Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Epley Maneuver Untuk Mengobati Vertigo

Posted by agorsiloku pada Juli 22, 2018

Vertigo adalah semacam pusing yang ditandai oleh sensasi lingkungan Anda bergerak, berputar, jatuh atau miring meskipun tidak ada gerakan yang sebenarnya.

Bisa jadi pula disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, kehilangan keseimbangan, tinnitus (telinga berdenging), kehilangan pendengaran sementara.

Vertigo sendiri lebih merupakan gejala daripada penyakit dan berbeda dari pusing atau pusing nonspesifik.

Bentuk vertigo yang paling umum adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV), yang disebabkan oleh gangguan pada partikel kalsium yang disebut otolith di kanal semisirkularis labirin telinga bagian dalam. Orang yang lebih tua lebih rentan terhadap masalah ini

Istilahnya mungkin sudah lama, tapi saya belum tahu.  Cara ini ternyata relatif sama dengan yang pernah ditulis beberapa tahun yang lalu : Mengobati sakit kepala berat : Vertigo.

Cara di atas, memang dapat meredakan berputarnya lingkungan di dalam kepala karena vertigo.  Tentu butuh disiplin dalam melaksanakannya.  Pada prakteknya, mungkin karena disiplin dan faktor lainnya, isteri saya hanya melakukan kalau obat tidak dapat mengatasi penyakitnya.  Maklumlah, kalau sudah sehat lagi, kerap sudah lupa untuk disiplin melakukannya.  Namun, bagaimanapun, pengalaman melakukan Epley Maneuver ini sangat bermanfaat.

Hal ini ditandai dengan sensasi gerak, dibawa atau diperparah oleh gerakan kepala tiba-tiba atau perubahan posisi. Biasanya berlangsung kurang dari satu menit.

Beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo adalah labyrinthitis (radang pada struktur telinga bagian dalam yang disebut labirin), penyakit Meniere, neuronitis vestibular (radang saraf vestibular yang biasanya disebabkan oleh infeksi telinga virus), cedera kepala dan migrain.

Bisa juga karena masalah di otak atau saraf atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Dalam beberapa kasus, vertigo akan membaik dengan sendirinya selama jangka waktu tertentu. Anda juga dapat mencoba latihan seperti manuver Epley, dan pengobatan rumahan lainnya untuk bantuan.

Penelitian telah menemukan prosedur ini dapat membantu menyelesaikan BPPV secara efektif dan cepat.

epley-maneuver-600

  • Duduk di tempat tidur dan letakkan bantal di belakang Anda sehingga akan berada di bawah bahu Anda ketika Anda berbaring.
  • Jika vertigo Anda berada di telinga kiri, putar kepala Anda 45 derajat ke kiri. (Jika berada di telinga kanan, putar kepala Anda 45 derajat ke kanan dan ikuti prosedur selanjutnya.)
  • Cepat berbaring dengan bahu Anda di atas bantal dan kepala berbaring ke tempat tidur selama sekitar 30 detik.
  • Selanjutnya, tanpa mengangkat kepala Anda, putar 90 derajat ke kanan dan tunggu 30 detik lagi.
  • Sekarang, sambil mempertahankan posisi kepala Anda saat ini, putar seluruh tubuh Anda 90 derajat ke kanan dan tetap di posisi ini selama 30 detik.
  • Duduk dengan perlahan, bawa kepalamu ke tengah.

Lakukan tiga kali sehari sampai  vertigo hilang setidaknya selama 24 jam. Dalam kebanyakan kasus, gejala membaik dalam waktu satu minggu. Yang terbaik adalah melakukan semua tiga siklus manuver ini di malam hari sebelum tidur daripada di pagi atau siang hari.

Tulisan ini direkap dari sini, Uraian di site ini jauh lebih lengkap dan saya kira bermanfaat.

 

Satu Tanggapan to “Epley Maneuver Untuk Mengobati Vertigo”

  1. […] Epley Maneuver Untuk Mengobati Vertigo […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: