Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Struktur Terbesar di Alam Semesta

Posted by agorsiloku pada September 4, 2007

Berbentuk seperti amuba dengan lebar sekitar 200 juta tahun cahaya, objek langit ini diyakini para ilmuwan sebagai struktur terbesar di alam semesta saat ini. Objek tersebut tersusun dari galaksi-galaksi dan gelembung-gelembung gas berukuran raksasa yang disebut alfa Lyman.

lymanalfa -Objek yang tersusun dari galaksi-galaksi dan gelembung-helembung raksasa yang disebut alfa Lyman membentuk kurba bercabang tiga.Struktur raksasa yang berbentuk kurva bercabang tiga ini terbentuk sekitar 2 miliar tahun setelah terjadinya ledakan Big Bang yang mengawali terbentuknya alam semesta. Masing-masing cabang kurvanya teramati dengan teleskop Subaru dan Keck yang berada di Mauna Kea.

Galaksi-galaksi yang berada di dalamnya berada pada jarak yang saling berdekatan satu sama lain. Rata-rata jarak antara satu galaksi dengan galaksi lainnya empat kali lebih dekat daripada jarak antargalaksi di alam semesta. Beberapa gelembung gasnya ada yang berdiameter hingga 400 ribu tahun cahaya atau dua kali lipat dimater galaksi andromeda.

Para ilmuwan memperkirakan, struktur ini terbentuk ketika bintang-bintang raksasa yang lahir di awal pembentukan alam semesta meledak hebat sebagai supernova sehingga mendorong gas-gas di sekitarnya. Selain itu, teori lainnya menyebutkan bahwa gelembung-gelembung gas raksasa tersebut adalah semacam kokon yang suatu ketika akan melahirkan galaksi-galaksi baru.

“Sesuatu yang sebesar dan serapat ini jarang ditemukan di awal pembentukan alam semesta,” kata salah satu peneliti Ryosuke Yamauchi dari Universitas Tohoku, Jepang. Temuan ini dapat memberikan gambaran baru mengenai struktur kosmos pada skala terbesarnya. Struktur yang baru ditemukan ini dan sejenisnya mungkin pemicu terbentuknya struktur gabungan lebih besar seperti yang dapat dilihat sekarang – terdiri atas kluster-kluster galaksi.

Sumber: CNN
Penulis: Wah
Sumber : Kompas, Struktur Terbesar Alam Semesta.

Iklan

18 Tanggapan to “Struktur Terbesar di Alam Semesta”

  1. ayahshiva said

    maha besar yang di atas yang menciptakan semua itu

    @
    Subhanallah, maha kuasa. Betapa kemudian terasa semakin kecil bumi kita dalam keluasan alam semesta ini, yang hanya sebagian kecil saya, teramat kecil untuk dipahami mahluk berakal yang diciptakannya di bumi yang kita tinggali ini.

    Suka

  2. Raja Ahmad Ismail said

    Assalamu’alaikum,
    Allahlah pemilik semua, dilangit dan dibumi. Allah Mahakuasa dan Dia juga yang memberikan tanda-tanda KebesaranNya supaya manusia dapat memikirkannya. Maka beruntunglah mereka yang mau memikirkannya, tidak perduli Muslim atau tidak. Maka bagi yang beriman, akan menyadari bahwa apa yang diciptakanNya tidaklah sia-sia. Apakah itu ciptaan yang dibumi maupun ciptaan yang dilangit.
    QS 3: 189, 190, 191.

    NikmatNya yang mana yang akan kita dustakan?. QS 55:13.
    Cuma umat Islam, kadang-kadang, sebagai umat terakhir yang diturunkan wahyu kepadanya, lupa akan ayat-ayat tersebut diatas.
    Lebih senang mempersoalkan halal-haram atau boleh-tidak, yang sudah jelas hukumnya dari pada memikirkan ciptaan Allah. Lebih bersemangat mengkaji yang ranting ketimbang yang pokok. Lebih senang mengutak-atik yang sudah jelas rujukannya, ketimbang memikirkan yang lebih bermanfaat bagi kehidupannya.
    Lebih suka bertelagah sesamanya dari pada menyelami maksud dari penciptaan jagat raya. Suruhan sudah jelas, perintah sudah terang, apalagi yang kita tunggu?. Maka tidak heran kalau Allah mempertanyakan : Nikmat Rabbmu yang mana lagi yang engkau dustakan?.
    Sentilan untuk mencari “kuasa” sudah jelas sebagaimana disebutkan didalam QS 55:33.
    Sehingga begitu mendengar orang lain sudah sampai ke bulan, bukan berusaha menggali ilmunya malah berfatwa itu cuma omong kosong orang kafir.
    Allah tetap akan memberikan ilmuNya bagi siapa yang mau dan tekun mencari, tidak perduli mukmin atau tidak, muslim maupun tidak.
    Itulah keMahapemurahan Allah.
    Dulu, berapa banyak penemuan ilmiah baik secara teori maupun aplikasi yang dihasilkan oleh umat Islam terdahulu yang menjadi rujukan dunia Barat. Kenapa mereka bisa dan kenapa dewasa ini umat Islam hanya sebagai penonton dalam kancah keilmuan?. Umat islam dulu teguh dan punya semangat tinggi serta tekun mempelajari Alquran dan memahami ayat-ayatnya. Memikirkan ayat-ayat Allah, yang tertulis maupun yang tidak. Mencari makna disebalik ayat-ayat yang “berbau sains”. Apakah waktu jaga, sambil duduk bahkan berbaring. Mereka kurangi tidur demi memikirkan ayat-ayat Allah. Tapi kita dewasa ini lain. Tidur dikurangi bukan karena memikirkan ayat-ayat Allah, tetapi menunggu siapa yang bakal bertanding malam ini atau berdugem ria di pub-pub menghabiskan rezeki yang diberikan Allah.
    Wassalam,

    @
    Alangkah Mahakuasanya, ketika kita diciptakan di sebuah tempat yang begitu kecilnya dibanding alam semesta yang memiliki struktur tak terbayangkan untuk dijelajah dan didefinisikan. Namun, begitu diperhatikan dan diawasi. Bahkan menjadi khalifah di alam ini?. Nabi, junjungan kita, tak kuasa menahan tangis sepanjang malam ketika ayat tentang semesta turun kepadanya.

    Suka

  3. Liexs said

    Ar-Rahman:33
    “Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan”

    Kenapa justeru yang mengimplementasikan ayat-ayat Qur’an kebanyakan ilmuwan non muslim yach.

    @
    Banyak sekali pembahasan mengenai hal ini. Mengapa ilmuwan nonmuslim lebih aktif melihat ayat-ayat semesta, ketimbang muslim 😦 , dan kita begitu disibuki oleh bid’ah dan tatacara ibadah?. Dan berusaha membakukan dan mengunggulkan satu dengan lainnya?. Mengapa meneliti alam semesta tidak menjadi ibadah (?), atau dianggap ibadah yang tidak begitu penting. Memakmurkan dan melahirkan penemuan-penemuan baru menjadi berkurang dan kita hanya terpana oleh kebanggan masa lalu. Ataukah memang, secara naluriah kaum beragama memang cenderung menghindari dunia materialistik yang penuh tipu daya dan pesona. Karenanya, urusan spiritual berkembang lebih anggun dari dunia materialistik dan kemewahan. Ataukah kita kurang begitu paham memahami etos kerja dan semangat untuk meneliti?. …

    Suka

  4. wong muslim said

    ya itulah kita,setiap ada penemuan baru selalu kita klaim itu ada di Kitab Suci kami!!!,ironisnya kita tidak pernah meggalinya dan orang barat yang katanya kafir itulah yang menemukannya,jangan marah yaaa…!!!Dan buang pentungan bambumu itu kalau kita ingin maju!!!

    Suka

  5. haniifa said

    ha.ha.ha. 😀
    Orang perang… tapi suruh bawa sapu lidi sebatang.

    TangTingTung, Pletak botak.

    Suka

  6. […] 1. Urgen := Dicari-dicari teman penghilang stres… !! […]

    Suka

  7. Aburahat said

    @All
    Kita tdk dapat mencemohkan/mendiskritkan mereka dimata Allah blm tentu kita yg beragama Islam beribadah mengharapkan Surga lbh mulia dari mereka. Perhatikan ayat dibawah ini:
    Surah Al-Baqarah 62
    Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin[56], siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah[57], hari kemudian dan beramal saleh[58], mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
    Damai damai .Wasalam

    Suka

  8. haniifa said

    https://agorsiloku.wordpress.com/2007/01/15/adakah-mahluk-berakal-di-luar-bumi-2/#comment-20866

    Suka

  9. ramboz said

    halo,

    banyak yang mengejar ingin bertemu dengan tuhannya yang tiada sesuatupun yang dapat menyerupainya itu, sehingga sangat sibuk sekali sampai2 segala bidah pun dilibas, dunia dilupakan, dijauhi, bahkan mungkin jijik karena merasa ‘takut’ dunia akan menariknya menjauhi tuhannya,

    saya kira ‘takut’ tersebutlah yang menunjukan kekurangan pegangannya seperti anak kecil yang masih takut akan segala sesuatu, terus berusaha berpegang kepada ibunya secara fisik,

    padahal ‘takut’ yang berlebihan tersebut hasil dari was-was dan ragu, bukanlah takut kepada Allah tuhannya yang aturannya adalah tempat kita berpegang sehingga tidak mudah goyah,

    jadi selama ‘takut’ yang tidak jelas tersebut dijadikan perisai dari kelemahan dirinyalah, tidak akan pernah dunia dan semesta dapat dipelajarinya, padahal alam semesta ini untuk diteliti siapa pembuatnya,tertulis dimana literaturnya, siapa yang memperdulikannya, dst, dst,

    Suka

  10. haniifa said

    Banyak juga yang takut… eh… suka..eh salah… sper-nyah 😀

    salahtakutsalah, dsb sdb “SDSB” 😀

    Suka

  11. faubell said

    @all
    Coba ditunggu hasil penjelajahan Phoenix di Mars, apakah akan ditemukan hal ini :
    1) Mars adalah memorinya Tata Surya
    2) Permukaan Mars selain kaya dengan iron(III)oxide, ada juga tembaga
    3) Pernah ada kehidupan di Mars.
    mari kita menunggu…
    -salim-

    Suka

  12. ramboz said

    halo,

    kecepatan cahaya menurut Dr. Mansour Hassab Elnaby C = 299.792,4998 km/detik

    menurut wiki,

    kecepatan suara = 344 m/detik (1238 km/jam)

    kecepatan cahaya = 299.792,46 km/detik=1.079.252.848,80 km/jam

    jarak bumi matahari = 149.680.000 km

    jari2 149.680.000 km = keliling 939.990.400 km

    939.990.400 km/tahun =
    78332533.333333333333333333333333 km/bln =
    2611084.4444444444444444444444444 km/hari =
    108795.18518518518518518518518519 km/jam

    108795.18518518518518518518518519 km/jam / 1238 km/jam = 87.879794172201280440375755399988 kecepatan suara

    entah berapa kecepatan phoenix tersebut, hanya saja kalau kita loncat dari truk berkecepatan 40 km/jam saja mungkin akan jatuh babak belur karena perbedaan kecepatan,

    phoenix akan loncat dari bumi yg berkecepatan 87 kali kecepatan suara nih, ayo kita saksikan,,

    Suka

  13. ramboz said

    halo lagi,

    dan phoenix akan mendarat di mars yang kecepatannya lebih tinggi dari bumi,

    ini suatu akrobatik yang menghebohkan,

    @
    Dilihat dari sisi pergerakan dan kecepatan, seperti komentar sebelum ini. Tidaklah mengejutkan karena phoenix atau pesawat yang sampai di mars juga akan mengikuti kekuatan dari gravitasi mars. Persoalan masuk ke gravitasi bumi jauh lebih rumit. Mengapa?, karena ada lapisan atmosfir yang tebal yang bisa membuat pesawat mental kembali kalau sudut dan kecepatannya tidak tepat.
    Seperti diketahui pula, bumi sendiri bergerak dengan kecepatan,… lupa deh (ada di blog ini), kalau tak salah sekitar 30 km per detik. Jauh di atas kecepatan pesawat atau suara. Tapi mengapa kita tidak merasakannya. Karena semua benda di dalamnya dipengaruhi gravitasi bumi. Jadi bergerak mengikuti kecepatan pergerakan bumi.
    Mungkin agak rumit ya, boleh tanya sama guru fisika Mba deh… salam 😀

    Suka

  14. haniifa said

    Hayoo… konstanta untuk ngitung keliling lingkaran ajah beginuh 8)
    Gimana ngitung keliling bumi yach, ada ketinggian gunung, daratan, kota kembang… 😀 ?!

    Suka

  15. haniifa said

    Ihh… apa nggak nonton tivi gituh ?!
    Waahhh… pokoknya tivi nyang nanyangin meledusnya pesawat ulang eling… katanyah kebocoran “dumpelan” gas HIDROGEN.
    Apa udah yakin di planet MARS ada udara yang sama dengan di bumi.
    Kalau Binatang laga kebo-bule maen di “TOTAL RECALL”… katanyah megap-megap.

    Memang heboh… 😀

    Suka

  16. haniifa said

    Kira-kira si Phoenix pakai BBM jenis apa yach di MARS ?!
    (Hebohhhhh auto BBM)

    Ahhh… jangan-jangan Batuan Mars diragi jadi BBM 😀

    Suka

  17. haniifa said

    Ha.ha.ha. 😀
    Mau ngarang kek, mau ngorong kek… karepmulah

    Suka

  18. terlihat diatas apakah itu struktur alam semesta keseluruhan atau hanya………

    jika itu berdasarkan penelitian, tolong berikan alamat situsnya

    wassalam…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: