Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Mengobati Sakit Kepala Berat : Vertigo

Posted by agorsiloku pada Desember 9, 2010

Pusing berat, kepala berputar-putar, sedikit berobah posisi pusing, obat Merislon sudah tidak mempan lagi.  Lebih dari 7 bulan isteriku mengalami vertigo berat.  Kalaupun sembuh, segar sedikit hanya sehari lebih sedikit, selanjutnya pusing datang kembali.  Pijit, ke dokter, di suntik bagian kepala yang sakit oleh dokter sudah dilakukan. Obat dokter, vitamin, madu, dan lain-lain juga sudah dicoba.  Perubahan terjadi, namun hanya berbilang jam.  Vertigo kambuh kembali dalam kurun waktu yang lama.  Yah.. hampir 7 bulan ini.  Inilah kambuh vertigonya terlama.  Saking pusing dan berputar-putar yang menderanya, sampai bilang : “Kalau bisa kepala ini disimpan dulu…”.Untuk kesekian kalinya pula saya mencari lagi kata Vertigo di internet, kali ini dengan kata “nunduk pusing, vertigo” dan bertemulah dengan sebuah postingan pendek yang menjelaskan pengalaman yang sama dan sekaligus petunjuk bagaimana mengatasi (mengobati) sakit vertigo yang sudah berbulan-bulan nyaris tidak mengenal udara luar, hanya kamar dan ruang dapur.  Pusing beratnya membuat tidak bisa menonton teve, jalan-jalan, membaca, bahkan memasak pun sudah tidak bisa dilakukan.

Obat masih terus diminum, meskipun isteri saya merasa bahwa sudah percuma minum obat, karena perubahan hanya sebentar dan pusing cepat datang kembali.  Sholatpun hanya bisa duduk, tanpa menunduk, karena sedikit menunduk saja pusing datang dengan dahsyatnya.

Petunjuk pada postingan mengenai mengatasi vertigo yang dilakukan terbilang sederhana dan kalau boleh bilang teramat sederhana saja.  Namun, hasilnya, Alhamdulillah terasa perubahan yang amat signifikan dari pusingnya.  Hari pertama dicoba, hari kedua, dan hari ketiga menunjukkan perubahan sedikit demi sedikit yang cukup berarti.  Hari ini adalah hari ketiga, pusingnya berkurang setelah terapi dilakukan.  Terapi resminya hanya 15 menit per hari, yang tidak resmi dilakukan berkali-kali kurang dari beberapa menit.  Tiga hari ini, cukup berarti karena setelah 7 bulan ini, baru 3 hari berturut-turut ini, isteri saya bisa mengendalikan vertigo-nya dan kekhawatiran untuk tidak akan pernah sembuh mulai sirna.

Postingan yang mengajak terapi vertigo inilah, sengaja saya postingkan kembali :

Dear all,

Ini sekilas tentang VERTIGO, bagi yang belum pernah merasakannya sebaiknya DICEGAH, jangan sampai masuk dalam VERTIGO CLUB. Ini pengalamanku sendiri, mungkin saja tidak sama dengan penderita lainnya, tapi aku hanya ingin sharing kepada para beberapa teman-temanku yang juga vertigo. Hanya orang yang pernah mengalami VERTIGO bisa merasakan tersiksanya kalau sedang kumat, kita seperti berada di dalam sebuah ROUND TABLE lalu diputar berkeliling atau terkadang terasa seperti di ayun ke segala arah yg tidak jelas , diangkat tinggi dan berputar semuanya …… ????!!!!!

Kepala saat diletakkan ke bantal sangat tidak nyaman, terus ingin berputar dan kita seakan mencari pegangan kemana-mana. Apalagi melihat atau menunduk ke bawah jelas tidak mungkin. Rasanya lebih baik tidur duduk saja. Confidence level turun karena kita tidak tau kapan sang Vertigo akan muncul. Dia akan muncul begitu saja. Biasanya dengan MERISLON bisa hilang tapi TIDAK TUNTAS sembuhnya. Aku setiap tahun kumat sekali. Namun serangan vertigo yang terakhir menyebabkan aku tidak bisa tidur pada posisi kanan, setiap mau balik ke kanan maka vertigonya kumat.

Aku merasakan ada sesuatu yang salah namun tidak tau apa itu ????. Akhirnya ketika Reuni Lebaran di Bali seorang teman memberikan reference untuk berobat ke seorang Profesor di Mt E- Spore, dimana dokter ini seorang NEUROLOG dan ahli dlm penyakit Stoke, baginya vertigo enteng. Maka untuk mencari kesembuhan aku menemuinya Jumat kemarin. Mula-mula dokter melakukan Blood Circulation Scan, di mana segera diketahui apakah ada bagian pembuluh darah yg mampet atau alirannya kurang lancar dls.

Sesudahnya dilakukan Therapy di kursi sofa oleh seorang suster sbb :

Aku telentang dengan kepala sebagian nongol keluar kursi tanpa bantal dan dipegang oleh suster, kemudian disuruh noleh ke kiri, ADUUHHHH langsung VERTIGOnya kumat, dunia berputarrrrrr, sampai tanganku menggapai-gapai mencari pegangan…. ,

Disuruh relax sesudah hilang maka harus menoleh ke kanan, kumat lagi walau tidak separah yang kiri, relax lalu balik badan dan kepala melihat ke lantai, lalu bangun perlahan2 dengan mata melihat ke bahu, kemudian duduk kembali. Hanya itu therapynya, tapi MANJURRRR, lalu aku diharuskan tidur bolak balik, kanan – kiri – kanan kiri dst …dst

(Total waktu therapy sekitar +/- 15 menit) Sesudah aku tanya kenapa bisa vertigo ternyata SANGAT SEDERHANA.

Apa itu ??? Vertigo terjadi karena kita salah posisi tidur, mungkin tanpa kita sadari kita selalu tidur pada satu posisi, misalnya kebanyakan kiri terus dan jarang kanan/kiri, sehingga ini akan memperparah vertigo, yang mengakibatkan adanya “christal” istilah mereka yg lepas dari telinga kita sehingga menyebabkan keseimbangan kita terganggu.

Nah therapy itu utk mengembalikan posisi “Christal” itu, that’all … So Simple ya, ternayta tidak ada related dengan kolesterol atau lain sebagainya. Aku hanya diberikan 1 jenis obat yang hanya diminum 1 kali saja pada malam sesudah therapy, itupun kalau masih merasa berputar.

Pada malam hari itu aku tidur dengan nyenyak dan mengikuti advise nya agar tidurnya kanan-kiri-kanan- kiri,dan memakai bantal 2 buah ditumpuk agar tinggi serta harusmerubah pola tidurku yang salah.

ITU SAJA cara pengobatannya. Aku adalah penggemar pijet, maka aku sempat tanya ke dokter apakah masih boleh pijet kepala, disarankan sebaiknya tidak pijet kepala,krn kuatir tk pijetnya kan tidak tau jelas pembuluh mana yang kena pencet.

Huhuhu aku kini STOP pijet dulu deh, karena ketika kena serangan yang baru lalu itu aku pas sedang dipijet bagian kepala, mungkin saja saat itu ada yang kurang pas. Sayangnya selama ini aku belum pernah di advise therapy begitu oleh para dokter yang pernah aku datangi.

Kalau sedang vertigo maka akan dihubungkan dengan kolesterol/lipitor, istirahat, minum obat pengencer darah, dls… , sedangkan minum merislon itu membuat kita lemas. Sabtu pagi aku therapy sekali lagi sebelum kembali ke Jakarta, sekarang aku merasa FIT dan tidak vertigo lagi, moga-moga ini akan selamanya dan aku tidak minum obat apapun.

Nah moga-moga sharing ku di atas dapat bermanfaat bagi para teman yang kebetulan sudah masuk dalam VERTIGO Club , ataupun mungkin bisa di sharing kepada family yang kena vertigo ataupun kepada yang belum pernah kena vertigo.

Note : TIDURLAH dengan sikap yang baik yaitu BOLAK-BALIK kiri kanan !!! SEGERALAH perhatikan dan ubah pola tidur anda bilamana anda mempunyai kecenderungan tidur pada satu posisi. Lakukan pola tidur ini mulai sekarang walaupun anda belum pernah kena vertigo. PENCEGAHAN lebih baik.

Inilah pengalaman yang terjadi, 3 hari ini cukup berharga karena mengubah persepsi selama ini.  Pengobatan yang sudah terjadi sudah cukup banyak keluar dana dan obat, namun terapi sederhana ini benar-benar membuka harapan baru.  Subhanallah, terimakasih ya Allah, semoga dengan ijinMu isteriku kembali seperti sedia kala lagi.   Terimakasih pula pada yang telah mempostingkan pengalaman berharga yang membuat keluarga kami bisa menirunya….

About these ads

51 Tanggapan to “Mengobati Sakit Kepala Berat : Vertigo”

  1. Samaranji said

    Assalamu’alaikum…

    Lho kirain masih lajang,,,
    Smoga istri Pak @ Agor lekas sembuh ya,,,amin.
    Salam ta’dhim dari semarang.

    Wassalamu’alaikum.

  2. olads said

    Ass, wr, wb

    Memang vertgo penyakit yang sering sekali terdengar, hal itu salah satunya bisa disebabkan karena gangguan pendengaran, gangguan mata, atau penyakit lain seperti dari persendian, pola hidup, tekanan berat pada otak berfikir dsb. Vertigo memang tidak bisa dianggap enteng,terjadi karena ketidak seimbangan tubuh, gangguan syaraf otak, tekanan darah tdk normal, kekurangn oksigen yg masuk ke otak, dan dapat memicu penyakit lain nya, yang lebih parah.

    Selain diperlukan pengobatan medis perlu juga terapi dengan cara pola hidup sehat,makan,tidur cukup, dan penggunaan sarana pengobatan dengan air, seperti air oksigen/hexagonal untuk menetralisir racun, virus, bakteri, endapan darah, memperbaiki metabolisme, dan yang paling menentukan membangkitkan energy murni pada tubuh melalui teknik pernafasan teratur, untuk membangkitkan energi yang diarajkan ke arah kepala. Juga dengan tafaqur/meditasi hening mengosongkan fikiran dan segala beban yang berat.Meditasi hening pengosongan pikiran sangat ampuh dan dahsyat sekali pengaruh nya, karena merupakan pengosongan jalur-jalur frekwensi listrik statis pada syaraf otak dari segala iformasi yang masuk dalam kesadaran otak kiri yang 12 %.

    atau ditambah dengan cara mengaktifkan kesadaran otak bawah sadar yang 88%, untuk membantu membentuk gelombang alpha dan deltha melalui sound teraphy suara alamiah, suara angin, gemericik air, musik klasik, mozart,dzikir khusyu, melihat pemandangan alam hijau yang semuanya akan membentuk suasana kedamaian yang akan meningkatkan system imun dan stimulasi pada otak. Sehingga kerja otak kiri tidak terlalu berat, dan terbantu oleh kesadaran bawah sadar dari otak kanan yag 88% melalui bridge brain otak tengah. Selain itu penguatan mental dan stamina, rasa optimisme, melalui berbgai pesan afirmasi yang positip yang akan ditangkap oleh bawah sadar dalam membantu untuk mempercepat kesembuhan.

    Kita ingat kalo komputer lagi hang, adalah karena system regystri yang crash dan terganggu, regitry adalah system managemant perintah dari memory kepada CPU untuk proses selanjutnya. Demikian pula management information sytem regystry pada otak terjadi crash, yang bisa pula disebabkan oleh gangguan virus, bakteri, atau cara pengoprasian(pola hidup), dan semua itu perlu pengaturan kembali melalui refreshing, dan memusnahkan virus,bakteri nya kalau ada.

    trims…….ini hanya sebuah alternatif….

  3. Filar Biru said

    @Agor

    Ass…
    Wah…saya baru tauh neh…seram juga ya Mas Agor. Saya kira sakit kepala, kalau sakit kepala di daerah kening saya sudah merasakannya betapa mengerikan, air mata saya keluar, dan mata saya tidak bisa terbuka karena sakit apabila sinar masuk.

    sakit kepala ini saya tidak tahu apa penyebabnya. saya sudah ke dokter, menurut analisa dokter tersebut saya gejalah typus, maka saya percaya saja dan meminum semua obat yang di berikan, tapi sakit kepala tidak kurang malahan tambah parah. dan saya pergi ke dokter yang lain,menurut diagnosanya saya sakit malaria, maka satu karung obat malariapun saya makan, namun hasilnya nihil, obat2an di kaki lima juga saya sikat namun sakit kepala di daerah kening tak kunjung sembuh. melihat makanan saya mau muntah.

    rasa putus asa sudah di depan mata, ada keinginan untuk memacahkan kepala ini, tapi saya ingat Tuhan Yang Maha Kuasa dengan segala ancamanNya dan KemurahaNya.

    maka istriku memanggil tukang pijit ala dukun kampung dengan segala tetek bengek obat tradisionalnya, juga tidak mempan. sekarang aku sudah pasrah pada Allah, mau di apain kek ya sudah.

    jam 3 subuh aku berangkat dengan di bonceng istri ke rumah orang tua, yang tidak begitu jauh jaraknya dengan rumahku. kepalaku aku ikat dengan kain, karena sudah tidak tahan lagi sakitnya.

    ibuku menangis melihat keadaanku, dia berkata “maukah engkau di pijit sama kakakmu yang di kampung sana nanti emak jemput?” saya hanya mengangguk.

    Ibu bentangkan kasur di ruang keluarga. sambil menunggu kakakku datang, istriku memijit2 keningku, ku katakan pada istri untuk segera pulang sebab2 anak2 tinggal di rumah tidak ada yang menjaganya.

    sore harinya barulah kakakku datang. dia memijit kedua kaki dan telapak kaki ku, kedua tanganku, punggungku, aku pikir mengapa kakak ini memijit yang tidak sakit yaitu kepalaku?

    tapi aku merasakan berkurangnya rasa sakit di kepala! aku tidak mual lagi melihat makanan dan mataku juga tidak sakit ketika cahaya masuk, heran!!!

    malamnya kakak melanjutkan pemijitan di daerah perut, ajaib sakit kepalaku benar2 hilang. kalau ada teman2 mengalami hal seperti ini, maka therapy seperti ini sangat manjur lo.

    SALAM

  4. Roy Rey said

    …..

  5. Samaranji said

    Duh,,,
    ko pada lama ga muncul ya master haniifa ama master agorsiloku ?
    semoga para master kita dalam keadaan sehat selalu… amin.

  6. putri said

    nama saya putri , umur saya baru 17th , tapi knp saya sudah mngalami penyakit ini ???
    sebenarnya apa penyebab dari penyakit ini ????????

    • agorsiloku said

      Mba Putri… sy bukan dokter, yg jelas vertigo itu berkait dengan masalah kesetimbangan tubuh.
      Yang juga jelas, pengalaman yang sy postingkan di sini, sudah dicoba setiap hari dan hasilnya memberikan tanda-tanda positif. Isteri saya bisa mengendalikan vertigonya, sudah mulai bisa melakukan aktivitas, meskipun belum maksimal. Dalam 8 hari terakhr ini, senyum lebih banyak dari pusingnya. Terapi dilakukan pagi dan sore dengan cara yang diajarkan oleh postingan di atas…
      Insya Allah, Allah merahmati untuk menyembuhkan, salah satu metoda (dari banyak pilihan) adalah salah satu dari rahmat informasi pengetahuan yang diberikanNya juga……
      Wass, agor

      • Filar Biru said

        Syukurlah begitu kalau istri udah sembuh. pesan saya ketika menjalankan therapy tersebut jangan lupa minta kesembuhan kepada Allah dan satu lagi perbanyak shalawat nabi.

  7. Roy Rey said

    …..
    ……..
    ……….
    Semoga Allah selalu melindungi keluarga Agor…

  8. marisa said

    Dear Mas Agor,

    sama seperti postingan Filar Biru, rasa malu dan putus asa pernah dan saya alami saat ini. vertigo saya hampir 2xseminggu terasa + mual + muntah..

    saya agak bingung dengan postingan nya..
    ” Aku telentang dengan kepala sebagian nongol keluar kursi tanpa bantal dan dipegang oleh suster, kemudian disuruh noleh ke kiri, ADUUHHHH langsung VERTIGOnya kumat, dunia berputarrrrrr, sampai tanganku menggapai-gapai mencari pegangan…. ”

    kalo boleh posisi2 tersebut didetailkan lebih jelas lagi.. (bagus lagi kalo ada gambarnya mas hee)..
    please bantu aku yah mas…bisa kirim ke email saya mas..

    semoga Tuhan memberkahi mas dan keluarga mas…

    • agorsiloku said

      Jawab (dikirimkan ke email Mba Risa):
      Badan terlentang dan kepala keluar dari sofa, lalu kepala dipegang oleh suster (atau siapa saja, Pak Agor juga meniru untuk isterinya).

      Pada saat kepala ditolehkan ke kiri selama 2 menit, lalu ke kanan 2 menit

      Dilakukan 3 kali berturut-turut (jadi total waktu 3 x 2 (kiri dan kanan) x 2 menit = 12 menit

      Lalu bangun sambil mata melihat ke bahu, kemudian membalik (telungkup), dan mata melihat ke lantai selama kurang lebih 3 menit.

      Selesai (total waktu 15 menit)

      Pada waktu kepala ditolehkan ke kiri, boleh jadi terjadi pusing yang sangat sehingga mencari-cari pegangan.

      Cari saja pegangan, tapi kepala tetap ditolehkan, misal ditolehkan KEKIRI. Pada saat ditolehkan (jangan cepat-cepat, bergerak pelan saja menolehkannya), bisa-bisa terjadi kepala berputar dan mencari-cari pegangan. Jika ini terjadi, jangan dulu diteruskan, berhenti dulu sampai stabil dan tenang, lama-lama rasa berputar itu juga akan hilang dengan sendirinya. Lalu tolehan diteruskan sampai hidung hampir menyentuh bahu. Setelah berhasil relaks yang ditandai dengan otot leher tidak merasa tegang, putar lagi ke arah tolehan kanan Relaks ditandai dengan otot leher tidak mengeras (tegang).

      Pada tolehan pertama (misal ke arah kiri), bisa jadi lebih lama dari 2 menit karena ke arah kiri berputar. Setelah tenang baru ditolehkan ke kanan.

      Bisa terjadi ke kiri merasa berputar, tapi ke kanan tidak apa-apa. Setelah latihan ini dilakukan, ke kiri berputar, ke kanan juga berputar. Gapapa… teruskan saja sampai selesai selama 15 menit.

      Pengalaman selama ini, kadang terjadi berputarnya malah bertambah di kiri dan kanan, namun kualitas pusingnya mengalami penurunan yang drastis.

      Bahkan ini dirasakan isteri saya setelah latihan pertama dan kedua (lakukan pagi dan sore).
      —————————————
      Jawaban lagi dari Mba Risa :

      Terima kasih banyak untuk tips dan triknya yah mas..

      yah saya sudah1 tahun ini..makin kesini makin sering terasa.. dan makin sering bolos kerja..
      sudah sempat rawat inap 2x, kedokter sana sini, citi scan, test THT, akupuntur.. masih saja suka terasa.. obat pun gak ngefek rasanya..Dokter saraf pun ga pernah ngasih solusi seperti ini.. semua hasil mengatakan normal dn baik2 saja, hanya tidak boleh cape dan stres (padahal gak juga tuh ngerassa cape atau stress hee)

      Alhamdulillahnya bisa bertemu dengan mas dan diberikan terapi ini.
      sudah saya lakukan.. asalnya badan saya terasa tak enak (negatif thingking gejalan mo kambuh).. setelah mencoba terapi ini, badan saya enakkan.. dan cukup seimbang lagi mengerjakan segala sesuatu..
      Terima kasih yah mas..

      semoga Tuhan memberkahi mas dan keluarga..
      —————-
      Semoga komen ini dibaca juga oleh penderita vertigo yang sama, tentu ini hanyalah salah satu cara yang diberikan Allah kepada kita….. Bukan terapi ini yang menjadi penyembuh, namun ridha dan rahmatNya yang menyembuhkan…..
      —————-

  9. wah tips nya mantab mas. di coba ntar ya

  10. Assalaamu’alaikum Mas Agor…

    Apa khabar mas? Lama tidak kemari. Selamat Tahun Baharu 2011.

    Subhanallah wa masya Allah. Saya baru tahu penyakit vertigo ini. Saya membaca semua tulisan di atas bagi menambah pengetahuan tentang penyakit ini. Saya doakan semoga isteri mas sehat dan diberi kekuatan oleh Allah untuk melawan dan meredah dengan tabah untuk sembuh kembali. jika ada usaha pasti beroleh hasilnya. Biar sedikit2, lama2 akan berhasil sembuhnya. banyakkan sabar dan menadah doa dengan yang menciptakan penyakit.

    ****Buat mas Pilar Biru juga diharap sudah semakin sehat dengan terapinya.

    Apa yang menimpa itu, semuanya jadi kafarat kepada dosa-dosa kita mas. Allah tidak akan memberi “sesuatu” kepada kita baik dalam bentuk kekayaan, penyakit, kegembiraan, kesedihan melainkan ada tujuannya iaitu sabar dan menilik kembali pemberiannya. kenapa kita diberi “sesuatu” itu dan kenapa orang lain tidak ?

    Setelah memahami apa yang ditulis oleh mas Agor tentang penyakit ini, saya lihat ia juga berkaitan dengan posisi tidur. Silakan baca posting ini mas tentang posisi tidur menurut islam, mungkin bisa membantu menambah pengetahuan dan sebab sakit tertentu berlaku.

    http://www.amarrazali.com/archive/2006/06/26/tidur-menurut-islam.html

    http://akhisalman.blogspot.com/2008/05/posisi-tidur-menurut-islam-dan-sains.html

    Saya berharap kepada isteri mas Agor, mas Pilar Biru juga sesiapa yang mengalami sakit di kepala, agar kuat dan berusaha untuk sembuh kerana penawarnya harus dicari. Jangan lupa selalu membaca al-Quran kerana di dalamnya penuh dengan obat segala penyakit dan tunai solat sebaiknya di awal2 waktu mengikut kemampuan.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarikei, Sarawak.

    • agorsiloku said

      Wassalamu’alaikum Mba Fatimah… terimakasih untuk informasinya. Posisi tidur ternyata memang satu hal yang penting dalam menjaga kesehatan. Pengalaman saya juga, ketika flu, tidur dengan gaya sunnah Nabi :

      http://agorsiloku.wordpress.com/2007/01/16/obat-pelega-nafas-termanjur-dan-tidur-nabi/

      memberikan bantuan untuk penyembuhan.
      Terimakasih untuk do’anya.
      Agak lama juga memang agor tidak sempat berkunjung atau memelihara blog ini dengan tertib. Kesibukan dan perhatian ke lain masalah menyebabkan kurang terpelihara.
      Salam selalu dan terimakasih untuk tips senyumnya yang menentramkan….
      agor

  11. Samaranji said

    Assalamu’alaikum, kang Agor.

    Ketika googling dng kata kunci “agor” sy menemukan ini http://salatsmart.wordpress.com/about/
    Pasti blog tsb juga milik akang, Alhamdulillah,,, terus terang sy senang dng usaha2 sebagian Umat Islam yg masih perduli dng ilmu Islam yg sifatnya tutorial dlm mengupas Rukun Islam.
    Untuk kesekian kalinya, terima kasih ilmunya.

    • agorsiloku said

      Wassalamu’alaikum Kang, Salat Smart yang punya Mas Mushodiq, dulu saya diundang jadi kontributornya. Salat tiang agama dan pendusta agama adalah seperti QS Al Ma’un, yang enggan menafkahkan hartanya kepada yang tidak mampu, menghardik anak yatim. Fungsi sosial agama dalam Islam begitu tampak diposisikan….

  12. Teguh Bayu said

    wah numpang komen lagi ya bang

  13. oneadi said

    oo gitu tho…
    salam kenal

  14. qarrobin said

    Alhamdulillah tidurku bolak-balik ke kanan ke kiri seperti yang dilakukan pemuda kahfi

    memang kebanyakan minum obat akan menambah penyakit lain, terapi lebih baik daripada minum obat

    makasih Kang Agor atas sharing nya

  15. sebenarnya apa penyebab dari penyakit ini ?

  16. I G.B.DHARMADA said

    Terima kasih atas info tentang sakit vertigo sehingga saya tahu apa itu penyakit vertigo

  17. rurry said

    mantab mas,saya coba dirumah,kebetulan ibu saya lagi sakit,kata dokter sih vertigo,smoga aja bisa sembuh.amiin

  18. paman saya kena vertigo,
    memang kalau sudah kumat vertigonya, bisa sampai nangis.
    sudah sering ke dokter tapi hasilnya nihil. Saya akan informasikan posting ini ke paman saya, semoga bisa cepat sembuh dah vertigo nya tidak berlanjut.

    Terima kasih sebelumnya

  19. apakah vertigo bisa mengarah ke stroke ya??

  20. wah tengkyu infonya gan, semoga bermanfaat..

  21. Nurhadi said

    Oke Dech Bang, Tenkyu Banget Lho. Mau diPraktekin Ke ibu. Mudah mudahan Bisa Membantu.

  22. Anonymous said

    tapi kalo mu coba juga cobain aja theraphy bekam….
    insya Allah….

  23. yadi said

    terima kasih atas infonya ini berguna bagi banyak orang aku juga penderita vertigo kalo lagi kumat masya Allah bumi terasa goyang allhamdulillah saya ikuti cara dari info bang Agor mulai ada perubahan

  24. arief said

    dear mas argo. minta almt tmpt terapinya boleh y? sy jg mw ty.. berarti terapinya d lakukn sambil telentang/duduk d kursi/sofa y mas? bs d tmpt tdr ga y? thx. bls

    • agorsiloku said

      Mas Arief, terapinya di rumah saja. Di sofa atau di dipan, seperti pada gambar. Yang penting tertib. Istri saya sekarang, alhamdulillah relatif tidak parah lagi. Kalau terasa ada gejala, maka terapi seperti contoh tampaknya membantu.
      Terapinya sambil telentang, kepala menghadap ke langit-langit, tengok kiri, lalu kanan bergerak perlahan-lahan, setiap tengokan seperti pada uraian.
      Wass, agor

  25. Saya juga pernah mengalami Vertigo, dan sangat tidak nyaman. Syukurkan kini sudah berkurang dan sudah tidak pernah lagi. Semoga teman-teman yang diberikan kesehatan oleh Allah S.W.T amien…

  26. Anonymous said

    saya sudah 4 hari ini mengalami vertigo… makanya saya cari di google dan dapat….akan saya coba dan saya yakin pasti barhasil atas seijin Tuhan…JBU

  27. Sudah beberapa bulan ini, saya menderita sakit vertigo dimana yang saya rasakan dunia terasa berputar terutama bila kepala di patahkan ke sebelah kiri ingatan terasa hilang beberapa detik,melalui blog ini mungkin bapak bisa menolong sakit yang sedang saya rasakn.terima kasih .

    • agorsiloku said

      Sampai sekarang, isteri saya sering melakukan terapi sendiri, sudah bisa jalan-jalan, dan relatif sudah bisa mengendalikan kalau vertigonya ada tanda-tanda kumat. Alhamdulillah, tidak lagi bad-rest dan tidak pernah datang ke dokter lagi setelah menjalani terapi di atas.
      Tentu saja pula, dukungan jalan-jalan pagi nyaris setiap hari, kami lakukan untuk mendukung kesehatan dengan biaya hemat….

  28. stephani said

    Hi…thanks banget atas artikelnya…kira2 apa yah satu jenis obat yg dimaksud pasien diatas? Soalnya mamaku baru aja kena vertigo…

  29. Anonymous said

    Suami saya juga kena vertigo. Gejala awal mual muntah hebat. Kirain masuk angin awalnya. Trus tidur. Begitu bangun tidur mau berdiri sudah oleng ke kiri. Tidak bisa jalan dan muter 7 keliling. Saya langsung tanya orang2…mereka merujuk obat mertigo. Makan sehari 3x tidak ada efek. Besokannya Tanya lagi sama orang lain, dirujuk unalium. Ini obat lebih keras. Tapi tetep aja ga efek. Kita mengira pasti ada hubungan dengan tersumbatnya pembuluh darah keotak, karena suami ada darah tinggi juga. Akhirnya kita panggil sinshe akupuntur. Mungkin tidak tepat sasaran, tetap tidak ada efek.
    Besok hari dengan dipapah dan kursi roda baru saya bawa ke dokter syaraf. Dokter observasi awal dan disuruh terapi yang sama seperti pak agor. Dia bilang bppv. Pasir dalam rumah siput telinga tidak pada tempatnya. Sekatang tidur sudah bisa kiri kanan, tapi belum bisa berdiri lurus. Jalan juga masih dipapah. Mudah2an kedepannya lebih baik

    Googling internet terapi yang pak agor dan suami saya adalah brandt-daroff manouver. Cek juga dix hallpike. Ada gambar youtube dan jelas.

    Boleh tanya? Apakah istri pak agor sewaktu vertigo panas dingin sebelah? Suami saya juga jadi sering kecikukan…dan tiap kali kecikukan berlangsung lama 1 jam. Apakah gejalanya sama juga?

    Terima kasih

    • agorsiloku said

      kata Istri, iya panas dingin sebelah…. kalau saya sentuh punggungnya dingi, kaki juga dingin. Kalau kaki mulai terasa dingin, itu menjadi tanda awal gejala vertigo. Cekukan seperti masuk angin iya… kalau dipijit bagian tertentu cegukan bisa berkali-kali…. meskipun tidak sampai satu jam….

  30. Anonymous said

    tempat pengobatan dmn ya daerah jatim kususnya kediri?

  31. dhiya said

    merasakan gejala yang sama, kepala musing ketika menunduk dan terasa berat. syukron ya akan dicoba tipsnya….

    • Anonymous said

      sudah….2buln…saya mengalmi..sakit kpla pnig. …dan mual…sy x sngup lg uda brpa kli mkn ubt saki cuma baik sementara…dan berug..lh.sy x mmpu berjln lma….dn akn pening…bahkn bt keja rumh jg…c
      x dpt. ..uhuhu..please..bwri sya petua yg membntu untuk hlgkn skt kpla ini..saya x sngup lg menggung keskitn uhuhuhu……

    • Anonymous said

      sy…x sngup lg….dah 2buln kpla…pening….da mual….say mau sht…seperti dulu…plese.help me…uhuhuhu

  32. Terimakasih sharingnya sangat bermanfaat sekali , karena jika vertigo sedang kumat memang inginnya kepala disimpan saja atau diganti saja :) hihii tp setelah mngubah pola tidur dan pola makan jg teratur alhamdulillah sudah tidak pernah kambuh lagi vertigoku

  33. dalam usia ke 57 tahun, saya baru tanggal 1 Maret 2014 kena sakit kepala yang berputar-putar hampir tiap hari pada posisi tidur kalau kepala bergerak keras, langsung bumi terasa berputar, namun setelah saya buat relex hilang dan baru hari ini tanggal 13 Maret 2014 jam 19 an, setelah kumat lagi rasa berputar-putar lalu hilang, tapi kepala masih terasa berat tidak nyaman dan tidak seperti biasanya ketika rasa pusing hilang, kepala tidak terasa berat seperti sekarang

  34. eka said

    pak. saya jga merasakan hal yang smaa. sudah 1 bln ini. dan dari dalam telinga aepwrti terdengar suara mendengung. sangat tidak nyaman sekali. sudah periksa kemnaa2. bahkan ke ustad, dan blm sembuh jg. sudah sangat putus asa saya pak. kalo kata dokter saya didiagnosa vertigo psikosomatis, diberi obat macam2 bahkan sampai opname pun blm swmbuh jg. apa yg harus saya lakukan pak :(

  35. Anonymous said

    MAAF numpang nanya saya mahasiswa akhir jurusan ilmu kesehatan, saya sedang menyusun skripsi. saya ingin bertanya apakah ada jurnal/buku yang menerangkan tentang pengalaman hidup pasien dengan vertigo?
    klo ada mohon bantuannya untuk memberi tahu alamatnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: