Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Untung ada “anomali air”

Posted by agorsiloku pada Mei 15, 2006

Kita lebih beruntung dengan adanya anomali air. Air yang mendingin atau membeku, mulai pada suhu 0-4 derajat celcius akan mengembang (volume membesar). Sifat termal air ini dikenal sebagai anomali air. Meskipun namanya anomali (menyimpang), namun karena sifat inilah maka kehidupan mahluk hidup lebih sempurna. Berikut ini beberapa catatan “keuntungan adanya anomali air”, Air yang membeku dalam bebatuan, karena volumenya membesar maka mampu memecahkan bebatuan, dengan begitu mineral dalam batuan bisa keluar dan memberikan manfaat bagi kehidupan (tumbuhan dan lain-lain). Jadi kemampuan air untuk masuk pada celah-celah bebatuan. Pada suhu 4 derajat, ukuran air (volume) paling kecil, kemudian akan membesar sampai ke titik beku.
Kemampuan air ini, memungkinkan proses penghancuran batuan terjadi secara alamiah dan terbentuklah tanah untuk kehidupan. Air yang membeku, menjadi gunungan es akan mengapung di permukaan laut. Tentu akan kehidupan akan lebih sulit terjadi di laut, jika volume air ketika membeku sama saja berat massanya dengan cair.
Air pada kondisi dingin mendekati titik beku, membesar karena setiap 6 molekul air membentuk heksagonal dan dapat menangkap molekul udara lebih banyak. Karena itu pula, air dalam kondisi ini membuat :”dingin lebih nikmat”, kandungan oksigen dalam air lebih banyak dari pada temperatur kamar. Sifat “anomali air” juga mempengaruhi cuaca, keseimbangan iklim sehingga cuaca di muka bumi tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin.
Tentu pula kita harus memperhatikan sifat lainnya dari air seperti tegangan air (yang memungkinkan tanaman “minum” air). Pengetahuan tentang ini dibahas lebih mendalam pada kondisi anomali air hangat/panas (warm water anomaly).
23. Al Mu’minuun 18. Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.
Ukuran-ukuran inilah yang menarik… yang membangun kemungkinan lahirnya mahluk yang khas di planet ini….

Iklan

11 Tanggapan to “Untung ada “anomali air””

  1. […] Nasib baik itu ada, sungguh ! Perilaku zat cair yang mengalami penurunan suhu adalah menyusut. Namun terjadi penyimpangan pada air yang turun temperatur dari 0-4° C yang justru mengembang. Dan ini sungguh-sungguh terjadi dan membawa banyak manfaat seperti yang dipaparkan DI SINI. […]

    Suka

  2. […] Nasib baik itu ada, sungguh ! Perilaku umum zat cair yang mengalami penurunan suhu adalah menyusut. Namun terjadi penyimpangan pada air yang turun temperatur dari 0-4° C yang justru mengembang. Dan ini sungguh-sungguh terjadi dan membawa banyak manfaat seperti yang dipaparkan DI SINI. […]

    Suka

  3. Terimakasih banyak akan ilmunya.
    Semoga ilmu ini bermanfaat dan dapat menjadi amal jariyah
    amin…!

    @
    amin.. terimakasih sudi berkunjung ke sini…

    Suka

  4. alhabsy said

    syukran ilmunya..,

    Suka

  5. apakah ada penjelasan yang lebih detail??

    dan terimakasih ilmunya

    Suka

  6. lusiana swetyy said

    mksh bnget yh atz ilmunya
    berkat nih info akhirnya sya bisa mnyelesaikan tugas yg di brikan gru sya..
    mksh bnget buat smuanya

    thank’s forgatt,,,,

    Suka

  7. Anonim said

    makasih atas tutur ilmunya yang semakin bikin gamblang dan menumbuhkan iman tentang betapa besar rahmat Tuhan kepada semua insan.

    Suka

  8. tahnks ilmunya lbh ngeeeeeeeeeeerty niiiiiih

    =0
    =D
    =)
    =)
    ^_^

    Suka

  9. syro said

    terima kasih ilmunya akang, yang ditanyakan kang haniifa ke saya ternyata udah dibahas oleh akang. tapi pengaruh anomali air ini dengan pasang surut prosenya bagaimana? maklum baru belajar.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: