Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Evaluasi Klik dari Blog Agorsiloku Bag. 1

Posted by agorsiloku pada November 12, 2007

Sekedar evaluasi setelah menjadi goblogger, sekedar catatan aksi reaksi terhadap kegiatan tulis menulis di dunia maya ini

Permulaan.

grafik-kunjungan-bulanan.jpg

Ketinggalan jaman seeh, Agor mulai di blogspot, lalu bulan September karena pertimbangan kemudahan memproses pindah ke gratisan baru : WordPress.

Pindah ke Word press dengan harapan bisa “lebih banyak” dikunjungi.

Dari data sampai bulan November 2007 ini. Setelah upload ulang dari blogspot ke wordpress yang selama 3 bulan pertama nyaris tanpa pengunjung, baru mulai September 2006 mulai ada pengunjung, itupun dalam sebulan hanya paling banyak 2-3 ribu saja. Setelah itu sampai April 2007 pengunjung rata-rata per bulan mencapai 23-25 ribu eks. Yah.. lumayanlah untuk mutu blog yang sedang-sedang saja. Kemudian, turun lagi sampai ke bulan Juli 2007 dari rata-rata 800-900 klik per hari ke 500 per hari. Bulan Agustus – statistik-total-blog.jpgSeptember 2007 naik mendekati 1000 kunjungan per hari. Tapi itupun tidak bertahan lama. Hanya sebagai blogger belajar… lumayanlah. Ternyata memang, jumlah klik atau kunjungan yang bertambah menjadi salah satu tolok ukur “kesenangan tersendiri”. Ada kesenangan yang tak terukur juga bahwa masih ada pengunjung, meski hasilnya tidak membanggakan. Kunjungan tertinggi hanya 1527 kunjungan dan terendah setelah beberapa bulan terjadi pada 13 Oktober 2007… pas hari idul fitri, hanya 180 kunjungan. Yah.. sangat jauhlah dari top, namun tetap saja ada kegembiraan karena ada yang mengunjungi.

Empat P dan STP.

Dengan menggunakan nama agorsiloku, jelas ini bukanlah nama yang populer. Tidak ada yang kenal nama ini. Jadi kalau pakai ilmu marketing mix (Product, Price, Promotion, dan Place) serta Segmentation, Targeting, Positioning maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk suksesnya sebuah blog. Pertama, jelas kita punya kompetensi dan kesukaan apa terhadap blog yang mau kita buat. Jelas, melakukan sesuatu tanpa memahami kompetensi atau kesukaan yang kita punya, hanya akan buang-buang energi saja. Membuat blog gratisan tanpa motif uang hanya akan menimbulkan kebosanan dalam waktu pendek. Tapi, kalau kita menyukai sesuatu (terutama dalam dunia tulis menulis) maka blog yang kita punya bisa memberikan arti bagi kita. Ini adalah harga yang dibayarkan kepada kita. Bentuknya, cuma satu jumlah klik dan terpenuhinya hobi menulis. Dengan dasar ini, saya memilih tema seperti “sains-inreligion.” Pilihan yang diambil karena senangnya mengklipping artikel-artikel ilmu pengetahuan.

Pentingnya positioning.

Dalam dunia pemasaran, positioning kerap dilupakan atau terlupakan. Positioning secara umum diartikan sebagai usaha menempatkan produk pada segmen dan target yang ditetapkan. Faktanya, kadang nggak pakai banyak perumusan, tapi tetap diperlukan bagaimana menempatkan blog kita dalam arena dimana ribuan bahkan puluhan ribu blog bertumbuh dari saat ke saat. Kita tentunya ingin “menjual” blog kita sebisa-bisanya. Karena fokusnya adalah minat, maka tema ini diusung dengan mengambil beberapa daya dukung dari tulisan yang saya klipping dan beberapa ragam pikiran yang kerap masuk arena berpikir. Segmennya jelas saja, satu iman saja deh, dengan segmen bukan pakar. Tapi orang-orang yang bersama-sama mencari pembenaran kebenaran. Oleh karena itu, dalam postingan, dipilih untuk tidak menggunakan bahasa-bahasa yang terlalu rumit, lebih santai, dan langsung pada tema. Kalau terlalu banyak kutipan bahasa asingnya (terutama arab), seperti pengalaman sendiri, banyak dilewatkan saja. Itu hanya berguna untuk pendalaman, tapi tidak berguna untuk bacaan pengisi di antara kesibukan atau terbatasnya benwit atau waktu yang tersedia untuk membaca. Kemudian, kalau isinya penuh dengan bahasa-bahasa non Indonesia, kelihatannya sudah cukup banyak yang membahasnya secara garing atau mendalam. Dengan begitu, agor membatasi segmentasinya bukan untuk “kuliah” keilmuan tapi untuk mewacanakan sesuatu yang dipandang menarik pada bidang yang diminati.

Berharap ada yang membantu ikut meluruskan jika salah, memberikan manfaat jika memiliki unsur kebenaran. Diniati bukan sebagai media dakwah, tapi sebagai media berbagi pikiran dan sebagai salah satu jalan untuk dapat mendekatkan diri kepadaNya…..

(bersambung)

 

 

 

Iklan

3 Tanggapan to “Evaluasi Klik dari Blog Agorsiloku Bag. 1”

  1. Kurt said

    Membuat blog gratisan tanpa motif uang hanya akan menimbulkan kebosanan dalam waktu pendek. Tapi, kalau kita menyukai sesuatu (terutama dalam dunia tulis menulis) maka blog yang kita punya bisa memberikan arti bagi kita.

    Selamat dan kutipan itu mengena sekali. maju terusss, selamat berkarya…

    @
    Terimakasih Mas Kurt Z untuk segala motivasinya… 😀

    Suka

  2. andrie said

    apakah udh terbukti pak klo wordpress lbh menarik pengunjung ktimbng blogspot?
    ato fasilitas2 apa yg menarik di wordpress?
    scr kasat mata, saya suka penempatn komen yg lngsung di bawah artikel, tdk sperti blogspot yg hrs pindh halamn.

    @
    Terbukti?. Wah sulit, tapi ketika saya masih diblogspot… sedikit sekali yang berkomentar. Namun, yang jelas pula, saya repot ngatur tag dan readmorenya. Karena ngatur read more susah, maka postingan jadi tampil panjang dan loadingnya jadi lama. Karena itu, pindahlah ke rumah blog baru….

    Suka

  3. alief said

    sip sip… uraian tentang positioningnya menginsprasi… 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: