Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Meminta Kepada Allah itu Kewajiban Seorang Hamba

Posted by agorsiloku pada Mei 24, 2012

“Meminta kepada Allah adalah kewajiban seorang hamba kepada  Sang Maha Pemberi Rejeki .  Jadi meminta kepada Allah itu adalah ibadah juga ya?.  ”

“Lha iya lah…”

Coba lihat shalat kita, ibadah kita, coba ingat waktu baca Al Fatihah … apa permintaan sang hamba di dalam ayat surat Al Fatihah.  “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (Ayat 5).

Perintah Allah kepada manusia untuk untuk membaca Al Fatihah dalam shalat  itu jelas-jelas  memerintahkan agar seorang hamba harus ingat selalu  : sembah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah.

Jadi jelas-jelas pulalah bahwa meminta itu adalah PERINTAH yang diberikan Allah kepada manusia yang disampaikan melalui perintah shalat. Jadi, meminta itu juga adalah bagian integral dari ibadah.

Di bagian-bagian shalat, bergantian antara puja-puji kepada yang disembah serta permintaan untuk diberikan nikmat-nikmat yang disediakan Allah untuk manusia.   Doa yang dibaca  pada waktu “duduk di antara dua sujud” menegasi benar permintaan seorang hamba kepada sang Pencipta adalah sebuah ibadah, sebuah kewajiban.

Karena meminta itu adalah perintah,  maka Sang Maha Pemberi Perintah itupun menegasi untuk  mengabulkan doa jika berdoa kepadaNya.  Tentu saja hak Allah dalam mengabulkan doa juga disertai informasi persyaratan.  Syaratnya : menaati perintah, beriman, dan agar selalu berada dalam kebenaran (QS 2:184).

“Cie…cie…”

Betapa sempitnya saya berpikir untuk mengabulkan permintaan yang dari kerabat, rekan atau teman.  Begitu banyak “Cie…cie” yang harus dipertimbangkan.   Sedangkan kemahapemurahaan Allah ditunjukkan kepada manusia, bahkan meminta saja sudah sebuah kewajiban, menjadi bagian dari ibadah. Konsekuensi logisnya, meminta kepada Allah adalah kewajiban.

Jadi, kata Mario Teguh, pakar komunikasi “sufi metro tv” yang kerap hadir hari Minggu selepas magrib, jangan batasi Sang Maha Kaya, Maha Pemberi Rejeki,  dengan kesederhanaan permintaan kita atau malu-malu dengan permintaan kita kepada Allah……

5 Tanggapan to “Meminta Kepada Allah itu Kewajiban Seorang Hamba”

  1. Subhanallah,…
    Mantab’s tenan.

    Suka

  2. bdbtea@yahoo.com said

    meni sae k agor…. abdi nembe lebet…. hehe…

    Suka

  3. ya bener banget kita sebagai hamba allah harus meminta kepada allah,, karena orang yang tidak mau meminta kepada allah adalah orang yang takabur..

    Suka

  4. Lywa said

    apakah ” Du-a’ ” itu artinya ” meminta ” ?
    begitu banyak pula yang Dia beri tanpa harus diminta..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: