Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Berbahayakah Kolesterol Telur ?

Posted by agorsiloku pada Juli 21, 2018

“Ogah ah makan telur, mau rebus atau dadar atau omelet juga sama !”.

“Kolesterolnya tinggi banget”

Tidak jarang atau malah kita sering mendapatkan keengganan sebagian orang ketika akan menyantap.

Nah, kalau begitu, mari kita pahami.  Telur adalah bahan makanan yang merakyat,  bergizi baik, dan sesungguhnya sehat dan tidak berbahaya.

Mari kita lihat, merujuk pada informasi tentang telur, terbagi dua, yaitu putih telur dan kuning telurPutih telur adalah bagian luar di dalam cangkang telur yang memiliki banyak manfaat. Merujuk pada informasi pada site yang ditaut, manfaatnya adalah :

  • Berpotensi untuk menurunkan tekanan darah.
  • Asupan untuk pertumbuhan otot
  • Membersihkan wajah

Jadi, tekanan darah kita bisa ikut terbantu turun jika kita mengkomsumsi putih telur. Juga sekitar 92 persen dari keseluruhan kandungan putih telur adalah air. Sisanya yang sebesar 8 persen merupakan campuran antara protein, mineral, lemak, vitamin, dan glukosa. Yang mengejutkan, protein di dalam putih telur berjumlah sekitar 148 jenis yang semuanya berbeda-beda. Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh putih telur adalah nyaris tiadanya lemak dan kandungan karbohidratnya yang rendah sekali, yaitu kurang dari 1 persen.

Nah yang kedua, kuning telur. Manfaatnya juga tidak kalah dahsyat. Tidak perlu diragukan.  Keduanya, adalah bahan-bahan untuk terbentuknya mahluk hidup.  Kuning telur “dicurigai” memberikan dampak negatif untuk kesehatan, karena tingginya kolesterol yang dikandungnya.  Mengkomsumsi kuning telur memiliki bahaya.  Jadi, meski banyak sekali manfaatnya, tapi konsumsi kuning telur juga bisa merugikan (?)

“Wah, kalau begitu lebih baik putih telurnya saja ya”

Allah Swt menciptakan telur untuk melanjutkan kehidupan ciptaannya.  Kita sebagai manusia, dibekali akal untuk memahaminya.  Ketika kita menyantap telur, maka ada dua kondisi yang disediakan.  Yang satu dapat menurunkan tekanan darah (putih telur) dan yang satu lagi tinggi kolesterol dan beresiko meningkatkan tekanan darah.

Jadi, sesungguhnya pas kalau kita memakan telur tidak dipisah-pisah.  Keduanya didisain untuk saling melengkapi.  Jadi tidaklah perlu khawatir berlebihan untuk mengkomsumsi telur.  Baik itu telur ayam, bebek, ataupun puyuh.

Fakta bahwa penyakit jantung bisa timbul karena mengkomsumsi telur adalah kesalahpahaman yang kerap terjadi (link).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: