Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Pengalaman Mencari Kodepos Seluruh Indonesia

Posted by agorsiloku pada Juli 4, 2008

Dengan kesabaran penuh, saya mendonlot semua kode pos dari sumbernya : Kode Pos Indonesia. Pekerjaan yang melelahkan, tapi lumayan menjemukan mengasyikkan.  Hasilnya, saya dapatkan data Kodepos seluruh Indonesia, lengkap sekitar lebih dari 123 ribu record.  Sayang data ini tidak terklasifikasi menurut kebutuhan sendiri.  Saya masih harus memisahkan lagi, kecamatan, kabupaten, dan provinsinya untuk setiap record yang di donlot dari sumbernya.  Biarpun banyak, toh dengan niat mengumpulkan data, saya periksa satu demi satu, baris demi baris, dan saya buat klasifikasinya.  Memang masih belum selesai, setidaknya sudah 80% pekerjaan dirampungkan hanya untuk membaca kodepos Indonesia ini.

Sambil mengerjakan, saya juga tidak pernah yakin apakah pencatatan Kode Pos ini sudah benar atau tidak datanya.  Memeriksa data adalah bagian penting.  Hasilnya, meskipun relatif sedikit, masih ada kesalahan-kesalahan kecil dalam penginputan data oleh Kode Pos Indonesia ini.  Berikut ini contohnya :

SOLO 5711

SOLO 5712

SOLO 5713

SOLO 5714

SOLO 5715

SOLO 5716

SOLO 5717

Jelas kode pos harusnya 5 digit, ini diketik 4 digit.  Jadi harus dikoreksi.

Berikutnya jenis kesalahan yang terjadi adalah prefix code yang keliru, misalnya :

BANGKO 373133 seharusnya BANGKO 37313 (Kelebihan angka 3)
CIREBON 40135 seharusnya Seharusnya Cirebon dimulai dari 45, sedangkan yang Bandung dimulai dari 40 prefix codenya.
KUTOARJO 45212 seharusnya kodenya dimulai dari 54.
MENTOK 33113 seharusnya Mentok 33311 (angka 3nya 3 kali).

Tidak banyak memang kesalahan yang sifatnya memang human error yang terjadi. Hanya belasan saja. Tapi menurut saya, biarpun sedikit tetap harus dikontrol/diperbaiki. Soalnya acuan kode pos ini kemudian juga didonlot oleh pihak-pihak lain dengan kesalahan yang juga sama lalu dipublikasikan. Sudah saya kirimkan kabar ini ke admin ptpos Indonesia. Mudah-mudahan segera diperbaiki kekeliruan kecil ini.

Perubahan yang ditimbulkan oleh pemekaran wilayah juga membuat data kode pos jadi agak susah diklasifikasikan. Apalagi jika pemekaran ini masih dalam taraf nego-nego. Beberapa wilayah seperti tomohon, minahasa utara, rappang, soppeng, wajo, dan juga sebagaian di sumatera, aceh dan daerah lainnya membuat klasifikasi yang ditetapkan oleh PT Pos juga menjadi kurang sistematis.

Yang juga tampaknya musti diperhitungkan oleh admin pt pos adalah penginputan harus divalidasi sesuai dengan prefix code yang ditetapkan sehingga kesalahan seperti itu bisa dihindari.
(he..he… itu kalau emang keliru…jangan-jangan saya yang malah yang keliru… maaf deh Mas Pos).

Salah ketik dan Singkatan

Salah ketik, lagi-lagi manusiawi.  Bisa emang salah ketik, kurang huruf, bisa juga memang belum ada standarnya.  Misalnya kata “campur aduk”  bisa ditulis “Campur Aduk” –> dengan spasi atau “campuraduk” –> tanpa spasi atau dengan tanda strip (-) jadi ditulisnya “campur-aduk” atau bisa juga “C.aduk”, “C. aduk” atau “Caduk”

Di sini memang perlu kesabaran dan rajin memilah-milah serta memanfaatkan fungsi-fungsi string agar pencarian bisa efisien dan cepat (trim, left, right, instring, mid, dll)

Namun, untunglah tidak ada karakter yang dipakai sebagai sintak sql yang dipakai.  Kalau dipakai tanda-tanda seperti # & $ % ” * jelas perbaikan akan sangat melelahkan.  Mengapa, yaitulah… karena karakter-karakter seperti ini dipakai sebagai fungsi pencarian/filter oleh sql.  Dengan begitu, pencarian akan gagal atau berulang karena penggunaan karakter ini dalam inputan teks….

Penulisan Yang Mempersulit kontrol.

Penulisan seperti :

Martapura 32381 – Dengan alamat : ” Wilayah Kec. Martapura yang tidak tercantum diatas”

atau … lainnya Kec. atau Perw.kec adalah informasi-informasi pengelompokkan yang menurut saya tidak memiliki standar proses yang jelas.  Sebaiknya hal seperti ini dihindari saja.  Tulis saja semua kecamatan yang ada dan diketahui ada.  Jika ada tambahan nama jalan, maka tinggal menambahkannya.  Tapi menuliskan dengan keterangan pada alamat akan membuat kesulitan jika akan membuat tambahan data dan terpaksa harus mencari kembali data sebelumnya yang informasinya sudah tidak uptodate.  Jadi kalau boleh usul, menggunakan kata lain-lain itu jangan dituliskan di alamat kode pos.

Penggabungan Kata depan seperti Martapura 32381 boleh-boleh saja.  Tidak masalah, tapi sebaiknya dalam melakukan penginputan data, form inputannya sebaiknya dibuat dalam sortir atau filter hanya kodepos dan nama wilayah kontrolnya (untuk contoh di sini adalah martapura).  Mengapa, ya… itu tadi untuk menghindari kesalahan penulisan nomor.

Tidak semua memang bisa dideteksi dengan program, kecuali jika diawal, program mengunci dengan ketat aturan-aturan input databasenya.  Dengan demikian tidak bisa user menginput kode pos, kecuali sesuai dengan aturan penulisan yang ditetapkan.

Ada baiknya juga pemeriksaan dilakukan dengan meng-count-data, terutama data yang sudah ada di database dan perlu diperiksa.  Misalnya penulisan kata Huta Ulu dengan Hutajulu pada alamat yang sama, kota yang sama, dan kecamatan yang sama.  kemunculan kata huta ulu sekian kali dan hutajulu sekian kali, setidaknya mengindikasikan bahwa kata yang benar adalah huta ulu, jika munculnya lebih banyak.

Tidak bisa dihindari pula, tanya ke google adalah bantuan yang penting.  Misalnya “Kec. Merakkurak” ataukah “Kec. Merakurak” (TUBAN 62355),  Kalau kita search di gugel, kita tahu yang benar adalah Merakurak (hanya satu huruf k-nya).  Mengapa?, bukan karena saya orang Tuban sih, tapi kemunculan kata  Merakurak cukup banyak, sedangkan yang dengan dua huruf k (merakkurak) hanya dari PT Pos Indonesia saja.

Salam, agor.

Iklan

25 Tanggapan to “Pengalaman Mencari Kodepos Seluruh Indonesia”

  1. Wah, anda rajin dan teliti banget ya ?

    Intinya kayaknya perlu validasi ya ???

    Padahal menurutku membuat validasi kayk gitu, nggak perlu modal banyak-banyak. Pake Open Office saja bisa atau Excel. Kalau mau pake program Database sih bagus juga. Tapi kebutuhan minimal saya rasa Open office Spreadsheet yang lumayan akrap digunakan dan nggak bayar – cukuplah untuk membuat validasi input.

    Kalau kelebihan satu karakter atau ada yang polanya menyimpang kan langsung ke lacak….- Harus dibuat kontrol di bagian inputnya tuh..-

    SALAM ya atas Perjuangan Anda.

    Suka

  2. haniifa said

    Saya malah agak kurang begitu sreg, dengan penggunaan kode pos.
    Setidaknya dengan penulisan alamat lengkap, baik bagi si pengirim maupun si penerima pos… sedikit banyak turut menanam dalam ingatan tentang nama-nama daerah, kota,… dsb. yang berada di wilayah Republik Indonesia.
    Suatu hal tentang kesadaran akan wajib pajak masyarakat pada iuran TV beberapa waktu lalu, menjadi hilang karena sistem kolektifitas yang dikelola oleh suatu yayasan TV swasta.
    Disisi lain penggunaan Kode Pos, saya memandangnya sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan karyawan Pos dan Giro dalam menyortir berkas-berkas surat sehingga memang tidak dirancang untuk sistem komputasi dengan demikian sah-sah saja selama kode pos unik.
    Saran buat @Mas Agor jika tidak keberatan, sebaiknya tim anda menggunakan sedikitnya 2 basis data (satu dari data kode pos on line dan satu lagi dari data asli berupa buku panduan dari kantor Pos) dengan demikian akan diketahui kemungkinan data yang lebih valid.

    Wassalam, Haniifa.

    Suka

  3. @Saran buat @Mas Agor jika tidak keberatan, sebaiknya tim anda menggunakan sedikitnya 2 basis data (satu dari data kode pos on line dan satu lagi dari data asli berupa buku panduan dari kantor Pos) dengan demikian akan diketahui kemungkinan data yang lebih valid.

    Haniifa emang Te O Pe Be Ge Te.

    Tapi kode itu perlu soale kadang kala nama daerah itu mbingungi dan sangat mungkin ada yang namanya sama atau mirip

    Suka

  4. haniifa said

    Ha.ha.ha. 😀 dasar anak teka nyang ngak lulus teka nol
    Siapa nyang suruh dibuang kode pos-nya.
    Selayaknya saat pembuatan kode pos, di generated by program sehingga menghasilkeun primary key no duplicated.
    Neehh…. untuk pemakai.
    1. Cari panjang (kode pos) maximum.
    2. Buat field minimal semin point 1.
    3. Nama field jangan dijadikeun primari key doeloe.
    3. Baru masukeun data-data hasil donlot.
    4. Rapet kanan.
    5. Isi space kiri dengan karakter “O”. plush ltrim(Field).
    6. Select urak-arik by SQL, sing podo bae. and EDITEN 😛
    7. Baru bikin code prohram… eh program, Primari Key := Kode Pos
    8. MUDAH KAN 😀

    Slamet-slamet tambah bingung, Om @Raden Mas Haniif, PG

    Suka

  5. Wah…jan..jan…wis ping piro kae Haniifa ngundang aku anak TK….-?

    Inggih bu guru….! Inggih kulo mudeng kok maksud panjenengan. Aku iso dibalang sandal ki…-

    Maksudku inggih Raden Mas Haniifa….- Kulo setuju wis ide panjenengan. Mas Haniifa ki mangane gethuk ya ? Kok iso pinter banget ??

    Suka

  6. haniifa said

    @Mas Lovepassword
    Ya sudahhh… kamu naek kelas dech !! 😉
    Coba buka halama satu := Awas jangan lupa PR SD-mu nanti -bertelur terus-…

    Wassalam, Cah Jamur Sitake…rek !! 😀

    Suka

  7. […] Pengalaman Mencari Kodepos Seluruh Indonesia […]

    Suka

  8. aa said

    bismillah,

    wah kesabaran anda patut dipuji, tapi sebetulnya ada cara yang lebih baik.
    saya menggunakan wget + batch file mencari kodepos yang mengandung 0 s.d. 9, lalu kita tinggal tunggu diam duduk manis.

    nah kalau verifikasi/validasi memang mau tidak mau harus satu-persatu, script cuma bisa sedikit membantu secara kasar. disini barulah kesabaran seperti anda benar-benar dibutuhkan.

    tapi cara yang paling efisien sebetulnya seperti yang pernah dulu saya lakukan (2004), minta saja langsung ke kantor pos :). saya cuma diminta surat pengantar dari perusahaan dan Rp 25 ribu pengganti disket. waktu itu formatnya dbf plus software buat menggunakannya.

    sekedar sharing pengalaman 🙂

    alhamdulillah.

    @
    Yang berat memang verifikasinya, kesalahan penginputan atau kodepos yang keliru…
    kalau donlotnya sih nggak lama….
    trims… tapi sudah selesai kok…. (lagi mikirken gimana ditampilkan di blog…)…

    Suka

  9. wiwiensukma said

    sori.. numpang lewat..

    @
    moggo pinarak… 😀

    Suka

  10. budi said

    (lagi mikirken gimana ditampilkan di blog…)…
    Jgn kelamaan mikirnya mas, hehehe. Tolong donk tampilkan diblog.
    Atau dishare saja di eSnips.com biar kita bisa download.
    {sekalian kirimin ke email saya,mas biar saya bisa pake dalam bentuk excell atau mysql .sql juga boleh. Soalnya saya lagi bikin proyek utk pencarian database nih)

    @
    eh sudah lama selesai. Nanti saya buat databasenya deh. Pulang dari dines, seminggu lagi ya.

    Suka

  11. Jati said

    Susah2 nyari kode pos, disini aja
    http://downloads.ziddu.com/downloadfile/297461/U_kodepos.zip.html
    dari blognya mas eko.
    kalo minta verification code,trus verificationnya gak muncul, isiin dulu aja ngasal, tar kan muncul sendiri, dah itu donlot deh.

    Suka

  12. Terima kasih untuk informasi yang telah Anda sampaikan.

    Semua temuan kesalahan di atas sudah kami perbaiki. Apabila Anda masih menemukan kejanggalan, mohon untuk tidak segan-segan memberitahukannya kepada kami.

    Salam,
    Administrator Web Kodepos Alamat Indonesia

    Suka

    • agorsiloku said

      Mas Admin, terimakasih untuk catatannya. Saya lihat sudah ada perbaikan yang cukup mendasar untuk menyajikan data ke publik dengan baik. Saya akan periksa dan bandingkan dengan data yang saya udah kumpulkan….
      Kalau ada yang menurut saya masih perlu dirapihkan, nanti akan saya kabari lagi.
      Salam, agor

      Suka

  13. wee_dee said

    Mau donk datanya.. bole?

    Suka

  14. tutu said

    saya pikir selama ini pos indonesia sudah membuat data kode pos secara lengkap dan detail di situsnya,tapi ternyata belum ya, sampe saya sendiri pusing nyari-nyari nya, barusan juga nyari di pos indonesia tapi kok ga ada melulu ya …. responnya cuma gtu doank… tapi nyobain alamat bandung sih ketemu… but cari yang di lampung susah. Mau tanya ke kantor pos juga suka disuruh cari sendiri di buku, mana tebal banget bukunya jadi pusing nyarinya.

    anyway, trm ksh dah bagi2 infonya… mau coba download dari ziddu deh

    Suka

  15. ADI SAR said

    Saya sedang mencari Program khusus untuk Kode Pos Indonesia sehingga ngak perlu ONLINE ke Internet,…..berikut data2 yang update…..
    Bagi Rekan2 yang pernah tahu….,mohon infonya …terima kasih.
    ADI SAR
    tujuanku @ gmail.com

    Suka

  16. ari said

    eh mas .. kalau sudah selesai boleh share databasenya? atau gak boleh di share bareng2 yg belum jadi, saya bantu selesain .. biar jadi kode pos open source gitu mas ..

    Suka

  17. gu4ngu4n@gmail.com said

    Mas, boleh minta dibagiin ga hasilnya? Hehehe sori ya bisa nya minta doang.

    Suka

  18. mario said

    ok……???? mantap sinetron cinta fitri memang oke deh tapi sebagai iblis yang paling jahat……………?MISKAH ha….ha….ha….ha….? tapi gak papa deh bangus pembawa aja nya enjoi semua dan etting farell yang paling bangus dari pada MISKAH.BALAS YA EAREL DAN fitri sms aku balas dong…….????

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: