Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Archive for the ‘Khinzir/Swine’ Category

Keistimewaan Babi (bag.6)

Posted by agorsiloku pada Oktober 6, 2012

Babi memang mahluk istimewa. Terlebih bagi ummat Islam,  mengapa.  Ya, karena Allah melarang hambaNya untuk memakannya.  Alasan tidak penting, yang penting menaati perintahNya.  Bahkan, jauh sebelum masa kenabian Nabi Muhammad, mahluk ini telah dilarang untuk dimakan. Timbul pertanyaan, mengapa?.  Jawabnya, karena sesungguhnya kotor.   Apa yang dimaksud dengan kotor?.  Pengetahuan dan pengenalan atas babilah yang “mungkin menjelaskan” pengertian ini.  Pengertian yang berkembang dari waktu ke waktu. Baca entri selengkapnya »

Posted in Fenomena, Khinzir/Swine | 2 Comments »

Keistimewaan Babi (bag.5)

Posted by agorsiloku pada November 13, 2006

All of all, khinzir ini menjadi istimewa dan kerap menjadikan perdebatan hangat karena adanya pembolehan dan pentidakbolehan oleh :

  1. Beberapa informasi kesehatan dari dulu tidak menganjurkan untuk mengkomsumsi daging ini (terutama di Cina) dengan pertimbangan faktor yang berhubungan dengan kesehatan.
    Pentidakbolehan dari segi kesehatan bukan tidak ada dasarnya. Kehati-hatian, kebersihan, dan lain sebagainya jelas menjadi salah satu pertimbangan yang diperlukan untuk memutuskan menghindari untuk mengkomsumsi babi. Baca entri selengkapnya »

Posted in InReligion, Islam, Khinzir/Swine, Sains | 28 Comments »

Keistimewaan Babi (bag.4)

Posted by agorsiloku pada November 11, 2006

Karena ada perbedaan-perbedaan dan jelas tidak mungkin dipersatukan (tapi ini memang bukan untuk disatukan), maka faktor pengujian menjadi salah kriteria yang penting. Ilmu yang dipakai dikenal sebagai teknik imunodiagnostik yang merupakan salah satu metode yang didasarkan pada reaksi antigen dan antibodi. Model ini banyak digunakan dalam bidang pertanian, kesehatan dan pengawasan lingkungan. Teknik ini berdasarkan reaksi kimia antara dua jenis analit (antigen dan anti bodi) yang dapat memberi hasil bervariasi bergantung indikatornya. Sebagai indikator biasanya digunakan bahan radioaktif – biasanya yodium 125 (radioimmunoassay/RIA), sistem enzim -substrat tertentu seperti peroksidase-kloronaftol, fosfatase-bromo-kloro-indolinfosfat, zat golongan fuorokrom atau fluoresen don lain-lain(3). Nanti di bagian akhir rangkaian pembahasan, kami rincikan sumber-sumber yang mungkin ada manfaatnya.

Masih ada cara lain?. Tentu ada. Saya pernah membaca di harian Kompas, Baca entri selengkapnya »

Posted in InReligion, Islam, Khinzir/Swine, Sains | 20 Comments »

Keistimewaan Babi (bag.3)

Posted by agorsiloku pada November 10, 2006

Keistimewaan Babi, baik dari segi baik atau buruk bagi kesehatan ada. Saya belum ingin membahas mengapa babi itu diharamkan oleh Allah. Sederhana saja, karena Allah hanya bilang babi itu kotor. Apa itu kotor? (… karena sesungguhnya ia adalah rijsun = kotor). Saya tidak tahu, apa yang dimaksud sesungguhnya kotor?. Kita lupakan dulu sejenak ya.

Kita kembali ke mamalia yang tidak memamah dan tidak berleher ini.

Indonesia termasuk negara pengekspor babi yang lumayan besar. Tahun 2003, menurut data statistik mencapai 5,9 juta kg. Sedangkan, produksi daging babi (termasuk ternaknya) mencapai 174 ribu ton atau 174 juta kg. (Banyak ya..). Di pulau Bulan, tempat Babi diternakkan di Propinsi Riau itu, katanya ada hampir 230 ribu ekor. Bandingkan dengan ekspor daging sapi yang cuma seupil (111 ton) sedangkan impor mencapai 11 juta ton (Tahun 2003). Produksi daging sapi sendiri sekitar 338 ribu ton (338 juta kg) di Indonesia ini atau hampir 2 kali lipat dari produksi daging babi. Bedanya, cuma babi dikonsumsi untuk 20%, sedang sapi oleh 80% penduduknya. Baca entri selengkapnya »

Posted in InReligion, Islam, Khinzir/Swine, Sains | 5 Comments »

Keistimewaan Babi (bag.2)

Posted by agorsiloku pada November 9, 2006

Jika pada bagian pertama berkisah tentang beberapa keunggulan babi dalam kaitannya dengan manusia (untuk dimakan, ditranspalatasikan ke tubuh manusia, atau untuk pengobatan lainnya). Berikut ini beberapa keistimewaan lain yang juga bernilai ekonomis : Baca entri selengkapnya »

Posted in InReligion, Islam, Khinzir/Swine, Sains | 10 Comments »

Keistimewaan Babi (bag.1)

Posted by agorsiloku pada November 7, 2006

Babi, Pig, Swine, Khinzir masih sama. Mahluk ini menurut saya adalah mahluk ciptaan Allah yang memiliki sejumlah keistimewaan. Dianugerahi sejumlah keunggulan terutama dari segi rasanya. Ini adalah yang pernah saya dengar :

“Suka ayam non?. ”

“Suka dong…”

“Enak mana masakan daging ayam atau sapi?”

“Enak ayam dong, tapi daging sapi juga suka kok…”

“Kalo daging babi?”

“Ini sih kesukaanku, rasanya enak deh”.

“Kalo dibanding daging ayam?”

“Babi dong…”,

“Kalo dibanding daging sapi?”

“Babi dong…”

Aku manggut-manggut, babi memang mampu menjadikan masakan menjadi lebih enak (dibanding masakan lainnya). Ada teman bilang :”Kalo daging babi panggang kecap… pokoknya delisius deh…”

Waktu kecil dulu, tetanggaku yang pedagang baso lezat bilang : “Ya, musti dicampuri minyak babi atuh. Kalau nggak sih moal ngeunah (nggak akan enak). Moal aya nu meuli (nggak akan ada yang beli)” Baca entri selengkapnya »

Posted in InReligion, Islam, Khinzir/Swine, Sains | 66 Comments »

 
%d blogger menyukai ini: