Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Mau Analisis Batasan Aurat

Posted by agorsiloku pada November 16, 2006

Walah, susah ternyata mo analisis batasan berjilbab atau aurat itu. Nggak sesederhana yang ane pikirken. Ada beberapa hal yang musti dipikirkan/dicari jawabnya.

Aurat itu apa?, dari sudut bahasa, dari sudut tradisi, substansi, batasannya, ukurannya, ayatnya.? Persamaan, pertentangannya?. Singkatnya esensinya apa?. lalu apakah pelaksanaannya sebanding esensinya.. gitu.

berarti temannya aurat juga musti ditanya juga kan, pakaian itu apa?,

penutup itu apa, jilbab itu apa – apa ada beda di indonesia sama di negeri aslinya?,

hawa nafsu itu apa,? Melihat antara sejenis, muhrim, dan bukan muhrim, dewasa, tua, anak-anak, ada bedanya nggak?

resiko kalau berjilbab sama nggak berjilbab itu apa.? Apa ada kaitan dengan dosa?

Adakah satu tesa atau lebih dari banyak ijtihad dari beberapa ulama dulu dan sekarang?

Juga, apakah sama kriteria untuk isteri nabi dan bukan isteri nabi (karena, sepertimya ada hubungan ke situ?).

Kalau dalam hadits, bagaimana juga mutu haditsnya (shahih, dhaif, atau nda jelas ujung pangkalnya).

Ada berapa jenis batasan nggak sih. Atau hanya satu batasan saja. Soalnya aku lihat ada yang cuma tinggal segaris mata, ada juga berkerudung tapi berpakaian seperti laki-laki. Maksudnya pakai jeans gitu… Bagaimana tuh itu diatur.
Bagaimana kalau tinggalnya di Amrik, bagaimana kalau kita jadi buruh tani (apakah telapak tangan saja yang boleh kelihatan). Waduh repot ya.

Walah… repot banget sih.

Iya…

Kalau aurat terbuka, porno nggak?

Maksudnya

Kalau cuci tangan atau mengetik, terus tetangga laki lihat tangan gw, itu artinya aku memperlihatkan aurat ya?.

Walah….

Kadang aku pikir, kenapa sih ribut banget dengan bagian muka dan telapak tangan seperti yang ditunjukkan oleh riwayat hadits yang katanya, dhaif  (dhaif, maksudnya derajat haditsnya nggak jelas gitu ya).  Misal bener aje, apa yang ditunjuk Nabi itu kepala dan tangan.  Kenapa musti diartikan wajah dan telapak tangan?.

POKOKNYA WAJIB. TITIK. Jalani saja. Apa seh susahnya. Itu tidak ada lagi negosiasi. Apa yang sudah ditetapkan oleh Allah, jangan diubah atau dilebih-lebihkan oleh manusia. Yang namanya aurat wanita itu seluruh tubuh wanita, termasuk rambut, telinga, tangan (kecuali telapak tangan). Hanya sebatas garis mata saja yang boleh atau muka saja dan telapak tangan.

Alah sudahlah… Pokoknya wajib. Baca saja ini (dan setumpuk buku) serta sejumlah pertanyaan yang tidak jua mendapatkan jawaban.

Begitulah memang kalau jauh dari hidayah“.

……………

Iklan

Satu Tanggapan to “Mau Analisis Batasan Aurat”

  1. […] : Jilbab: Citra Intelektual dan Spiritual, Analisis Batasan Aurat, dan berbagai site dengan bahasan tentang […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: