Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

vScanning Electron Microscopy

Posted by agorsiloku pada Mei 8, 2007

Dr. Dennis Kunkel telah menghasilkan rangkaian tutorial interaktif yang menjelajahi berbagai aspek dari pemindaian (scanning) mikroskop elektron atau dikenal sebagai vSEM (Virtual Scanning Electron Microscopy).  Hasil pemindaian ini diperbesar dari 22 kali sampai 8000 kali, tergantung dari contoh/spesimen dari objek yang diamati.

Tentu saja sebelum melakukannya kita harus setting dulu fokus, tingkat kecemerlangan (brightness), dan kekontrasannya harus diset  terlebih dahulu sebelum dilakukan perbesaran (magnification).  Yah, sekedar pengetahuan, bagaimana bentuk bulu-bulu dari lebah madu, atau bintang laut, dan lain-lain.  Ada sekitar 14 jenis spesimen yang bisa dilihat oleh vSEM.  Kalau Hubble melihat luasnya dunia, kalau ini melihat di kedalaman dunia.  Kita di situ sedang melihat keindahan dari penciptaan oleh yang Maha Kuasa.

Di site Dr. Dennis Kunkel kita bisa mendapati contoh-contoh yang penuh warna warni.  Mulai dari berbagai jenis virus sampai jenis Alga.  Kita disuguhi pemandangan indah, lebih indah dari lukisan-lukisan buatan manusia, mata kita menerima sajian alam yang tak pernah kita pikirkan bahwa dalam jasad renik sekalipun, keindahan penciptaan tetap ditunjukkanNya.

Sayang, waktu lagi asyik-asyiknya melihat keindahan dunia kecil itu, komputer berpesan : connection is taking to respon.  Walah, seperti biasa, the lelet conection.  Problem loading page.  Biasalah… Indonesia.

Subhanallah.

Iklan

4 Tanggapan to “vScanning Electron Microscopy”

  1. KaiToU said

    subhanallah…
    gambarna kewlen2…

    tp ga bisa liat byk2 cuz bandwith speedy bulan ne dah mo abis… 😦
    PertamaX..!! 😛

    😀 iya kewlen-kewlen…

    Suka

  2. kurtubi said

    sebuah alat yang bisa melihat jasad renik menjadi jelas…. saya usul buatlah microscope untuk mendeteksi dosa2 besar dan kecil, soalnya saya, dan mungkin yang lain, kadang merasa bersih padahal banyak kuman… asik kali yaa kalau ada .

    @
    Waduh, gimana membuat mikroskop untuk mendeteksi dosa besar dan kecil. Ini bukan skala fisis, ini skala yang pengetahuannya bukan di mikroskop elektron. Namun, jelas dia tersimpan dalam suatu memori yang kita belum tahu bagaimana hubungan satu dengan lainnya. Ketika tangan dan seluruh anggota tubuh “berbicara”.

    Suka

  3. deking said

    Mirip2 dengan Mr. Kurt…
    Jangan2 mikroskop tsb bs digunakan untuk mendeteksi musuh terbesar kita…nafsu
    Uppsss…musuh terbesar kita mah sebenarnya sdh sering tampak ya, tetapi penanganannya yang sulit

    @
    Yah… berjuang untuk menang dari pertempuran besar, perang melawan hawa nafsu… sulitnya dan kita bertobat saja sebagai bagian dari perlawanan dan menetapi kesabaran.

    Suka

  4. Aih… Benar-benar berat, koneksi SMSNet kurang kuat…
    Kasus yang sama Shan-in rasakan saat mencoba Gugel Earth pakai ISP SMSNet…

    Kapan ya Shan-in pakai ISP yang kuat… Halaaah…

    @
    SMSnet kalau kurang kuat, ancam saja… siapa tahu jadi takut, terus aksesnya kian cepat.

    atau semoga SMSnet semakin cepat.

    Kapan ya Shan-in pakai ISP yang kuat… Halaaah… –> Kapan ya… agor juga tidak tahu… apa harus tanya Mama Lauren? 😀 (bercanda !)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: