Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Anjing Melihat Mahluk Tak Kasat Mata

Posted by agorsiloku pada Juni 13, 2006

Kita tak usah terlalu memperdebatkan, apakah benar atau tidak anjing mampu melihat makhluk yang tak kasat mata manusia. Ini kejadian aku masih berusia sekitar 8 tahun. Sore itu, di depan rumah, anjing milik keluarga. Dinggo namanya, melipat ekornya ke belakang, mengeluarkan suara tertahan-tahan, nyaris terkencing-kencing. Menunjukkan ketakutan teramat sangat, dan matanya menatap lurus ke depan pintu . Tidak terdapat apa-apa di pintu itu. Suara anjing yang menangis itu membuat kami berkumpul ke depan. Kakakku kemudian berdiri persis di depan pintu, searah dengan arah tatapan anjing. Sang anjing kemudian menggeserkan arah matanya ke sampingnya. Berpindah agak masuk ke dalam. Kakak, kemudian memukul tempat kosong di depannya sambil berteriak Allahu akbar. Tatapan anjing kemudian bergeser sambil maju ke dalam rumah. Perilakunya terus sama. Dalam ketakutan, tapi tidak lari tapi terus mengikuti, apa yang dilihatnya. Kejadian ini terus terjadi berkali-kali, sampai akhirnya sampai ke belakang rumah. Dan akhirnya, yang dilihat Dinggo menjadi tak tak ada. Ekor anjing milik keluarga itu, kemudian mulai ceria kembali, ekornya tidak lagi melipat ke bawah.
Anjing, barangkali benar memiliki keiistimewaan untuk melihat 'sesuatu' yang tak kasat mata. Kemampuan yang luar biasa. Kita tahu memang, anjing memiliki keiistimewaan dan kepekaan luar biasa. Seekor anjing pelacak, mampu melacak jejak pencuri yang kejadiannya telah terjadi beberapa lama (semalam) atau beberapa jam. Kita bisa bayangkan, betapa sisa jejak dapat dibaui oleh anjing. Padahal, betapa tipis dan sedikitnya ''molekul'' yang tersisa dari suatu jejak. Anjing juga bisa dilatih untuk membaui ''narkotika'' yang diselundupkan. Beberapa butir molekul, dalam bungkusan narkotika yang masih tersisa bisa diendus oleh ketajaman hidungnya. Anjing memiliki kemampuan menangkap perubahan sekitarnya 300 kali lebih kuat dari manusia. Apa kesimpulan kita dari ''ketajaman'' anjing ini?. Teknologi, boleh jadi sudah sedemikian maju, tapi ''mungkin'' masih terlalu jauh untuk bisa membuat aplikasi yang memiliki 'ketajaman' deteksi setajam teknologi yang dimiliki seekor anjing. Teknologi, mungkin tidak akan pernah berhasil meraihnya. Satu hal yang kemudian kita pahami, sains berbatas pada wujud fisik yang ada. Kita masih berada pada pengertian-pengertian dan penelitian di batas pemahaman materi, menjelang pengertian ke anti materi. Anjing adalah mahluk biologis yang memiliki wujud fisik yang kombinasinya memiliki kemampuan yang belum terbayangkan oleh ilmu dan pengetahuan. Subhanallah.

Iklan

12 Tanggapan to “Anjing Melihat Mahluk Tak Kasat Mata”

  1. Rosdiono said

    masih aktif menulis pak? saya tertarik untuk tukar link dengan Bapak, apa bersedia? kayaknya tipe blog kita sedikit ada kemiripan…ditunggu tanggapannya.

    Suka

  2. agorsiloku said

    Terimakasih Mas Rosdiono, sy juga sudah baca link Bapak. Saya masukkan link Bapak ke link saya. Link Mas juga menarik dan enak untuk dikoleksi. Salam, agor.

    Suka

  3. yoga said

    Hampir sama dengan pengalaman saya pak, anjing rottweiler saya setiap dengar suara adzan selalu melolong,hanya suara adzan, tidak yg lain….wallahualam bissawab.

    Suka

    • Haryono said

      @mas yoga : Sy jg punya anjing rottweiler berumur 8 bln, setiap adzan berkumandang , dia selalu melolong…tiada ketakutan pd saat melolong…hebat ya rottweiler.punya kebiasaan unik…

      Suka

  4. agorsiloku said

    Mungkinkah anjing rottweiler itu terganggu oleh suara adzan, tampak ketakutankah?, atau hanya reaksi biasa. Mungkin ada yang dapat kita pelajari dari tingkah lakunya?.

    Suka

  5. yoga said

    kalo yg sy perhatikan selama ini, sepertinya dia bukan terganggu oleh suara adzan itu, tetapi terganggu dari akibat yg ditimbulkan oleh suara adzan tersebut.menurut pengtahuan yg sy dpt, setan (atau sebangsanya) lari ketakutan jika mendengar adzan, nah mungkin itu yg anjing sy rasakan (hiruk-pikuk/semacamnya) dari mahluk yg tak terlihat. dia tdk takut (mungkin krn sifat dr rottweiler yg agresif), tp melolong panjang, hanya pada saat itu (suara adzan), setelah adzan berhenti, anjing sy jg berhenti melolong. Bahkan anjing dobermann sdr sy selalu melolong pada saat ada warga yg meninggal dikampungnya. salam pak agor.

    Suka

  6. Eddy said

    Wah bapak hebat juga punya daya personifikasi mengenai hal anjing, benar pak pada suatu kesempatan, saya tingal di bekasi, saya punya anjing umur 4 bln peranakan kintamani& herder dia akan tahu kejadian yang akan datang, contoh anjing saya namanya Letto von beks, dia melolong keras dan menggereng kearah rumah tetangga saya, eh… besoknya jam 11 siang tetangga depan rumah saya bagian lantai 2 rumahnya kebakaran, makanya saya jadi sayang sekali ama Letto walaupun kadang-kadang nakal…gitu pak…

    Suka

  7. agorsiloku said

    Mas Eddy, kasus Letto barangkali sedikit berbeda. Karena kejadian finalnya terjadi keesokan harinya. Sedang pada kasus saya atau rottweiler punya rekan Yoga terhadap kejadian masa sebelum saat kejadian (past). Tidak semua anjing yang saya tahu, memiliki kemampuan deteksi molekul-molekul halus. Dulu rumah ortu saya bersebelahan dengan sungai. Kalau akan ada banjir besar yang menggenangi kampung, para kecoa, tikus yang tinggal di dalam gorong-gorong atau lainnya suka pada keluar. Itu tanda-tanda alam atas kejadian yang akan terjadi. Yah.. logikanya seperti akan hujan. Kumpulan awan di langit adalah merupakan salah satu isyarat akan hujan. Lalu, kita menyimpulkan akan hujan. Ketika para kecoa dan their friends merasakan “getaran banjir” maka banjir yang akan datang keesokan harinya itu telah menggerakan binatang-binatang kecil itu untuk mencari tempat perlindungan baru.
    Kembali ke Letto Von Beck tadi, apakah dia melihat/merasakan sejumlah resultante (vektor-vektor arah) kejadian dari ketidakseimbangan alam yang “dapat” saja (menimbulkan kejadian) keesokan harinya?. Jika kita asumsikan, iya maka boleh jadi molekul-molekul kejadian untuk kebakaran di lantai dua itu sudah dapat dibaui oleh Letto (logika ini seperti kita melihat awan hujan sebelum hujan tiba), hanya ini ada pada kondisi tidak kasat mata.
    Pada kasus lain, terkadang saya gagal membunuh nyamuk, karena nyamuk telah bereaksi sebelum tangan menepuk. Terkadang terpikir, keinginan membunuh nyamuk telah dipahami oleh nyamuk sebagai bahaya. Coba bunuhlah nyamuk tanpa “hawa nafsu” membunuh. Sang nyamuk bisa tidak menyadarinya…..

    Suka

  8. yoga said

    ya, sy setuju dgn pendapat pak agor bhw tdk semua anjing py kemampuan sama dlm mendeteksi molekul atau partikel disekitarnya (misal hrs dilatih terlebih dahulu untuk jd anjning pelacak), tp sy py pengalaman baru lg dgn anjing sy yg lain (jenis pitbull), dia tdk bereaksi dgn suara adzan, sy pikir krn mungkin dia tdk bs mendeteksi kehadiran “sesuatu” disekitarnya, tp ternyata sy salah, si sylva (nama pitbull sy) sangat peka dgn kehadiran org asing yg radiusnya cukup jauh, bahkan blm terlihat mata dia sdh tahu, mungkin dgn penciumannya, pikir sy kemudian..tp di lain hari ternyata dia bs juga mendeteksi ‘sesuatu” dihadapannya, itu menurut perasaan sy, krn selama sy pelihara dia, dia blm pernah sekalipun menggonggongin sy (sangat patuh), tp suatu mlm, dihadapan sy tanpa sebab dia menyalak dgn suara keras, dan tampak sekali dia marah dgn mata tertuju ke sy, tp sy yakin sekali dia tidak menyalakin sy…dia baru terdiam setelah dgn susah payah sy tenangkan, dan jika kita perhatikan dengan seksama sebenarnya tubuh kita kadang jg bisa mendeteksi “sesuatu” tsb, krn pd saat itu jg tengkuk dan tangan sy tiba2 merinding..sangat merinding sampai sy bisa lihat bintik2 dikulit tangan sy, pdhl sy tidak berpikir kearah hantu misalnya…(krn sy sibuk menenangkan sylva tadi).Jadi kembali pada anjing pak agor, setiap anjing menurut sy bs mengetahui “sesuatu”, cuma ada sementara anjing yg cuek atau tdk perduli dengan apa yg dilihatnya, kecuali “sesuatu” tsb benar2 mengganggunya..salam.

    Suka

  9. […] Boleh jadi juga sih teknologi akan menangkap hal ini, seperti kemampuan anjing untuk melihat mahluk tak kasat mata. jadi artinya, mereka, ada dari tempat yang tersembunyi, tapi jelas bukan mahluk gaib yang ada dalam kriteria ayat. Ngkali gitu. […]

    Suka

  10. MaID3N said

    apapun jadi kalau di kait2kan sm yg gaib2. diluar negeri kalau ada yg mikir gitu di ketawain’dikira sdg ngelawak :p

    @
    Dunia positivisme barat atau materialisme memang menghindari pemahaman terhadap hal-hal yang tidak bisa diuji dan ditampakkan. Namun, “segelintir” pengetahuan dan pemahaman sebenarnya juga tidak bisa dilepaskan dari hal-hal yang tidak bisa diuji dengan pengetahuan dan teknologi. Paling tidak sampai saat ini… 😀

    Suka

  11. Vaka said

    Kalo menurut sy smua yg ada d dunia ini memang mungkn terjadi…seperti halnya masih ada org yg percaya bhwa ada makhluk yg hidup d luar planet bumi ini…
    Kadang semua tercipta krn apa yg kta tanam pada otak kita fikiran kita…
    Oleh sebab itu org barat memiliki dunia positivisme…bageto…hhe
    smua bsa trjadi hny krn kta pcya dan yakini itu akn trjadi…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: