Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Spirtus Menyebabkan Ekstasi dan Kebutaan Mata !

Posted by agorsiloku pada Januari 13, 2008

Republika. Minggu, 18 Januari 2004

Sebut saja namanya Udin. Usianya 19 tahun. Dulu, ia adalah anak yang rajin beribadah. Namun, karena pengaruh lingkungan pergaulan yang negatif, ia sering mabuk-mabukan di luar rumah bersama teman-temannya. Sementara kalau di rumah, Udin memperlihatkan sikap biasa-biasa saja. Orangtua Udin memang tipe orangtua sibuk. Itu mengapa, mereka tidak melihat bahwa Udin sebenarnya telah berubah.Ia bukan lagi anak shaleh yang rajin beribadah, tapi sudah menjadi budak minuman keras. Suatu pagi, ketika bangun tidur, Udin mengeluh pusing, sakit perut, dan tidak bisa melihat. Tak ayal lagi, Udin langsung dilarikan ke rumah sakit mata. Dokter mata yang memeriksa menyimpulkan, Udin menderita neuropati optik toksik akut metanol yaitu kelainan syaraf mata akibat keracunan metanol. Bisa dibayangkan, betapa kagetnya orangtua Udin mendengar hal ini. Sementara Udin cuma bisa tertunduk. Dalam hati, ia merasa sangat menyesal. Tapi nasi sudah menjadi bubur.

Penggunaan metanol yang tidak benar memang bisa berdampak buruk. Dampaknya pun tidak tanggung-tanggung yaitu kebutaan. Biasanya, metanol dicampurkan dalam minuman keras yang tidak bermerk. Selain minuman keras, metanol juga merupakan salah satu campuran untuk membuat spiritus. Karena itu, spiritus tidak boleh diminum.

Saat ini, kasus gangguan penglihatan, termasuk kebutaan, akibat metanol cenderung makin meningkat. Seperti dikatakan dokter Hartono SpM(K) dari Bagian Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada/RS Dr Sardjito Yogyakarta, kasus gangguan mata akibat metanol ini biasanya terjadi pada musim-musim tertentu dan dialami oleh kelompok tertentu, misalnya kelompok yang sedang pesta dengan mabuk-mabukan.

Diduga, meningkatnya kasus ini berkaitan erat dengan perilaku yang menyimpang, penggunaan narkoba, dan merokok. ”Pernah ada beberapa orang yang habis pesta, tiba-tiba tidak bisa melihat, langsung dibawa ke sini, dan ada empat orang lainnya meninggal di tempat pesta,” tutur Hartono. Hal itu disebabkan oleh konsumsi minuman keras yang mengandung metanol. Umumnya mereka mengonsumsinya sudah lama, tidak hanya sekali saja, sehingga syaraf matanya mati atau rusak. Akibat konsumsi metanol yang berlebihan tersebut, ada yang langsung meninggal, mengalami kebutaan total atau kecacatan mata yang tidak bisa kembali normal.

Hartono yang ahli di bidang syaraf mata mengatakan, metanol sifatnya sangat merusak dan meracuni mata. Pada mata, yang terkena biasanya adalah bagian yang paling peka yaitu syaraf mata bagian tengah yang lembut (serabut bagian tengah). Serabut ini berfungsi untuk penglihatan pusat. Lebih jauh Hartono menjelaskan, ciri khas dari neuropati optik toksik akut metanol antara lain, bangun tidur ‘teler’, dan ketika terbangun tiba-tiba tidak bisa melihat atau shock dan langsung meninggal. Sementara gejala umumnya adalah: sakit kepala, sesak napas, muntah, sakit perut, mungkin sampai gangguan kesadaran. Karena itu, pasien biasanya dirawat di bagian penyakit dalam atau penyakit syaraf. Setelah jiwa terselamatkan, pasien baru menyadari akan gangguan penglihatannya.

Yang menyedihkan, kata Hartono, neuropati optik toksik akut metanol ini umumnya menimpa mereka yang masih berusia produktif yaitu usia belasan tahun sampai dewasa muda. ”Banyak orang gara-gara mengonsumsi metanol harapannya menjadi hilang, karena mereka sudah tidak bisa melihat lagi dan berdampak sosial. Mereka jadi tergantung pada orang lain”.

Hartono mengatakan, bila syaraf mata bagian tengah rusak atau mati, maka orang akan mengalami gangguan penglihatan sentral yang sangat buruk atau bagian sentral tampak gelap/kosong (sekotoma sekosentral). Ini terjadi karena ia tidak bisa lagi melihat dimensi, daya pisah, dan warna. Hal ini bisa meluas ke perifer dan bersifat absolut serta ireversibel (tidak bisa kembali seperti semula).

Pengobatan

Ketika seseorang menderita neuropati optik toksik akut metanol, maka kecil harapan untuk sembuh. Bahkan ketika mendapati pasien dengan kasus seperti ini, dokter pun tidak bisa menjanjikan apa-apa. ”Sifatnya untung-untungan,” cetus Hartono. Dalam hal ini, dokter akan melihat dulu sejauh mana kerusakan syaraf mata bagian tengah si pasien. Kalau belum benar-benar mati, masih ada harapan untuk diobati, walaupun tetap mengalami kecacatan. Sebab, bila syaraf mata sudah terkena racun metanol maka tidak bisa kembali 100 persen, sehingga mengalami atrofi.

Gangguan penglihatan akibat keracunan metanol bisa terjadi dari derajat ringan sampai berat (buta total). Penderita dengan gangguan penglihatan ringan, masih bisa melakukan pekerjaan sehari-hari. Sementara yang mengalami gangguan penglihatan yang berat, biasanya kesulitan dalam melihat dimensi, warna, mengalami kebutaan sosial (tidak bisa bekerja), dan buta total. Perlu Anda catat, kebutaan dapat terjadi dalam beberapa jam setelah minum metanol. ”Karena itu nasehat kepada pasien dan keluarganya berhubung keadaan penglihatannya serta umur pasien yang masih produktif, sangatlah penting diberikan,” saran Hartono yang juga bertugas sebagai dokter syaraf mata pada RS Mata ‘Dr YAP’ Yogyakarta.

Pada pasien yang syarafnya belum mati, dokter biasanya memberikan vitamin dosis tinggi, protektor syaraf, serta obat untuk mengatasi peradangan. ”Kadang pada saat pasien dibawa ke rumah sakit tidak bisa melihat. Ketika diperiksa matanya, syaraf mata bagian tengah tidak rusak, melainkan mengalami peradangan. Setelah peradangannya diobati dan sembuh, ia bisa melihat kembali”.
( )

Iklan

9 Tanggapan to “Spirtus Menyebabkan Ekstasi dan Kebutaan Mata !”

  1. Dee said

    lhadalah, spiritus kok diminum, lha wong es jeruk aja masih lebih enak kok

    @
    lha iya… sulit untuk membayangkan :”kesenangan murah”, hanya ingin melupakan sejenak “kepedihan dunia” dan mendapatkan khayalan sesaat, kemudian mengambil resiko untuk gagal melihat dunia. Alangkah sedu sedannya tak terbayangkan ketika sebuah resiko untuk menjadi “tidak mampu melihat lagi” dipertaruhkan. Semoga tulisan di republika yang saya kutip (judul aslinya Metanol Menyebabkan Kebutaan” ini dapat disebarluaskan kepada banyak kalangan. Semoga informasi ini dapat ikut membantu menyebarkan dan mencegah mereka-mereka… usia muda… remaja, untuk berjaga diri. Jangan mengambil resiko untuk sesuatu yang tidak ada kesempatan lagi untuk meraih kesempatan. Mas Dee … kopi paiskan berita ini ya… sampaikan kepada semua dengan harapan mengurangi atau tidak lagi terjadi korban-korban berikutnya akibat kebodohan, kenekadan, ketidaktahuan, dan kecerobohan…. Semoga…. semoga…tidak ada lagi anak bangsa yang ibu dan saudara-saudaranya dikejutkan berita ini…..

    Suka

  2. sitijenang said

    spirtus katanya masih mending itu. ampas dari spirtus itu katanya ada yang dijadikan minuman lagi. namanya ciu. kalo mau mabok banyak aja caranya… dulu waktu SMP denger ada yg ngisep baru lem, thinner, dll. hilangnya kesadaran dianggap kenikmatan.

    Suka

  3. Iya seperti yang sudah disebutkan Saudara Sitijenang…
    saya sering mendengar tentang ciu Pak … dan kata teman2 saya ciu berbahaya untuk mata … ternyata benar ya

    @
    Iya… kehilangan pengelihatan karena methanol… untuk mencari kesenangan sesaat… sungguh menakutkan.
    kasus ini di amerika saja, kalau saya tidak salah baca terjadi 5000 kasus per tahun mulai dari kehilangan sebagaian pengelihatan sampai kebutaan total. Entah di Indonesia. Mudah-mudahan tidak ada kesadaran lebih baik untuk tidak menyia-nyiakan masa depan dari anak-anak muda (kebanyakan anak muda) karena hal ini. Mereka harus tahu resiko yang mungkin terjadi. Atau dianggap angin lalu…!?.

    Suka

  4. Anonim said

    Mantan Peminum:
    mau sembuh akibat buta karena metanol……..
    caranya gampang….
    Cari Dokter yang namanya Benny Hinn….
    intinya PERTOBATAN yang tulus dan terima Urapan… dari Tuhan JESUS Sanggup….?
    Pokoknya dijamin bisa sembuh

    @
    Inilah…
    Sebuah penawaran dan banyak lagi penawaran sejenis. Sungguh sebuah tantangan yang menurut saya besar.

    Suka

  5. herul said

    Anonymous berkata
    Februari 5, 2008 pada 2:14 pm

    Mantan Peminum:
    mau sembuh akibat buta karena metanol……..
    caranya gampang….
    Cari Dokter yang namanya Benny Hinn….

    * BOLEHKAN SY MINTA ALAMAT DR.BENNY HINN ??

    sy lg memerlukan pertolongan / info dimana tempat yg bisa menyembuhkan kebutaah akibat minuman oplosan / metanol ..
    karena saudara sy mengalami hilang penglihatan/gelap kalo melihat dan terkadang hanya bias sprti asap..
    jika ada yg mengetahui dan di mana tempat pengobatannya mohon di email ke email sy : herul_anwar85@yahoo.com

    besar harapan saya jika anda mememberitahukan tempat pengobatan medis/alternatif trsebut dr niat tulus anda untuk mmberikan pertolongan..terima kasih

    Suka

  6. apa nama vitamin syaraf mata dosis tinggi,propektor syaraf

    Suka

  7. inori said

    jika seseorang minum 250cc spirtus apa dy lgs mati koit apa kebutaan, tolong jelaskan secara rinci. soalnya ada yg minum gak masalah tuch….

    Suka

  8. bapa saya pernah minum spirtus tpi secara tidak sengaja

    awal’a dia ngeliat btol yg isi’a spirtus, karna spirtus warna’a putih jdi dia kira itu air dan dia msukin k kulkas, setelah spirtus itu dingin langsung d pinum sma bpa sy

    bpa sy blng sma sy, dia merasa brbda pas dia minum dan kepla’a lngsung pusing

    jadi, pertanyaan sy adlah
    apa bpa sy bsa mati gra2 minum spirtus sebotol…??

    #tolong_jelaskan

    #sy_kasian_sma_bpa sy

    Suka

  9. mengerikan…semoga saya tidak terjerumus ke dunia itu…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: