Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Rencana dan Realisasi Allah SWT.

Posted by agorsiloku pada Maret 22, 2021

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuz) sebelum kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah. (QS Al Hadid : 22”

Ayat yang indah ini menarik. Menjelaskan bahwa “kejadian” apapun telah dituliskan dalam kitab sebelum kami mewujudkannya. Jadi, ini namanya “perencanaan”, baru dituliskan saja. Kejadiannya itu sendiri adalah sebuah proses sehingga terjadi.

Masa depan belum terjadi.

Karena itu, dari ayat tersebut dapat disimpulkan masa depan belum terjadi Pembuktiannya boleh jadi berbarengan dengan kejadiannya saat diwujudkan. Atau paling tidak, ada jeda antara dituliskan dengan kejadiannya. Al Qur’an berkisah tentang manusia dan jin yang dijebloskan ke neraka dan juga bercerita tentang kiamat itu sendiri.
Jika kita berasumsi hidup pada saat ini, maka kita saat ini sedang berada di bumi dan belum terjadi kiamat. Dengan begitu, yang tertulis di Lauh Mahfuz untuk esok atau detik berikutnya sudah dituliskan dan belum diwujudkan.

Ataukah sudah diwujudkan?. Kalau ini asumsinya kita ini sudah seperti film saja karena kita sudah tidak berada pada kejadian, tapi paska kejadian.

Meski saya tak tahu mana yang benar, namun saya lebih suka menafsirkan bahwa kejadian yang di depat kita, terkait dengan waktu belumlah terjadi. Yang sudah dituliskan itu baru perencanaannya saja. Logika ini lebih mudah saya pahami untuk memberikan logika bahwa

“Allah senantiasa dalam kesibukan untuk mengurus mahlukNya”

Namun, masa depan itu juga sudah dirincikan dalam perencanaanNya.

Berbeda tentunya dengan perencanaan mahluk. Kalau manusia merencanakan, misalnya membuat tembok seluas 100 m2, maka yang dihitung adalah luas, jumlah bata yang diperlukan, semen dan pasir. Baru kemudia dikerjakan oleh tukang dengan bayaran sekian-sekian. Dalam perencanaan Allah, tentu akan lebih detail lagi, termasuk bata mana di pasang di dibagian mana oleh siapa dan pada adukan yang mana yang didatangkan dari mana dan seterusnya, Kaena segala sesuatu dituliskan dengan pena Illahi yang sangat teliti perhitungannya.

Adakah sesuatu yang belum dituliskan?. Misalnya, saat kita berdoa memohon sesuatu kepadaNya?. Pemahaman saya sih, bahkan untuk berdoa dan doa apa yang dipanjatkan, pada saat itu kita sedang bernafas itupun telah dituliskan pula di Lauh Mahfuz.

Oke… lalu kalau Nabi Khidir membunuh anak yang kalau besar jadi binal?. Itu kan artinya Allah memotong yang tertera di Lauh Mahfuz?. Di masa depan anak itu akan menjadi anak durhaka. Namun tidak jadi durhaka karena Allah berkehendak lain, melalui nabiNya. Apakah pemutusan jalur rencana itu ada dalam rencanaNya?, sudah tertulis pula di Lauh Mahfuz? Dengan kata lain, ada Rencana A dan Rencana B. Rencana A anak durhaka, Rencana B anak dimatikan dan lanjutkan dengan Rencana A, tapi anaknya telah menjadi anak yang soleh.

Baik Rencana A maupun Rencana B atau jutaan pilihan rencana yang akan terjadi, kita dan seluruh mahlukNya tidak tahu. Ini perkara yang menjadi rahasiaNya. Kita dengan semangat apapun yang mendasarinya melaksanakan semua peluang dari sebab akibat yang telah dituliskan.

Bagaimana kita memahami hal ini. Bagaimana peran Allah dalam mewujudkan rencana menjadi realisasi?.

Tentunya , kita menjadi paham setelah kita mencerna kejadiannya. Jadi, kita paham takdir yang berlaku adalah setelah kejadian itu terwujudkan. Allah mengontrol dan mengikuti apa yang ada di hati kita, namun Allah berkehendak pada kondisi tertentu mengikuti hati dan akal berpikir kita. Lepas bahwa motif tindakan kita ini diridhai ataupun ttidak.

Kalau tidak diridhai, atau malah dimurkai lalu kejadian terlaksana itu adalah dosa bagi pelakunya namun kejadian itu sendiri berada dalam lingkup “kehendakNya” atau bahasa alamnya sesuai dengan alamiahnya.

Posted in uncategorized | Leave a Comment »

Gula atau Lemak Yang Meningkatkan Tekanan Darah?.

Posted by agorsiloku pada Juli 25, 2018

Jawabnya jelas, Lemak berbahaya karena meningkatkan kolesterol dan berikutnya akan meningkatkan tekanan darah.  Jadilah peluang hipertensi makin menjadi-jadi.  Sedangkan gula harus dihindari, terutama bagi penderita diabetes melitus.  Karena gula darah yang tinggi akan membuat diabetes menjadi-jadi, dan pada masa berikutnya juga akan terkena hipertensi juga.

Jadi, nggak ada ya hubungan sebab akibat antara gula dan kenaikan tensi darah?

Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, Fenomena, General, Kesehatan, uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , | Leave a Comment »

Rempah-rempah : Bumbu dan Sebagai Obat Yang Manjur.

Posted by agorsiloku pada Juli 25, 2018

Masakan dengan bumbu, apalagi diolah oleh jago masak : selain enak, tentu menyehatkan.  Tidak saja sebagai bahan makanan, juga sebagai minuman. Kemudian, selain sebagai bumbu masakan, juga sejumlah bahan untuk bumbu, entah itu jahe, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, seledri, ketumbar, santan, dan banyak lagi juga ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, Blog Roll, Fenomena, General, Kesehatan, Profetis, Religion, uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , | Leave a Comment »

Lemak Jahat dan Lemak Baik !?

Posted by agorsiloku pada Juli 24, 2018

Lemak kok dipisahkan begini ya, jahat dan baik.  Lemak baik adalah lemak jenuh dan lemak baik adalah yang tidak baik.  Kok bisa ya?, diciptakan lemak yang berperilaku baik dan jahat?.

Apakah lemak jahat itu koruptor atau lemak iblis?

Baca entri selengkapnya »

Posted in General, Kesehatan | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

Pengalaman Hidup Bersama Diabetes Type 2 (bag.-2)

Posted by agorsiloku pada Juli 23, 2018

Sambungan dari ini.

Keinginan untuk sembuh dari diabet rasanya cukup kuat.  Ingat-ingat saya mulai menderita lelah, ngantuk, lemas, sekitar bulan Pebruari 2018 dan pemeriksaan pertama gula darah pada akhir April 2018.  Selama periode 3 bulan ini, sama sekali tidak punya pikiran bahwa saya terkena diabetes. ” Tidak ada turunan kok”. Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, Fenomena, General, Kesehatan, Selingan, uncategorized | 2 Comments »

Pengalaman Hidup Bersama Diabetus Melitus Type 2 (bag -1).

Posted by agorsiloku pada Juli 23, 2018

Hampir semua rekomendasi obat-obatan tradisional menggunakan rempah-rempah dan buah-buahan.  Manfaat yang tidak kalah penting juga adalah memberikan manfaat atas lezatnya masakan. Hidup kita emang tidak pernah jauh dari kebutuhan ini.  Hidup kita juga, berbanding usia mengalami berbagai masalah.  Pilihan makanan tidak sehat dan sehat, kegemukan, penyakit mulai dari bisul, jantung, hati, batu ginjal, penyakit hati, dan lain-lain yang begitu beragam, di tengah kehidupan modern, semakin menjadikan hidup sehat menjadi bagian penting untuk memaknai kehidupan. Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, Fenomena, General, Kesehatan, uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , | 1 Comment »

SANTAN : Berbahaya atau Bermanfaat?

Posted by agorsiloku pada Juli 23, 2018

“Jelas bermanfaat dong!”.  Santan memberikan rasa gurih untuk berbagai jenis makanan olahan.  Santan juga oke banget untuk ragam kebutuhan nutrisi manusia.

Namun santan juga mengandung lemak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan !

Baca entri selengkapnya »

Posted in uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , , , | Leave a Comment »

Epley Maneuver Untuk Mengobati Vertigo

Posted by agorsiloku pada Juli 22, 2018

Vertigo adalah semacam pusing yang ditandai oleh sensasi lingkungan Anda bergerak, berputar, jatuh atau miring meskipun tidak ada gerakan yang sebenarnya.

Bisa jadi pula disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, kehilangan keseimbangan, tinnitus (telinga berdenging), kehilangan pendengaran sementara. Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, Fenomena, General, Kesehatan, uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , , | 1 Comment »

Berbahayakah Kolesterol Telur ?

Posted by agorsiloku pada Juli 21, 2018

“Ogah ah makan telur, mau rebus atau dadar atau omelet juga sama !”.

“Kolesterolnya tinggi banget”

Tidak jarang atau malah kita sering mendapatkan keengganan sebagian orang ketika akan menyantap. Baca entri selengkapnya »

Posted in Bagus deh, General, Kesehatan, uncategorized | Leave a Comment »

Apakah Telur Asin mengakibatkan Hipertensi

Posted by agorsiloku pada Juli 19, 2018

Tidak disangkal bahwa telur asin itu dibuat dengan merendam telur (umumnya telur bebek) dalam air, abu, dan garam.  Setelah seminggu atau lebih direbus dan jadilah telur asin yang gurih dan kadang berminyak. Baca entri selengkapnya »

Posted in Kesehatan | Leave a Comment »

 
<span>%d</span> blogger menyukai ini: