Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Agama Islam Yang Paling Benar dan Sempurna.

Posted by agorsiloku pada Juli 26, 2012

Pokoknya agama Islam is the best.  Saya tidak perlu mencari-cari agama lain di luar Islam.  Itulah yang saya yakini.  Saya tidak perlu mencari sumber-sumber kebenaran yang lain, yang keluar dari petunjuk yang sudah dijelaskan terperinci dalam Al Qur’an.   Beruntung pula, saya terlahir dari keluarga yang sudah menjadi pemeluk agama Islam, jadi tidak usah repot-repot lagi mencari.  Ini adalah anugerah besar dalam kehidupan saya.

Apakah agama di luar agama Islam adalah agama yang salah?.  Apakah saya sudah memonopoli kebenaran?.

Wualah… ini pertanyaan yang buat saya aneh.  Agama Islam is the best karena ini yang menjadi panutan saya.  Masak yang dipanut nggak the best.  Ya the best lah….

Semua agama itu tujuannnya baik.  Tidak ada agama yang tidak baik.

Wah statement ini sepertinya enak kedengarannya, tapi nggak jelas pemaknaannya.  Buat orang Islam lho, yang disebut benar itu kriterianya adalah beriman kepada Allah, Tuhan yang Esa, yang tidak ada keduanya dan tidak dinomorduakan, tidak disetarakan, tidak dikomparasikan.  Tidak ada sesembahan lain selain Tuhan yang Mahaesa.  Menyekutukan Tuhan alias musyrik adalah komponen penyembahan yang paling dihindari.  Musyrik itu menyembah Tuhan dan juga menyembah selain Tuhan.  Misalnya itu lho, menyembah berhala, menganggap berhala memiliki kekuasaan yang mengubah karya atau nasibnya.  Menyembah Jibril, menyembah orang-orang yang dianggap suci, yang telah mati, dan lain sebagainya.  Apalagi membuat prasangka-prasangka terhadap Tuhan. Yang paling membuat geger adalah ketika membuat prasangkaan Tuhan memiliki anak.  QS 19:90 hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh, 91. karena mereka menda’wakan Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.

Di luar agama Islam, yang lain itu sesat !.

Wah… nggak enak juga dengar kalimat ini.  Tapi, apa boleh buat, sepanjang engkau menyembah bukan pada Allah yang maha Esa, maka jelas berlaku bagimu agamamu, bagiku agamaku.  Jadi, tidak ada rumusan untuk Tuhan yang dirumuskan sebagai Tuhan segala agama.  Seberapa tingkat kesesatannya dan seberapa dosa yang ditimbulkan sehingga nerakalah tempat mereka, wallahu ‘alam.  Namun, jelas ada kewajiban bagi orang beriman untuk mengingatkan mereka yang membangkang terhadap Tuhan. QS 19:97 :  Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.

Tidak mudah memang untuk kembali dari jalan yang sesat, seperti juga agama non Islam, juga punya pertahanan untuk memberikan penilaian bahwa di luar mereka, maka kita adalah domba-domba yang sesat.

Agama dan Kitabnya The Best, lalu Ummat Islamnya the best nggak?.

Gubrak !….!.

Gedubrak !…!…

Kalau dari sisi keimanan dan berpegang pada keagungan kitab panutan.  Boleh dibilang the best dunk.  Coba saja, selain agama Islam, tidak ada agama lain yang ummatnya menghafal kitabnya dari segala aspeknya.  Bahkan selalu saja ada hafiz (penghafal Al Qur’an) yang hafal isi keseluruhan Al Qur’an.  Kalau bersombong, tidak ada ummat agama lain yang punya kitab dan punya ummat yang mengenali kitabnya seperti orang Islam mengenali Al Qur’annya.  Kerajinan datang ke mesjid-mesjid, berjamaah atau sendiri-sendiri dengan berbagai ciri khasnya, memiliki arah kiblat yang sama di seluruh dunia, cuma Islam yang punya.

Tapi, Ummat Islam itu terbelakang, kolot, tradisional, anti kemajuan…. dan teroris lagi.

Gubrak….

Kalau diukur dari berapa banyak sekolah Islam dan Non Islam didirikan, senjata pemusnah masal yang dipunyai, kekayaan ekonomi negara yang berpenduduk mayoritas Islam dan bukan Islam ya kita memang mengelus dada (maklum).  Kesenangan orang-orang tidak beriman dalam mengeksploitasi alam ini jauh lebih cepat dan maju dibanding orang-orang beragama Islam. Kesenangan jangka pendek (kebebasan) dalam bergerak menjadi ciri kemenangan jangka pendek kaum yang ingkar kepada Allah  (QS 3:198).

Agak sulit untuk memastikan dan melakukan perhitungan dengan akal sehat terhadap logika-logika logis bagi ummat Islam untuk mencerna kondisi-kondisi yang dihadapi.  Secara umum, melihat akhirnya adalah harus ada pada konsepsi sampai di kampung akhirat.  Keyakinan terkuat dari ummat Islam dalam menghadapi dunia adalah transisi atau perjalanan menuju Sang Pencipta.  Dunia ini tidak lebih dan kurang, hanya senda gurau dan main-main saja. (QS 6:70).

Persepsi yang muncul seperti  terbelakang, kolot, tradisional, anti kemajuan, yah.. bukan tanpa alasan.   Ini menyangkut etos kerja dan sistem nilai.  Penilaian itu datang dari luar, yang di dalam bisa menilai sendiri.  Apakah anti kemajuan, apakah benar kolot, apakah benar segala persepsi negatif yang dilontarkan?.  Di jawab lisan, tentu tidak punya makna memadai.  Yang penting, keberhasilan untuk membuktikan bahwa Islam bukan anti kemajuan.  Namun, agama yang inklusif dan mampu menjawab tantangan zaman, tanpa pernah kehilangan maknanya sebagai ummat yang mengesakan Allah.

Apakah ummat mampu menjawab tantangan zaman untuk tampil cerah dan mencerahkan? ataukah kita selalu kalah dalam mengkomunikasikan (baca da’wah) sebagai ummat terpilih?.

Kalau dirasa-rasa, setidaknya di negeri ini, negeri yang korupsinya tidak habis-habisnya menjadi khasanah berita dari hari ke hari, saya optimis, ummat Islam tidak kolot, tidak terbelakang, tidak juga teroris.  Hanya kita memang perlu lebih pandai menghadapi teroris halus yang berkehendak agar ummat Islam semakin menjauhi agamanya…..

41 Tanggapan to “Agama Islam Yang Paling Benar dan Sempurna.”

  1. Amiin,…
    Mudah-mudahan para muslim di Indonesia bisa naik peringkat jadi mu’min😀

    Suka

    • agorsiloku said

      atau mum’in dengan kemampuan untuk berserah diri…
      Sepertinya ini bisa jadi topik lagi ya Kang….

      Suka

      • Anonim said

        Assalamualaikum,

        Saya senang membaca tulisan ini…….Islam memang agama yang paling sempurna…….sampai sampai saya sebut “paling” padahal tanpa sebutan “paling” sudah cukup dikarenakan semua ajaran diluar Islam itu memang tidak ada yang sempurna….semuanya sesat menyesatkan dan semuanya salah.

        Bagi saya agama Islam yang saya anut adalah harta terbesar saya…..yang memberikan cahaya jalan menuju dan mengenal Allah SWT Tuhanku yang sangat saya cintai…….

        Terima kasih atas tulisan yang mencerahkan ini…..

        Suka

      • agorsiloku said

        Wa’alaikumsalam Ww,
        Kata Paling yang dimaksudkan karena banyak agama dan kitab Allah yang diturunkan ke dunia ini yang wajib diimani, dan Al Qur’an yang menyempurnakan.
        Betul Mas, harta terbesar adalah kasih sayang kepada kita untuk ditempatkan sehingga kita bisa berislam.
        Semoga Allah ridha kepada kita ya….
        Salam selalu, agor

        Suka

  2. setuju setuju setuju aku suka islam agamaku islam pokonya pertanyaan yg di atas aku setuju setujujjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu I LOVE ISLAM

    Suka

  3. hanifa said

    memang agama islam yang paling benar, yang diridhoi oleh Allah SWT
    mengapa islam itu kolot, tradisional,dll?
    hmmmm.. mungkin karena ini : KUNCI KEBAHAGIAAN ORANG MUSLIM ADALAH KEBAHAGIAAN DI AKHIRAT
    *maksudnya nggak terlalu mementingkan duniawi
    tapi tetep…. SAYA CINTA ISLAM

    Suka

    • agorsiloku said

      Islam kolot dan tradisional, dll… ya memang. Ummat Islam umumnya melihat dunia sebagai bagian dari perjalanan menuju Kampung Akhirat (AQ 6:32) karena itu konsepsi dasarnya tidak menjadikan dunia sebagai tujuan akhir kehidupan. Agama Islam komprehensif terhadap dunia dan spiritual, termasuk mahluk-mahluk yang diciptakan Allah yang tak terjangkau oleh ilmu pengetahuan dan teknologi (malaikat, jin, alam kubur, neraka, surga). Sedangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan materialism begitu mendambakan dunia pada derajat yang paling tinggi dalam kehidupan dunia. Karena konsep-konsep menyeluruh yang tidak bisa juga dipahami oleh pengetahuan, dan konsepsi ada dalam kitab wahyu, maka akan dinilai kolot dan tradisional.
      Di sisi lain, tidak sedikit pula dalam perkembangannya kemudian, berabad-abad, ummat terkesan (dan memang demikian, pada beberapa aspek), menjadi “anti modernisasi”. Ini tentunya pula semestinya menjadi bagian pembelajaran untuk mampu melakukan modernisasi tanpa harus kehilangan tujuan akhirnya.
      Itu pandangan saya Mas Hanifa, tolong koreksi ya bila keliru. Terimakasih sudi berkunjung ke blog agor.
      Salam Hangat, agor

      Suka

    • @Oom Hanifa bersaba😀
      hmmmm.. mungkin karena ini : KUNCI KEBAHAGIAAN ORANG MUSLIM ADALAH KEBAHAGIAAN DI AKHIRAT
      *maksudnya nggak terlalu mementingkan duniawi
      tapi tetep…. SAYA CINTA ISLAM

      ____________________
      😀 hahaha… nda malu sampean, mengaku-ngaku cinta Islam !!!

      Cinta Islam, apaan tuh… nda tahu menahu ORANG MU’MIN (mukmin) ?!

      Suka

    • minang islam said

      surga allah indak nya tak ada tandingan nya

      Suka

  4. hanifa said

    saya mau tanya, saya lihat di internet bahwa beberapa orang kristiani sangat mengejek dan menjelek-jelekkan islam(dalam komen2nya)? padahal saya lihat komen dari orang islam sebagian besar tidak menjelekkan agama mereka dengan kata-kata yg menyakitkan?

    Suka

    • agorsiloku said

      Mas Hanifa, Allah menyampaikan pesan dalam Al Baqarah 109 :Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma’afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ayat ini menjelaskan tentang hobi ini. AQ banyak menjelaskan perihal prinsip-prinsip tauhid yang wajib diimani dan menjadi dasar yang kokoh dari keseluruhan konsep keimanan kepada Allah. Ummat Islam, umumnya, berusaha untuk menghindarkan diri dalam menyekutukan Allah. AQ menjelaskan dan mengancam juga memberikan informasi mengenai perilaku dari ummat yang menyekutukan Allah dalam menjalani kehidupannya.

      Suka

    • @Oom Hanifa (baca: Rudi Yohanes)
      😀 hehehe…. sampean sewot yah, sama komeng sayah di pesbuk mu yang sok jago….😆

      Suka

  5. Andry maulanayusuf said

    Asalamu’aikum,,,
    islam memang agama yg is the best,,,,
    tp kyk’y banyak bermunculan islam yg sifatnya menghancurkan islam2 lainnya,,kok bisa????
    Ini bid’ah,,itu bid’ah,,,,,

    Atas jwb’y syukron,,,,

    Suka

  6. dadjal said

    Semua agama memiliki tujuan yg baik…. Tetapi pernahkah anda memperbandingkan al Quran dan alkitap …… Mana yg lebih menjurus sikap untuk mengasihi atau untuk memicu perperangan antar umat bragama lain….. Baca aj diri di al quran…. Bunuhlah orang yg telah menghina islam klo gk salah …… Ihhhh kejamm…

    Suka

    • agorsiloku said

      membaca dan memahami teks literal dalam konteksnya, apa yang dipesankan Sang Pencipta, maka akan lebih mudah memahami. Jika Dadjal membaca Alkitab, maka komentar seperti ini, saya kira (prejudice) tidak akan Anda keluarkan.

      Suka

  7. setiabn said

    lebih lanjut liat
    http://islamterbuktibenar.net/?pg=custom&id=4535

    Suka

    • Anonim said

      wahai bagi orang 2 yang mengagungkan agama sendiri, jangan mengagungkan agama sendiri krn itu memicu konflik dan perang saudara, apa kalian tdk merasa dan tdk tau kalau orang itu masing 2 memiliki agama dan keyakinan sendiri, sprt kalian islam ya yakin lah sm keyakinanmu sendiri jangan blg agama lain sesat, kalian gak sadar ya, sadarlah!!!!!!
      kayak mau paksakan agama mu pada orang lain aja, gak punya otak kalian itu,

      Suka

  8. Anonim said

    hemmm
    .menurut q islam ga kolot,ga tradisional dll.
    .knp sya bilang begini krn sumber ilmu itu dari al-qur’an cendiri
    .orang barat bisa menemukan klo bumi itu bulat y mrk blajar dr aQ dan membuktikanya.
    .emang c’ islam ckarang emang lg begini.
    .tp islam akan datang dgn tegaknya al-qur’an dan smua akan kalah dgn islam bk itu tehnologi atau apa aja deh islam akan menjadi no 1

    Suka

  9. agnostic said

    Terlalu memperlakukan agama seperti fosil sih, makanya lama kelamaan agama anda akan hancur. Agama ada untuk mempermudah kehidupan umatnya, eh ini malah umatnya yg bikin susah sendiri dgn berdalih aturan agama. Dari seorang agnostic.

    Suka

  10. Lukas said

    Yohanes 14:6
    kata yesus kepada nya,Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.tidak seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui aku

    Suka

  11. BOBBY said

    WALAU SAYA BUKAN ORANG BAIK.
    TAPI SAYA PERCAYA ISLAM YANG PALING BAIK.

    Suka

  12. John said

    Saudara ada baiknya kita menyampaikan pandangan kita dengan sopan. Karena jika kita hanya mencari dan mengklaim yang jelek ya jelek lah asumsi kita tapi kita sebagai manusia ciptaan Allah yang semua sama seharusnya tidak boleh demikian.Terima kasih.

    Suka

  13. PembelaKebenaran said

    @Lukas
    Yohanes 14:6
    kata yesus kepada nya,Akulah jalan dan kebenaran dan hidup.tidak seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui aku.

    Bukan cuma Yesus yg berkata seperti diatas kepada umatnya (baca: hanya kepada umatnya yg hidup semasanya atau sebelum datang Rasul berikutnya)
    Noah, Abraham, Ismael, Isac, Jacob, Moses, dll pasti akan berkata dengan esensi yang sama bro!

    Suka

  14. @gustione said

    cma 1 yg sya tau di mana ada islam pasti rusuh….
    sya jg muslim
    sya merasa kecewa dgn smua ini…

    Suka

    • agorsiloku said

      Alhamdulillah… sy tidak merasa begitu…. saya merasa nyaman. Ada memang kegalauan pada ummat, pada lingkungan, pada kesemuanya. Ada juga rasa syukur, Allah telah memilihkan Islam menjadi agama yang saya anut. Apalagi kalau membaca analisis-analisis lebih mendalam dari pakar di dalam maupun di luar Islam saya semakin bersyukur bahwa saya tidak perlu repot-repot lagi mencari kebenaran…..

      Suka

    • Anonim said

      mengpa anda.mrasa rusuh?
      karna anda tidak menjalankan ap yang allah swt perintahkan. apbila anda menjalankanya mka kedamaian yang akan anda rasakan

      Suka

  15. ribka said

    Agama yg sempurna itu agama yg para umatnya TIDAK membunuh manusia lain, TIDAK menghujat manusia lain, TIDAK arogan. Coba dilihat dulu tabiat umatnya… Kalau umatnya masih haus darah, suka bertengkar, menggunakan alasan agama untuk menyakiti manusia lain artinya agamanya TIDAK SEMPURNA. “Agamaku lah yg paling benar, agama lain salah, akulah yg berhak masuk surga, yg lainnya kafir, akulah yg paling paham soal dunia akhirat, yg lain tidak. Aku aku aku aku… ” Tapi bila umatnya sudah berpikir, berkatilah semua mahluk dimuka bumi ini dari semut sampai manusia, dari cina sampai arab, maka dunia penuh kedamaian bukan lagi hujat menghujat, bukan lagi sumpah serapah. Mengerikan melihat umat2 beragama demi mempertahankan agamanya masing2 sampai mengeluarkan sumpah serapah, kata2 kotor, bahkan saling bunuh dgn manusia lainnya. Berhentilah merecoki agama lain, berhentilah menganggap diri sendiri paling benar pemikirannya, bila kalian dilahirkan dari keluarga yg berbeda dan di negara yg berbeda, tentu agama yg kalian anut saat ini berbeda. Ngak usah bahas2 agama mana yg paling benar, yg penting bertindaklah menjadi manusia yg benar. “Agamaku adalah agamaku, agamamu adalah agamamu.”

    Suka

  16. 김 나 영 said

    Islam is the best…
    I’m is a muallaf

    Suka

  17. Anonim said

    klo loe gax ngerti bahasa Arab, baca artinya Ayat – Ayat Al – Qur ‘ an !
    Klo loe menghina Al – Qur ‘ an terus – menerus, loe jamin siap – siap nyemplung ke Neraka Jahanam !

    Suka

  18. jadilah manusia yang kritis aktif.

    Suka

  19. endah grasiwie said

    Alhamdulilah..dalam diri saya mengalir din Islam sejak lahir sehingga dalam hidup saya Allah telah memberi saya jalan keselamatan.Menurut saya Islam adalah agama penyempurna, Alquran adalah kitab pembeda antara hal yang Haq (benar) dan yang batil ( dilarang) didalam Kitabulah niscaya kita menemukan segala aturan dan tuntunan hidup yang lengkap baik untuk diaplikasikan di dunia maupun buat persiapan ke Akhirat, semua aturan Allah itu tegas bahkan cenderung “berat” namun jika kita memiliki iman dan yakin akan pertemuan kita kelak dengan Rabb maka segala yang terasa berat itu akan kita jalani dengan sukacita. Karena sejatinya dunia dan segala kesenangannya adalah tipuan dan fana maka seorang mukmin sejati akan rela bersusah payah dan menderita di dunia demi menegakkan yang Haq demi mencapai keselamatan di akhirat sebab sesungguhnya hidup yang sebenarnya adalah di akhirat sementara dunia adalah tipuan ujian dan tempat menebar amal kebajikan untuk bekal kita kelak.Maha benar Allah

    Suka

  20. amin tdk usah kita menghujat agama lain kita ini muslim..cinta damai oke

    Suka

  21. Sampaikan pernyataan anda dengan lebih baik lagi. Yang saya bisa petik dari artikel anda ini adalah, menganggap agama anda paling benar dan tersirat makna agama lain kurang benar beserta umat-umatnya. Jadi jangan heran jika ada komentar berbau kontra sekalipun itu dari umat agama anda sendiri.

    Suka

    • Non fanatik. Cinta agama said

      Kesan nya, anda2 seperti pernah merasakan hidup kembali dan merasakan hidup diakhirat dgn damai dan jg bisa membuktikan perbuatan apa dan sampai mana bisa diberkati Allah. Org2 di Ch8na yg tidak beragama aja diberi kebahagiaan dan kesedihan. Sama dgn yg dialamin org2 yg beragama jg. Jd saran sy: jalan kan agama yg menurut kamu bagus dan membuatmu hidup bahagia didunia ini. Tidak perlu mengatakan salah satu agama yg paling baik dan bagus. Kesannya anda pernah menikmati surga ato neraka. Cape deh..

      Suka

  22. daku said

    tuhan yang esa atau Alloh?

    tiada tuhan selain Alloh.

    Suka

  23. Setuju bnget,Al Qur’an itu lebih cerdas dari saince,kalau gak prcaya buka aja deh yg translate indonesianya,Al Qur’an itu akan menjwab semua pertanyaan2 yg ada diotak selama ini,mulai dri penciptaan manusia,tujuan manusia hidup,sampai alasan mengapa Allah menciptakan manusia,baca deh,dan hayati pikirkan dengan logika karena Allah sudah memberikan manusia otak untuk berfikir siapa sih Tuhan Yang Maha Esa?

    Suka

  24. Anonim said

    saudara, kita harus saling menghargai satu dengan lainnya. biarkan saja orang-orang menganut ajarannya masing-masing, kalaupun kita salah kita juga yang mendapat hukumanya yang Maha Kuasa.

    Suka

  25. adi said

    Dulu indo ga da muslim..hahaha.. asal mula indo ga da muslim..muslim itu mnjajah anda dlu.. trus jadliah sprti anda slrng.. website ga berwawasan bgt.. brpihal kpd diri sndiri.. bukannya nambah pngetahuan malah mmbuat prpecahan.. bego lu…haha eh lu bandingin alqur an am alkitab.. di alkitab ga da rumusan buat bom kalekk…kakakakaka

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: