Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Fermion dan Boson

Posted by agorsiloku pada Juni 23, 2006

Alam terbentuk atau tersusun dari atom yang telah dijelaskan melalui pendekatan fisika (fisika kuantum). Semua partikel bersifat gelombang dan juga sebaliknya. Kita biasanya atau gampangnya memikirkan dunia tersusun atas partikel dan membahas interaksinya dengan medan, seperti medan elektromagnetik. Yang kita anggap partikel, misalnya elektron. Elektron berjumlah tetap, sedangkan kuanta medan, seperti foton berjumlah tidak tetap. Ketika lampu dinyalakan maka terbentuk milyaran foton. Partikel jenis pertama disebut Fermion dan yang bersifat partikel bersifat foton disebut Boson. Kuanta medan dalam fisika modern menjelaskan bahwa partikel ”diangkut” oleh partikel lain yang disebut ”kuanta medan”. Di Fisika klasik, partikel-partikel tersebut diangkut oleh gelombang gelombang yang berada pada medan gaya.

Dalam Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Boson) dijelaskan :
Boson adalah partikel-partikel yang membentuk keadaan kuantum komposit simetrik-total. Sebagai hasilnya, mereka menaati statistik Bose-Einstein. Teorema spin-statistik menyatakan bahwa boson memiliki spin “integer”. Boson juga satu-satunya partikel yang dapat menempati keadaan yang sama dengan lainnya.

Seluruh partikel dasar adalah boson atau fermion.

Gauge boson adalah partikel dasar yang beraksi sebagai pembawa gaya fundamental seperti boson vektor W dari gaya lemah, gluon dari gaya kuat, foton dari gaya elektromagnetik, dan graviton dari gaya gravitasi.

Partikel terdiri dari sejumlah partikel lain (seperti proton atau nuklei) dapat berupa fermion atau boson, tergantung dari spin totalnya. Oleh karena itu, banyak nuklei merupakan boson.

Contoh boson:

atom Helium-4
atom Sodium-23
Nulei dengan spin “integer”
photon, yang menengahi gaya elektromagnetik
boson W dan Z, yang menengahi gaya nuklir lemah
gluon
boson Higgs
phonon

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: