Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Memahami Fungsi Bintang Di Langit.

Posted by agorsiloku pada September 22, 2008

Petunjuk Allah mengenai bintang berbeda sebagian berbeda dengan petunjuk manusia.  Manusia, bisa-bisa saja melilhat bintang sebagai yang layak disembah, bisa juga sebagai bagian dari pengetahuan per-zodiak-an.  Kalau orang yang lahir berrasi Aries maka sifatnya bla…bla… kalau Gemini maka begitu, dan kalau Capricorn juga bla…bla…bla…  Fungsi ini berbeda antara pemahaman sebagian manusia dengan petunjuk Allah.  Dalam kuliah shubuh di teve tadi malam, KH Quraish Shihab menjelaskan fungsi bintang adalah :

1. Bintang yang dekat menghiasi langit bagi orang yang memandangnya. (QS 15:16)

2. Sebagai pelempar setan (QS 67:5) untuk bintang-bintang yang dekat.

3. Sebagai tanda-tanda (penunjuk). QS 16:16, sebagai penunjuk di dalam kegelapan di darat maupun di laut (QS 6:97).

4. Sebagai petunjuk tanda kekuasaanNya bagi kaum yang memahami. (QS 16:12)

Kok jadi pelempar setan yang mencuri-curi berita dari langit. Kok sebagai pelempar setan?.  Kan bintang itu besarnya bukan main… ribuan bahkan bisa jutaan kali dari bumi kita ini.  Matahari saja, sebagai salah satu bintang sudah begitu besarnya.  Masak sih dipakai sebagai pelempar syetan?.

“hus…” nggak begitu dong, 😀   yang dimaksud itu adalah semburan api yang sangat terang, jika syaitan itu mendekatinya seperti dijelaskan oleh QS 15:18.

QS 15:16. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya), 17 dan Kami menjaganya dari tiap-tiap syaitan yang terkutuk, 18. kecuali syaitan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang.

Tapi syetan itu kan dari golongan manusia dan jin.  Namun, dalam Al Jin dipahami bahwa mereka dahulunya bisa mendengarkan berita dari langit, hanya sekarang sudah tidak diijinkan lagi. (QS 72:9). Maksudnya jelas dalam sesuai dengan nama surat, yang dilempar semburan api itu adalah golongan jin.
Pernyataan ini juga sekaligus menjelaskan pula bahwa dimensi jin bisa melakukan perjalanan cukup jauh juga. Setidaknya mendekati gugus bintang yang dekat, tempat komunikasi malaikat berada….sampai semburan api dari bintang akan mengejar syaitan yang ingin mencuri berita dari langit !.

Karena dijelaskan bahwa fungsi bintang sebagai pelempar syeitan yang ingin mencuri berita-berita dari langit, maka perlu pula kita perhatikan, yang berfungsi seperti ini adalah bintang yang dekat.  Dekat dengan bumi tentunya, kalau yang jauh tidak masuk dalam area pelempar setan.  Dengan kata lain, bisa dipahami pula bahwa di ujung-ujung alam semesta yang jaraknya milyaran tahun cahaya, jin tidak ada di situ.

Wallahu’alam.

Iklan

15 Tanggapan to “Memahami Fungsi Bintang Di Langit.”

  1. yureka said

    mas agor…..
    itu ayat bunyinya : ” aku jadikan bintang sebagai RUJUMAN atas setan ”

    sepertinya arti yang paling pas untuk rujuman, : ancaman.

    khayalan saya justru sangat sederhana :
    setan terdiri setan jin dan setan manusia : clear.
    setan adalah semua unsur yang menentang hukum Allah : clear
    pada hari pembalasan semua setan diancam dengan bintang : clear ??

    setelah semesta dihancurkan Allah akan memberdirikan kembali semesta akhir seperti semula dengan “bintang” yang secara astronomis berada “dibawah” untuk tiap solar system, jadilah dia absolut sebagai ancaman/rujuman setan.

    cuma khayalan saja….

    @
    Mas Yureka… saya nggak tahu persis mengapa rujuman diartikan sebagai pelempar, namun karena ada penjelasan mengenai dikejar oleh semburan api yang terang bila mencuri berita dari langit, jadi cukup clear juga diartikan sebagai pelempar, juga sebagai ancaman jika mencuri berita dari langit…

    Namun, agor juga tidak mengerti seberapa pengertian semburan itu, apakah seperti ledakan matahari yang pada sebagian waktu dan kejadian semburan api yang terangnya sampai ke bumi ataukah jika jaraknya cukup dekat.

    Pada hari pembalasan, saat bintang berjatuhan adalah pada hari kiamat. Tapi, agak bingung juga kalau pengertiannya : pada hari pembalasan semua setan diancam dengan bintang : clear atau not clear?.

    Ketika alam semesta diulangi… wallahu alam, bagaimana kejadiannya dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya. Sangat boleh jadi ada kemiripan model dan hukum, tapi tentu tidak sama dengan penciptaan pertama.

    Suka

  2. jatibening said

    bahwa dalam 6/112 bahwa setan adalah dari golongan jin dan manusia

    sehingga bagaimana mungkin setan dilempar dengan bintang?

    bahwa bINTANG adalah satu solar system yang jumlahnya milyaran, bintang bintang berada dalm

    galaxy2 yang jumlahnya milyaran juga.

    terimakasih

    @
    Karena itu dalam postingan tersurat dan tersirat ditegasi :
    Pada bintang-bintang dekat.
    semburan api yang terang
    dan surat Al Jin, surat 72:9 bahwa semburan itu karena kondisi pada ayat tersebut.
    Dengan begitu, rasanya agor bisa menangkap keseluruhan pemahaman dengan lebih jernih 😀

    Suka

  3. zal said

    ::Mas Agor, misalkan semua itu adalah umpama, dan yang hendak dilihat Allah itu adalah apa yang dibalik itu, seperti digambarkan sebagai Zodiac yang berarti bintang-bintang itu mempengaruhi karakter manusia, dan cahaya bintang itu katanya seperti matahari yang mempunya sinar sendiri, jika setan adalah gambaran penggoda dalam kegelapan, maka terangnya jiwa akan jalan-jalan yang ditunjuki akan melontarkan setan bak drakula yang terbirit-birit tersinari matahari.

    “mereka yang merenungi Ciptaan Allah berkata, sungguh tiada yang sia-sia..”, apa yang dapat dipalingkan jiga jalan telah tampak…

    @
    Mas Zal yang dirahmati Allah SWT, mengenai fungsi bintang sebagai hal-hal yang mempengaruhi karakter manusia tidak ada penjelasannya dalam AQ, jadi harus dicari penjelasannya dari bidang ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karena itu, agor memilih kata, penjelasan tentang pengaruh zodiak ini berbeda dengan petunjuk Allah dalam AQ atau lebih tepat, tidak ada petunjuk Allah mengenai fungsi bintang terhadap karakter manusia atau bisa juga dikatakan, AQ tidak menjelaskan mengenai fungsi bintang sebagai salah satu unsur pembentuk karakter.
    Jadi seumpama (misal) adalah benar bintang mempengaruhi karakter manusia (ketika dilahirkan) sebagai hipotesis a, maka tentu untuk menguji a atau bukan a perlu dilakukan sejumlah fungsi-fungsi ilmiah dan statistik untuk menolak atau menerima hipotesis ini. Agor sampai sekarang belum tahu, adakah penelitian ilmiah terhadap hal ini.
    Untuk contoh lain, pengaruh golongan darah terhadap sifat manusia telah dilakukan penelitian yang hasilnya juga cukup mengagetkan…

    Namun, agor percaya tentu, di luar yang disebutkan AQ banyak fungsi-fungsi lain yang diminta manusia mencarinya sendiri atau bahkan tidak akan pernah mengetahuinya. Contoh yang sudah diketahui adalah fungsi matahari untuk membantu proses kehidupan, fotosintesis, mempengaruhi iklim, dlsb…
    😀

    Suka

  4. ech said

    tentang bintang sebagai alat perlempar syaitan, ada artikel menarik yang pernah saya baca disini:
    http://www.mail-archive.com/ppiindia@yahoogroups.com/msg08157.html

    oyah mas agor, lama saya tidak berkunjung kesini. selamat idul fitri. Taqoballaahu minna wa minkum.

    @
    Salam,
    Taqoballaahu minna wa minkum
    terimakasih Mas Ech, sudah lama juga agor tidak berkunjung ke rekan-rekan maya lainnya. Tidak setiap waktu dalam kesibukan, bahkan pada tetangga sebelah rumahpun kerap jarang kita bersilaturahmi…..

    Suka

  5. Alloh menciptakan bintang2 dilangit sebagai kebesaraNya, dan senjata untuk menghancurkan syaiton2,karena ingin mencuri berita dari langit (dialog Alloh dan Malaikat-Nya),ini adalah Benar seperti Firman-Nya, namun bintang juga sebagai hiasan langit di malam hari, semoga kita semua menjadi bintang bukan menjadi awan artinya ….(fahami sendiri)

    Suka

  6. sasa said

    huhuhuhu

    Suka

  7. aburahat said

    @all
    Astaqfirullah.
    Janganlah kita menafsirkan ayat2 Allah begitu sempit. Seperti QS 67:5. Bintang2 sebagai pelempar setan untuk bintang2 yang dekat. Ahli pengetahuan akan mentertawai Firman Allah ini. Jadi jangan senaknya menterjemahkan/mentafsir ayat2 seenaknya seperti yang ditafsir Qurays.
    Bagaimana kalau kita anggap bahwa yang dimaksud Syaitan disini adalah perbuatan2 jelek/merusak (untuk manusia merusak ke Imanan kita). Maka fungsi bintang2 disini menjaga keseimbangan alam semesta dari kerusakan. Dan melempar adalah mendorong dari tarikan2 gaya tarik planeet2 dlsb yang akan mengakibatkan kerusakan. Wasalam

    Suka

    • agorsiloku said

      Subhanallah, betul Mas Aburahat, tidak ada penegasan soal jauh dan dekat. Jauh dan dekat adalah persepsi kita, pada kuantum, jauh dan dekat bukan sebuah titik persoalan malah… Namun, langit yang dekat (dipahami dekat dengan bumi), memang disebutkan dalam Al Qur’an).
      Wassalam, agor

      Suka

  8. hanz said

    RAK MUTU .

    Suka

  9. Bujubune ! said

    Bintang sebagai alat pelempar setan adalah kiasan dari petunjuk-2 Allah SSWt tentang adanya kemampuan dari energi yang dihasilkan oleh medan elektromagnetis kuat (sinar gamma) yang dihasilkan sunspot bintang-bintang untuk memindahkan materi antar dimensi tempat dan waktu seperti melenyapkan, memindahkan dan memunculkan kembali pesawat-2 antariksa ke tempat-2 yang amat jauh dari tempat asal (kemampuan yang menyebabkan terjadinya perjalanan antar bintang atau galaksi).

    Insya Allah benar dan bermanfaat bagi kebaikan kemajuan puncak peradaban manusia sebagai mahluk Tuhan yang diberi kelebihan akal dibandingkan mahluk hidup ciptaan Allah SWT lainnya !

    Wasalam.

    Suka

  10. […] Terakhir Pabianus tibo the cr… on Pengakuan Ayam Pertama : Saya …Bujubune ! on Memahami Fungsi Bintang Di…jono on Beberapa Kesalahan Fatal Buku …Anice on Mampukah Manusia Mengubah Takd…delftya […]

    Suka

  11. qarrobin said

    syaithaan berasal dari golongan jinn

    al waswaasi = pembisik, bisa jinn, bisa juga manusia.

    al khannaasi = pengacau, pembuat ketakberaturan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: