Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Tips Mengusir Nyamuk dan Koruptor !

Posted by agorsiloku pada Mei 13, 2010

Meskipun kemaruk kemarau sudah mulai datang, namun hujan dan banjir di beberapa tempat di negeri ini masih bertebaran pula.  Musibah dan ulah mafia manusia yang lalai memelihara amanatNya masih terus bertebaran.   Pada beberapa kejadian,  kita terpaksa membersihkan darah sendiri yang telah diambil oleh nyamuk.  Beberapa nyamuk di pagi hari, begitu gemuknya sehingga terbangnyapun tak lincah lagi.  Kita tidak bisa mengambil kembali apa yang telah diambil oleh nyamuk.  AQ mengingatkan, apa yang telah diambil oleh lalat, kita tidak bisa mengambilnya kembali. :  

QS 22:73. Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.

Kembali ke nyamuk, kita dibenarkan mengusir dan membunuh nyamuk jika ia menganggu kita (menurut sebuah hadis).  Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membunuh atau mengusir koruptor nyamuk dalam lingkungan kita.

Berikut ini yang saya dapatkan dari beberapa sumber (diklik pada judul).  Sengaja saya kopi pais isinya untuk memudahkan membaca.  Ada beragam pilihan dan pengalaman yang diuraikan, boleh jadi salah satunya cocok dengan kebutuhan kita, atau mendapatkan cara yang paling sesuai.😀

Namun, mohon maaf  yang berhasil dikumpulkan baru berguna untuk nyamuk betulan.  Kalau nyamuk pers atau nyamuk koruptor, belum ada referensi yang bisa diandalkan.

Cara Alami Mengusir Nyamuk :

Written by Nita on 17 April 2010

Nyamuk di rumah seringkali menjadi masalah. Selain nyamuk yang sering berkeliaran di malam hari, nyamuk yang terlihat di siang hari sering kali lebih menakutkan karena bisa jadi nyamuk siang tersebut adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah.

Untuk mengusir nyamuk dapat menggunakan obat anti nyamuk yang beredar di pasaran. Ada yang bentuknya spray, obat nyamuk bakar, sampai ke obat nyamuk elektrik. Bagaimanapun karena obat anti nyamuk tersebut merupakan bahan-bahan kimia, sebaiknya penggunaannya dibatasi dan tidak dibiasakan.

Berikut adalah cara-cara alami untuk mengurangi dan mengusir nyamuk dari rumah Anda:

  • Tanaman pengusir nyamuk
    • Zodia. Tanaman yang berasal dari Papua ini memiliki daun pipih panjang berwarna hijau kekuningan. Zat evodiamine dan rutaecarpine yang terkandung tanaman ini tidak disukai nyamuk. Aroma wangi ini akan tercium saat tertiup angin.
    • Lavender. Bunga tanaman ini berwarna ungu. Bunga lavender ini sudah dikenal dan umum dipakai dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk. Cara menggunakan bunga ini agar kulit kita tidak digigit nyamuk adalah dengan menggosok-gosokan bunganya pada kulit kita.
    • Geranium. Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan ditempatkan di tempat yang terkena tiupan angin, karena aroma geranium akan tercium bila daunnya saling bergesekan.
    • Serai. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.
    • Rosemary. Daunnya berbentuk jarum dan memiliki bunga ungu kecil. Dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan menggosok-gosokan daunnya ke kulit. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini dapat mengacaukan penciuman dan nyamuk.
  • Jangan biasakan menggantung terlalu banyak pakaian dan menumpuk barang-barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang dan kain yang bergelantungan.
  • Pasang kassa nyamuk di jendela rumah anda dan apabila anda suka membuka pintu, pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk. Dengan cara ini sirkulasi udara di rumah anda tetap lancar dan nyamuk pun tidak bisa masuk.
  • Kalau belum memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela pada sore hari menjelang malam (kira-kira jam 17-19) dan jangan buka pintu dan jendela di pagi hari sebelum sinar matahari bersinar (sekitar jam 4-5), karena biasanya pada jam-jam ini nyamuk mulai beraksi untuk masuk ke dalam rumah.

Anda juga dapat melakukan tips berikut:

Siapkan segelas air. Masukkan beberapa butir kapur barus. Lalu letakkan di salah sudut ruangan. Nah, nyamuk pun tak kan berani mendekat. (sumber di link pada sub judul).

Tips Mengusir Nyamuk Secara Alami.

Ada dua jenis obat pengusir nyamuk yang dijual secara komersil di pasaran, yaitu yang terbuat dari bahan kimia sintetis dan minyak tanaman. Yang telah diteliti dan diakui secara internasional mengandung bahan aktif N, N-diethyl-3-methylbenzamide (DEET).

DEET bekerja dengan cara menghambat reseptor kimia karbondioksida dan asam laktat. Kedua zat itu merupakan substansi yang dihasilkan tubuh manusia, yang dapat “menarik” nyamuk. DEET tak boleh dioleskan pada kulit yang sedang terluka. Senyawa ini bersifat racun bila tertelan atau terkena mukosa mata.

Karena itu, dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami saja. Selain lebih efektif mengusir nyamuk, juga tanpa efek samping. Jenis tanaman yang berkhasiat sebagai pengusir nyamuk adalah geranium, yang mengandung senyawa geraniol.

Penelitian terbaru membuktikan, lilin aromaterapi yang mengandung geraniol bekerja lima kali lebih efektif dalam mencegah gigitan nyamuk, daripada lilin sitronela (sereh).

Center for Disease Control and Prevention juga merekomendasikan minyak lemon eucalyptus sebagai repelan (obat anti nyamuk). Studi menunjukkan, minyak lemon eucalyptus mampu menangkal nyamuk selama 6 jam. Sama dengan jika kita menggunakan DEET. Kesimpulannya, geraniol dan minyak lemon eucalyptus adalah pilihan terbaik seabgai obat atau krim anti nyamuk. (Sumber pada sub judul yang dilink).

Tips Mengusir Nyamuk.

Di rumah Anda banyak nyamuk ? Nyamuk yang berterbangan dan mengigit akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Berikut ini tips untuk mengusir nyamuk :

– Tuang sedikit air pada sebuah piring makan berwarna putih, lalu tambahkan beberapa tetes sabun cair untuk mencuci piring dengan wangi lemon.

– Aduk perlahan (tidak perlu sampai berbuih). Letakkan di tempat yang Anda inginkan.

Entah apa penyebabnya, nyamuk akan tertarik dan berkumpul di piring tersebut serta akan mati setelah meminum AIR.

Salah Satu Cara Mengusir Nyamuk.

Nyamuk, makhluk pengganggu yang sering mengganggu ketika sedang tidur. Berdasarkan pengalaman, saya berhasil menemukan salah satu cara mengusir nyamuk nyaris tanpa biaya.

Sebagai orang IT, saya sering menginap di kantor hingga pagi hari. Tak jarang, saya lupa membawa perlengkapan anti nyamuk yang biasa dipakai, yang mengakibatkan sekujur lengan ditumbuhi bentol-bentol akibat gigitan nyamuk. Alhasil ketika dini hari, saya terbangun dan memantau keberadaan nyamuk yang super banyak dan menempel di lengan. Plak! Nyamuk yang sedang menghisap darah, berhasil dipukul dengan gemilang. Alhasil mayat nyamuk jatuh ke lantai.

Berulang kali saya berhasil membunuh nyamuk hanya dengan tangan saya, namun itu tidak pernah cukup. Selalu ada saja nyamuk baru yang muncul dan menggigiti tangan ketika saya terlelap. Dan kejadian ini selalu terjadi berulang-ulang bahkan ketika badan sudah diolesi dengan anti nyamuk spesial yang katanya tahan sampai pagi. Nyamuk di sekeliling saya seolah-olah dapat bermutasi dan melawan anti nyamuk tersebut.

Sampai Akhirnya….

Ada hari-hari dimana gerombolan nyamuk nakal tersebut sama sekali tidak menyerang. Setelah dianalisa berulang kali, ternyata cahaya lampu turut berperan dalam mengusir nyamuk. Alhasil saya akali keadaan kantor dengan menyalakan lampu-lampu tertentu dan melihat perbedaan jumlah nyamuk yang signifikan.

Keadaan Kantor….

Ruangan saya, terletak di lantai 2. Banyak retakan di dinding yang berperan menjadi saluran masuknya nyamuk ke dalam ruangan. Ada kaca transparan besar menuju working area. 2 pasang lampu panjang terpasang di langit-langit

Working area, terletak di lantai 1. Sangat luas karena merupakan pusat pekerjaan. Banyak barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Di langit-langit, tergantung beberapa lampu sorot model 1/2 bola berwarna putih.

Ya, foto dapat membantu memperlihatkan keadaan kantor, namun saya tidak berani membawa kamera ke kantor untuk mengambil gambar.

Triknya….

Menyalakan satu lampu working area yang paling dekat dengan ruangan saya. Yang terjadi, jumlah nyamuk berkurang secara signifikan hampir 100% dari keadaan normal. Jika ada nyamuk datang, Plak! Nyamuk mati dan No More Problem. Dan metode ini sudah dilakukan berulang-ulang dan saya nyaman tidur di kantor tanpa harus pusing menyiapkan anti nyamuk. Sebentar lagi malah mau dibelikan Sofa Tidur oleh si Bos.

Hasil analisa, mungkin solusi ini dapat diadaptasikan di tempat lain namun keberhasilannya tidak dijamin. Misalnya kamar anda terdapat saluran yang berpotensi dimasuki nyamuk. Pasang sebuah lampu sorot berwarna putih (mungkin nyamuk suka warna terang) tepat di depan pintu kamar anda. Arahkan menuju tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk di luar kamar anda dengan maksud agar bukan kamar anda yang dijadikan sarang nyamuk.

Lewat batas ini adalah cerita pribadi. Jika anda merasa jijik mengobservasi serangga, sebaiknya jangan dibaca
==========

Dulu, ketika solusi ini belum ditemukan, banyak sekali nyamuk yang saya bunuh pada dini hari. Bangkai nyamuk tersebut saya jatuhkan ke lantai sehingga seolah-olah menjadi tempat pemakaman nyamuk. Dibiarkan 30 menit – 1 jam, muncul gerombolan semut yang menarik bangkai nyamuk yang banyak itu. Pada pagi hari, seluruh bangkai nyamuk sudah lenyap dari lantai, sehingga saya tidak perlu susah payah menyapu semua “dosa” saya. Yang tersisa hanya darah melekat di tangan yang didapat ketika memukul nyamuk, yang tak lain adalah darah saya sendiri.

Tips Cara Menghindari Nyamuk :

Tue, 27/06/2006 – 2:20pm — godam64

Nyamuk yang menggigit dan menghisap darah anda adalah berjenis kelamin betina. Nyamuk jantan hanya makan dari sari-sari buah dan tumbuhan lainnya. Nyamuk membutuhkan darah manusia yang kaya zat makanan dan energi untuk digunakan untuk reproduksi untuk melanjutkan keturunannya.

Pada artikel ini akan dipaparkan berbagai tehnik dan cara pencegahan untuk menghindari gigitan nyamuk yang dapat membuat badan anda gatal-gatal dan kulit bentol-bentol.

1. Losion / Lotion Anti Nyamuk / Mosquito Repellent

Oleskan lotion pada seluruh daerah kulit yang tidak tertutupi pakaian. Contoh losion penolak nyamuk seperti sari puspa soffel, autan dan lavenda. Nyamuk sangat tidak menyukai bau bunga lavender yang dapat menyarukan bau tubuh anda sehingga tidak terdeteksi oleh nyamuk. Cara ini adalah cara yang paling mudah, cepat, efektif dan efisien.

2. Anti Nyamuk / Obat Nyamuk Bakar

Beberapa merk terkenal obat nyamuk bakar adalah tiga roda, garuda, baygon, vape, dan lain-lain. Caranya tinggal anda bakar dengan korek api pada ujungnya dan kemudian taruh di alas khususnya yang terbuat dari besi yang biasanya bisa anda dapatkan setiap beli satu pak obat nyamuk bakar. Bisa juga anda buat dari kertas yang dibuat bergelombang seperti kipas tangan. Letakkan di tempat yang jauh dari anda agar tidak terkena bara apinya. Sebaiknya di tempatkan di tempat yang tertutup seperti dalam kamar, ruang tamu, dsb.

3. Anti Nyamuk atau Obat Nyamuk Cair Semprot

Yang pasti anda harus jauh-jauh dari ruangan yang baru disemprot agar anda tidak keracunan. Pastikan anda gunakan obat nyamuk cair yang tidak mengandung kerosin alias minyak tanah. Beberapa merek obat nyamuk semprot adalah hits, vape dan baygon. Caranya cukup disemprotkan ke dalam ruangan yang mau dibunuh nyamuk yang menghuni ruangan tersebut secara merata secukupnya, lalu tutup pintu dan jendelanya agar efek kerjanya lebih baik.

4. Kawat Jaring Sarang Nyamuk Besi atau Plastik

Cara ini cukup rumit karena harus memasang jaring-jaring di lubang-lubang ventilasi ruangan hingga tidak ada celah bagi nyamuk untuk masuk. Biasanya nyamuk masuk pada pagi, siang dan sore hari saat pintu terbuka, sehingga diperlukan perpaduan dengan tehnik lain untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Anti Nyamuk Elektrik

Alat ini nantinya akan mengeluarkan aroma tertentu yang tidak disukai nyamuk baik dengan cara memanaskan mat batangan atau menyemprotkan aroma ke lingkungan sekitar. Alat ini membutuhkan tenaga listrik untuk dapat bekerja.

6. Raket Nyamuk Listrik atau Baterai / Batre

Cara ini cukup menyenangkan di mana kita tinggal mengibaskan raket ke arah nyamuk. Nyamuk yang terkena raket ini akan kesetrum dan terbakar. Alat ini cocok bagi anda yang sangat membenci nyamuk dan ingin membunuh mereka secara langsung. Raket nyamuk ada yang menggunakan energi batre dan ada juga yang menggunakan listrik ces isi ulang.

7. Software Gelombang Suara Anti Nyamuk / Pengusir Nyamuk

Anda bisa mencari software penolak nyamuk di mesin pencari google, yahoo atau msn. Download, install dan jalankan software / piranti lunak tersebut di pc anda melalui speaker biasa. Gelombang itu bisa diseting terdengat manusia maupun tidak terdengar kuping / telinga manusia. Tehnik ini tidak 100% mengusir nyamuk.

Cara Unik Mengusir Nyamuk.

Terganggu dengan nyamuk? Tapi gak sempet beli obat nyamuk? Make obat bakar tapi korek api udah habis? Ato masih menggunakan pengusir nyamuk elektrik? Aduhh, kok repot amat sih,, Gak usah repot-repot deh, di jaman teknologi kayak gini nih, gak usah dah pake yang begituan.. Gak level gitu lho..Sekarang ini sudah ada software unik yang dapat mengusir nyamuk hanya sekali bilas dengan komputer, namanya “Anti Mosquito”. Awalnya saya juga gak percaya. Biar bagaimanapun juga, saya ini manusia dan jelas memiliki rasa penasaran. Tanpa pandang bulu saya langsung mendownload dan mencobanya.

Memang sih, cuma sedikit nyamuk yang mau tinggal dirumah saya. Tapi sewaktu tadi malam, keberuntungan menindas saya. Malam itu banyak sekali hantu nyamuk yang berkeliaran di kamar saya. Dengan begitu percobaan dapat dilakukan.

Sebelum “Anti Mosquito” di aktifkan, di ruangan terdapat 9-12 ekor nyamuk diantaranya 4-5 ekor nyamuk di sekitar komputer dan badan saya. Setelah di aktifkan, WOW, mengejutkan sekali sekitar 4 ekor nyamuk pergi dari badan saya, dan sekitar 6 ekor nyamuk mengungsi pindah keluar ruangan. Awalnya saya mengira itu hanya kebetulan saja. Beberapa menit kemudian, memang terbukti, tidak ada seekor nyamuk yang mengganggu badan saya. Dan dapat bertahan hingga larut malam.

Lalu saya menguji tes yang kedua. Dengan mengaktifkan komputer semalaman dengan pintu kamar terbuka. Terbukti lagi, tubuh saya tidak ada bercak merah karena nyamuk. Hmm.. memang deh software ini gak bo’ong. Berikut penjelasan softwarenya :

This program produces sound in the range of 16000Hz to 20000Hz which is beyond the audible range of the humans. Pets and other animals can though here the same. This sound produces an undesirable effect on the mosquitos and other pets thus restrains them from flying.

Pingin nyoba? Penasaran?

(Untuk download programnya, silahkan kunjungi blog yang dirujuk – link pada judul).

2 Tanggapan to “Tips Mengusir Nyamuk dan Koruptor !”

  1. Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa s2

    Suka

    • agorsiloku said

      Salam kenal kembali rekan… Yogya yang nyaman dan ramah….
      Setuju, tingkatkan pendidikan dengan menghargai hak cipta, jangan main kopi pais dari informasi publik tanpa menyebutkan dan melink sumbernya agar selalu dapat menarik manfaat, memperluas, dan menjaga hak-hak yang seharusnya selalu dihormati….

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: