Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Ketukan-ketukan Tanpa Wujud

Posted by agorsiloku pada Agustus 6, 2006

“ada apa?”, Tiba-tiba ibuku berteriak keras dari luar kamar. Ibuku rupanya kaget sekali karena aku memukul dengan keras pintu yang “kebetulan” diketuk oleh ibu. Aku sendiri kaget, kok nggak bisa bedakan antara ketukan manusia dan bukan manusia sih. Memang, di rumah yang kami tinggali dulu itu, terutama di kamarku yang mantan dapur itu kerap aku merasa ada yang suka mengetuk-ngetuk pintu, jendela, atap dan kadang pula terdengar nyaris dekat telinga benar. Aku kadang-kadang terganggu. Kadang kulempar sendal ke atap ke bagian yang menimbulkan keributan itu. Aku sendiri nyaris tak pernah berpikir itu adalah gangguan mahluk halus. Paling-paling itu cuma gangguan tikus atau sejenisnya lah. Yang paling sering terdengar adalah ketukan pintu (seperti ketukan pintu). Kalau pintu itu kupukul atau ku tendang, maka akan berhenti, tapi kalau aku mulai tidur lagi maka akan muncul lagi. Kadang pula, saking terbiasanya mendengar suara-suara itu, aku sudah tidak perduli lagi. Kejadian seperti itu kurasakan bertahun-tahun.
Yah, sampai malam itu. Ibuku cukup kaget atas kejadian itu. Beliau lalu mencari orang ”bisa” untuk menentukan dan membantu menjelaskan kejadian itu. Beginilah jawabannya. Kamarku itu, kebetulan berada di sebelah sungai yang ada pusaran air. Di situ para ririwa, genderuwo, setan marakayangan, dan rupa-rupa halus lainnya suka kongkow-kongkow di situ. Kalau kebetulan lihat ada orang tidur, ya… terus mereka iseng nggangguin. Yah begitulah, melalui yang halus di sebrang sungai itu pula, katanya… yang suka gangguin di situ dilarang.
Aku yah, mesem-mesem saja. Tak begitu mengerti duduk persoalannya, juga tidak terlalu perduli dengan segala keruwetan itu….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: