Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Satu dari Tiga Planet Menyerupai Bumi

Posted by agorsiloku pada Maret 23, 2007

JAKARTA-Planet yang letaknya menyerupai bumi, awalnya sangat menghebohkan saat ditemukan. Ternyata kelak kita akan lebih sering lagi menemukan planet-planet yang mirip bumi. Dan, itu bukan hal yang luar biasa.
Pencarian planet mirip bumi dilakukan dengan mencari bintang mirip matahari kemudian meneliti planet-planet yang mengorbitnya. Planet yang ditemukan kebanyakan bola gas raksasa mirip Jupiter dan Saturnus.
Namun, ilmuwan Amerika Serikat (AS) belum lama ini menyatakan bahwa sepertiga sistem planet itu bisa memiliki kesamaan, yakni adanya planet mirip bumi. Laporan ini akan terbit di jurnal Science yang terbaru.
Teknik pencarian planet di tata surya yang jauh menggunakan pendeteksi gaya tarik antarobjek angkasa luar. Jadi kerap kali yang ditemukan adalah objek yang berdekatan dengan bintang induknya. Dan ini biasanya suatu gas raksasa yang menyelubungi materi objek ini yang menciptakan kekacauan. Fenomena ini disebut Hot Jupiter di mana secara teori disebutkan objek itu sedang bermigrasi ke arah bintang induk sementara sistem planet terbentuk di belakangnya.
Pada tahap seperti itu, sistem planet sedang berevolusi dan terisi planetoid kecil, es, dan batu, serta gas yang dalam keadaan cakram protoplanet.
Gas seperti ini yang membuat kekacauan. Namun, bagaimana kekacauan ini masih diperdebatkan. Ada yang menyatakan kacaunya hingga membuang benda langit keluar. Dan lainnya menyatakan itu akan berkumpul lagi jika orbitnya berjarak cukup jauh dari bintang induknya, dan dalam waktu jutaan tahun bisa membentuk suatu planet.
Baru-baru ini, tim ilmuwan dari Pennsylvania State University mengemukakan teori teranyarnya. “Gas ini yang menghasilkan dorongan terhadap planet besar ke arah bintang induknya, dan juga menahan partikel-partikel agar tidak tersebar menjauh yang memungkinkannya tetap berada dalam orbit bintang,” kata Avi Mandell salah satu anggota tim seperti yang dilansir BBC News Online belum lama ini. Kemungkinan itu yang jutaan tahun kemudian akan menyatukan ini menjadikannya planet yang bisa saja mirip bumi.
Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Sean Raymond dari University of Colorado telah melakukan simulasi komputer terhadap proses pembentukan sistem planet dengan gas raksasa tersebut. Mereka memulainya dengan 1.000 objek virtual seukuran bulan yang terbuat dari es dan bebatuan. Objek ini mewakili evolusi planet selama 200 juta tahun. Satu dari tiga sistem planet dapat memiliki area habitat yang serupa dengan bumi, bukan hanya mirip Jupiter semata. Jadi kalau kelak ada temuan anyar tentang sifat planet yang mirip dengan bumi, itu bukanlah hal yang mengejutkan lagi.
Area habitat adalah sebuah daerah dalam sistem planet yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Ini semacam area netral pada suatu planet di tatanan tata surya.(mer/ads)

Sumber : Sinar Harapan

Iklan

5 Tanggapan to “Satu dari Tiga Planet Menyerupai Bumi”

  1. Wah kalau mirip gitu kira-kira ada gak makhluk hidup di sana. Info menarik meski saya tidak tahu sama sekali tentang astronomi.

    @
    Mirip memang boleh jadi. Di Al Qur’an belum saya temui ada penjelasan keberadaan mahluk hidup di lingkungan terdekat. Tapi ada, disebarkan binatang melata antara langit dan bumi (QS 42:29. Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.)

    Kata makhluk-makhluk yang melata di antara keduanya menunjukkan ada mahluk. Langit dan bumi sepertinya langit dan bumi dalam kesetaraan. Maksudnya langitnya bumi. Kata langit ada yang merujuk pada alam semesta, ada pula yang merujuk pada langit-nya bumi (yang ada dalam lingkut terdekat). Saya belum paham betul juga, langit mana yang dimaksud, meskipun saya cenderung ke langit (pada lingkup bumi).

    QS 41. Fushshilat10. Dan dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

    Pada konteks ini yang menarik adalah “Dia memberkahinya dan menentukan padanya kadar makanan-makanan…”. Jadi, jelas bahwa mahluk hidup adalah yang diberikan makanan untuk penghuninya.

    Kesimpulan sementara dari ayat dan artikel di atas, “mungkin ada”, makanan untuk mahluk juga relatif bisa saja untuk mahluk yang sangat renik (seperti bakteri) misalnya.

    Kata mirip, bisa juga sangat berbeda. Dalam kimia kan, perbedaan satu atom dengan atom lain bisa karena perbedaan jumlah elektronnya. Secara hakikat mirip, tapi secara fakta fisik, sifat kimiawi kan berbeda jauh…..

    Suka

  2. keren bgt da planet baru….

    @
    Pastilah kalau benar maka para tuan tanah (yang sudah kesulitan berspekulasi di bumi ini) dan penjajah (yang sekarang sudah tidak boleh lagi menjajah negara lain karena demokrasi dan hak asasi manusia) akan berdatangan menguasainya (mumpung aturannya belum ditetapkan) 😀

    Suka

  3. zhuel chieppo said

    kira-kira di planet itu ada tumbuh nggak pohon-pohon seperti di bumi ini…?
    kalau ada pasti kita manusia bisa juga tinggal di planet tersebut..
    heheheee,…

    apakah planet tersebut sudah di beri nama….?
    kalau belum..
    kira-kira nama apa yang cocok buat planet tersebut…?

    Suka

  4. REFLY said

    apakah yg akan terjadi bila dua atau 3 bumi tersebut apakah itu tanda tanda hari akhir nau’uzubilah himin zhalik karna banyaknya fenomena lain

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: