Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Jumlah Bintang yang Terlihat

Posted by agorsiloku pada September 5, 2006

Jumlah Bintang yang Terlihat Mencapai 70 Sextiliun!
Redaksi
Kawanan bintang M80 (NGC 6093), salah satu kumpulan bintang paling padat di Galaksi Bima Sakti Seorang astronom Australia mengklaim telah melakukan penghitungan paling akurat tentang jumlah bintang yang terlihat di jagad raya ini. Ia menghasilkan angka 70 sextiliun, atau 70 ribu juta juta juta.
Simon Driver dari Australian National University Research School of Astronomy and Astrophysics mengatakan jumlah tersebut jauh lebih banyak dari jumlah butir-butir pasir yang terdapat di seluruh pantai dan gurun di dunia.
Driver dan timnya berani mengklaim ketepatan perhitungannya karena mereka menggunakan teleskop-teleskop paling kuat yang ada, sementara perhitungan kosmis modern membantu memberikan gambaran tentang luas jagad raya. Mulanya mereka menghitung jumlah galaksi di sekitar kita, kemudian memperkirakan jumlah bintang pada tiap-tiap galaksi berdasarkan seberapa terang galaksi tersebut.
“Angka ini bukanlah jumlah total bintang yang ada, namun ini adalah jumlah yang bisa dihitung menggunakan teleskop kami,” kata Driver mengenai angka 70 sextiliun.
Adapun penghitungan itu merupakan bagian dari survey galaksi terbesar di dunia yang bertajuk Two Degrees Field Galaxy Redshift Survey, yang hasilnya dilaporkan pada General Assembly of the International Astronomical Union, di Sydney.
Survey di atas juga bertujuan untuk menghitung jarak 250.000 galaksi terdekat dengan Bumi, dengan menggunakan alat-alat modern di Observatorium Siding Springs, New South Wales, Australia.
Karena jumlah yang disebut Driver bukan jumlah seluruh bintang yang ada, maka jumlah itu pasti akan terus bertambah seiring dengan kemajuan di bidang optik. “Jumlah sebenarnya pasti jauh lebih besar, beberapa orang bahkan menyebutnya tidak terhingga,” tandasnya. (AFP/wsn)
Sumber : Kompas Cyber Media (23 Juli 2003)

Saya ingat lagu Bimbo, persisnya lupa, tapi salah satu bagian syairnya adalah :
… celupkan jarimu ke dalam lautan… air yang menetes dari jarimu… itulah dunia dan seisinya…

Iklan

7 Tanggapan to “Jumlah Bintang yang Terlihat”

  1. […] sejumlah bintang yang sangat-sangat banyak di luar galaksi kita. Yang bisa dideteksi saja mencapai 70 ribu […]

    Suka

  2. Taufiq said

    … celupkan jarimu ke dalam
    lautan… air yang menetes dari
    jarimu… itulah dunia dan
    seisinya…

    Suka

  3. Kalau jumlah bintang 70 sextiliun. Berarti masih banyak butiran pasir di bumi dong. Karena setiap 1 m3 pasir terdapat 1 milyar butir pasir( kira-kira). Coba anda tebak jumlah pasir yg sudah terpakai untuk bangunan di Indonesia saja sudah berapa trillin kubik. Belum lagi di negara lain. Tapi kalau jumlah bintang jauh melebih angka 70 sextiliun mgkn masuk akal(perhitungan ini berdasarkan jumlah butir pasir dan jumlah bintang ya, bukan berdasarkan berat dan volumenya).

    Suka

  4. Woooow menurut aku bintang ada 9999999999999999999999999999999999999999999999 bagaimana???

    Suka

  5. Maha besar Allooh dengan segala ciptaanNya .Allooh meliputi atas segala sesuatu.semua bintang itu menunjukkan besar nya alam makhlukot,sedangkan Allooh tiada misal,tiada banding dan tiada batas…..Alllohu akbar

    Suka

  6. Yang namanya alam makhlukot itu termasuk didalamnya surga2 dan semua alam nikmat,makanya sering ditemukan dalam seakan2 ada bumi yg bisa dihuni oleh manusia,krn emang yg dilihat adlh alam2 nikmat dan surga yg disediakan oleh Allooh,seandainya semua peneliti melirik pada islam mk akan ditemukan benang merah keajaiban alam semesta ini dengan kebenaran islam,Allohu akbar…….bahkan jumlah semua bintang melebihi semua butir pasir yg ada dibumi,sedangkan bumi yg kita tempati belum tentu lbh besar dari 1 bintang….Allohu akbar …..aku menjadi saksi kemahabesaranMu ya Allloh……

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: