Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Dana 800 Milyar untuk Buku

Posted by agorsiloku pada Agustus 25, 2006

Kebaikan hati Pemerintah dan sekaligus kebodohan yang tidak tanggung-tanggung. Membagikan buku senilai Rp 800 Milyar untuk sekitar 40 juta siswa SD dan SMP seIndonesia dengan harga rata-rata 20 ribu. Satu siswa satu buku untuk siswa di 33 provinsi di Indonesia.
Pertanyaan saya, siapa yang butuh buku seharga 20 ribu itu?. Ada 23% penduduk Indonesia pada status miskin. Biar enak, bulatkan saja 25% kali 220 juta penduduk. Ya, kurang lebih 55 juta penduduk. Anggap satu dua ortu dan dua anak setingkat SD/SMP. Maka yang butuh dibantu itu jumlahnya setengahnya (banyak ya!). Artinya, 27,5 juta anak sekolah. Logika ini sangat ngawur, tapi ini ambil gampangnya saja. Sisanya 12,5 juta siswa tergolong mampu. Termasuk, saya kira anak saya yang sekolah di SMP. Tidak butuh dibelikan buku oleh Pemerintah. Kenapa, mbok ya, anak saya punya HP yang harganya beberapa ratus ribu. Naik ojek ke sekolah biayanya 15 ribuan lebih per hari. Ayahnya punya mobil kreditan. Tiap tahun kami masih bisa bayar zakat. Juga, ortunya pembayar pajak ke negara (punya npwp).
Lalu kenapa harus mendapatkan buku seharga 20 ribu. Ini jelas ketidakadilan sosial. Ini jelas kebodohan Pemerintah, DPR, dan Depdiknas sebagai pemegang kuasa pelaksanaan pendidikan untuk main pukul rata. Lebih jauh lagi, ini artinya pemerintah tidak memiliki data memadai dan untuk negara dengan masa kemerdekaan sudah 61 tahun ini. Hanya pemimpin yang tidak punya rasa keadilan sosial saja yang bisa membagikan dengan cara seperti ini. Yang juga buruk, hal ini juga tidak mengajarkan etika apapun pada bangsa ini, kecuali sekedar berbagi-bagi proyek. Alangkah nistanya kita memiliki pemimpin seperti ini….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: