Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Mual-mual dan Kehamilan

Posted by agorsiloku pada Agustus 4, 2006

Hari-hari terakhir ini, hampir sebulan atau mungkin lebih, untuk kedua kalinya setelah beberapa tahun aku mengalami mual-mual. Ini terjadi nyaris setiap pagi, padahal aku merasa sehat-sehat saja. Rasanya lendir di tenggorokan bertambah banyak. Kadang aku colok tenggorokan dari mulut dengan jari agar keluar lebih banyak. Tapi keluar sedikit saja. Karena perasaan ingin mengeluarkan sesuatu dari dalam perut atau tenggorokan menjadi gatal ini, terutama di pagi hari sebelum pergi ke kantor. Ini menjadi gangguan kecil tersendiri.
Memang sih, aku kadang merokok, tapi rasanya bukan karena ini. Perasaan mual itu lebih banyak datang setelah bangun pagi, sebelum pergi ke kantor. Cukup sering terjadinya dan berjalan sekitar satu dua bulan. Kadang karena peregangan otot perut agak menjadi ngilu seperti habis olah raga berat dan terasa susah digerakkan saat membungkuk.
Minum kopi tubruk atau teh hangat tidak banyak membantu. Untunglah kalau di kantor, aku masih bisa menahan diri (terutama siang), kalaupun ingin mual datang masih bisa ditahan. Jadi tetap saja orang kantor tidak ada yang tahu bahwa aku menderita penyakit mual-mual.
Hanya saja, saat itu aku sering jengkel sama mertua atau isteri yang happy-happy saja melihatku sedikit menderita itu. Tapi yah… aku sadar juga, barangkali mereka benar, meski aku tidak bisa menjelaskan kedua kejadian itu.
Sekarang sih, kejadian itu sudah berlalu. Kedua anakku sudah besar, mengingat hal ini, aku merasa percaya juga. Boleh jadi memang, isteriku memang tidak pernah merasa mual-mual atau susah saat itu… eh aku malah yang mendapatkan jatahnya….

Tinggalkan Balasan

 
