Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Ceruk Pasar Untuk Menaikkan Trafik Blog

Posted by agorsiloku pada Januari 6, 2008

Istilah kerennya niche market, niche product Blog atau apalah. Satu model yang dikembangkan untuk mengisi pasar yang tidak dijangkau atau dijamah produsen blogger lain. Sedangkan traffict/kunjungan, bolehlah dijadikan salah satu alat pembayaran kepuasan atau peningkatan modal dari perusahaan blog sebagai “sudah layak jual atau tidak” dan pemiliknya semakin makmur berbahagia atau puas dengan banyaknya komentar atau kunjungan?.

Seperti jalan ke Roma atau ke Mekah, banyak yang bisa ditempuh untuk meningkatkan trafik, namun kemudian meminta maaf karena “menipu” juga adalah salah satu taktikal dalam promosi juga. Namun, filsafatnya lebih ke marketing “hit & run”. Jual cepat dan lupakan. Cara ini biasa dilakukan oleh para pedagang yang konsumennya hanya sekali-kali dan berganti-ganti. Misalnya pedagang atau pengemis pinggir jalan, penjual rokok perempatan, dan kadang tempat wisata yang pengunjungnya hanya punya satu pola datang pergi dan tak perlu kembali.

Tulisan ini tidak bermaksud menjelaskan teknik meningkatkan trafik yang saya kira sudah begitu banyak blogger yang menulis. Jadi carilah di gugel, bagaimana caranya dengan kata “meningkatkan trafik blog”, maka sejumlah pilihan akan menarik untuk dipelajari. Ini salah satunya. Dan secara naluriah juga semua blogger punya keinginan untuk meningkatkan trafiknya, sebagai salah satu bukti aktualitas “pahala” dunia… 😀

Namun, kalau kita ingin meningkatkan trafik blogger secara serius sebagai ladang pahala kepuasan menjadi blogger, selain banyak blogwalking, memberikan komentar di blog mana saja, memiliki sajian gambar atau isi yang menarik, buat blogroll dari seleb, dan link-link dan pingback ke banyak site, tema yang mengigit dan lain-lain maka pahami terlebih dahulu : apa sesungguhnya yang menjadi target?, bagaimana posisi kita terhadap dunia blogger?, dan segmentasikanlah terlebih dahulu diri kita dan pasar blogger yang menjadi sasaran kita?.   Dan tidak kalah pentingnya atau boleh dibilang yang paling penting : apa kompetensi dan hobi kita.  Kalau kita suka dengan badminton atau lari pagi, maka buatlah laporan kegiatan dan tulisan berkenaan dengan ini.  Kalau suka kita nonton sinetron, maka buatlah pengunjung ke dunia Sinetron-etron, kalau hobi masak bermainlah di sini, kalau kita buka warnet, kuatkan kekuatan kita di situ pula.  Begitu juga kalau sering berpikir atau bertanya eksistensi diri  atau mencari pilihan-pilihan hidup di antara tebaran dunia.   Namun, kalau ingin dikenal karena keberaniannya untuk mentidakkan yang lain… yah…Anda tentu sudah tahu.  Tapi itukan namanya black campaign.

Pada setiap bagian kegiatan itulah pasar ide berada dan komunikasi hubungan sejenis  ditemukan 😀

Kalau kita sungguh-sungguh maka ladang akan subur.  Namun jika kita mau sederhanakan dan hanya trafik saja yang menjadi tujuan yah… gunakan gambar dan kata-kata yang bisa dipilih yang paling seronok layak meningkatkan trafik kita.  Yang terakhir ini, boleh jadi segera mengalahkan blog-blog yang menjadi seleb.  Singkatnya unik seperti almarhum wadehel.  Ini yang marketer menyebutnya sebagai ceruk/niche….  ngkali 🙂

Sayangkan, kita meminta maaf dengan isi untuk menaikkan trafik sesaat, tapi kemudian sebagaian besar akan mengingat blog ini hanya punya judul yang akan membuat pengunjungnya (baca : konsumen), menyesal mengeluarkan biaya internet karena mengunjungi blog Anda?.

Sebagaimana umumnya pasar, konsumen punya pilihan untuk bersikap hanya dalam satu klik saja.  Jadi sebaiknya tentu mengikuti kitab undang-undang hukum perdata blog (KUHPB).

Pentingnya Matrix SWOT.

Matrix Sewot (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman) pada bidang apa saja paling sering disampaikan. Faktor eksternal (peluang dan ancaman) dari berhasil atau gagalnya sebuah blog serta faktor internal (kekuatan dan kelemahan) menjadi bagian penting untuk menetapkan target kunjungan pada blog kita.

Apaan sih SWOT Analysis itu?… yah… begitu deh… itu adalah kombinasi untuk memanfaatkan peluang dengan kekuatan yang kita miliki dan menutupi ancaman dari pesaing karena kelemahan kita di pasar dengan kekuatan yang kita punya juga.

Ah sudahlah… ini hanya sekedar catatan saja.  Karena itu, ariflah yang dilakukan beliau meminta maaf dan ditanggapi positip oleh rekan kita ini….  Yah.. kita manusia biasa saja kok, sering lupa iseng, kita kan bukan superman.  Kadang berpikir pendek, kadang berpikir mendalam dalam kesederhanaan….

(eh… maaf pingback nggak nyambung… main tembak saja, maaf ya)

Iklan

6 Tanggapan to “Ceruk Pasar Untuk Menaikkan Trafik Blog”

  1. Mardies said

    Pertamax! Soale lagi begadang

    @
    😀

    Suka

  2. Mardies said

    Baru sadar nih. Ternyata aku punya konsumen. HAH! Punya konsumen? 😆

    @
    dalam dunia ide tentu… 😀

    Suka

  3. chiw said

    ah,
    marketing strategy…

    ada positifnya juga kan yang seperti itu? ya tentu saja Chiw, segala sesuatu kan memang pasti ada baik n buruknya… 😛
    setidaknya, ada yang tau juga strategi pemasaran dengan pasar seperti negara kita ini?
    😉

    semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya ya…
    *berdoa*

    @
    🙂

    Suka

  4. beasiswa said

    Thanks atas info dan tips nya

    @
    Sama-sama… dan terimakasih sudi berkunjung ke sini…

    Suka

  5. yamin tola said

    makasih banyak infonya.

    Suka

  6. Amin said

    Selagi posting kita berguna untuk kepentingan orang banyak dan up to date maka dengan sendirinya blog akan meningkat trafiknya. Apalagi dengan cara yang telah di paparkan diatas, … sangat luar biasa jadinya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: