tapi saya malah penasaran. musik saya putar, saya hentikan, saya putar, saya hentikan. selanjutnya saya putar terus sambil berkata, “rasain lu.. minta tolong sama gue.. gue setan, bukan manusia..

    demi Allah, setan-setan yang sedang asing ngobrol dengan saya ketika itu pada ketakutan. pantas saja al-Qur’an mengabarkan bahwa setelah setan mengajak kita kafir dan kita pun kafir, mereka lari ketakutan sambil berkata, “aku berlepas diri dari kamu”.

    sekedar informasi, saya adalah orang yang pernah ingin membunuh Allah. teman-teman saya langsung menjauh setiap saya mulai memaki-maki Allah. dari sini saya paham maksud suatu hadist qudsi yang menyatakan, “jika engkau bisa membinasakan-Ku, tentu kamu akan membinasakan-Ku..”

    tapi sekarang saya sedang berusaha mengajak kepada teman-teman terutama para setanis untuk keluar dari kegelapan menuju cahaya selagi kita masih dapat diselamatkan. percayalah, setan saja sangat takut kepada Allah. kunjungi blog saya, http://benderahitam.wordpress.com

    mohon untuk tidak menyebarluaskan cerita tentang azab kubur ini kecuali untuk mengingatkan Anda dan keluarga Anda agar takut kepada Allah.

    @
    Pengalaman yang menarik !, saya percaya azab kubur itu ada seperti dikisahkan Al Qur’an bahwa Fir’aun diperlihatkan pagi dan petang keadaan neraka. Sebagian lain dikisahkan mereka bangkit dalam kubur yang terasa hanya sebentar saja dan menyesal mengapa dibangkitkan. Sumber-sumber AQ menjelaskan dan saya meyakini penuh kebenarannya.

  92. irmanator berkata

    Saya sering mendapat sliweran email yang berisi gambar editan software photoshop, kemudian disematkan tentang kebesaran Allah, Al Qur’an, dst. Yang menarik dan sedikit membuat saya trenyuh itu, dari posting komentar itu betapa cepat dan mudahnya orang mempercayai ketika itu disangkutpautkan atas nama agama.
    Agama sih agama, tapi ya mbok pake nalar jg dong. Itu yang membedakan antara jaman jahiliah sama jaman era logika yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Iqro = bacalah… baca, cerna (cek dan ricek), and do something.
    Mengenai suara alam kubur itu, saya meyakini ini teknik editing suara ala wavelab. Ditambah adanya keterangan datangnya ambulan yang bawa obat anti-depresan. Seakan-akan meyakinkan bahwa dijamin siapapun gak bakal bisa telusuri orang2 yang terlibat, selain rekaman suara itu sama sipenyampai berita. Keyakinan bahwa itu hoax bertambah karena ‘suara alam kubur’ yg saya dapet itu diiringi video yang memperhatikan gerakan tubuh si mayat dalam mode video infra merah. Terus terang saya takut sih, tp kalo dilogika kenapa kok selama saya ke makam baik siang maupun malam gak bersuara gluduk2 kayak gerakan si mayat dlm video tsb.

    @
    Memang banyak…
    Bagi mereka yang mendalami video editing untuk memanipulasi gambar dan suara apapun, meniru gambar, menempelkan dan lain sebagainya… itu pekerjaan mengasyikkan. Ketika yang dimanipulasi itu adalah suara-suara untuk kepentingan “sinetron” dan membawa pengertian yang keliru dari sejumlah saudara-saudara kita sehingga apa yang dijelaskan oleh AQ sebagai satu-satunya sumber informasi yang shahih diabaikan maka tujuan menjadi awal yang baik akan terpahami penuh mistik dan manipulasi.
    Tercampurnya yang hak dan yang batil dalam dunia era informasi ini semakin mudah. Tidak sedikit pula yang menjadikan sumber informasi ini sebagai bukti kebenaran…. (dan tentulah pembuatnya akan ketawa-ketiwi). Padahal, begitu jelas pula bukti kebenaran itu, di seluruh ufuk dan pada diri kita sendiri……

  93. [...] Allah akan menepis keragu-raguan… yang ada [...]

  94. iwan purnama berkata

    Sebelum kita memvonis benar atau bohong, percaya atau tidak kita coba harus netral dan berusaha menghargai kreativitas orang. sebagai tambah wawasan pengetahuan berdasarkan ilmu boleh boleh aja. Banyak contoh yang dulunya mayoritas masyarakat terhadap suatu hal dibilang bohong / tidak percaya (hal ini disebabkan ilmu kita belum mencapai tahapan ini) jadi boleh boleh saja mempunyai opini ini dan opini sebaliknya benar / percaya yah saling menghargai pendapat terhadap suatu kreatifitas. Contoh soal yang dulu bisa dibilang mustahil tapi setelah ilmu sampai tahapannya barulah kita percaya, adapuncontoh soal tersebut di antaranya :
    1. Nabi Muhammad melakukan Isro dari Mekkah (Masjidil Haram) ke Palestina (Masjidil Aqso) dalam waktu yang sangat singkat (waktu dulu hal ini Mustahil karena Jarak yang sangat jauh hanya ditempuh sekian waktu yang singkat) kejadian ini sempat membimbangkan para sahabat dan pengikut nabi tapi lihat ada 1 sahabat yang percaya (karena keimanan yang tinggi) yaitu Kholifah Abu Bakar Sidik. Tapi jaman sekarang hal tersebut dapat dibuktikan dengan ilmu yaitu ilmu penemuan pesawat terbang (sehingga jarak yang sangat jauh dapat ditempuh dengan waktu singkat) Subhanalloh karenanya Alloh memberikan peringkat kepada orang yang berilmu dan mau berfikir.
    2. Jaman dulu mustahil kita bisa saling bicara langsung dan melihat wajah nya berbarengan tapi lihat jaman sekarang hal tersebut sudah tidak mustahil lagi dengan adanya sarana ilmu telepon dengan fasilitas Vidio (dibilang 3G).
    3. sewaktu awal TV ditemukan jaman dulu orang sangat heran dan sampai menjgaa kehati hatian keheranannya ada yang curiga mengarah ke Musrik (ada orang awam yang berfaham menggunakan tenaga Gaib yang identik dengan alam gaib Jin, tapi hal ini lambat laun dapat ditepis dengan akurasi ilmu teknologi. Makanya karena keterbatasan ilmu kita jangan mudah memvonis musryik dulu.
    4. Pengalaman saya tahun 2004 saya beserta istri Berangkat ibadah haji, didalam perjalanan didalam pesawat terbang hampir sampai di Mekkah (saat itu hampir subuh sertempat), namun heran didalam pesawat tersebut saya beserta istri mendengar sayup sayup ada suara laki laki dan perempuan melantunkan pujian pujian ke Allah membaca Quran persis menunggu datangnya waktu azan (Herannya hal ini hanya dapat didengar oleh saya dan istri saja karena saya tanya orang yang berdekatan tidak ada mendengarnya, Alhamdulillah dan Wallahu alam).
    Ayolah kita jangan keburu memvonis tapi marilah kita hargai kretaifitas orang.
    Slama damai dengan Iman
    Iwan Purnama – Surabaya
    081335560217.

    @
    Terimakasih untuk catatannya yang meskipun memang sedikit (atau banyak) perbedaan pandangan, namun Mas menyajikannya dengan baik. Ijinkan saya memberikan sedikit catatan :
    Komentar atau postingan saya memang sejak dari awal tidak netral. Sama sekali tidak netral. Dan ini memang sesuai dengan tujuan dari blog ini yang menisbahkan pemahaman agama (dalam hal ini Islam) kedalam berbagai aspek yang saya nilai relevan. Jadi memang tidak netral, saya berusaha dalam memberikan pandangan (atau judgment atau justifikasi) dari sudut pandang yang saya pahami (boleh jadi pemahaman saya keliru) dari sumber Al Qur’an dan sumber-sumber lain yang relevan.
    Dari sumber dan banyak sumber dan kemudian saya sandingkan dengan pemahaman kepada AQ maka saya menarik kesimpulan bahwa AQ tidak menjelaskan sebuah pemahaman bahwa pengetahuan alam kubur bisa ditangkap oleh peralatan apapun atau sejenisnya.
    Kalau berkenan, ada beberapa artikel dan rujukan dari berbagai pihak yang diambil atau dilink karena sejalan dengan pemikiran ini.
    Sebuah kreatifitas dalam wilayah ini, dalam pemahaman saya (dan pemahaman tiap orang berbeda) bukanlah sebagai kekreatifan, tapi dapat menimbulkan sebab semakin jauhnya ummat terhadap pemahaman yang sesungguhnya telah begitu gamblang dijelaskan oleh AQ.
    Di sinilah letak ketidaknetralan agor dan sekaligus sebagai keberpihakan dan keinginan untuk menyampaikan pemahaman, biarpun sangat terbatas dan terbata-bata.

    Namun demikian, beberapa catatan lain, agor perhatikan. Terimakasih juga untuk catatan berpikirnya. Agor betul-betul berterimakasih untuk catatan ini karena mengingatkan betapa pandangan bisa berbeda dan kita belajar menyikapinya secara dewasa.
    Semoga Allah melimpahkan karunia dan pengertian kepada kita semua.
    Amin.

  95. arizal berkata

    apapun yg Allah kehendaki pasti terjadi. Sesuatu yg gaib adalah milik Allah.

    @
    Catatan yang menarik tapi sekaligus aneh tapi mungkin perlu…(setidaknya buat agor).

  96. Mey berkata

    Ass….

    SayA Mey SiSwa Yg Br SaJa MmBacA bLoG AnDa.KaLo MenUrUt LogIka SaYa,SeMua iTuCh TerGanTunG DaRi PembacAnya.tapI HaruZ aDa BatasannYa…
    Tak PerLu TrLaLu FanaTik aTo OvEr DeNgaN InFoRmasI yG d Baca.CuKup Lah SeBaGai TuNtuNan aGar KiTa BiSa TerMotiFasI UnTuk LebIh DeKaT LaGi Kpd ALLAH SWT

    @
    AmiEn

  97. arief juniawan berkata

    bukankah alam barzah itu aktivitasnya dirahasiakan oleh ALLAH,jd semua itu gak masuk akal…you know?

    @
    Di dalam AQ, rasanya yang dapat agor pahami cukup banyak ayat yang menjelaskan keadaan di alam kubur sampai mereka dibangkitkan di padang mahsyar. Kita bisa menarik banyak pelajaran dari situ. Dijelaskan pula bahwa kita tidak bisa membuat orang di dalam kubur bisa mendengar. Ayat yang menjelaskan ini menunjukkan bahwa komunikasi dengan arwah alam kubur itu tidak akan bisa terjadi. Ini yang saya pahami.

  98. Harley Lumowa berkata

    tolong komentarin blog saya harley1608.wordpress.com

    @
    yap… kalau bisa ya… soalnya harus belajar dulu memahami…

  99. dini berkata

    waduh parah banget tuh
    !!!!!!!!!!!!!!!!

  100. martin berkata

    ITU EMANG BENAR ADA NYA,,,,,,,,,,

    @
    ?, maksudnya ….

  101. Anonymous berkata

    kalau alloh ingin menunjukkan kebesaranNya, tsunami di aceh lebih masuk akal daripada yg ini.

    @
    Agak sulit juga agor memahami pesan ini…, namun kalau yang dimaksud mengenai topik postingan… maka jelas pula Allah mengabarkan mengenai posisi alam barzah, orang yang sudah diwafatkan, dan hubungannya dengan manusia yang masih berteduh di fananya dunia…..
    Karena itu, kata : Kalau Allah ingin menunjukkan kebesaranNya, maka Allah jua menjelaskan bagaimana kebesaranNya ditunjukkan dan dijelaskan oleh Al Qur’an….

  102. Anonymous berkata

    jadi jeritan di alam kubur itu beneran ditemukan? ada bukti yang bisa dipertanggungjawabkan apa engga? kan katanya semua alam ghaib, termasuk alam kubur itu urusan alloh. Anda sendiri yang bilang bahwa Alloh lebih senang jika manusia mengenalNya melalui tataran ilmu pengetahuan dan logika, jadi saya sendiri yakin Alloh ingin manusia menghadapi sesuatu itu dengan akal, karena saya juga tahu Alloh menciptakan dan menunjukkan semua kebesaranNya secara logis,sesuai dengan kemampuan kita. Jadi, apakah selanjutnya harus diperlihatkan alam barzah kepada kita, sementara bencana alam dan kejadian semacamnya tidak juga membuat kita ingat kepada Alloh? Apa harus seperti itu?

    @
    terimakasih untuk catatan dan pertanyaan-pertanyaannya. Pertanyaan yang pada dasarnya adalah jawaban bahwa dari segala sesuatu hendaknya diteliti dan dipelajari dengan baik sebelum disimpulkan. Dibaca dengan hati-hati yang tersirat dan tersurat… agar tak terjerembab dengan konklusi keliru …
    Sekali lag terimakasih… dan terimakasih pula telah sudi berkunjung…

  103. yto99 berkata

    Assalamu’alaikum wr wb

    Tolong jangan hanya berkata
    menurut saya…….,
    kalau saya pikir…….
    menurut logika saya……
    menurut pikiran saya……..
    memangnya anda siapa………????

    Cintailah ALLAH
    Cintailah ALLAH
    Cintailah ALLAH

    @
    Wass.ww
    Terimakasih untuk peringatannya… namun, apakah kalau saya mengatakan menurut saya dstnya dengan merujuk pemahaman saya terhadap teks itu adalah tanda kecenderungan untuk pendekatan yang keliru untuk pesan berikutnya : Cintailah Allah.
    Namun, di sisi ini benar… saya masih tipis dan masih sangat perlu memperbaiki diri….
    Salam, agor

  104. aceng berkata

    SAlam,
    Maaf saya numpang lewat,mengomentary no.100. Betul sekali kita kita bisa berkomunikasi dengan arwah ahli kubur. Tapi mengapa Nabi saw mengajarkan kepada kita umatnya supaya membacakan salam kalau mau lewat/masuk/ziarah kubur. Menurut hemat saya, tidak semata-mata Nabi saw mencontohkan begitu kalau tidak ada yang menjawab, cuma kita manusia yang hidup di penjara dunia ini tidak dapat mendengar ucapan arwah. Terimakasih.

    @
    Salam kembali. Dalam hal yang mas sampaikan bahwa contoh dari Nabi, mengucapkan salam. Al Qur’an memang menjelaskan bahwa mereka berada di alam barzah sampai hari mereka dibangkitkan. Manusia yang hidup didunia tidak dapat mendengar ucapan arwah, yang saya pahami dari ragam sumber juga begitu. Sebaliknya juga, orang di dunia juga tidak bisa menyampaikan apapun yang bisa didengar arwah. Ini ditegasi dalam QS 35:22 : dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang didalam kubur dapat mendengar.
    Kalimat : Sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya menjelaskan bahwa terdapat peluang kemungkinan “siapa” dapat mendengar. Kata siapa saya berikan tanda apostrop untuk menegasi bahwa siapa itu orang, bukan alat, seperti Jeritan Alam Kubur.
    Salam, agor.

  105. haniifa berkata

    Assalamu’alaikum
    Nabi Muhammad s.a.w memberikan contoh salam kepada ahli kubur karena memang ada “NIKMAT KUBUR” seperti yang tercantum pada Surah Ali Imran ayat 169 :
    “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Rabb-nya dengan mendapat rezki.

    Sehingga tidaklah mungkin Rasulullah… memberikan salam kepada ahli neraka, yang jelas pintu neraka belum dibuka sebelum KIAMAT TIBA.
    Subhanallah….
    Kalau saya lebih menyakini calon ahli neraka berupa tanah belaka, seperti yang digambarkan dalam Surah An Nabba’ ayat 40 :
    Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata: “Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah TANAH“.

    Wassalam, Haniifa.

    • Afdal berkata

      Ya allah tuhan yg memiliki panggilan ini.yg sempurna dan memiliki shalat yg didirikan berilah junjungan kami nabi muhammad.wasilah n keutamaan serta kemuliaan n derajat yg tinggi.angkatlah ia tempat yg terpuji sebagaimana engkau telah janjikan sesungguhnya enakau ya allah dzat yg tdk akan mengubah janji.ya allah jngn engkau jd kn kami orang orang yg kafir.orang orang yg tlh melupa kn mu.mati kn lh kami dngn amal kebaikan kami.terimah lh sholat kami n terimah lh puasa kami.jauh kn lh kami dr siksa mu.by afdal over the top.

  106. Andy berkata

    Assalam..mas Agor.
    kalau menurut pendapat saya, mas Agor jangan langsung aja menuduh jeritan alam kubur itu hoax. saya memang masih harus banyak belajar tentang agama Islam. tapi bukankah Alloh SWT akan menunjukkan suatu petunjuk bagi siapa yang dikehendaki-NYA. Nah..kita memang ga hidup lagi di zaman Nabi dangan petunjuk sesuai saat itu, sekarang zamannya teknologi mas.. Alloh SWT bermaksud menunjukkan ke-Maha Kuasaan-NYA kepada orang2 kafir dan yang begitu sombongnya berbuat dosa agar mereka mau sadar dengan kehidupan akhirat nantinya..Wallohu’alam.. Maaf mas..sebaiknya anda lebih juga memikirkan ini. karena penafsiran Al Qur’an juga tidak sembarangan juga. Tanya lebih lanjut kepada ahli tafsir di Indonesia yang betul2 diakui keahliannya, seperti Bp. Quraish Shihab. Maaf lahir batin & Terima Kasih. Wassalam..

    • darma berkata

      hoax bukan ye yg buang ludah gitu hoek heheheh beda yee
      segala sesuatu yg belum kite ketahui adalh rahasia allah namun sesungguh nye allah ga pernah merahasiakan segala sesuatu kalo itu tujuan ye buat nambah keimanan kite alias nambah ber iman hehehhehhhheee
      tp bagus lah buat nambah pengalaman dalam mengkaji alquran manusia berikir segala sesuatu harus berdasar kan hadis dan alquran dgn kata lain hadis adalah petunjuk quran adalah kebenaran.. jd segala sesuatu yg tujuan ye untuk membesar kan ajaran agama islam dan membesar kan nama allah bagus lah
      tp bukan ilmu mangkul(subhat dan di subhat kan) hhehehee yg ada mangku bumi berat tauu ga kuat deh loh inget ini pesen iblis jgn di dengerin hahahahahahahahaaaaa

  107. HAMBA ALLOOOH berkata

    Al-QUR’AN MURNI PERKATAAN ALLOOOH SWT SEBAGAI PEDOMAN HIDUP MANUSIA

    Pimpinan Pengobatan Alternatif Al-Mahdi/Sekretaris Ikatan Paranormal Indonesia (IPI) Kabupaten Asahan Ki Al Azen Suriono mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam segala bentuk aktivitasnya sehari-hari adalah pedoman, yang kemudian dapat disebut sebagai sebuah pedoman kerja. Sebuah pedoman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas yang akan dilakukannya, mulai dari pembukaan hingga penutupan. Pedoman yang menjelaskan kepadanya tentang apa saja yang dibutuhkan dalam aktivitas, bagaimana mengawali aktivitas, metode yang terbaik untuk menjalankannya dan bagaimana harus mengakhirinya.

    “Dengan adanya sebuah pedoman, maka salah satu makhluk ciptaan ALLOOOH SWT Rabb Semesta Alam Pencipta dan Langit Bumi yaitu manusia akan memperoleh cara yang benar dan terbaik untuk melakukan segala bentuk aktivitasnya. Dengan pedoman ini pula, manusia tidak akan salah atau setidaknya dapat meminimalisir kesalahan dalam aktivitasnya hingga kemudian memperoleh hasil akhir yang terbaik dalam kehidupannya,” kata Ki Al Azen Suriono didampingi Ardi Surya dan Datuk Muda Asheri kepada sejumlah wartawan belum lama ini dikediamannya Jalan Manyar Kelurahan Karang Anyer (Kampung Tempel).

    Menurutnya, untuk dapat melakukan suatu aktivitas dengan baik, maka manusia membutuhkan pemahaman yang baik terhadap pedoman atau petunjuk untuk melakukan aktivitas tersebut. Dan untuk memahami dengan baik atau menguasai suatu pedoman kerja, maka manusia harus melakukan kontak yang intensif dengan pedoman kerja yang dimilikinya. Terlebih lagi jika aktivitas atau pekerjaan yang akan dilakukannya adalah sebuah pekerjaan yang sulit dan dalam jangka waktu yang panjang, yang tidak monoton karena didalamnya terdapat banyak sub-sub pekerjaan dan sub-sub metode yang juga harus dijalani. Dalam hal ini, tentu saja membutuhkan kontak yang kontiniu antara sipekerja dengan pedoman kerjanya. Karena setiap saat, ia akan mendapatkan sub pekerjaan dan sub metode kerja yang baru.

    “Apa yang saya jelaskan ini, kiranya seperti itu jugalah harusnya setiap manusia dalam menjalani kehidupan dimuka dunia ini. Mereka harus memiliki pedoman yang sesuai, yang akan menunjukkan kepada manusia tentang cara menjalani kehidupan ini dengan metode yang terbaik. Sehingga diakhir kehidupannya, manusia akan mampu untuk memetik hasil yang terbaik dari perjalanan dan perjuangan hidupnya,” papar Ayah 3 anak ini.

    Sebagai umat muslim, sambungnya, Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah pedoman tetap yang tidak dapat digantikan oleh apapun juga. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang bernilai Robbani memiliki kandungan yang sangat menyeluruh dan berlaku sepanjang masa bagi seluruh umat manusia hingga kiamat tiba yang akan memberikan petunjuk bagi seluruh manusia yang beriman kepada ALLOOOH sehingga tidak akan salah dan tersesat dalam menjalani kehidupan didunia yang fana ini.

    “Hal ini dijelaskan pada QS Al-Fatihaah : 1-7 yaitu: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi ALLOOOH, Tuhan Semesta Alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat,” imbuhnya sembari menambahkan, sementara As-Sunnah akan memberikan penjelasan-penjelasan secara rinci mengenai kandungan Al-Quran yang memang dapat dikatakan sebagai kitab suci yang menggunakan bahasa sastra tingkat tinggi.

    Kehidupan adalah sebuah perjalanan yang cukup panjang bagi manusia, yang didalamnya terdapat banyak peristiwa, permasalahan, dan berbagai macam aktivitas yang harus dilaluinya, suka atau tidak suka. Banyak hal-hal baru yang senantiasa menanti manusia dihari esoknya. Oleh karena itu, manusia hendaknya senantiasa mengintensifkan kontaknya dengan pedoman hidup mereka, yaitu Al-Qur’an bagi umat muslim. “Perlu ketahui publik bahwa sejatinya Al-Quran adalah petunjuk yang terbaik bagi manusia dan petunjuk yang paling utama yang tidak dapat digantikan oleh apapun karena Al-Qur’an adalah murni perkataan ALLOOOH yang diwahyukan kepada Muhammad Rasulullah SAW. Ummat muslim jangan tahunya hanya mengaji saja tanpa mengetahui apa makna yang terkandung didalam Al-Qur’an. Alangkah na’ifnya seorang muslim, sudah tidak tahu isi maknanya, mengaji saja pun bodoh,” tegasnya.

    Padahal, Al-Quran jelas-jelas telah memberikan informasi tentang rahasia-rahasia kehidupan. Al-Qur’an menunjukkan bagaimana menjalani kehidupan ini dengan sebaik mungkin, menunjukkan kepada manusia mengenai alasan dan tujuan hidup mereka, kemana kehidupan mereka akan dibawa, serta dimana dan bagaimana mereka akan mengakhiri kehidupan didunia yang fana ini.

    “Al-Qur’an menuntun manusia untuk menuju kehidupan yang terbaik didunia dan diakhirat. Al-Qur’an juga mengatur metode-metode ibadah dan bermuamalah, berhubungan dengan sesama manusia, dengan sesama makhluk ciptaan-NYA dan dengan Pencipta-NYA. Al-Qur’an tidak hanya memberikan petunjuk tentang kehidupan didunia saja, melainkan juga petunjuk mengenai kehidupan diakhirat. Begitu lengkap dan mulianya Al Qur’an itu, namun entah kenapa masih banyak saja manusia yang meninggalkannya dan atau tidak mau beriman kepadanya. Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup umat muslim selama didunia, untuk menggapai kebahagiaan didunia dan diakhirat, saat ini tampaknya kedudukannya sudah semakin terasing didalam jiwa umat muslim itu sendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab utama semakin berantakannya kehidupan didunia ini. Karena semuanya sudah melaju diluar daripada undang-undang ALLOOOH,” terangnya mengakhiri.

    Ditempat sama, Ardi Surya dan Datuk Muda Asheri menambahkan, sungguh aneh jika ada seorang muslim yang mengabaikan dan meninggalkan Al-Qur’an, padahal ia mengetahui bahwa Al-Qur’an merupakan kitab suci yang akan memberikannya maslahat hingga akhirat. “Tanpa Al-Qur’an dan tanpa mengikuti semua petunjuk didalamnya, maka kehidupan didunia tidak akan berjalan dengan penuh kedamaian karena Al-Qur’an adalah sebuah pemberitahuan kepada seluruh manusia mengenai rahasia-rahasia kehidupan didunia dan diakhirat. Barangsiapa mengikuti Al-Qur’an secara kaffah (menyeluruh) dan kontiniu dengan penuh keikhlasan, maka kebahagialah yang akan didapatnya baik didunia dan diakhirat. Namun, barangsiapa yang meninggalkan Al-Qur’an atau bahkan mendustakan segala isi didalamnya, maka kesesatan dan kebinasaanlah yang akan menyambutnya. Wahai saudaraku sesama muslim, marilah senantiasa kita hidupkan Al-Qur’an dalam kehidupan dan didalam jiwa raga kita. Terangi hati dan jalan kehidupan ini dengan Al-Qur’an. Buka hati dan mata kita dengan Al-Qur’an. Yakinlah bahwa hanya Al-Qur’an semata yang dapat menjadi pedoman hidup yang terbaik bagi seluruh umat manusia,” ,” himbau keduanya secara senada.

    • Samaranji berkata

      Sapa neh…???
      Mbok jangan menulis lafadz “Allah” dng Alloooh !!!
      >>> darimana “fathah” dibaca LO ???
      >>> darimana “mad thabi’i” dibaca panjang banget sampe OOO ???

  108. heavenholic berkata

    Kl mnrt gw sih ada kemungkinan itu emang suara siksa kubur, krn apa? Byk skr orang sdh melupakan Allah, jd dgn ijin-Nyalah terdengar suara siksa kubur itu spy jd peringatan utk tdk melupakan Allah:) Pizzzzzzzzzz!!

  109. heavenholic berkata

    Eh, iya! Nmbh komen lg ya, satuuuuuu aja;) Gw udh denger loh rekaman orang2 yg disiksa di alam kubur itu pd teriak2 (suerrrr.. serem banget) n t’akhirnya gw denger (cuma satu orang) tp jauhhhh bgt teriak “Allahu Akbar”.. Wallahu alam…..

  110. Miftahur berkata

    Aku dulu pas Pondok Romadhon juga di stelkan film2 gituan (kayak gitu) :D

  111. Arief juniawan.drh berkata

    Dengan Nama Allah Yang Maha Pandai,bukankah alam barzah itu di rahasiakan segala kondisi dan situasinya dan Allah itu sangat konsisten,kalo ada yg mengatakan itu kehendak Allah diperdegarkan suara alam kubur…ya bisa aja tp ya pada orang-orang istimewa seperti Rosul Muhammad.Jadi utk orang biasa peluangnya…hampir nol prosen.

    • agorsiloku berkata

      Tentang alam kubur, alam barzah pada beberapa postingan (sambung menyambung) menurut versi Al Qur’an dipostingkan dalam blog ini.
      Kemudian ada orang menyatakan berbeda dan mendengar suara alam kubur. Apakah “cukup” bagi orang berakal untuk mengatakan : Kalau Allah menghendaki diperdengarkan suara alam kubur…
      Penjelasan satu-satunya yang bisa dipertanggungjawabkan dalam kerangka agama : ya wahyu Allah Swt.

  112. syam berkata

    ass…Klo tanda2 tersebut bisa memotifasi untuk lebih mendekatkan diri kpd Allah, atau orang yang jauh dari agama atau orang awam tersadarkan untuk menjalankan syariat agama. menurut saya ini kebohongan atau tidak,cukup ini dijadikan sebagai metode pendekatan spiritual. sbb kt bahkan anda sendiri blm tahu persis kebenarannya, bagaimana kejadiannya dan apa selanjutnya yg terjadi firman Allah “walaa taqfu maa laisa laka bihi ilmun” kita dilarang oleh Allah mengomentari sesuatu yang kita sendiri tidak punya pengetahuan yang persis atau pengetahuan yg minim ttg sesuatu. dan anda pasti mengetahui setan itu dimana mana menyesatkan dan akan menunjukkan jalan yang menyesatkan, klo lafadz Allah terbentuk di awan, di pohon, di buah, di laut, di tubuh binatang, atau dmn saja anda anggap sebagai penyesatan, ttp berdampak positif terhadap ibadah dan kehidupan spiritual kt, SIAPA YANG SALAH…? MUNGKINKAH SETAN SALAH CARA..??? dari hamba yg menyaksikan Lafadz ALLAH di langit pd bulan Ramadhan thn 1996.

  113. Anonymous berkata

    LU PAKAI ILMU LOGIK LU TAK TAHU ILMU ITU DATANG DARI ALLAH,MAKNA LU TAK PERCAYA KEPADA YANG GHAIB.AKAL MANUSIA CETEK IBARAT SETITIS AIR DARI LAUTAN.ALLAH SAJA YANG MAHA MENGETAHUI.

  114. Anonymous berkata

    Tetapi Allah akan terus menunjukkan keberadaanNya melalui cara-cara-Nya (sudah pasti sesuai dengan zamannya) hingga Kiamat tiba.

  115. Anonymous berkata

    gak tau ya dri tdi lum bc ceritanya . ni td da cewe rese gangguin me

  116. poerwa berkata

    mungkin itu adalah salah satu cara Allah memberikan hidayah kpd org yg Ia pilih. jadi jgn asal bilang itu hoex

  117. AHMAD DZEIBAN berkata

    SIKSA KUBUR ITU ADALAH KEBOHONGAN BELAKA.SIKSA KUBUR itu tidak ada dan yang ada hanya siksa NERAKA,dan bukan siksa kubur,kapan realisasi siksa neraka itu?realisasi siksa neraka itu adalah sehari atau setengah hari sejak dari matinya seseorang yang kafir.banyak sekali ayat2 ALLAH yang menerangkan bahwa manusia yang mati dan saat dibangkitkan mereka hanya merasa tidur sehari atau setengah hari dikuburnya,ambil pelajaran dari Ashaabul kahfi[penghuni2 gua]siapa sih SEBENARNYA ashaabul kahfi itu?.ashaabul kahfi itu tidak lain adalah kita semua yang masih hidup dan akan dimasukkan kedalam GUA[liang lahat]sedang ashaabul kahfi yang catat didalam AL-QUR’AN adalah contoh,simbul buat kita semua biar kita sadar bahwa kita juga calon2 ashabul kahfi,mari kita baca surat KAHFI?” Stumma ba’astnaahum li na’lama ayyul hizbaini ahshoo limaa libistuu amadaa?” artinya:” kemudian KAMI bangkitkan mereka supaya KAMI mengetahui siapa2 yang paling benar dalam menghitung berapa lama mereka[tinggal digua]ternyata setelah mereka dibangkitkan,mereka saling bertanya;…Qaaluu kam labisttum,qaaluu labistna YAUMAN AW BA’DZO YAUUM,…Mereka berkata berapa lama kalian disini,mereka menjawab,kami disini SEHARI ATAU SETENGAH HARI.padahal realitanya mereka telah berdiam digua itu 309 tahun.begitu juga orang yang dimatikan ALLAH 100 tahun lantas oleh ALLAH dibangkitkan lagi dan ditanya berapa lama kamu disini? dia menjawab sehari atau setengah hari.Q.S.Al-Baqarah.begitu juga nabi Ibrahim ketika memohon kepada ALLAH agar ditunjukkan bagaimana Allah membangkitkan orang2 mati? ALLAH menyuruh Ibrahim mengambil 4 ekor burung kemudian disuruh mencincang2 sampai halus dan kemudian dia dia disuruh meletakkan cincangan burung itu di 4 bukit,lantas burung itu dipanggil oleh Ibrahim dengan 1 kali panggilan saja burung2 itu datang saat itu juga.dan masih banyak lagi ayat2 yang menyatakan bahwa manusia dikuburnya hanya merasa sehari atau setengah hari,itu semua menurut HITUNGAN SI MATI.bukan menurut hitungan orang2 yang masih hidup.ini semua berdasarkan dalil2 AL-QUR-AN,sementara cerita2 tentang siksa kubur,mayat didudukkan,dipukuli,menjerit-jerit,hanya binatang saja yang dengar,manusia tidak mendengar,semua itu hadistnya palsu,meskipun diberi label shahih,muttafakun alaihi,mutawaatir,semua adalah palsu dan dibuat2 dengan mengatas namakan RASULULLAH.dan perlu anda ketahui bahwa hadist shahih itu cuma AL-QUR’AN,KARENA AL-QUR’AN ITU adalah AHSANAL HADIIST,AL-QUR’AN itu AHSANAL QASHASS MADE IN ALLAH,sedangkan hadist2 selain AL-QUR’AN adalah made in manusia.LANTAS BAGAIMANA KALIAN MENGAMBIL KEPUTUSAN? WASSALAAMU ALAA MANIT TABA’AL HUDA. DARI : AHMAD JA’FAR DZEIBAN.Email: ptcentralinformasianda@yahoo.co.id.

    • enjoy berkata

      maaf al-Qur’an bukan hadis

      HADIS ADALAH : KLO BAHASA KEREN NYA BUKU DIARE yaitu kisah kisah perjalan atau kejadian kejadian pada masa nabi dan hadis itu banyak yang membikinnya.dan hadis itu ada yang lemah dan ada juga yang kuat ya disebut lah dengan nama shahih yang banyak kita pake

      al-QUR’an itu adalah : al-kitab yang diturunkan langsung dari allah dan semua itu tentang peringatan atau tuntunan hidup agama islam dari zaman nya nabi sampelah akhir kiamad nanti.

      jadi kesimpulannya : klo al-QUR’AN di buat oleh allah
      klo hadis dibuat oleh para nabi maupun para sahabat hiii….mudah-mudahan aku benar n klo salah tolong di ralat ya.

  118. ALN berkata

    GAK TAU LAH PUYENG

  119. Hendarto berkata

    Kalau saya mah pengen jadi orang sukses dunia akherat dengan cara yg sederhana saja….kerjakan rukun islam dan iman…dah itu ajah….kalau toh ada fenomena yg ga sanggup saya jangkau oleh pikiran saya…tinggal sebutkan Allohu akbar dan istighfar…kalau toh saya bisa memahami suatu fenomena sayapun akan ucapkan kalimat yg sama Allohu akbar dan istighfar. Agama bagi saya adalah pekerjaan hati dan pikiran adalah landasan kesadaran untuk mensupport pekerjaan hati saya tadi….karena saya ini bodoh…tapi jangan sampai kebodohan saya bisa “membodohkan” keimanan saya maka saya akan belajar dari fenomena alam dan batin saya SEMAMPU SAYA…jika tidak mampu maka akan saya kembalikan hati dan pikiran ini pada Alloh semata. Selesai.

  120. chelsea berkata

    ALLAH SWT MAHA BERKEHENDAK,..ALLAH SWT MAHA SEGALANYA,…ALLAH SWT MAHA MENENTUKAN,….TIDAK ADA SATUPUN MANUSIA YG SEBENAR2NYA MANUSIA KECUALI DGN RIDHO DAN PERTOLONGAN DARI ALLAH SWT…SIBUKANLAH DIRI KITA SENDIRI DGN KEIMANAN KITA PD ALLAH SWT,..DAN SIBUKAN DIRI KITA SENDIRI AGAR DIRI KITA MENDAPAT RIDHO DAN CINTANYA ALLAH SWT PD DIRI KITA SENDIRI….ALLAH SWT MENYUKAI KELEMBUTAN DAN CINTA KASIH,.NABI MUHAMMAD SAW PENUH DGN HATI YG TENANG SABAR DAN CINTA KASIH,…”DAN KITA? SALAM BUAT SAUDARAKU ISLAM SEIMAN DAN SEHATI……LOVE YOU……

  121. Anonymous berkata

    Iya nih kurang kerjaan orang yang hendak meneliti azab kubur. Padahal Allah berkata pada kejadian manusia saja terdapat bukti-bukti kebesaranNya, aku yakin kita belum khatam membuktikan kebesaran Allah dengan mengenali keajaiban raga kita sendiri. Padahal ilmu tsb nyata lho, ngapain repot2 meneliti hal ghaib yg jelas dilarang Rasulullah untuk mendalaminya. Btw tentang suara siksa kubur aku ingat sabda nabi lebih kurang begini” semua makhluk bisa mendengarnya, kecuali jin dan manusia” Nah… gak usah maksalah.

  122. Am,,am berkata

    ea wajar lach low orang pengen meneliti dan pengen tahu tentang azab kubur,,, agar mreka tahu betapa dazyatnya azab kubur itu dan biar mreka ta0 and…yobat gtoooo……… so,,,ga da salahnya dunk wlaupun skedar iseng2 tpi ada niat untuk tobat low abz ngliat ambaran siksa kubur itu,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!

  123. NHEA berkata

    IH AM,,AM NGAK GERTI YAH !!! CPADEH ADIK KU AJA MASIH TK UDAH APEL IIH MASA SIH UDAH GEDE NGAK TAU APA ARTI NYA. KITA INI HIDUP DI DUNIA 1000 TAHUN DAN NNT D CIPTAKAN PADANG MAHSYAR

  124. Anonymous berkata

    subbhanallah

  125. supardi berkata

    Allahu Akbar… Allah Maha Besar, maha segalanya… Dalam Islam, ajarannya sudah jelas…

  126. Anonymous berkata

    untuk semuanya saja wallahu a’lam,,,

  127. adam berkata

    sebaiknya kita ber tobat

  128. enjoy berkata

    klo aku punya pendapat aku yakin suara itu benar adany,kita jangan beranggapan dengan adanya kejadian ini telah merendahkan derajat kita,pendapat itu salah bagiku.dan ini sebagian kecil aja/satu dari jutaan keesaan allah,masih banyk lagi kejadian kejadian aneh lainnya klo dipikir otak manusia gak akan mampu menelaaahnya,nah…itu lah rahasia allah,kesimpulan ku kita sebagai makhluk hidup dan masih HIDUP DI DUNIA pandanglah dan dengarlah semuanya itu jangan lah kita menutup mata dan telinga kita bahwa benar adanya allah itu ada,allah itu tidak tidur dan allah itu tidak melahirkan dan tidak di lahirkan,dengan adanya suara azab alam kubur betapa rendahnya iman dan takwa manusia dihadapan allah hidup bertabur dosa,zina,durhaka dll,sudah sewaktunyalah kita bertobat hapus semua dosa-dosa yg kita perbuat,minta keredoan ibu bapak,laksanakan perintah allah dan jauhi larangannya,allah sayang kepada anak yg sholeh berbakti kepada orang tua dan berbakti kepada allah selamat lah kita dunia akhirat

    • agorsiloku berkata

      catatan menarik untuk sebuah cara pandang untuk meyakini bahwa itu kejadian yang benar. Sebagian lagi, menjelaskan itu tidak benar, dengan kata lain, itu adalah cerita akal-akalan (apapun yang menjadi motifnya).
      Tentu kita sependapat, …. laksanakanlah perintah Allah… dan segala nasehat yang menyertainya… termasuk melaksanakan ijtihad untuk memahami ayat-ayatnya dalam segala tebaran dan menelisik, apa yang dipesankan, apa yang diuraikan, dan apa yang dapat dipahami. Memang begitulah ciri orang berakal dan beriman. Jika ada berita, menelisik, melihat berbagai referensi, datangnya dari mana, siapa, dan segala pertanyaan untuk berusaha mendapatkan informasi “terbenar”. Meyakini dari awal sebagai sebuah pilihan jawaban, tanpa juklak yang jelas akan dihindari, agar tidak keliru mengambil kesimpulan.
      Tentu dengan menyadari, bahwa anggapan terbaik dari seluruh perenunganpun, belum tentu sebagai jawaban yang terbenar….
      Terimakasih sudi berkunjung. Salam… agor

  129. orang jujur berkata

    Sori klo saya agak jujur. perkataan anda yg menyatakan logis dan tidaknya aneh. Bukannya gak setuju dengan islam atau al’quran. tapi anda bilang keajaiban nama allah di tomat dll adalah perbuatan setan? itu emangnya logis? Klo dipikir dengan akal sehat, mana mungkin setan yang ingin sekali manusia masuk perangkapnya malah membuat pencerahan dengan menulis nama-nama allah…..
    Ini menunjukan bahwa Allah selalu ada dan mengawasi kita kan?

    • agorsiloku berkata

      hmmm… Mas Orang Jujur berkomentar :”…Klo dipikir dengan akal sehat, mana mungkin setan yang ingin sekali manusia masuk perangkapnya malah membuat pencerahan dengan menulis nama-nama allah…..
      Ini menunjukan bahwa Allah selalu ada dan mengawasi kita kan? ”
      —-
      Maksud Mas Allah mengawasi kita dengan cara menuliskan namaNya di sebuah tomat ?.(juga pada ikan, kulit kambing, dan berbagai-bagai lainnya) yang disebarluaskan melalui internet?…..
      —–
      Mohon maaf, akal saya belum sanggup menerima ini sebagai pernyataan logis…..

  130. dwifebry berkata

    astaghfirullohal’adzim…..

  131. Hamba Allah berkata

    kepada penulis Blog ini, janganlah begitu, janganlah menilai sesuatu dari pandangan pribadi semata dengan tidak melihat kepada Kekuasaan dan kebesaran Allah. jangan terlalu sok di dalam pengetahuan Agama Islam seakan-akan dia lah yang paling benar di antara semua nya. terlalu memaksakan kehendaknya dan menampik semua pendapat dan masukan-masukan dari orang lain. terlalu memikirkan diri nya sendiri, bagaimana caranya untuk membuat semua orang percaya dgn apa yg dia katakan? itu hanya pendapat egois saja yang kamu paksakan untuk menjadi suatu pembenaran bagi apa yg kamu katakan. sekarang ini banyak yang sok berilmu dengan agama Islam, sok mengetahui seluk-beluk masalah ttg keislaman pdhl sebenarnya dia tidak tahu apa-apa. semua yang terjadi, fenomena alam di sekitar kita, jangan kita abaikan bahkan kita berani memvonis sesuatu itu menurut argumen pribadi kita. bukalah mata hati kita, jadikanlah itu sebagai pembelajaran, untuk kita renungkan, semua penciptaan Nya, untuk kita pahami dan sadari bahwa sesuatu yg kita lihat sebagai fenomena kebesaran Allah dapat dijadikan sebuah pemikiran yg positif bahwa dengan hal itu maka akan menambah keimanan kita dan juga menjadikan kita lebih mencintai Sang Pencipta, Allah swt. tidak apa-apa asalkan iman kita dapat meningkat karena hal itu, dan Subhanallah jika Allah membuat sesuatu yg demikian, pasti ada hikmah dibalik itu semua. intinya, jangan sok-sok pintar seolah-olah dia di ciptakan tanpa kesalahan. dan ini bisa merusak umat, dengan hal-hal semacam ini. lebih baik lagi jika anda menunjukkan dalil-dalil yang shahih dan juga ayat2 Al-Qur-an yg berbicara ttg fenomena alam yg berhubungan dengan kebesaran dan kekuasan Nya.

    • agorsiloku berkata

      Mas Hamba Allah yang baik, insya Allah saya mencari rujukan dan melink ke sejumlah postingan yang relevan. Postingan inipun hanya bagian dari sejumlah postingan yang lain. Di luar itu pula, tentu saja berdiskusi dengan rekan yang lain dilakukan. Kemudian jatuh pada satu kesimpulan. Bahwa ada kesimpulan yang berbeda bahkan sangat percaya bahwa itu mukjizat dan sebagainya-sebagainya juga diperhitungkan. Satu postingan tentang pengertian mukjizat dan bagaimana memaknainya berdasarkan nash yang shahih juga disertakan. Dengan begitu, penarikan kesimpulan bukanlah asal-asalan, dan insya Allah ini menjadi salah satu yang kelak akan dipertanggungjawabkan kepada Sang Pencipta.

      Kalau Mas berkenan, tentu akan mendapatkan link-link yang relevan dengan fenomena tipuan tersebut dan layaknya seorang beriman, menguji dari berbagai sumber informasi.

      Saya tidak sependapat sama sekali dengan pernyataan : … tidak apa-apa asalkan akan menambah keimanan ….. Benarkah Mas bertambah keimanan karena mendengar cerita dan percaya ada suara jeritan azab kubur?, ada tulisan Allah di buah tomat?, dan lain sebagainya……Apakah Mas berpikir bahwa Allah menunjukkan kebesaranNya dengan cara-cara seperti itu?. Apakah Al Quran menjelaskan, bertambah seseorang keimanannya karena kejadian-kejadian sejenis itu?.

      Di lain sisi, postingan di sini adalah sarana bagi pemilik blog untuk belajar, bertukar sapa, bukan sama sekali untuk menunjukkan ahli dan sok berilmu. Namun, sebagai bagian dari usaha memahami khasanah ilmu yang tak terbatas dan belajar memahami batasan-batasan dalam keterbatasan pemahaman. Di sisi lain, tetap belajar meyakini dan memisahkan mana yang hak dan mana yang batil dalam segala keterbatasan pemahaman.

      Yang menggembirakan bagi pemilik blog, adalah kesediaan sejumlah rekan yang sengaja mengisi dan melengkapi “pancingan pada postingan” sehingga terjadi tesa dan antitesa yang sehat dan saling menghargai dan sekaligus belajar mendudukkan persoalan pada porsinya. Tidak saling menghujat dan saling pintar.

      Bahwa ada kecenderungan terhadap sebuah pengertian, silahkan salahkan dan uji, lalu paparkan. Namun, menarik konklusi tanpa membaca keseluruhan untuk menyalahkan subjek,tidak dianjurkan dalam sebuah diskusi yang baik.

      Saya sengaja tidak hapus yang berbeda pendapat, agar dialektika komunikasi terjadi. Ini yang diharapkan dalam interaksi.

    • Samaranji berkata

      @ hamba Allah (Subhanahu Tabaroka Wa Ta’ala)

      “…kita lihat sebagai fenomena kebesaran Allah dapat dijadikan sebuah pemikiran yg positif bahwa dengan hal itu maka akan menambah keimanan kita dan juga menjadikan kita lebih mencintai Sang Pencipta, Allah swt. tidak apa-apa asalkan iman kita dapat meningkat karena hal itu,,,,”

      >>> bagaimana jika “fenomena” itu hoax, bagaimana jika “kebesaran Allah” itu kebohongan dari musuh Islam ??? Apakah kita mau membangun keimanan dari kebohongan ???
      >>> umat Islam yg berhati bersih akan selalu mengingat Allah Ta’ala (bahkan tanpa harus ditunjukkan “fenomena”)
      >>> saat ini kita dituntut kritis utk menganalisa “fenomena” tsb, apakah fakta ato sekedar rekayasa. Kasian generasi Islam selanjutnya yg akan ditertawakan para pengingkar Tuhan dng fitnah dan ejekan “liatlah para muslim merekayasa mu’jizat – fenomena – dan menganggap sbg kebesaran-Nya”. Hufth,,, begitu liciknya mereka pembuat rekayasa (yg sy yakin bukan umat Islam” lalu menuduhkannya pada kita.
      >>> Kritis adalah metode para ‘ulama salaf yg harus dipertahankan. Sekali lagi,,, jangan menumbuhkan keimanan dari kebohongan.

  132. jelasnggak berkata

    Nabi Muhammad, meskipun pada beberapa hadits memiliki hidayah untuk melihat/mengetahui hal-hal yang ghaib ataupun supernatural dan mendapatkan rahmatNya untuk melakukan perjalanan super dahsyat ke Sidratul Muntaha, namun dalam melaksanakan tugas kerasulannya tidak diberikan kekuatan-kekuatan ajaib yang neko-neko. Nabi tidak bisa menghidupkan orang mati, seperti dilakukan nabi Isa.

    Maaf yaa @bung Agor..

    Jelas Muhammad itu yaa ngga sebanding dong deng Yesus (Isa Almasih).

    Yesus itu TuH@n yang hidup … sedang Muhammad itu manusia…

    • agorsiloku berkata

      Bung Jelas Nggak, blog ini memang tidak mendiskusikan perbedaan agama, tidak membandingkan dengan yang disebut Yesus. Tapi memang menuliskan mengenai Nabi Isa Ibn Maryam, salah satu Nabi dari 25 Nabi yang diberitakan di Al Qur’an.
      Saya kira Bung Jelas Nggak sangat memahami perjalanan sejarah sampai munculnya sebutan yang Mas sebutkan. Perbedaan itu tidak ingin saya bahas di blog ini. Mas sendirilah yang tahu jawaban sesungguhnya….

      • Filar Biru berkata

        @Jel

        seluruh orang kristen memang berpendapat seperti pendapatmu.

        Di blog ini Mas Agor ini tidak membahas permasalahan agamamu kalau mau debat silahkan ketempatku atau tempat Mas Haniifah atau tempat wedul.

        jangan engkau bicarankan ketololanmu di sini. seharunya orang sepertimu bisa membedakan mana blog yang isinya debat dan mana blog yang isinya ilmu pengetahuan tulen.

        Maaf Mas Agor kalau saya sedikit ‘nyeleneh”

        SALAM BUAT MAS AGOR

      • jelasnggak berkata

        @filar..

        saya jadi binun…

        Saya kan sedang membenarkan pernyataan bung agor.. (bukan membahas perbedaan)..

        Kok kau jadi sewot..?

        Ada apa … ?

        apa ada ..?

        Mending kau gabung sama roy rey saja laaa.. :mrgreen:

      • Filar Biru berkata

        @Jel

        syukurlah kalau ente sedang membenarkan pendapat Mas Agor. Mudah2 engkau juga membenarkan Isa adalah Nabi.

        Sudah ada kemajuan dan tidak goblok lagi.

        Sebagaimana begitu kuatnya engkau memusuhi Rasulullah SAW, begitu juga engkau di kemudian hari sangat mencintainya.

        Kuucapkan padamu SELAMAT DATANG di pintu Gerbang Akhirat. yang di pintu Syurga itu ada sebuah tulisan dua kalimat syahadat, yang di baca seluruh para mahkluk yang akan memasukinya. termasuk adam sampai isa.

        dan kamu jangan sampai tercecer.

      • Jelasnggak berkata

        @filar..

        pintu syurga mu..?

        ngga deh..

        Pertama….

        Saya itu ngga bisa membunuh banyak orang demi awloh-mu….
        (itu kan syarat masuk surga-mu)

        Jadi mending saya ikut Yesus saja lah..
        Syurga-nya ngga perlu ada 72 bidadari..

        *kabuuurrrr.com*

      • rubon berkata

        @ Jelasnggak
        Santai saja bung, anda memang tidak perlu ditemani wanita-wanita syurgawi melainkan ditemani oleh Malaikat Al Malik dan Malaikat Zabaniah penjaga neraka serta sembilan belas Malaikat penyiksa dalam neraka yang sangat bengis dan kasar, mereka setia menemani Bung Jelasnggak didalam Neraka kelak, Insya Allah.

        Jadi kapan Bung Jel, siap jadi muallafnya? :mrgreen:

      • Roy Rey berkata

        Hihihihi…
        @filar
        Jel kheknya keqi ma gw…

        @jel
        Insya Allah di padang mashar kami muslim bergabung.. untuk masuk sorga…

      • Jelasnggak berkata

        @Roy..

        kalau muslim kayak kau.. bukan padang mashar… tapi padang panjangh aha hah ha

      • Roy Rey berkata

        Pake kalau yah…?
        Hahahahahaha…
        Agama jel= Agama kalau
        ;
        ;
        ;
        Gini ajah nak @Jel..
        Sumpah demi Allah gw akan beriman kepada Yesus “kalau yesus turun lagi…”
        Inget..K…A..L..A…U :lol:
        ;
        ;
        ;
        ;
        nb.telat 2000 taon boo

      • hazetic berkata

        @JELASNGGAK
        GINI COYYY….
        PERTAMA : ALLOH MENCONTOHKAN UNTUK MANUSIA Y PASTI DENGAN CONTOH MANUSIA…BUKAN DENGAN TUHAN TURUN SENDIRI SBG MANUSIA SPERTI CERITA KRISTEN…

        CONTOH: LO NYONTOHIN MAU BIKIN TELOR DADAR..PASTI CONTOH BAHANYA TELOR KAN…GA MUNGKIN PAKE KEDELAI…

        KEDUA : SETIAP PENERIMA KITAB SUCI PASTI MENYEMBAH PEMBERI KITAB SUCI…YESUS(ISA)CM PENERIMA KITAB SUCI…

        KETIGA : PERKARA ISA AS BS MANGHIDUPKAN MAHLUK..ITU MUJIZAT DR ALLOH…DAN MUJIZAT ITU AKAN DIGUNAKAN UTK MELAWAN DAJJAL YG JG MEMILIKI KEMAMPUAN SERUPA..
        ISA VS DAJJAL
        ISA AKAN TURUN MEMBASMI DAJJAL
        ISA AKAN MEMEBERSIHKAN NAMANYA YG TELAH DISELEWENGKAN OLEH FITNAH TERBESAR DAJJAL
        CM ISA YG SANGGUP MENGALAHKAN DAJJAL
        SECARA MUJIZAT ISA YG PALING HEBAT…PALING SETARA ILMUNYA DG DAJJAL BAHKAN MELEBIHI DAJJAL…
        KRN ITULAH ISA DISIMPAN UTK MELAWAN DAJJAL…
        SIAPA DAJJAL?
        DAJJAL IDENTIK DENGAN SEGITIGA/TIGA ATAU MATA SATU
        TRINITAS ADALAH SALAH SATU CIPTAAAN DAJJAL…
        LIAT AJA DI LINK2 GOOGLE…
        PIKIRKANLAH NALARILAH PAHAMILAH AGAMAMU
        ALLOH MAHA PENGAMPUN….
        ISLAM ITU SEMPURNA

    • Anonymous berkata

      @Jel

      seluruh orang kristen memang berpendapat seperti pendapatmu.

      Di blog ini Mas Agor ini tidak membahas permasalahan agamamu kalau mau debat silahkan ketempatku atau tempat Mas Haniifah atau tempat wedul.

      jangan engkau bicarankan ketololanmu di sini. seharunya orang sepertimu bisa membedakan mana blog yang isinya debat dan mana blog yang isinya ilmu pengetahuan tulen.

      Maaf Mas Agor kalau saya sedikit ‘nyeleneh”

      SALAM BUAT MAS AGOR

    • Samaranji berkata

      Om @ Jel
      “…namun dalam melaksanakan tugas kerasulannya tidak diberikan kekuatan-kekuatan ajaib yang neko-neko..”
      >>> standar “ajaib”nya orang dulu ya gitu : menghidupkan org mati, dibakar api ga mempan, dpt membelah lautan, d-a-n standar “ajaib” yg sekarang adalah : “keajaiban Al-Qur’an”. Soo… mu’jizat para nabi terdahulu sebelum Nabi Muhammad s.a.w jika diturunkan Allah melalui Rasul tentu akan terasa JADUL.

      “Nabi tidak bisa menghidupkan orang mati, seperti dilakukan nabi Isa.”
      >>> Alhamdulillah, jenengan dah mulai menyebut dng Nabi Isa (jangan lupa do’akan dengan ” ‘alaihi salam” ya…!)

      • jelasnggak berkata

        Apanya yg ajaib dari al quran…?

        yg nulis manusia juga..
        yg ngomong manusia..
        yg terjemahin manusia…

        kecuali kalau quran itu turun PLEKK dari langit.. baru tuh ajaib namanya..

        ~~

        Yesus itu ISA almasih.

        Dia itu NABI (beneran!)

        Selain nabi.. Yesus juga Firman/kalam yg menjelma menjadi manusia…

        Trinitas=maha kuasa

        Jadi kau @samaran jangan suka nanya begini : “kalau TUh@n turunke bumi,..yg jaga sorga siapa yah?”

        Jangan yaa..?

        itu pertanyaan orang oon.

      • agorsiloku berkata

        Oom Jel, di sinilah letak perbedaannya, Al Qur’an itu yang nulis, yang ngurus, yang terjemahkan manusia yang berada dalam kehendakNya. Oleh karena itu, runtutan penulisan al Qur’an adalah bahasa Yang Mahakuasa, yang Dia sendiri menyatakan keutuhannya, kelengkapannya, keterjagaannya, dan kesempurnaannya, – baik terhadap yang dikisahkan maupun visinya. Menjadi khasanah yang “abadi”. Kalau Anda membaca kontradiksi al Qur’an dan membaca jawaban ummat Muslim dan kerangka berpikirnya, maka Anda akan mendapatkan jawaban kedangkalan pemahaman dari yang disebut kontradiksi itu.

        Yang berbeda pula, ummat Islam memegang standar pemahaman dan berusaha memahami Al Qur’an dan mencari penjelasan dari padanya. Informasi dari luar (pengetahuan sains, pengetahuan sosial, dan filsafat atau lainnya) sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman. Oleh karena itu pemahaman dari bahasa sumber menjadi pokok yang tidak bisa ditinggalkan.
        Hal ini yang menjadi “terlalu sulit” untuk dilakukan oleh agama yang lain (khususnya agama Bung Nggak Jelas). Untuk menjelaskan dan sinkronisasinya, “terpaksa” harus membuang sebagian dan meyakini sebagian yang lain, mencoba menjelaskan dalam seluruh rangkaian ketidaklogisan matematika, menjadi kelogisan keimanan, kelogisan kewajaran, dan sebab akibat. Dan itu juga, bila merujuk pada perjalanan sejarah, terdapat kesulitan-kesulitan untuk memastikan kebenaran jawaban.
        Usaha untuk mendapatkan kemurnian jawaban melalui hermeneutika (salah tulis ya !) dan theomatika bukannya tidak dilakukan. Itu juga merupakan usaha yang baik bagi para pencari kebenaran.
        Persoalan ini tidak dihadapi oleh ummat Muslim dalam menegasi keesaan Sang Pencipta, tidak membutuhkan hierarkhi, tidak butuh pemahaman yang terlalu rumit dan mencari-cari tafsir untuk menjelaskannya yang bisa diterima secara logis oleh akal berpikir manusia. Mengapa, karena basis tauhid di dalam Al Qur’an sudah begitu jelas dan terang benderang. Ummat Islam punya persoalan dalam rantai/cabang persoalan, tapi tidak dalam masalah keesaan Allah. Anda masih bertempur dengan doa warisan, penebusan dosa, bangkit di hari ketiga, konsili nicea, trandensi illahi, dan lain-lain. “Sejarah Tuhan” Karen Amstrong setidaknya menjelaskan beberapa bagian masalah ini dengan baik.
        Namun, setidaknya, kita tidak usah membahas di blog ini. Silahkan di blog Mas Filar, Bang Wedul, Kang Haniifa, atau tempat lainnya yang lebih sesuai.
        Saya banyak teman yang beragama bukan Islam dan baik-baik saja hubungan kami dalam segala perbedaan. Saya juga punya teman yang berpindah agama (dari Islam ke Kristen dan sebaliknya). Kami pernah berdiskusi motif-nya, dan itu adalah pilihan hidupnya dalam menyikapi keimanan. Al Qur’an sangat tegas mengenai prasyarat keimanan dan ketauhidan dalam logika intelektualitas, bukan imajinatif yang jika ditelaah lebih ke dalam, menggoncangkan akal budi.

      • Samaranji berkata

        @ om Jell

        “kecuali kalau quran itu turun PLEKK dari langit.. baru tuh ajaib namanya..”
        >>> ya itu tadi, masih terkungkung warisan pemikiran jadul. maunya yang “plek” “bleg” “gedebugh” “jreng” !!!

        “Selain nabi.. Yesus juga Firman/kalam yg menjelma menjadi manusia…”
        >>> ini juga terkontaminasi faham jadul (sebagian) umat hindu. “firman yg menjelma” “kalam yg mendaging” dipahami sebagai “jreng..eng ing eng…” jadi manusia.

        Astagfirullah,,, iblis begitu licik menyesatkan “ajaran Islam” (bukan agama Islam loh om) yg dah diturunkan semenjak Nabi Adam alaihi salam.

        Btw, makasih pengakuannya, sebelumnya sy belum pernah debat, dialog, atopun diskusi dng umat kristen di dunia maya.

      • Jelasnggak berkata

        He he he… samaranji..
        saya jadi bingung………

        Kau bilang yg namanya keajaiban itu adalah Alquran…

        Saya tanya Kenapa sih kok dikatakan alquran itu sebuah keajaiban.

        Kamu jawab : kita tidak boleh terkungkung oleh pemikiran jadul.. (yang semuanya seperti sulap)..

        Saya jawab : IYA… lalu apa yang membuat al quran itu suatu keajaiban..?

        Ngono lhooo…….rek..

        Ayo di jawab yaa (jangan minta bantuan si rey roy, dia bisanya cuma ngakak h ehe he)

      • rubon berkata

        Agar bung Jelasnggak tidak bingung, bagaimana kalau jadi muallaf saja … hehehe….

      • Samaranji berkata

        Om @gakjelas
        (ganti nickname aja de, biar ga kebanyakan bingung)

        om bilang, “IYA… lalu apa yang membuat al quran itu suatu keajaiban..? Ngono lhooo…….rek..”
        >>> IYA apanya ? dah membebaskan diri dari mindset “sulap” jadul itu tho ???
        >>> Gene ya om… jelasin dulu dunk standar “ajaib” (standar menurut om aja dulu de, kalo masih bingung boleh ko pake standar sepeda).

        Ayo dijawab yaa (jangan ngalihin perhatian ke mas roy rey, emang om kangen yah ma dia ?)

      • agorsiloku berkata

        Al Qur’an tidak ajaib, tapi mukjizat yang tidak ada taranya. Khazanah intelektual yang tidak akan pernah habis ditelaah manusia sampai akhir zaman. Al Qur’an adalah sejarah masa lalu dan masa depan, ilmu, dan ilmu pengetahuan yang diturunkan dari khazanah rahasia langit. Tak manusia dan jin bersama-sama mampu membuat seperti Al Qur’an.
        Mukjizat yang diturunkan oleh Allah memiliki sifat yang ditegasi dalam QS 43:48 Dan tidaklah Kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. Dan Kami timpakan kepada mereka azab supaya mereka kembali (ke jalan yang benar) (Terj. Depag). Dan tidak ada lagi mukjizat yang lebih besar dari Al Qur’an.

      • Roy Rey berkata

        Hiihihihihi..
        @all
        Gimana jaga ngakak liat aja komentnya jel :lol:

      • Jelasnggak berkata

        @agor

        Terima kasih yaaa…
        Kamu sudah mau mengakui bahwa quran itu buatan MANUSIA…

        Ngga banyak muslim yang seperti kau..
        (meski tetap bisa dibodohi Muhammad… tapi sudah bisa melihat sesuatu yang JELAS)

        Btw, santai saja @agor

        Di sini cuma omongan ringan kok…

        Saling mengejek sudah biasa…Yang penting itu hati kita jangan ada kebencian…

        Kalau hati sudah benci.. bisa-bisa ribuan orang dibunuh ….dengan menabrakkan diri ke gedung bertingkat misalnyaa..

        Jadi kita santai saja… yaa..

        @Roy Rey..

        Kamu ketawa aja terus yaaa…
        GPP kok … tapi Awas gigi kering.

        @Rubon.
        saya ngga mau mualaf,,,

        ntar diketawain ..

        Masak 0/0 = 1 sih… :lol:

        @Agor lagi.
        Kau bilang quran itu mukzizat..
        Saya tanya mukzizatnya di mana ?

        Kamu jawab, mukzizat ada di dalam al quran..

        Ini tukul juga kalah lucu.

        @samaranji.

        standar ajaib itu misalnya begini :
        1. air putih tiba-tiba berubah jadi anggur
        2. Manusia bangkit dari alam kubur setelah 3 hari
        3. orang buta bisa melihat

        dst.

        Nah.. kalau alquran itu ajaibnya dari mana ?

        Lha wong yang buat manusia biasa kok..

        Sang budha buat buku.. yang isinya mirip quran.

        Matius markus yohanes Lukas juga membuat buku yang setara dengan quran..

        Berarti buku2 yg dibuat mereka (budha, matius, markus dst) adalah buku ajaib juga dong yaa ?

      • agorsiloku berkata

        Bung Jelas Nggak, komentar dan berpikir Anda nyaris tidak menunjukkan intelektualitas yang wajar, selain melakukan fitnah. Anda tidak bodoh, tapi culas. Jadi berhentilah berkomentar di sini. Karena selanjutnya, saya akan memblok atau mendelete komentar berikutnya. Sekali lagi, blog ini bukan untuk menyikapi dengan kebohongan dan kemunafikan apalagi menjadi tempat untuk berbuat musyrik kepada Sang Pencipta. Dan jelas, saya sangat keberatan komentar saya dipelintir. Hanya orang dengan sikap dan niat buruk saja yang melakukan.
        That’s it.
        Agor, admin blog.

      • rubon berkata

        1 Bung / 1 Jelasnggak = Satu paket indomie & Pakaian bekas untuk merayu umat Islam … hehehe….

        Sudah hampir lebih satu tahun bung Jelasnggak masih belum sanggup memecahkan method perkalian yang dipertanyakan oleh Kang Haniifa.

        @Bapake Jell
        Bejinih aja…
        Sampean tahunya perkalian sejak tk adalah:

        3 x 5 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15
        3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15

        Here 3 and 5 are the “factors” and 15 is the “product”.

        :D tapi sepertinya walaupun diberi waktu 100 tahunpun, para Doktor Matematika “ahlul sempoa” tidak tahu metodanya… hehehe… )

        Insya Allah, saya sangat yakin sekali numerical method yang digunakan oleh Kang Haniifa didapat berkat mujizat Al Qur’an ;) :D

        Salom and keep posting Gan…. hehehe,….

      • Roy Rey berkata

        @jel
        Makasih…
        Lumayan bisa ngilangin stress gawe’an

        @agor
        Hihiihihihihi…
        Klo bisa jangan dihapus/blok….
        Biar makin memperjelas betapa bodohnya si @jel…

      • Roy Rey berkata

        Oh iya ampir lupa..

        @jel
        Emang bible ajaib?
        Eh, iya dink.. ukuran cerita dongeng..
        walo bijituh masih kalah ama Naruto..!!!

      • Samaranji berkata

        @ Kang Agor
        Assalamu’alaikum…
        Makasih dah mengingatkan bhw ada perbedaan ant “Mu’jizat” dan “keajaiban”.

        @ Om gakjelas
        standar ajaib itu MISALnya begini : bla bla bla…
        >>> tuh kan misal om, ntu hanya CONTO. Yang sy minta kan “standar”, kalo ga bisa ya sy ganti dengan istilah “KRITERIA” aja deh… gemana ?

      • agorsiloku berkata

        Iya…ya Bang Roy Rey… nggak saya hapus.. tapi menyimpulkan “:.. Terima kasih yaaa…
        Kamu sudah mau mengakui bahwa quran itu buatan MANUSIA…
        membuat saya kesel banget. Ini yang saya maksud dengan pelintiran Bung Nggak Jelas ini. Apa dia tidak pernah belajar matematika Al Qur’an atau theomatika bible sehingga lebih bisa memahami mana yang bahasa yang disampaikan Allah dengan bagaimana memahami bahasa manusia.
        Apa dia tidak pernah mau belajar, bagaimana Allah memelihara petunjukNya pada AQ dan juga memahami mana yang diselewengkan dan mana yang benar dari kitabnya sendiri…

        Kalau dia pura-pura tidak memahami gapapa, tapi kalau membuat saya menyimpulkan seperti yang disebutkan… dia lempar batu, sembunyi tangan…. berbeda dengan kalau dia bilang dengan tanggung jawabnya sendiri.

      • Roy Rey berkata

        Hhihihihi…
        Kheknya smua dah pada tau klo tujuannya @jel cuma pengen mancing emosi kita doank…
        Kheknya sih dia pura2 tuh…
        ;
        ;
        ;
        @all Kresten
        met hari kelahiran dewa matahari Ra amon (Khek nya itu nama aseli gw)===== 8)
        ;
        ;
        ;
        @jel
        Hiiiiihihihihihihi…
        Disini pake moderasi loh…. wkwkwkwkwkwk
        ;
        ;
        @agor
        Jadiken postingan ajah komennya si @jel
        Judulnya “@JEL THE IDIOT”…

      • Jelasnggak berkata

        @agor,

        Saya ngga pernah melintir omongan orang tuh.. (jangan nuduh/fitnah ya)

        tulisanmu sendiri bisa dilihat:
        http://agorsiloku.wordpress.com/2007/01/07/jeritan-siksa-kubur/#comment-27430

        Saya quote:

        Oom Jel, di sinilah letak perbedaannya, Al Qur’an itu yang nulis, yang ngurus, yang terjemahkan manusia yang berada dalam kehendakNya.

        YANG NULIS MANUSIA (kata kau, agor)

        Kalau yang nulis manusia, berarti tidak sempurna.

        Kalau Quran turun langsung dari langit.. NAH itu baru sempurna…

        Semuanya penuh asumsi…

        (Kalau mau blok yaa gpp kok… :lol: )

      • Jelasnggak berkata

        @samaranji = roy rey ha ha ha

        Kau itu ngomong apa sih naak naak..

        CAPEK deh…

        Kalau mau nanya “apa itu” standar…, mending kau datang saja ke bagian penerangan badan standardisasi nasional http://www.bsn.go.id

        ngomong kok JELAS NGGAJELAS gitu sih…

        Gabung sama roy rey sana..!

      • Roy Rey berkata

        Hihihihihi…
        Kheknya sih @jel bener2 kheki ama gw….
        Yang nggajelas kan cuma elo @jel….
        ;
        ;
        ;
        Ngemenk2 kapan Yesus turun @jel..?
        Soale mau gw adu ama ayam gw….

      • hazetic berkata

        @JELASNGGAK
        KALIAN PARA KRISTEN KOK SENAG SEKALI MENJELEK2KAN RASULULLAH SAW?

        RASSUL SAW PEMBOHONG?…KENAPA DIA BILANG BOHONG DOSA?
        RASSUL ZINA?…KENAPA RASSUL BILANG ZINA DOSA BESAR?
        RASSUL PAMBUNUH?…KENAPA RASSUL BILANG MEMBUNUH ITU DOSA BESAR?

        SEMUA PANDANGAN ORG2 KRISTEN THD RASSUL SAW SANGAT BERTENTANGAN DENGAN APA YG DIAJARKAN RASSUL SAW…

  133. Roy Rey berkata

    Yu..huuu… @JEL…??
    Where are you…?

    Kabur dari Filar biru gara2 pake moderasi ato lo emang bego @jel?
    http://filarbiru.wordpress.com/2010/11/10/tidak-benar-rasulullah-saw-berzinah-dengan-maria-al-qibthiyah/#comment-1320

  134. Wedul Sherenian berkata

    aku punya pemikiran begini. Ibarat Petunjuk maka nama-nama Allah di berbagai media merupakan petunjuk bagi non Muslim. Maksudnya begini:

    Pertama non muslim melihat tulisan tersebut. Lalu bertanya tulisan apa itu. Lalu dijelaskan bahwa itu tulisan Allah. Kemudian non muslim bertanya Apa itu Allah. Maka Al-Quran lah yang akan menjelaskan siapa itu Allah dengan berbagai pemikiran Akal di dalamnya :)

    Mohon Analisisnya :

    http://vilaputih.wordpress.com/2010/12/22/suara-siksa-kubur-dari-perut-bumi-indonesia/
    Balas

    • Jelasnggak berkata

      Alaah.. kamu itu dul..dul…

      sudah pasang adsense belum ?
      :lol:

      • Wedul Sherenian berkata

        @JEL

        Sudah disini :

        http://vilaputih.wordpress.com/2010/12/22/yesus-terkutuk/#comment-10354

      • Filar Biru berkata

        @Jel

        Memang kalau ngomong sama aku kamu emang mati kutu. engkau pilih mas Agor ‘untuk bersantai disini’ eamangnya ada apa?. apa maksud kata2mu mas agor ‘lebih pintar dikit’. Apa kamu kira dia mudah kamu obok2 begitu?

        Saya tidak akan membahas permasalahan mukjizat Al Quran di sini yang engkau ungkit2 itu. Saya juga tidak akan membanding2kan dan membeda2kan Para Nabi Allah baik Isa maupun Muhammad. Kalau saya mau jujur Nabi Isa adalah nabi yang gagal dalam misi dan visinya. Kalau juga mau aku membanding2kan antara Muhammad dan Isa, Isa tidak ada apa2nya. Tapi di karenakan aku seorang muslim sangat tidak boleh aku membeda2kan para rasul. kedudukan rasul dan nabi dalam islam adalah sama kami beriman kepada mereka semua. Tidak seperti kau…lihatlah alkitabmu lihatlah kedudukan para nabi di dalam alkitabmu lebih rendah dari pada binatang, dan itu engkau katakan jujur? Alkitabmu tidak ubahnya roman picisan yang di karang lebih dari 35 pengarang yang berlatar belakang mesum dan fitnah. Apakah kitab seperti itu yang engkau banggakan?

        Dan sekarang engkau datang dan mengatakan bahwa al quran adalah karangan Muhammad, aku tidak heran sebab orang2 sepertimu hanya mampu berkata begitu. engkau hanya mampu berkata begitu!!! sekarang! mengapa tidak engkau usahakan untuk mengubah Al Quran itu? apa sulitnya engkau mengubah Al Quran itu? Ayo!!! silahkan engkau ubah Al Quran itu? tidak ada yang melarangmu, bila engkau tidak mampu panggil seluruh pendeta2mu di seluruh planet ini untuk mengubahnya, ayo engkau tunggu apa lagi!!!???

        14 abad sudah berlalu ternyata tak satu orangpun untuk mampu mengubah Al Quran yang engkau katakan karangan Muhammad itu. kalau begitu bisa aku simpulkan ilmu zaman sekarang yang serba komputer berada di bawah telapak kaki Muhammad.

      • Roy Rey berkata

        GUBRAK..!!!!
        Skor….
        FILAR BIRU=1
        JELASNGGAK=0

      • Jelasnggak berkata

        @Filar

        Bagaimana saya tidak mengatakan quran karangan muhammad..?

        Lha wong sudah jelas awlohmu melarang kawin LEBIH dari 4……….. ehh.. Muhammad sendiri kawin 11…….

        Gimana sih..?
        .
        .
        .
        Saya bukan mati kutu…

        tapi ngga level..
        Kau ikut roy rey saja yaa… (saya cuekin) hue hue hue………

      • Jelasnggak berkata

        @filar,

        menulis:

        Dan sekarang engkau datang dan mengatakan bahwa al quran adalah karangan Muhammad, aku tidak heran sebab orang2 sepertimu hanya mampu berkata begitu. engkau hanya mampu berkata begitu!!! sekarang! mengapa tidak engkau usahakan untuk mengubah Al Quran itu? apa sulitnya engkau mengubah Al Quran itu? Ayo!!! silahkan engkau ubah Al Quran itu? tidak ada yang melarangmu, bila engkau tidak mampu panggil seluruh pendeta2mu di seluruh planet ini untuk mengubahnya, ayo engkau tunggu apa lagi!!!???

        Bukannya ngga bisa, filar!

        Tapi NGGA MAU! alias MALES… alias .. CAPEK DEH!.

        alasannya ?

        1. Masih sayang leher
        2. NGGA ADA GUNA-NYA

        Coba kau ngomong lah dengan pengikut mirza guhlam…

        atau kaum syiah…

        he he he.. lucuna..

        Baru menafsirkan quran secara lain saja (seperti pengikut ahmadiya) sudah dimaki dihina dibenci bahkan diteror… apalagi mengubah isi…

        Jadi kau filar,,, sebelum kau saya suruh gabung dengan roy rey… lebih baik kau banyak baca buku LOOGIIKAAA..!

        “tidak bisa” itu BERBEDA dengan “tidak mau”

        contoh kalimat (biar JELAS)!

        * Filar biru tidak bisa membuktikan dalil 0/0=1
        * Filar biru tidak mau membuktikan dalil 0/0=1

        Nah tuh..beda kan ?

        “tidak mau” bukan berarti “tidak bisa”

        Ok?

        Good!

      • Samaranji berkata

        MasyaAllah,,,
        Heran dey ama om @ gakjelas ini…

        Kalau mau nanya “apa itu” standar…, mending kau datang saja ke bagian penerangan badan standardisasi nasional
        >>> ditanya “standard”nya gemana, jawabnya malah dng conto doang, eh sekarang malah nyuruh tanya ke BSN. Tanya aja ndiri om, trus beritahu ke saya yaa…!!!

        Bukannya ngga bisa, filar!
        Tapi NGGA MAU! alias MALES… alias .. CAPEK DEH!.
        >>> artinya : GA MAU jawab, soalnya ntar ketahuan kalo GA BISA !!!

        Ya udah deh om, emang ga level…
        (padahal kemaren2 hampir keluar dari mindset “sulap” jadul, kemaren2 dah mau nyebut/nulis dengan Nabi Isa ‘alaihi salam) duh,,, sekarang ko kumat lagi…

      • Jelasnggak berkata

        Padahal sudah diberitahu kalau “ga mau” bukan berarti “ga bisa”.

        Saya ga mau makan
        Saya ga bisa makan

        beda kan yaa ?

        payah roy rey.

      • rubon berkata

        ga mau / ga bisa = @bung jelasnggak … hehehe…

      • Jelasnggak berkata

        sin(x) kok bisa sama dengan x.

        Haniifa kedua nih kayaknya.. he he

      • Jelasnggak berkata

        @rubon

        Pakai saja alquran mu untuk mendukung dalil sin(x)=x mu itu…

        Pasti saya akan mengalah…

        he he he he :lol:

      • rubon berkata

        Wahh… mohon maaf bung jelasnggak, anda sedang merayakan hari kelahiran “xxx” = 3x ?!
        … hahahaa… ada pencipta dilahirkan dari rahim perempuan, pencipta apaan tuh … hehehe… :mrgreen:

      • Jelasnggak berkata

        @rubon

        Pencipta microsoft dilahirkan dari rahim perempuan.

        He he he

        Iya iya saya maafkan..

        saya ini pemaaf kok..

        Trinitas itu susah di pahami oleh orang muslim. Kenapa hayo..?

        Karena kebanyakan dari mereka (muslim)cara berpikirnya pendek.

        Kalau awloh-mu beda yaa rubon.. enak-enak nangkring di atas sana…. suruh anak buahnya perang buat dia.. he he he…

      • Roy Rey berkata

        Trinitas itu di pahami oleh orang kresten.
        Kenapa hayo..?
        Karena ideot…

        ok

        good
        ;
        ;
        ;
        ;

        Kalau Eloi eh Rok kardus eh Naruto beda yaa @jel.. enak-enak nangkring di atas sana…. suruh anaknya di siksa, disalib, pake kancut doang(maaf) buat nebus keidiotan/kesalahan bapaknya.. he he he…

      • rubon berkata

        Tuhannya umat Islam itu Allah yang Maha Pemurah, dengan demikian saya ampuni kebodohan @bung Jelasnggak yang daya intelektual semakin menurun dari tahun ke tahun … hehehe…

      • Jelasnggak berkata

        Saya baru tahu kalau kebodohon = berdosa..

        ck.ck.ck..

        Gimana nih..

        Dulu ngomong pakai teori einstein….ha ha

      • hazetic berkata

        @JELASNGGAK

        LOGIKA?????
        KAMI DI ISLAM SEMUA SESUAI LOGIKA…
        YG MANA COBA YG GA PAKAI LOGIKA…

        KLO DLM KRISTEN
        DOSA DITANGGUNG YESUS
        ….LHA BERARTI ORG KRISTEN KEBAL DOSA?
        ….TRUS NGAPAIN YESUS REPOT2 BIKIN DOSA?

        BABI HALAL
        ….BINATANG PALING JOROK,MAU KAWIN SESAMA JENIS…HUAKKK…JIJIKKKKK…KOK HALAL???

        TUHAN MAU DISALIB
        ….KASIAN TUHHH…MASA DIHADAPAN MANUSIA TAK BERDAYA SEPERTI ITU???

        LAHHHH NGOMONGIN KEERORAN KRISTEN MAH GA ADA HABISNYAAA………………

    • Jelasnggak berkata

      @Wedul..

      kamu itu kok sukanya menarik pemirsa sih…..?

      Memangnya kau seneng yaa kalau pemirsa di blog ini pindah ke blog mu ?

      ada apa?

      Adsense ? cliksense ?

      he he he he….

      Dapet berapa dollar, dul ?

    • Filar Biru berkata

      @Jel

      Nyatalah engkau tololnya bukan main.

      Bagaimana saya tidak mengatakan quran karangan muhammad..?
      Lha wong sudah jelas awlohmu melarang kawin LEBIH dari 4……….. ehh.. Muhammad sendiri kawin 11…….

      4:3. Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

      ayat itu turun setelah Rasul mengawini para janda tentara yang meninggal syahid di dalam berbagai perperangan. Ayat itu turun bukan ketika beliau masih dengan Siti Khadijah atau Siti Aisyah, Hafsah.

      belajar lagi sana!!!

      Baru menafsirkan quran secara lain saja (seperti pengikut ahmadiya) sudah dimaki dihina dibenci bahkan diteror… apalagi mengubah isi…

      Pengikut Ahmadiyah itu bukan menafsir Al Quran, mereka itu memperkosa Ayat2 Al Quran. Ngerti???

      Bukannya ngga bisa, filar!

      Tapi NGGA MAU! alias MALES… alias .. CAPEK DEH!.

      Kalau kau nggak mau alias capek alias males, itu tandanya engkau tidak memiliki ilmu sedikitpun tentang hal itu. semua yang engkau katakan hanya alasan geblekmu saja. Bukankah Alkitabmu yang membuatmu bodoh bin dungu. Bukankah Paulusmu yang mengaku bodoh itu adalah rasulmu?

      * Filar biru tidak bisa membuktikan dalil 0/0=1
      * Filar biru tidak mau membuktikan dalil 0/0=1

      Jangan engkau pelesetkan debatmu dengan Hanifah dengan diriku. biasakan fokus!!!

      • Jelasnggak berkata

        @Filar..

        saya baru tau kalau MALES = TIDAK MEMILIKI ILMU

        Jadi males mandi = tidak memiliki ilmu mandi..

        Ahh.. payah lah roy rey ini..

      • rubon berkata

        1 apel / (1/3) anak = 3 gospel busuk … hehehe…

      • Filar Biru berkata

        @Jel

        memang kamu nggak mandi2 kok bau ampe ke sini. apa bila kamu mendatangi istrimu apa kamu mandi setelah itu? kan tidak ada ilmu padamu jadi untuk apa mandi?

        Apa bila kamu sudah mendatangi istrimu dan besoknya ke gereja apa kamu mandi jinabat? kan tidak! paling2 kamu basuh muka doang selesai dah.

        kalau kamu punya ilmu coba kamu tunjukan padakau cara berdebat yang sehat, misalnya kenapa Paulusmu itu mengirim surat dan di bukukan dalam alkitab. atau mengapa di dalam kepercayaanmu Ishak adalah anak tua Ibrahim padahal engkau tahu bahwa Ismail adalah anak tua Ibrahim. atau mengapa yesusmu keluar dari makam minta makanan sama muridnya roti dan madu? seharus hal2 yang fatal demikian engkau tanyakan pada kaum muslimin, bukannya menjelek2kan Nabi Muhammad yang sama sekali tidak ada keuntungan buat mu. Terserah engkau mau debat di sini yang tentunya minta izin dulu sama yang punya blog atau juga boleh di tempatmu atau di tempat aku.

        kalau engkau bersedia aku layani sampai engkau dower

      • Jelasnggak berkata

        @filar

        saya jadi pusing baca tulisan mu.
        (mirip-mirip si roy rey sich..! :lol: )

        Ditanya tentang kehebatan quran..

        jawannya ngga jelas ehh.. kemudian malah nanya yang lain..

        ck..ck..ck

        .
        .
        .
        Masih muslim sih yaa..?

      • Roy Rey berkata

        saya jadi pusing baca tulisan mu.
        (mirip-mirip si roy rey sich..!

        ===================================
        Baca tulisan aja lo kaga bisa @jel…
        Tandanya lo masih bego bin ideot..
        Belajar lagi sonoh…
        Jangan lupa ganti pembalut lo dan pembalutnya yesus…

        ck..ck..ck

        .
        .
        .
        Masih kresten sih yaa..?

      • rubon berkata

        @ bung Jelasnggak
        Ditanya tentang kehebatan quran..

        Insya Allah metoda dibawah ini hanya ada di Al Qur’an … hehehe…
        3 x 5 = 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15
        3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15

        by the way, apakah anda & rekan memang tidak mampu menjawab tantangan @Kang Haniifa ?!

      • Filar Biru berkata

        @Jel

        Manusia untuk seukuran kamu emang kagak paham. hehehe
        Bukankah Paulus yang bodoh itu yang membuat kamu tambah sengsara dan tambah bodoh?

        Sejak kapan kamu tanya sama aku tentang kehebatan Al Quran? Sejak kapan pula kamu ingin tahu tentang Al Quran?

        Heran Gue!!!

        All Muslim lanjut!!!

      • Samaranji berkata

        GA MAU karena 2 alasan :
        1. GA BISA mikir (biasa terdoktrin, yg penting percaya)
        2. MALES taubat/moho-ampun (soalnya dah ditebus dosanya)

      • Jelasnggak berkata

        @Filar.

        Loh.. emangnya selama ini kita ngomong apa ?

        Ngomong paulus atau quran?

        Ck..ck..

        Masih islam sih kamu.. jadi kurang fokus gitu deh..

        @samaranji

        Ada lagi alasan ketiga : “GA ADA GUNANYA”

        Dan keempat : “MASIH SAYANG LEHER”

        Ok?

        @Rubon,

        Lebih baik mulai sekarang kau cari di alquranmu dalil sin(x) = x
        (biar saya mengalah)
        Ha ha ha

      • rubon berkata

        @ bung jelasnggak
        Salah satu contoh bukti mujizat Al Qur’an Surah Al Fajr ayat 3 pada ilmu matematika:
        Demi yang genap dan yang ganjil
        Jumlah total Surah Al Qur’an = 114
        Nomor surah ganjil = 1,3… s/d 113 = 57 surah
        Nomor surah genap = 2,4… s/d 114 = 57 surah
        Total = 114… hebat yah… hehehe….

        Selanjutnya bukti lain tentang mujizat Al Qur’an surah Al Mulk ayat 3 :
        Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?

        Pada kenyataanya banyaknya ayat setiap surah random namun jika anda telisik lebih jauh sifat acak tersebut sesungguhnya bukti matematis yang tak terbantahkan oleh seluruh manusia dan jin atas kesempurnaan sistematika penyusunan Al Qur’an, coba anda buat tabel penyusunan sbb:
        Surat ke 1 dengan jumlah ayat 7 (angka 1 = ganjil, 7= ganjil).
        Surat ke 2 dengan jumlah ayat 286 (angka 2 = genap, 286 = genap).
        dsb… sampai dengan 114 surah.
        Demi yang GENAP (lih. ayat diatas ini)
        Ganjil-Ganjil = 27
        Genap-Genap = 30
        ————————–
        Sub total Genap = 57

        ganjil-genap = 30
        genap-ganjil = 27
        ————————–
        Sub total Ganjil = 57

        *** Grand TOTAL 57+57=114 ***

        BUKTI SUPER MATEMATIS AL QUR’AN SURAH SURAH AL MUDDATSIR AYAT 30 :
        Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).

        GENAP = 57 => 19×3 terbilang TIGA
        GANJIL = 57 => 19×3 terbilang TIGA

        Bukan sulap bukan sihir, MUJIZAT AL QUR’AN :
        Al Fajr ayat TIGA
        Al Al Mulk ayat TIGA

        Kesimpulan:
        Konsep Trinitas (TIGA) yang benar dan betul hanya terdapa dalam Al Qur’an.

        by the way,… bisakah @bung Jelasnggak membuktikan mujizat YESUS disini… hehehe….

        Salom,..

      • Jelasnggak berkata

        Gyaaaha ha ha

        Kayak Bang Warso waktu menjelaskan kepada saya cara ngecak nomor buntut / porkas..

        Surat ke3 jumlah ayatnya berapa rubon..?

        Coba dibagi 2 dikali 3 ditambah jumlah surat ke-100 dikurang 57…

        pasti hasilnya ganjilhi hi hiha ha ha ha….

        KIRAIN
        mukzizat apa gitulophhhhhhh ha ha ha ha…….

        HHHHAa ketawa guwe ngebaca-nyaa….kekekeke..

        Bener-bener deh muslim yang satu ini nih .. ha ha ha

        BENERAN!! GUA NGAKAK BACA komentarmu rubon… (MAAF seribu maaf kalau tersinggung, tapi ini beneran ngakak abis! ha ha ha)

        hadooohh…

        .
        .
        .
        .
        .
        EHem…dah dulu deh ketawanya

        .
        .
        .
        Bon,..

        Mukzizat Yesus itu tertulis di injil.
        Coba kau baca dulu injil.
        nanti pasti kau temukan mukzizat Yesus.

        eemmmmm…..

        Alkitab itu bukan mukzizat kok bon..

        Lha wong yg nulis manusia.. he he he

        tapi isinya bon …

        semua tentang tuntunan bagaimana jadi manusia yang baik dan benar..

        agar semua manusia masuk surga.

        H aha ha ha

        .
        .

        Ada-ada saja …

        Kira-in di sini muslim berpemikiran maju…

        Ngga taunya sama saja dengan roy rey.

        .
        .

        Btw.. itu ada awan berbentuk lafadz awloh… muzizat juga ya bon ?

        Kalau kau melihat asap rokok berbentuk lafadz muzizat juga tuh..?

        ha ha ha
        .
        .
        .
        .

        Udah ah ..

        Sori Bon…

        Level kau sudah ketahuan.

      • rubon berkata

        @ bung jelasnggak
        kita semua yakin (beriman) pada mujizat Musa a.s membelah air laut, Isa a.s menyembuhkan penyakit .. dll, dan mujizat Al Qur’an bukan hanya sekedar diyakini belaka tapi bisa dibuktikan sendiri… hehehe…

        Coba bung, buktikan kesaksian mujizat YESUS ?! … hehehe…

        Levelnya sangat jelas hanya kesaksian palsu dari cerita tahayul.. :mrgreen:

      • rubon berkata

        by the way,menurut liturgi kristen mujizat salib suci membuat takut bangsa drakula,vampir dll,tapi sayangnya kunti-lanak dan tuyul nggak jelas tuh … hehehe….

      • Roy Rey berkata

        eemmmmm…..

        Alkitab(bible) itu bukan mukzizat kok bon..
        Tapi cerita dongeng
        Ada yang bantah?
        sepertinya tidak…
        good

        Lha wong yg nulis manusia.. he he he
        Benar.. si tarsus penulis cerita fiksi
        ada yang ngedumel?
        sepertinya tidak..
        good

        tapi isinya bon …

        semua tentang tuntunan bagaimana jadi manusia yang baik dan benar..
        Yup, sama ama komik naruto..
        Ada yang…?
        Sepertinya tidak
        good

        agar semua manusia masuk surga.
        Betul, nonton para tuhan dan lucifer berebut sorga
        Ada…?
        sepertinya tidak
        good

        H aha ha ha
        Hahahahah juga..

      • rubon berkata

        Ok, bung Jelasnggak
        Alhamdulillah saya akhirnya saya temukan juga mukjizat Al Bible (Gospel).

        Injil Karangan : Matius dibagi Markus
        Matthew 17:21 / Mark 7:16 => [NOT IN TEV] / [NOT IN TEV] = 0/0 = 1 … hehehe…

        Injil Karangan : Lukas dibagi Yohanes
        Luke 17:36 / John 5:4 => ayat kosong / ayat kosong = 0/0 = 1 … hehehe…

        Kesimpulan:
        Menurut liturgi kristen terbukti bahwa 0/0=1… hahahaaa….

        Salom,…

      • Cekixkix berkata

        Around the ninth hour, Jesus shouted in a loud voice, saying “Eli Eli lama sabachthani?” which is, “In the Name of Jesus Christ,Calling God stupid or not?”… Cekixkix…kix…kix..

      • jelasnggak berkata

        dhuh. bon.. booon..

        Kamu itu lhoh..
        Muka udah terlihat tua tapi mikir masih seperti royrey (naruto)

        tidak ada liturgi kristen mengajarkan salib membuat takut drakula.. ha aha

        itu cuman di film, bon..

        Nah.. ktahuan levelnya nih.

        ayoo itung porkas lagi sana..eh salah… itung ayat biar jadi 114.

        Ganjil genap ganjil genap ganjil genap… DOOOOR!

      • rubon berkata

        @bung Jelasnggak
        Duh mohon maaf, saya lupa kalau alkitab anda ditulis oleh manusia dalam tanda kutip :mrgreen:
        hanya saja saya merasa aneh apa dan mengapa maksud Al Bible (gospel) ini:
        “Eli Eli lama sabachthani?” … Tuhan anda lupa pada diriNya sendiri alias … hehehe…

        Menurut saya setidak-tidaknya Supermen lebih kuat dan bisa terbang dibandingkan dengan Mister “X” yang sekedar melayang-layang diatas air sebagaimana Alkitab tulis… hahahaaa….

      • rubon berkata

        Menurut liturgi Kristen: “Percaya dan beriman pada ayat-ayat Alkitab (Gospel) yang kosong” = MANUSIA-MANUSIA GANJIL… hehehe…

        Ayat-ayat kosong = TONG KOSONG NYARING BUNYINYA… HAHAHAA…

      • Jelasnggak berkata

        Aduh rubon.. rubon..

        Kamu itu kebiasaan sih.

        Maunya di suapin terus.

        Pantes ngga maju-maju.

        Biasakan bon.. kau kan sudah besar, cari tau dulu baru nanya…
        Berusaha dulu baru bertanya.

        Pernahkah terlintas “ooohh… kenapa ya milyaran orang kristen pada tolol semua mereka Percaya kata kata Eli Eli lama sabachthani itu?”

        Nih saya beritahu jawabnya ya rubon..

        –>Agar supaya orang tahu bahwa Yesus itulah MESIAS yang dijanjikan. Kedatangan Yesus dan cara Dia mati sudah diramalkan oleh raja Daud. Kata-kata itulah yang diucapkan raja Daud ketika dia menerima nubuat tentang kematian MESIAHS.
        Coba kau baca Kitab Mazmur 22:1-2.

        Btw kau tau artinya mesias ngga ?

        ntar udah capek2 saya jelasin kau ngga nyambung pulak.

        Kalau sudah gitu mah ya sudah gabung saja sama roy rey lagi.. (sambil mikir sin(X) = X) ha ha ha

      • rubon berkata

        Waduh… saya lupa sekali bung, kalau sin(x) dan x bukan bilangan tapi konsep (sama dengan tanda tak hingga menurut def. anda)… hehehe…

        Tapi 0/0= 1 => bilangan/bilangan = bilangan

        dan…
        Injil Karangan : Matius dibagi Markus
        Matthew 17:21 ???
        Mark 7:16 ???

        Injil Karangan : Lukas dibagi Yohanes
        Luke 17:36 ??
        John 5:4 ??

        Kesimpulan:
        Menurut liturgi kristen terbukti ayat-ayat kosong tanpa kata dan makna adalah masih dalam konsep ahlul teologika kekristenan… hahahaaa……
        (sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya … hehehe)

      • Jelasnggak berkata

        Iya bon..

        Kau saya maafkan. :lol:

        Ngomong-ngomong..

        Sekarang dah jelas kan tentang arti kata eli eli lama sabachtani itu..?

        Bagus lah kalau gitu.

        Memang sih sebenernya cuma perlu tekun sebentar saja agar kamu bisa paham bahasa injil.

        Ok bon..?

        Siip!

        Rubon=haniifa yaa ?

        Kayaknya gaya ngomongnya kok sama….. :lol:

      • rubon berkata

        Terima kasih sekali, bung telah memaafkan kejeniusan saya sebagai umat islam dan sebagai timbal baliknya saya maafkan juga kebodohan bung jelasnggak yang masih percaya terhadap ayat-ayat kosong dari Alkitab (gospel) :lol:

        Salom,..

      • rubon berkata

        @ bug Jelasnggak
        Bagaimana kalau ayat-ayat kosong tanpa kata dan makna dari Alkitab (gospel) diisi dengan kalimat “kata eli eli lama sabachtani itu..?”
        atau
        Matthew 17:21 eli eli lama sabachtani
        Mark 7:16 eli lama eli sabachtani
        Luke 17:36 eli lama sabachtani eli
        John 5:4 lama eli eli sabachtani

        Jadi clear dunk bahwa Alkitab bisa menjelaskan teorema permutasi “eli” … hahaha….

        Salom,…

      • Jelasnggak berkata

        Bon..

        coba cari ada berapa angka 7 di ayat2 tsb..

        pasti ada 3 kan ?

        777

        Itulah ajaibnya alkitab bon.

        Satu topik bisa membuat angka 777

        Hebat kan ?

      • rubon berkata

        777 / 777 = 0/0 = 1 (Terbilang: SATU) :lol:

        Hebatnya semua pengarang Alkitab (gospel) sepakat membuat Injil versi agama dongeng yang berisi firman kosong melompong … hehehe…

      • agorsiloku berkata

        Ini pembahasan soal Boeing 777 ya… bingung deh…
        Salam dan semoga hari-hari di 2011 menjadi hari-hari yang membebaskan dari segala perkara keburukan.
        Selamat Tahun Baru Hijriah dan Masehi yang perbedaannya dan kesamaannya begitu dijelaskan begitu jernih dan matematis di dalam Al Qur’an.

      • rubon berkata

        @ bung jelasnggak
        Matthew 17:21 ..he..
        Mark 7:16 ..he..
        Luke 17:36 ..he..
        John 5:4 …HAHAHA…
        Menurut Bung jelas nggak pernah bisa punya logika :

        coba cari ada berapa angka 7 di ayat2 tsb..
        pasti ada 3 kan ?
        777

        Itulah ajaibnya alkitab bon

        Tolong hitung angka 7 pada LUKE 23:17 [NOT IN TEV]

        Tujuh jadi ada 3=Ganjil eh… Tujuh jadi ada 4=Genap… :lol:

        Kesimpulan:
        Menurut liturgi Kristen TUJUH bilangan GENAP :mrgreen:

      • cekixkix berkata

        @Om Rubon
        Kheknya, kemunculan angka tujuh emang ada empat tapi karena @Om Jel pakai ilmu togel kemunculan 7 dimistik jadi 3x … Cekixkix…kix..kix…

        Ngemeng-ngemeng, Kapan nih Yesus mo jadi bandar togel lagi ? kok lama amat sich turun keduniannye… Cekixkix…kix…kix…

      • cekixkix berkata

        @Om Jel
        Menurut BIBEL AL PORKAS, kheknya elo masih menang bututnye tuhh…. nyang keluar 7777 elo pasang x777 … dapet 3 angkanye… :lol:

        dokatnye lumayan buat perayaan taun bau-an Yesus Krestus…. Cekixkix…kix…kix…

  135. Filar Biru berkata

    @Jel

    Kamu tu ngomong apa seh?
    selama ini gue kan ngomongin paulusmu bukan Al Quranku! mana ada kamu tanya al quranku, hanya saja kalau aku ngomong jawab kamu kek ular berbelit2. paling banter aku hanya minta sama kamu TOLONG TUNJUKAN PADAKU MANA AYAT2 KARANGAN MUHAMMAD seperti yang engkau tuduhkan itu? Nah sampai detik ini kamu nggak menunjukannya kok?

  136. Roy Rey berkata

    @filar
    Maklumi ajah si @jel
    Otaknya dah blepotan, dan sekarang lagi sedih mikirin tuhannya yang sangat tekutuk…
    http://vilaputih.wordpress.com/2010/12/22/yesus-terkutuk/

  137. hazetic berkata

    HHHHHHHHHHHHHHHHHH………..
    APA SEMUA KRISTEN HATINYA SEKERAS ITU?
    DIKASI TAU NGEYELLL TERUSSS….

    PERTAMA KRISTEN PERCAYA ADAM DICIPTAKAN LANGSUNG OLEH TUHAN KAN?
    KENAPA YG KEDUA,ALLOH MENCIPTAKAN HAL SERUPA PADA ISA TP LEWAT IBU GA PERCAYA? PADAHAL YG KEDUA LBH MUDAH DIPAHAMI?…DAN NGEYEL ISA ITU TUHAN?

    IBARAT DIKASI TAU 5+5=10 KRISTEN PERCAYA…
    TAPI DIKASI TAU 1+1=2 GA PERCAYA???…ADUH ADUH…
    SECARA DASAR AJA PEMAHAMANYA SALAH APALAGI KEDEPANYA?….
    HATI2 FITNAH DAJJAL…

  138. hazetic berkata

    @ AGOR
    TERUSKAN BROOOOOOOOOOOOOOO………………………..
    TAK ADA LG KERAGUAN DI ISLAM………………………

  139. jelasnggak berkata

    Untuk semuanya (cekixkix, rubon roy rey, filar, agor, dan yang lain)…

    SELAMAT TAHUN BARU 2011…

    YEEEEYYYY!!…

    Semoga tahun ini semua mendapat Berkat rahmat yang melimpah dan juga kesehatan.
    Semua impian tercapai.

    Amin amin ya Yesus al amin.

    • Roy Rey berkata

      Oke Jel…
      Gw doain lo tetep sehat, rezeki yang berlimpah, Istri yang buanyak, dan menjadi mualaf… Amin..
      ;
      ;
      ;
      Oh..Yesus kapan engkau turun lagi? Ayamku tidak galak koq..
      Paling dikau hanya sekarat, toh dikau pernah ngalamin yang lebih sakit lagi..

      • Jelasnggak berkata

        Thanks atas doanya roy

        tapi… istri kayaknya satu saja…

        Kalau masalah mualaf.. ibu saya aja dah murtad lho roy.. masak saya harus mualaf…

        Yesus akan turun untuk kedua kali nanti roy tunggu saja.

      • Roy Rey berkata

        Sama2 @jel

        Yah baguslah kalo sanggupnya cuma satu istri, saya juga niatnya cuma satu…

        Sayah juga murtad loh @jel..

        Oke @jel, gw tunggu Yesus-nyah… :mrgreen:

      • cekixkix berkata

        @Om Jel
        Kheknya istrinya emang cukup satu, sebab menurut alkitab bible: ayam betina tetangga jadi istri keduanye @Om Jelasnggak klo lagi horni… Cekixkix..kix..kix…

      • Jelasnggak berkata

        @cekix

        Masak ayam di jadikan istri..

        ngga masuk akal.

        Kalau dengkul yang mikir dong …

        Polisi : mas jel ada yg tabrakan tuh..
        Jel : dimana ?
        Polisi : perempatan depan
        Jel : Waduh.. parah ngga
        Polisi : Ngga sichh.. cuma dengkulnya parah… tapi geger otak
        jel : wah.. kok gitu
        Polisi : iya lah… lha wong diya ituh otaknya di dengkul…

        .
        .
        ..

        Yaah… cekixkix kena lagi deh :lol:

      • cekixkix berkata

        @Om Jel lupa gaya posting, Alexa mode ON… Cekixkix…kix..kix.. :D
        Kna deh, khek Bibel mode Naruto ON :lol:

  140. Abdullah berkata

    jaritan siksa dari alam kubur ? Ada yang percaya ? gak apa2… tidak percaya ? gak apa2 juga… Yang jelas dan pasti adalah segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini, ada yang dapat dipikirkan oleh akal manusia ( logika )dan ada yang tidak. Dan perlu kita ingat Allah akan memberikan suatu kejadian ghaib kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya

  141. priandi berkata

    Saya berkata …….itu orang kurang kerjaan
    Dan inggin nakuti kita2

  142. nasrudin doang berkata

    JAGALAH TIKAH LAKUMU AGAR KAMU KAN MENJADI LEBIH BAIK DAN TERHINDAR DR SIKSA KUBUR,KARNA TINGKAH LAKU YG BAIK KAN MEMBAWA IMAN YG BAIK PULA

  143. Anonymous berkata

    Alam diciptakan Allah untuk 1. kemashlahatan manusia selama hidupnya yg tidak lama (+- 60 thn), 2. dalam rangka beribadah kpd Allah. Untuk itu diperintahkan akal manusia untuk berpikir dalam konteks tujuan tersebut. Maka muncullah ilmu pengetahuan (sains). Sain yang dikembangkan untuk mengingkari Allah dan RasulNya berarti sain sesat. Logika manusia yang dikembangkan untuk mengingkari eksistensi Allah dan RasulNya berarti logika sesat.Sain dan logika sesat tersebut dibuat oleh Manusia yg sombong dan merasa sudah sempurna, padahal pengetahuan dan rasionya yg sangat terbatas. Hidup manusia adalah pemberian Allah. Alquran adalah petunjuk agar hidup selamat. Satu sisi, Allah memberikan rewards bagi manusia lurus, sisi lain Allah memberikan punishment bagi mereka yg sesat. Inilah management Allah, manajemen yang rasional dan sudah diadopsi oleh ilmu manajemen modern sekarang ini. Jadi sangat wajar dan rasional jika ada bukti-bukti azab kubur seperti nampak dalam foto. Anggap saja seperti peringatan Allah kepada manusia yang sombong, ingkar, sesat dan bangga dengan ilmu pengetahuan/sainnya yg sangat terbatas. Dalam manajemen modern versi manusia jaman sekarang ini juga dikenal sanksi-sanksi pelanggaran peraturan perusahaan yang ancamannya dimulai dari skorsing, pemberhentian sementara, pemecatan sampai dengan pidana.

  144. Anonymous berkata

    siksa kubur klo blum mati blum tau coy yg pentng kta jlni aja

    • Hasan Husein berkata

      memang kita belum tau gimana rasanya disiksa di dalam kubur, karena kita belum mati, cuma kita harus yakin bahwa siksa kubur memang ada supaya kita dalam menjalani hidup ini berada dijalan yang benar dengan tuntunan Al Qur’an dan hadits, shg kita dapat selamat dari siksa kubur, amiiinn.

  145. siksa kubur itu tidak terdengar oleh jin maupun manusia , kecuali oleh hewan ,apa kah yg di seribia itu siksa kubur? wallohhualam , berarti kita tuh hewan?bisa mendengar ?kecuali oleh nabi dan memang siksa kubur itu ada ,bukan berarti yg didengar itu siksaan? Alloh maha penyayang, siksa kubur itu bukan pasti ada tapi bakal ada siksa kubur ,wassll.

    • Hasan Husein berkata

      maaf, sebenarnya manusia juga hewan tapi hewan yang berpikir, kita sama sama makhluk Allah cuma kita diberi kelebihan yaitu akal dan pikiran. Allah itu mempunyai sifat Qudrat dan Iradat, Maha Kuasa dan Maha Berkehendak, walaupun sudah ditetapkan kalau manusia itu gak bisa mendengar siksa kubur, tapi kalau Allah berkehendak itu pasti terjadi. saya juga pernah mendengarkan rekaman itu, dan itu terjadinya di Rusia sebuah negara yang tidak percaya sama adanya Tuhan, maka tidak menutup kemungkinan rekaman tentang siksa kubur itu benar adanya, itu untuk pembelajaran bahwa hari perhitungan itu ada, dan sikasa kubur itu ada.

  146. islam berkata

    hati-hati yahudi meracuni orang-orang islam secara halus… seperti artikel ini…

    NB: tidak ada yg tidak mungkin, akan kehendak Allah SWT…

  147. akatsuci berkata

    menyeramkan….

  148. animateholic berkata

    wallahua’lam

  149. abu syifa berkata

    yah ane setuju..

  150. suyatno berkata

    Saudaraku….bagi Alloh,apasih yang tidak mungkin.hal ini mungkin Alloh ingin menunjukkan bukti kebenaran Azab kubur kepada sang doktor tersebut.karena selama ini dia mengkaji lewat geologi,maka Alloh akan menunjukkan bukti tersebut lewat apa yang diketahui oelah dr tersebut,yakni pergeseran lempeng bumi.jika Alloh menunjukkannya lewat Alqur’an,bisa jadi tidak percaya atau menolak.menurut hemat saya,saya percaya itu semua KEKUASAAN ALLOH.ada bagian yang harus difikir secara akal logika dan ada bagian yang logika tidak sanggup berfikir,contoh : menjelaskan keadaan mayat dalam kubur.saya juga kebetulan orang sains dari jurusan fisika murni yang menguasai ilmu fisika dan metafisika,saya juga memahami ilmu tafsir qur’an.untuk itu saya percaya bahwa sains yang diciptakan manusia dibanding kekuasaan Alloh bagaikan setetes air dilautan.sadarlah ….jangan merasa diri ini sudah bisa menguasai teknologi.ingatlah “Wamaa uutitum minal ‘ilmi illa qoliilan”

  151. hamid berkata

    Saya sangat setuju dengan penjelasan diatas, Intinya kejadian kejadian yang di luar logika itu hanya sebagian kecil dari kekuasaan ALLOH yang di perlihatkan, itu buat peringatan untuk kita semua agar kita selalu mengingat ALLOH, sains itu hanya sebagian kecil dari ilmu alqur,an dan alhadis, pada intinya perbanyaklah mempelajari dan mengkaji alqur,an dan alhadis, itu sudah mencakup dari semua ilmu apa saja, yang tak kan lekang di makan jaman. Sampai kapanpuin di belahan dunia manapun. Segala ilmu tetap bersumber pada ALQUR,AN dan hadist. Yang di wahyukan ALLOH kepada Nabinya, lewat ayat ayatnya baik yang tersurat maupun yang tersirat.

  152. natasya berkata

    udah ahk, jangan percaya yg kayak gituan!! percaya aja sesuai agama islam atau agama masing2 yang ma tau itu cmn ALLAH

  153. ariyess berkata

    Di jaman sekarang ini memang kecerdasan batin sudah di tinggal kan , semuanya kebanyakan berpatokan pada materi dan logika, padahal di keseharian kita sering menemui hal2 yg berupa batin / goib

  154. Fauzi Utama berkata

    kalo aku sih percaya ga percaya sama yang gituan
    wallahualam

  155. asalamualaikum wr wb
    lw saya sih percaya , karna salah satu ustad ada yang mnrang kn di akhir zaman semuanya bisa terjadi,,
    tapi lumayan jg , bat mnmbah kesungguhan orang tuk bnr bnr beribadah , slnjut nya no comennt tergantung imn masing2 ajj

  156. Muslim berkata

    Aku yakin anda adalah bagian dari politik barat untuk merusak islam sedikit demi sedikit.

  157. Afdal berkata

    Hei.apa kita tau hr kiamat apa kita tau kpn kita mati mk ny klu taktu sm azab allah jngn sk mabuk jngn berzina jngn sk mkn harta anak yatim.klu kalian melaku kn tu ternyata otok kalian terlahir dr otok binatang n otok setan.kalian g senang dngn sms ku ini no hp ku 081914358783.by afdal rembes

    • Afdal berkata

      Mari kita berdoa ya allah ampuni dosa kami n jg dosa orang tua kami jngn lh engkau mati kn kami dlm tdk beriman kepadamu.jauh kn kami dr siksa neraka n siksa kubur.masuk kn kami kedlm surga mu.jngn engkau mati kn kami dlm orang orang yg merugi kn.afdal.ini no hp ku 081914358783

    • agorsiloku berkata

      Hari kiamat, insya Allah kita tahu, seperti yang diberitahukanNya. Yang kita tidak tahu, dan tidak ada yang tahu, kecuali Allah ialah Kapan waktunya.

  158. mas mas berkata

    yahud lah ……

  159. arsan berkata

    masa pekerja’an syetan? klu syetan nulis nama2 allah d’mna2 supaya terlihat manusia,brrti syetan mengingatkan manusia kpd allah,klu allah itu bnr2 ada.apa syetanNya sudah insaf x ya..?
    sotoy…

    • agorsiloku berkata

      Lalu pekerjaan siapa yang membuat awan, pohon, mentimun, kambing, dinding, kebakaran yang terjadi di abad ke 21 menjadi bertuliskan Allah ?. Lalu dari sejak Nabi Adam sampai ke Abad ke 20, nggak pernah ada. Baru setelah jaman internet, hoax-hoax ini bermunculan. Apakah Islam mengajarkan kehadiran Allah melalui hal-hal seperti itu….. Benar-benar sotoy…. :D

  160. iwan_setiawan berkata

    Allah Maha Berkehendak kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Allah Berkehendak tidak mengenal batas waktu, baik dahulu kala maupun sekarang. Memang kemampuan berpikir otak manusia terbatas, lalu apakah kejadian2 yang tidak bisa kita nalar dengan pikiran/logika kita, lantas kita anggap bahwa berita itu hoax..?? Kita percaya pada hal gaib, itu bukan berarti kita mematahkan nalar/logika kita. Allah ciptakan alam ini dalam berbagai tingkatan/lapisan. Contoh alam manusia dan alam jin itu berdampingan tapi manusia tidak bisa melihat alam jin, kecuali dalam kondisi tertentu. Manusia tidak dapat melihat Jin tapi Jin dapat melihat manusia. Jin tidak dapat melihat Malaikat, sedangkan Malaikat dapat melihat Jin dan Manusia. Bangsa Jin sendiri tidak dapat melihat Jin qarinnya (yang disebut Jin merah). Itu semua karena kekuasaan Allah SWT.

    • agorsiloku berkata

      Mas Iwan Setiawan… tentu saja yang Mas sampaikan memang demikianlah….. Mengenai hoax ini, tentu saja dapat ditelusuri kebenaran dan ketidakbenarannya. Komentar yang menyertai postingan ini sudah cukup banyak dikontribusikan rekan-rekan. Tentu kita bisa menyimak dan merenunginya. Cukup panjang waktu untuk menelusuri sampai ke kesimpulan ini….

  161. Suhut berkata

    Ayok mulai skarang kita sama sama perbaiki diri kita.
    Atas d0sa d0sa Yg kita lakukan.
    Smoga kita semua selamat dunia dan ahirat.
    Amin

  162. Lohat fim berkata

    Ijinin pindah ke blog aku y

  163. sannia berkata

    jangan mengada- adakan, mengurangi atau menambahkan, apa yang belum kamu pahami. sesungguhnya ilmu manusia hanyalah sedikit.

  164. Auli.... Imutzzzzzz berkata

    Mati lampu tu gak enak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 92 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: