Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Pengakuan Ayam Pertama : Saya Yang Menghasilkan Telur !

Posted by agorsiloku pada Juli 16, 2010

Membutuhkan waktu cukup lama bagi ilmuwan untuk menentukan mana yang lebih dahulu : “Telur atau Ayam?”.  Dari telur keluar ayam dan dari ayam muncul telur, lalu mana yang lebih dahulu?.  Oleh karena ayam pertama sudah  tentu mati atau sudah jadi fosil entah dimana, maka kita tidak bisa melacaknya.  Bertanya kepada telur juga tentunya akan mendapatkan jawaban yang sama.  Bagi awam, telur tidak akan menjawab jika ditanya dengan kata-kata.  Kita tahu, pada telur tidak ada mulutnya untuk menjelaskan, juga kalaupun akan bertanya, kita tentu harus bertanya pada ayam.  Bahasa ayam kitapun tidak mengerti.  Jadi, pertanyaan tertua di dunia, mana yang lebih dahulu : ayam atau telur tidak pernah mendapatkan jawabannya.

Namun, bagi peneliti, melacak sumber peristiwa dan kejadian, mengurutkan sebab akibat, sudah menjadi habitat asli yang menyebabkan berkembangnya ilmu dan pengetahuan.  Hasilnya, protein telur menjelaskan bahwa telor dibuat dari rahim seekor ayam, sehingga disimpulkan bahwa telor hanya bisa dihasilkan dari seekor ayam.  Begitu kesimpulan ilmuwan.  Untuk yang memilih kehidupan dunianya percaya kemahakuasaan Allah Subhanahu wata’ala, mempercayai petunjuk penciptaan awal adalah mahluk hidup pertama, bukan menciptakan telur.  Awal mahluk hidup, dirujuk pada penciptaan manusia dari bahan-bahan yang bersumber dari sari pati tanah. Manusia pertama diciptakan Allah SWT seperti dijelaskan pada QS An Nisa ayat 1.

Usaha untuk mendapatkan penjelasan tentang perintah pembentukan cangkang telur ayam melahirkan kesimpulan, ayam harus ada terlebih dahulu.  Berita selengkapnya :

Yahoo merilis berita :

VIVAnews – Para ilmuwan berhasil menjawab  salah satu tebak-tebakan tertua di dunia, mana yang lebih dulu, ayam, atau telur?

Melalui komputer super, tim dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris  menemukan jawabannya. Apakah itu? Ayam.

Kepada laman Harian The Sun, ketua tim peneliti menjelaskan bagaimana mereka berhasil memecahkan teka-teki tersebut.

“Apa yang kami temukan adalah ‘kecelakaan’ yang menyenangkan. Awalnya, tujuan penelitian kami adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur.”

Menurutnya,  selama ini, masyarakat telah menganggap remeh ayam. Kami tidak menyadari proses luar biasa yang ditunjukan para ayam dalam proses pembuatan telur.

“Sadarkah Anda, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, Anda sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia.”

Cangkang telur memiliki kekuatan sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya.

“Masalahnya, kita tak tahu bagaimana ayam membuat cangkangnya.”

Tim peneliti lalu menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HECToR (High End Computing Terascale Resource).

“Kami ingin menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis.”

Yang pertama dicari adalah, mengetahui ‘resep’ yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

“Dengan bantuan komputer canggih, Kami memecahkan masalah ini selama berminggu-minggu. Sementara, ayam bisa menyusun cangkang itu hanya dalam semalam.”

Lucunya, pemilihan cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian benar-benar tak disengaja. Para peneliti memilih telur ayam karena proteinnya sederhana untuk ditelaah.

Namun hasilnya ternyata sangat mengejutkan. “Kami memecahkan teka-teki sepanjang masa. Ini mengagumkan.”

Hasilnya, ditemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah adalah ‘tukang bangunan’ tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur.

Protein itu menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain.

Tanpa protein pembangun tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam. “Itu berarti ayam ada duluan sebelum telur.”

Tapi, dari mana ayam berasal?

Beberapa teori mengatakan, nenek moyang ayam menciptakan telur zaman Dinosaurus.

“Penemuan kami sangat potensial. Sebab, cangkang telur dibentuk dari banyak kristal kecil. Kita bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui cara membuat dan menghancurkan struktur kristal lainnya.”

Sebagai contoh, untuk menghilangkan kerak di ceret maupun pipa.  Penelitian ini juga berimplikasi medis.

“Karena tubuh kita menggunakan metode yang sama untuk membuat gigi dan tulang, kita  bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana membangun kembali tulang manusia.” (adi)

Kita belajar dari pengetahuan ini, bahwa ayam pertama melahirkan telur pertama, tapi tidak sebaliknya.  Jadi, dengan uraian di atas, masihkah kita bertanya, mana yang lebih dulu?.

11 Tanggapan to “Pengakuan Ayam Pertama : Saya Yang Menghasilkan Telur !”

  1. Fitri said

    Memang ayam yang pertama.😀

    Suka

  2. delftya said

    Lalu, dari mana datangnya ayam pertama? Apakah artinya, ayam pertama TIDAK diciptakan dari telur?

    Suka

  3. Pabianus tibo the crusander of christ said

    Alaah.,.Dari dulu(waktu sd) juga gw udah yakin ayam duluan …masak telur menetas sendiri tanpa dierami..trus anak ayam siapa yg jagain…malahan gw pernah debat waktu smp ma guru biologi dia bilang segala kehidupan berasal dari telur omne vivum ex vivo,..ada 3 poin teorixa..lupa lanjutanxa..skarang terbukti gw menang padahal gw dulu diketawain ma teman2 dibilangin sok pintar….wkwkwkwk

    Suka

    • cekixkix said

      @Om Pabianus
      Syukurlah klo sekarang elo dah ngerti, bahwa Allah dengan Yesus artinye Allah duluan, baru Yesus diciptakan oleh Allah… padahal dari dulu gue dah ngasih tahu nggak mungkinlah YESUS lebih dulu ada daripada Allah… jadi jelas yeh… skarang terbukti ISLAM benar… Cekixkix…kix…kix…

      Suka

  4. lovepassword said

    Ya masihlah… Hi Hi Hi

    Suka

  5. yudhi said

    kalo pertanyaannya duluan “ayam” atw “telor” maka solusinya “ayam”.. kalo duluan “telor” atw “ayam”..ya..”telor” duluan doong..

    Suka

  6. Anonim said

    Dulu mana ayam sama telur ? Jelas dulu telur , menurut catatan fosil dinosaurus bertelur molusca bertelur insecta bertelur.

    Suka

  7. karomah said

    secra logika duluan ayam kalau telur ayam, duluan bebek kalau telur bebek dst. Kalau duluan telur tidak jelas telur apa ini? Dari telur dapat keluar ayam, bebek, kura2, ular, cicak dll.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: