Sains-Inreligion

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Akankah Nabi Isa Kembali ke Dunia Fana ini?

Posted by agorsiloku pada Maret 8, 2009

Walah.. ini pertanyaan yang aneh…  Bukankah sudah dituliskan dalam beragam informasi dan ditulis dalam ragam kitab bahwa Nabi Isa a.s. akan turun kembali ke bumi menjelang kehancuran dunia yang teramat sangat dicintai manusia ini?.

“Nggak tahulah… pokoknya kalau Allah Azza Wa Jalla menghendaki, semuanya bisa terjadi dan mungkin.  Soal caranya dan waktunya, hanya Allah Swt saja yang Mahamengetahui !. Titik.”

Memang sih.. kalau sudah pokoknya atau pokokke… semua diskusi akan berhenti, semua keniscayaan akan berhenti pada satu keniscayaan.  Jadi, apakah kita akan percaya dengan informasi mengenai turunnya Nabi Isa a.s. ke dunia?.  Kita bisa melihat atau mendalami penjelasan lebih lanjut di website ini (link sudah tidak ada).  Mbak Esa juga menjelaskan cukup jernih dan seimbang di blognya : Nabi Isa turun lagi ke bumi (link sudah tidak ada).

Oh ya, sebelum dilanjutkan perlu ditegasi dari awal; tulisan ini berbicara hanya dari sudut Nabi Isa a.s. sebagai nabinya ummat beragama Islam. Nabi yang dituliskan berkali-kali dalam Al Qur’an itu adalah Nabi yang dalam perjalanannya paling banyak juga mewarnai kehidupan beragama di muka bumi ini.  Yang menjelaskan melalui Nabi ini hal-hal yang berkenaan dengan hari kemudian (AQ 43:61).

Juga jelas bahwa Nabi Isa akan menjelaskan dan saksi kepada ‘mereka’ pada hari kiamat, seperti yang dijelaskan dalam AQ 4:159. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

Lalu, hari kiamat itu apa?.  Ah.. ini sudah jelas, hari kiamat adalah hari kebangkitan.  Sebuah hari dimana dunia telah berakhir dan awal dimulainya kehidupan baru?.  Hari kehancuran dan kiamat, secara jernih dijelaskan oleh Mas Radi : Benarkah Hari Kiamat Sudah Dekat?.

Lalu, bagaimana dengan berbagai-bagai yang menjelaskan kedatangan Nabi Isa di akhir masa kehidupan dunia?

Apapun juga, dalam pemahaman saya, Nabi Isa akan menjadi saksi atas perselisihan pandangan ini di hari kiamat sesuai dengan 4:159.  Lalu mengenai, apakah Nabi Isa diangkat hidup-hidup atau diwafatkan, seperti blog yang dirujuk, ayat 3:55 memberikan penegasan bahwa Allahlah yang memutuskan apa yang mereka perselisihkan.

Apakah Nabi Isa Sudah Wafat atau Belum?.

Ini ada juga diskusi, hadis, dan tesa-tesa di seputar ini.  Saya berpikir (sekali lagi berpikir).  Nabi Isa itu, ya mestinya sudah wafat.  Kalau diangkat itu pengertiannya masih hidup (entah hidup di alam mana?).  Karena semua yang berjiwa pasti mati (QS 3:185, 29:57, 21:34, 21:35).  Lalu karena tidak ada penjelasan, pengecualian dalam ayat itu.  Yo, mestinya Nabi Isa juga mestinya udah berada di alam kubur.  Bukankah Nabi Isa juga berkata (QS 19:33 : Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”  Terj. Depag).  Yang jelas mengabarkan bahwa Nabi Isa menyadari bahwa dia dilahirkan, meninggal, dan akan dibangkitkan.

Ayat QS 3:55 tidak disebutkan mati, tapi disebutkan diangkat kepadaKu…, dan ini jadi model untuk perdebatan lebih lanjut untuk berargumen bahwa Nabi Isa belum wafat.

Dalam keterbatasan pemahaman, saya lebih memahami bahwa Nabi Isa sudah diwafatkan.

Wallahu’alam.

112 Tanggapan to “Akankah Nabi Isa Kembali ke Dunia Fana ini?”

  1. marinki said

    Ass. Saya juga pernah baca buku ttg tulisan ini. Sebenarnya tidak ada satu manusia pun yang tidak ada ketentuan dariNYA, saya bisa mengerti mengapa penulis membahas turunnya Nabi Isa yang akan turun lagi ke bumi di saat manusia menjelang kehancurannya. Lambat laun saya pun merasakan kalau manusia manusia sekarang sudah mendekati pada kekacauannya ; cara hidupnya, cara berpikirnya. Yaa Allah…

    @
    Wass…
    Memang kita menjadi tidak akan lepas dari ketentuan yang ditetapkan. Postingan ini mengambil beberapa link yang menegasi ada informasi dari sejumlah hadis bahwa Nabi Isa akan turun ke bumi ini di akhir masa (menjelang kiamat), sedangkan begitu jelas pula bahwa Nabi Isa di AQ telah diwafatkan dan di hari kebangkitan (Kiamat) menjadi saksi. Jadi tidak AQ secara tegas menjelaskan bahwa Nabi Isa menjadi saksi di hari Kiamat. AQ tidak menginformasikan Nabi Isa masih hidup (dengan raga fisiknya – karena jelas diwafatkan), dan tidak diberitakan akan turun ke bumi menjelang kiamat. Perselisihan diselesaikan di akhirat, jadi setelah hari penghancuran terjadi…..

  2. Gusti Dana said

    Assalamuallaikum….

    Saya 100% percaya dan sebagai umat Islam kita juga wajib percaya tanpa ada keraguan sedikit pun.

    @
    Wass.wr.
    Sebagai ummat beriman, tentu kita harus meyakini penuh apa yang disampaikan AQ bahwa Nabi Isa a.s. akan menjadi saksi di hari kiamat terhadap apa yang diperselisihkan…..

    • Artya said

      Bagaimana kalau seandainya ada seseorang yang tidak percaya n tidak yakin dengan semua itu?

      • agorsiloku said

        Mas Artya, terimakasih sudi berkunjung ke blog agor. Agak susah juga Agor memahami pertanyaan ini. Khususnya pada kata yang dimaksud dengan topik ini, tidak percaya Nabi Isa turun sebelum kiamat atau percaya Nabi Isa turun ke bumi pada hari sebelum kiamat?. (cttn : komentar jawaban ini tidak punya hubungan dengan subjek Yesus yang menjadi bagian dari komentar ini). Apa yang dimaksud semua?.

        Karena pertanyaannya semua, berbeda pemahamannya dengan percaya Nabi Isa turun atau tidak turun.

        Jika semua tidak dipercaya, maka yang perlu ditelaah adalah petunjuk Allah yang turun sebagai wahyu telah menjelaskan mengenai hal ini. Jika kita tidak mempercayai “semua” pada pengertian ini, artinya bermakna ingkar.

        Jika pengetiannya yang kedua, adalah percaya atau tidak percaya lalu kita akan memilih salah satu dari ini, maka menjadi keharusan ummat manusia untuk mempelajari seksama sumber informasi dan telaahan dari berbagai sumber dan kemudian kita menarik kesimpulan dari pengertian ini. Manakah yang kemudian kita yakini sebagai kebenaran. Itulah puncak pengetahuan dan pengertian kita terhadap petunjuk dan sebaran tafsir yang dipahami manusia. Bisa terjadi, pemahaman kita keliru, bisa terjadi pemahaman kita benar. Hari ini keliru, kemudian menjadi benar. Namun, sepanjang kita meniati pemahaman ini untuk mendekatkan kepada Allah, memahami petunjukNya, insya Allah tidak termasuk orang-orang yang dengan sengaja mendustakan ayat-ayatNya.
        Kira-kira itu yang dapat Agor sampaikan, semoga berkenan.

  3. Wallahu a’lamu bishowab

    @
    Ass.ww.
    Ada dua sisi… di sisi pandang mana kita meyakini….

  4. Assalamu alaikum
    @pak agor

    Adalah terlalu berlebihan mempercayai nabi isa akan turun ke bumi kembali.sudah jelas2 rukun iman itu udach ada enam.knapa ditambah lagi.cukup Iman kepada nabi dan rosul.
    Akan tetapi Saya lebih Condong Untuk Mempercayai Nabi Isa Akan turun,udach banyak dalilnya dan malah di injil.

    Datang atau tidak datang tetap berjuang.
    Turun Atau tidak turun dakwah tak turun.

    Hmmm. dua sisi ,andai Nabi Isa datang kita bela dan ikut berjuang dgnya.
    Andai tidak(bukan saya tak percaya hadist,tentu saja hadis tak bisa dipercayai 100% layaknya Alqu’an.Bukahari dan Muslim saja terkadang berbeda lafadz,malah tujuan,yang mana satu huruf saja akan bermakana beda.)Kita kan terus melangkah.
    Wassalam

    @
    Wass. mas Ayruel.
    Mas benar… sudah banyak dalil dan pembahasan Nabi Isa akan turun di akhir masa dan sumber-sumber serta buku-buku yang bertaburan. Agor hanya ingin memberikan catatan saja, bahwa yang agor pahami dari AQ ternyata berbeda, karena AQ jelas menegasi masalah yang diperselisihkan akan disaksikan (Nabi Isa menjadi saksi) di hari Kiamat.
    Lalu bisa saja ada penjelasan lain, sudah di dunia (karena didukung hadis) diteruskan lagi di akhirat. Sama pola pikir ini dengan adanya yang menjelaskan bahwa Nabi Isa diangkat (tidak diwafatkan). Juga jelas di AQ bahwa Nabi Isa diwafatkan.
    Memang semua terpulang pada pengertian kita terhadap apa yang kita pahami dan mau kita akui terhadap nash-nash itu. Namun, dalam segala kerendahan hati, menurut agor apa yang menyelisihi AQ secara otomatis tertolak.
    Salam, agor.

    • Luga said

      Dia turun habislah loh dilempar keneraka Matius 13:41-43,why 19:20,Dia turun juga telah dinubuatkan dalam kitab nabi Zakaria 14,Yudas 1:14 siapkan dirimu menjelang pengangkatan jika mau melihat hidup

      • @Luga
        Dia turun habislah loh dilempar keneraka
        __________________________
        Khan “Dia” sudah turun, biasanya dipajang sebagai patung pakai kolor doang… hua.ha.ha…

      • agorsiloku said

        :D
        kenapa harus ditanggapi, banyak kita bertemu rekan-rekan sama atau berbeda agama yang memilki daya persuasi yang baik, pemahaman yang baik terhadap agamanya maupun agama orang lain.
        ….
        kita belajar untuk tidak perlu terprovokasi kan… :D

      • Met malem @Kang
        kita belajar untuk tidak perlu terprovokasi kan…
        ___________________
        Tapi judulnya memprovokasi,… :D

      • @Luga
        Yudas 1:14 siapkan dirimu menjelang pengangkatan jika mau melihat hidup
        _____________________________
        Buktinya si Patung YESUS nggak hidup-hidup… hua.ha.ha… :D :lol:

      • Luga said

        Seorang haji mau naik haji malamnya didatangi Yesus dan menunjukkan Mohammad lagi disalib,lalu Yesus berkata :inilah tuhanmu !ingat loh neraka itu kekal.
        buat dia yang menertawakan Yesus disalib ” pakai kolor ada perumpamaan :
        ada seorang anak SD sangat malu terhadp mamanya karena mamanya cacat diwajahnya dia malu mengakui mamanya didepan teman-temannya,bahkan ia pergi lari saat mamanya datang kesekolahan,lalu keluarga mamanya cerita nak kamu jangan malu sama mama,gak ..malu,nak begini ceritanya saat waktu kamu masih kecil rumah kamu terbakar karena panik malam-malam mama kamu langsung lari keluar rumah tetapi mama kamu ingat bahwa kamu tertinggal dirumah sementara api sudah besar tetapi karena sayang mama sama kamu mama kamu menerjang api itu,sampai dia terbakar diwajahnya demi menyelamatkan kamu.jadi itulah sebabnya mama kamu terbakar diwajahnya.lalu anak itu menangis dan sangat mengasihi mamanya dan dia tidak malu lagi
        Yesaya 53:3-5
        Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
        Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
        Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
        sebenarnya yang pakai kolor dikayu salib itu sebenarnya islam,tetapi karena Yesus sangat mengasihi mereka Dia rela mati,karena jika Ia tidak mati,hukumnya adalah hukuman mati contoh anda membunuh
        dipengadilan anda bisa gak bilang ke hakim pak hakim saya minta maaf,atau Ryan sang penjagal dia bilang ke hakim maafin ya please !lalu ia pergi naik taksi biasa gak…ya gak bisa lah,begitu juga anda anda berbuat dosa siapakah diatara kalian yang gak berdosa,saat anda berdosa dipengadilan hukumannya ialah hukuman mati !jadi sudah gak ada cerita anda sholat beramal sebab semua orang berdosa dan tunggu dieksekusi saja,siapa yang mau nebus anda,kalau gak ditebus ya trima aja tuh human mati !kecuali lo bukan manusia berdosa,wong lo banyak dosa aja kok ribut mulutmu.ada cerita FPI demo majalah playboy dijarah eh majalannya dibawa pulang,lo kan manusia cabul ngomongin Tuhan hei kurang ajar !sebenarnya Yesus dikayu salib itu gambar dari islam pakai kolor sebab Alkitab mengajar jika orang gak punya Roh kudus itu terlihat telanjang
        Wahyu 3:17-18
        /Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,*
        /maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.*
        jadi mereka ini sebenarnya tertawa memalukan masak nertawai penginjil dalam posisi telanjang di bundaran HI lagi mereka ngakakin Yesus sedang mereka dalam posisi telanjang ,naujubillah
        lihat kata Lucifer pada Mukendi mantan dukun Afrika :
        cuma ada 3 jenis manusia dibumi:
        1.Pakai jubah putih yaitu yang memiliki Roh kudus dan ini milik Yesus.
        2.Yang telanjang percaya Yesus tetapi gak sungguh-sunguh
        3.Yang gak punya Roh kudus telanjang,dan dia tidak memusingkan mereka ini sebab mereka dianggap miliknya sendiri kalau kata asiknya mereka ini orang dalam !kayak islam,hindu Budha,Mukendi adalah salah satu murid rahasia Lucifer ada 140 orang dari segala bangsa dari latar agama yang berbeda,dukun di Afrika,bertobat jadi pengijil cari bukunya di metanoya Blok M palza,sebenarnya dimata Iblis Lucifer islam dianggap miliknya tetapi islam gak tahu rahasia perusahaan boy !

  5. Assalamu’alaykum wr. wb.,
    Saya pribadi sangat tidak percaya dengan pendapat bahwa Nabi Isa a.s akan turun kembali ke bumi, pendapat seperti itu sangat Kristen sekali. Injil kitab Wahyu yang ditulis oleh seseorang yang menyebut dirinya Yohanes dari pulau Patmos menjadi dasar pendapat ini. Saya lebih setuju dengan tulisan Esa Puspita, bahwa ternyata hadis-hadis berkenaan dengan pendapat bahwa Nabi Isa a.s akan turun kembali ke bumi bermuara pada dua perawi, Ka’ab al-Ahbar dan Wahab bin Munabbin. Keduanya sebelumnya adalah penganut Kristen.

    Wallahu a’lam.

    @
    Wass.
    Rasanya, agor juga ingin menyampaikan pesan serupa. AQ sudah menjelaskan, dan begitu jelasnya terhadap permasalahan ini adalah rahmat bagi kita untuk memahami petunjukNya.
    Wass, agor

  6. agorsiloku said

    Mas Stefano dan Mas Ayruel, ass.ww.
    Memang ada perbedaan yang saya anggap cukup mencolok antara penjelasan AQ dan penjelasan yang didapat dari hadis,seperti yang dijelaskan Mba Esa Puspita. Penegasan dari AQ mengenai hal ini, seperti yang saya kutip, menurut pemahaman saya sudah cukup jelas. Apakah informasi dari AQ tidak cukup jelaskah?, sama seperti penjelasan mengenai wafatnya Nabi Isa dan Nabi Isa menjadi saksi di hari kebangkitan adalah informasi yang saya kira sudah sangat jelas untuk menetapkan mana yang menjadi pilihan untuk diyakini.
    Wassalam, agor.

  7. Wach dari info stefano..makasih
    Saya lebih yakin untuk tidak terlalu mempercayai turunnya nabi Isa

  8. Tambahan….dari bunyi2 hadis tentang turunnya nabi isa terkesan seperti bukan perkataan Nabi Muahammad SAW.Seperti tukang cerita menceritakan sebuah hikayah…begitulah

    @
    :D agor sendiri tidak mempelajari hadis berkenaan dengan hal ini, berat rasanya mencari sumber atau asal usulnya… jadi hanya selintasan saja.. lalu dicari masalah yang sama di AQ. Begitu didapat… jadilah satu postingan… kebetulan pula ternyata ada rekan lainnya yang menuliskan lebih terinci..

  9. zal said

    ::mas agor, apa engga kontradiktif dengan “akulah nabi terakhir, tidak ada nabi setelah aku”, mungkin yang termaksud dalam ayat itu bersifat mutasyaabihat…, untuk maslah ini adalah perkara mutasyaabihat saya percaya…

    @
    Wilayah pembahasan Nabi terakhir dan ragam pengakuan adanya nabi-nabi setelah Rasulullah SAW, munculnya aliran-aliran dan pengakuan baru dan lama adalah merupakan polemik tak berkeputusan dan juga — sangat boleh jadi — menjadi jalan bagi manusia untuk tersesat di arena yang disebut — kebaikan –.

    Menurut agor (yang bukan ustad dan ulama loh); pernyataan mutasyaabihat cocok untuk sejumlah persoalan dan bisa tidak tepat untuk persoalan dimana kita memiliki persepsi tertentu terhadap suatu kepentingan duniawi atau pengakuan golongan, pengakuan kepemimpinan, atau tujuan lain-lain dari hasrat kemanusiaan. Khususnya dalam konteks “Nabi Isa turun ke dunia”.

    Kalau saya membaca mengenai nabi terakhir dan pembahasan mengenai Nabi terakhir ini, dari sisi pembela bahwa ada nabi terakhir dengan ragam puluhan contohnya maka jelas pula ada usaha pembenaran. Namun, kalau kita kumpulkan komitmen Allah terhadap kenabian (baik dalam hitungan matematis), posisi Nabi Isa, kesaksian hari kiamat, dalam satu konsepsi, menurut agor ayat ini tidaklah bersifat mutasyaabihat. Clear saja kok.

    Hanya, memang di sini kerap manusia sangat bertahan pada pemahaman golongan dan kepentingan. Alangkah indahnya jika petunjuk illahi ada pada kebebasan akal yang bekerja secara universal. Maka, insya Allah petunjuk jalan yang lurus itu begitu tampak. Namun, kita juga melihat bahwa perbedaan kerap terjadi karena alasan-alasan primordial.
    Wass, agor.

  10. Treante said

    yah begitulah yang dikatan para ulama dan guru agama, yang lebih tau dari saia tentunya :-)

    @
    yah.. begitulah juga yang disampaikan Al Qur’an, Nabi Isa akan menjadi saksi di hari kiamat. :D

  11. Saya pernah terlibat diskusi dalam satu forum dalam masalahini membuat saya berkeyakinan memang nabi Isa akan turun sebelum kehancuran dunia kelak. Nabi Isa as, bertemu dengan Imam mahdi pemimpin umat muslim kali itu, kemudian bersama-sama membunuh dajjal, seorang bejat, penipu ulung, mengaku Yessus,dan memiliki ilmu sihir, padang pasir masyar yaitu, antara Mosul dan Palestina.

    @
    :D
    Al Qur’an memang menjelaskan bahwa persaksian dilakukan di hari kiamat. Hari yang dipahami artinya di hari kebangkitan, hari setelah dunia dihancurkan, karena langit menjadi lemah, dan kemudian penciptaan diulangi kembali…..

    • Luga said

      Sebenarnya hati yang terdalam orang Islam gentar mendengar Yesus datang yang kedua kali kebumi betapa hebatnya Dia, Dia akan datang menunggang kuda putih dengan seluruh pasukan yang disorga, sebagai Raja segala raja tuan diatas segala tuan,ngeri benar nasib yang mempernabikan Tuhan .lautan api dan belerang ya mereka akan dicampakkan !why 19:16

      • @Luga
        lautan api dan belerang ya mereka akan dicampakkan !why 19:16
        _________________
        Kalau minyak disulut bisa menimbulken api, ari belerang mah ko’it atuh api nyah Om :D
        Kalau logam Alkalis di lautan air bisa jadi lautan api.. hehehe

      • opik said

        wah…justru kehadiran Nabi Isa itu untuk memberitahukan kembali kepada khalayak umum…bahwa Beliau (Nabi Isa) adalah seorang utusan, bukan SEORANG TUHAN…. :)

        dan pemahaman yang men-Tuhan-kan dirinya selain ALLAH SWT…yang akan di berantas oleh Nabi Isa…

        jadi ga mungkin lah ummat islam gentar… :)

        yang diperdebatkan itu adalah masalah dalil aja…bukan karena khawatir Nabi Isa turun kembali…

        karena Allah SWT sendiri yang memang membuat sosok Nabi Isa misterius…. :)

      • @Opik
        yang diperdebatkan itu adalah masalah dalil aja…bukan karena khawatir Nabi Isa turun kembali…
        ___________________
        Bwetulll… karena sudah turun kedunia dan diberi Gelar Al Masih, jadi nggak lah turun lagi, kecuali ada orang mati didunia terus lahir lagi didunia sak belum kiamat tiba baru umat Islam percaya Nabi Isa Al masih ikutan turun pula… hahaha

        karena Allah SWT sendiri yang memang membuat sosok Nabi Isa misterius….
        ____________________
        Bwetulll juga, kelahirannya sama persis dengan Nabi Adam a.s tidak punya ayah biologis :D

      • Luga said

        Lo baca buku digramedia Paza semanggi Neraka Jarokkle dan lo saksikan orang kayak kalian menjerit sangat hebat,pernah Tuhan bawa gua keneraka lalu gua lihat jutaan sijurang gelap orang menjerit luar biasa,dijurang lalu Tuhan Yesus ngomong ke gua :hanya orang yang didalam itu dapat mengeluarkan jeritan seperti itu,dan jeritannya,mengerikan sampai tak terlukiskan saking hebatnya jeritan itu dan itu gua dengar pakai kuping gua sendiri,jadi gua ngelihat lo tuh cumah kasihan….begitulah kalau stan jika sudah nyesatkan orang kayak yang diblog ini,coba dengarin lagu menyambut kedatangan King of kings divideo blog gua :Days of Elijah,benar ucapan Yesus neraka penuh dengan ratapan mereka,belum lagi yang Mohammad ditombak mulutnya sama mamalikat dan malaikat itu berkata :inilah penyesat terbesar !bertobat lo jablay

      • Luga said

        Nabi Isa kedua kali datang mengatakan diriNya nabi dan ini tertulis di Alquran sedangkan Alquran saja bohong, karena tidak ilham Roh kudus setiap kitab tampa Roh kudus adalah penyesat.Alquran lo percaya,Mohammad saja gak punya Roh kudus sisini saja lo sudah mampus !,mengenai belerang yang dimaksud,situlisan arab lihat dong lahar gunung merapi orang bodoh !

      • Luga said

        Tolong kasih referensi nubuatan di kitab nabi-nabi bahwa Yesus datang akan menyatakan diriNya sebagai nabi,harus ada dong kitab konfirmasi dari kitab nabi-nabi jangan lo telan mentah2 nanti lo mampus.sebab kedatangan Yesus kedua kali dikitab nabi-nabi sebagai Tuhan itu anda coba baca Zakaria 14,Yudas 1:14,jangan bilang kitab nabi-nabi hilang kalau hilang kenapa gak lo cari..sampai dapat jangan lo ngajar dulu sebelum lo dapat wong belum lengkap kok lo udah ngajar wah benar benar jablay nih orang..

      • Luga said

        Mau gua kasih inti dari Islam cuma satu dan ini untuk selamanya yaitu :BOHONG !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      • Luga said

        SIAPAKAH SIPENDUSTA ITU?BUKANKAH DIA YANG MENYANGKAL BAHWA YESUS ADALAH KRISTUS ?DIA ADALAH ANTIKRISTUS,YAITU DIA YANG MENYANGKAL BAIK BAPA MAUPUN ANAK
        1 yOH 2:22

      • opik said

        ilmu saia sebenarnya masih cetek banget untuk memahami ayat-ayat Allah, baik yang tersurat maupun yang tersirat…

        tapi….ngebaca postingan anda….saia kira…ternyata anda yang sangat lebih tidak memahami kitab anda sendiri… :)

        karena beberapa x saya debat dengan orang-orang yang postingannya (jauh) lebih berbobot dari anda, tidak ada (satupun yang)dapat menyangkal, bahwa, kitab yang anda yakini sebagai kitab suci itu ga lebih adalah kombinasi dari kumpulan kisah dongeng dan wahyu Tuhan yang sudah banyak terdistorsi oleh hawa nafsu para pengarang kitab tersebut (mathius, markus, lukas, Yohanes dll)
        namun kesombongan-lah yang menutupi hati mereka dari kebenaran…

        jadi ga ada ummat islam yang merasa khawatir dengan masalah ini….

      • toogeey said

        @Luga
        Kalaulah kalian tetap yakin bahwa Yesus akan datang, OK lah coba kamu baca hadist yang membahas kedatangan ISA AS. intinya Isa AS (yesus versi kamu) akan turun ke bumi untuk menghapus pajak, membunuh babi (yang kalian makan) dan mematahkan salib. Jadi kami cepat cepatlah menyadarinya

    • Luga said

      coba anda jawab pertanyaan saya apakah anda punya Roh kudus ?itu aja jawab kalu bisa.

      • Kalau Rok Kardus… nggak punya ruh.
        Kalau kucing.. pasti punya ruh.
        Apalagi manusia hidup… hehehe

      • @Luga
        Hahh… jangan-jangan sampean nggak punya roh alias zombie… hiyyyy… :D :lol:

      • Luga said

        Yang gua tanya kan, lo PUNYA gak Roh kudus ? bukan roh lo sendiri,jawabannya ya atau tidak,diluar jawaban ini saya angap kalah karena yang tanya saya,karena dari dulu saya debat satupun gak ada yang sanggup jawab .
        Roma 8:9:
        Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

      • @Mas Lu Ga mpunya ROK KARDUS :mrgreen:
        Coba tanyaken sama roh kristus sampean, belakang kepala sampean kayak gimana bentuknyah ?!

        (jangan tanya sama cermin…. :mrgreen: )

      • kakang said

        mas luga, aku juga tanya sampean ;seberapa jauh anda memahami tentang roh? manusia hanya diberi dipengetahuan sedikit tentang roh.setiap manusia begitu lahir kedunia dalam keadaan suci. Begitupun nabi Isa as. dilahirkan kedunia, dikandung oleh ibunya tanpa ayah merupakan suatu bukti kebesaran Allah swt,sebagaimana nabi Adam as diciptakan tanpa ibu dan ayah.Nab Isa as adalah sama dengan nabi-nabi lain seperti Nabi Adam,Ibrahim,Ismail , Ishak, Yakub, Musa dan Nabi Muhammad saw adalah sebagai rasul utusan aLLAH SWT, BUKAN SEBAGAI TUHAN.aku juga tanya tolong jelaskan apa itu roh??? makasih.

  12. assalamu alaikum
    @Pak agor dan lainnya
    AQ 4:159. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

    Kematiannya = kematian siapa?
    mautiHI = kalau ke ahli kitab.kayaknya nggak mungkin,semua ahli kitab donk,ditambah lagi seterusnya nabi isa akan bersaksi ALAIHIM, kalau ke ahli kitab mautiHI yang tadi, seharusnya nabi isa bersaksi ALAIHI.jadi MautiHI = kematian nabi Isa.

    Kalau ke nabi isa.berarti ahli kitab yang bersama dgn nabi isa as.
    kalau matinya nabi isa di waktu salib. Udach dibantah ayat sebelumnya.berarti nabi isa as akan mati dan belum mati waktu kejadian salib.sebelum kiamat kah?
    Dan nabi Isa akan menjadi SYAHIDA = yang bersaksi yang bersyahadat.

    so Nabi ISA akan menjadi SAKSI di hari Kiamat…
    mengingat kiamat ada sangkut paut dgn kata qooma – yaquumu.
    bangkit=berdiri.
    berarti setelah kehancuran dunia.
    so…kapankah kematian nabi Isa???
    Wallahu a’lamu bisshowab…kapan2 kita bahas lagi

    wassalam

    @
    Mas Ayruel… memang banyak sekali pembahasan mengenai hal ini, mengenai kewafatan Nabi Isa dan tafsir-tafsir persepsi di sekitar ini. Harus diakui pula, pengaruh dari saudara kita — dari Ahmadiyah — berkontribusi pula dalam pemahaman ini.
    Agor sendiri tidak ingin membahas ayat ini sebagai bentuk penilaian dari sisi ayat ini SAJA. Tapi mari kita lihat terlebih dahulu : Apakah Nabi Isa wafat?.
    Al Maidah 5:117 : “…dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.”

    Di sini Nabi Isa sendiri memahami bahwa … Maka setelah Engkau wafatkan aku….

    QS 4:158 : Allah mengangkat Isa kepadaNya.

    QS 3:55 : Allah menjelaskan akhir ajal Nabi Isa.

    Lalu mengenai ahli kitab yang akan beriman kepadanya (dalam kurung Nabi Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat
    akan menjadi saksi…
    maka sederhana sekali… kalau “nya” itu siapa?, ya lihat aja kalimat berikutnya. :D

    Lha… kalau Allah SWT menyampaikan semua ahli kitab beriman sebelum kematian Isa, bisa saja ditafsirkan menurut pemahaman muffasir bla…bla…bla.. karena bla…bla…bla..
    Kalau dibilang nggak mungkinlah semua ahli kitab?… ya.. Astagfirullah, Allah SWT yang mewahyukan kepada Nabi Muhammad bahwa mereka beriman semuanya. Penjelasan yang clear kan. Kalau secara matematis, ini artinya, kalau ada ahli kitab yang tidak beriman sebelum kematiannya (kematian Isa), maka pasti dia bukan ahli kitab?.

    Kapan Nabi wafat?.
    Tidak tahu deh… tapi jelas bahwa ayat menyatakan Nabi Isa wafat dan dia diangkat setelah ajalnya tiba….. Dan kalau kita merujuk kapan Nabi Isa wafat, ya jelaslah ketika Nabi Isa tidak lagi berada di antara mereka (QS 5:117). Kalau Nabi Isa masih di antara mereka, artinya Nabi Isa masih seger buger deh :D

    So, jadi kapan wafatnya?,… lha.. kapan Nabi Isa tidak lagi berada di antara mereka. Jelas kan…. :)
    Kapan yang disalib yang diserupakakan Nabi Isa…

    Ya .. logisnya disekitar thats timelah.. :D

    Bahkan Nabi Muhammad seperti dijelaskan di ayat berikutnya, menantang bermuhabalah kepada yang menolak mengenai kisah Isa ini.

    Salam.

    • kematian Isa al-masih as itu terjadi setelah turunnya di akhir zaman nanti setelah membunuh al-masih dajjal yg mengaku-aku sebagai tuhan dan diikuti oleh banyak orang, yg mana al-masih dajjal ini memerangi kaum yg beriman kepada Alloh (kaum muslim)yg tidak percaya kepadanya…setelah al-masih dajjal itu dibunuh oleh Isa al-masih as maka dari itu setiap ahli kitab (yg terfitnah dg al-masih dajjal, semisal Luga cs) baru akan beriman dg beliau as (tentu sebagia utusan Alloh, bukan sebagai tuhan), itu terjadi sebelum kematian beliau as (QS 4 ayat 159)…jadi jelas bahwa sekarang Isa al-masih as belum mati, dan tidak disalib (yg disalib adalah orang yg diserupakan dg beliau as)(QS 4 ayat 157), tapi beliau as ditidurkan (diwafatkan dlm bahasa al-qur’an mengandung dua arti yaitu ditidurkan atau dimatikan, mana yang dipakai, tentu disesuaikan dg konteks ayatnya) dan diangkat kelangit (QS 3 ayat 55) dan pada akhir zaman nanti dibangunkan dan diturunkan ke bumi diantarnya untuk membunuh al-masih dajjal itu

      • @Mas Kusmardiyanto
        itu terjadi sebelum kematian beliau as (QS 4 ayat 159)…jadi jelas bahwa sekarang Isa al-masih as belum mati, dan tidak disalib (yg disalib adalah orang yg diserupakan dg beliau as)(QS 4 ayat 157),
        _______________________________
        Sampean setuju kalau para Rasululloh, para Nabiulloh dan para syuhada sekarang HIDUP ?! :D

        Insya Alloh, sayah tidak akan bertanya karena mereka semua hidup di sisi Alloh dan mendapatkan rizki seperti kehidupan dunia, lalu kenapa hanya Nabi Isa Ibnu Maryam yang diutus turun ke bumi ?!..
        (Sampean nda sanggup jawab yah ..tuh.. hehehe )

        Untuk memahami maksud yang tersirat dan tersurat pada QS 4:157, maka silahken sampean baca dalam SATU SUHUF (‘ain/ hamzah/ suku) yaitu mulai dari Surah An Nisaa[4] : 148 s/d 162

        Tolong perhatiken, supaya sampean tidak kehilangan RELASIONAL!!!

        Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui .(QS 4:148

        Jika kamu menyatakan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa. (QS 4:149

        Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasu-rasul-Nya, dan bermaksud memperbedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan: “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir), (QS 4:150)

        ‘audzubillahimin dzalik

  13. Assalamu alaikum
    @pak agor

    terimakasih telah mengingatkan saya,tentang ahli kitab,yang namanya ahli kitab berarti
    AHLI akan KITAB atau mahir akan KITAB.
    Pertanyaan selanjutnya nich :
    Apakah profesor injilis (Evenjelis)disebut ahli kitab?
    Kalau saya jawab = Tidak
    Karena Alkitab(Bibel) hanya dinamai oleh mereka untuk menyamakan kedudukannya dgn ALquran.
    Di barat tak dikenal bible itu dinamakan ALKITAB.hanya di negara2 mayoritas muslim mereka menamakannya.

    Wassalam

    @
    Ass. Mas Ayruel yang begitu jernih memberikan catatan. Kalau tak keliru, redaksi Al Qur’an untuk Ahl Kitab, Ahl Yahud atau an nashara atau utu ahl kitab memang beragam. Kita juga menyebutkan orang yang diberi kitab, ahl kitab sebagai orang yang memahami kitab karena memang teguran Allah kepada mereka juga cukup jelas :… padahal mereka mengetahui kebenaran…, dengan kata lain mereka memang boleh juga disebut mahir kitab. :D

    Dalam ayat 4:159,… ahli kitab yang beriman sebelum kematiannya jelas mendeskripsikan ahl kitab pada masa Nabi Isa masih hidup; sedangkan pada ayat 5:59 :… apakah kamu memandang kami salah, hanya lantaran kami beriman kepada Allah…. jelas bahwa ayat ini merujuk pada ahl kitab pada masa kenabian Nabi Muhammad. Rujukan teguran dan variasinya antara yang berada di jalan lurus dan mengingkari juga cukup jelas.

    Itu yang saya pahami Mas Ayruel. Jika keliru, jangan ragu diluruskan.

    Wass, agor.

  14. @pak agor

    Ya .. logisnya disekitar thats timelah.

    Wach kayaknya sama pemahaman kita.

    @
    Alhamdulillah… itu yang memang saya coba pahami dari Al Qur’an.

  15. @pak agor

    waduch…masih ada yang nyangkut…

    Kiamat itu proses lengkap kalau nggak salah ,mulai dari kehancuran,kebangkitan,perhitungan.
    Atau 3 apa 2 x ditiupnya sangkakala(lupa).
    gimana pendapat pak agor,soalnya ada yang begini ttg kehancuran>ALWAQIAH,ASSA’AH,AL ZAL ZALAH,entah masih ada kayaknya nama lain tentang kehancuran alam ini
    wassalam

    @
    Wah .. Mas Ayruel… agor juga nggak hapal nih :(
    Yang agor tahu, Al Zal zalah membahas mengenai hari kehancuran, al waqiah, al qiyaamah, dan banyak lagi.. sekitar 20 nama yang menyebut hari kebangkitan ini. Hari pengadilan, hari keputusan, penyesalan, hari akhir, hari terbukanya, dlsb.
    Tahapannya dijelaskan dari hari kehancuran, kebangkitan, dan hari kebangkitan… sepertinya ketiga peristiwa tersebut berdekatan….
    Yang menjelaskan tentang kehancuran QS Al Zalzalah.
    Yang memang, dari yang saya pahami, kita sering ketuker-tuker dengan menganggap hari kiamat itu sebagai hari kehancuran (the end of world, kiamat), padahal bukan. Hari kiamat adalah hari dimana manusia dikumpulkan, diperhitungkan, dan seterusnya-seterusnya.

    Karena pengertian yang dibawa kiamat sebagai hari kehancuran, menurut pengertian yang agor pahami dari berbagai pembahasan… tidak terasa ada penyimpangan juga dalam uraian-uraian berbagai-bagai diskusi atau pembahasan. Apalagi kalau sudah sinetron dangkal…

    Pemahaman yang yang kurang atau lebih tepat dikatakan tidak tepat ini, bisa tanpa disadari menyimpangkan pemahaman kita terhadap petunjuknya.

    Termasuk juga pada postingan ini, agor sengaja tidak mau mengambil pendekatan dari hadis yang menjelaskan hal ini, tapi lebih mengajak kepada AQ saja. Bukan apa-apa, karena agor tidak memiliki kemampuan mengenali hadis dengan baik, dan jika di hadis ada tapi tidak sejalan dengan AQ maka, secara otomatis tertolak meskipun periwayatannya dianggap shahih. Apalagi jika tidak shahih… agor nggak mau diminta pertanggungjawaban untuk resiko ini…..

    Wass, agor.

  16. Assalamu alaikum

    Kalo Ahli Kitab pada zaman nabi Muhammad masih ada pak agor ,
    nich :
    ALmaidah 15
    15. Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan[408].

    Al Imran 69
    69. Segolongan dari Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu, padahal mereka (sebenarnya) tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak menyadarinya.

    Al ahzaab 26
    26. Dan Dia menurunkan orang-orang Ahli Kitab (Bani Quraizhah) yang membantu golongan-golongan yang bersekutu dari benteng-benteng mereka, dan Dia memasukkan rasa takut ke dalam hati mereka. Sebahagian mereka kamu bunuh dan sebahagian yang lain kamu tawan.

    Dan masih banyak lagi …
    yang tetap jadi pertanyaan …Ahli Kitab yang disurat An nisa’ AQ 4:159
    Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

    Ahli Kitab yang mana?
    Yang Hidup Di zaman Nabi Isa
    Yang Hidup Di zaman Akhir
    Atau semua Ahli Kitab …(tapi kayaknya nggak kalau semua harusnya ada kata KULLU (Semua)

    Wassalam

    @
    Ah..mas Ayruel ini aneh… mengapa ditanyakan ahli kitab yang mana?
    bukankah jelas di ayat yang Mas sebutkan adalah sebelum kematiannya. Sedangkan waktu kematiannya, kalau kita mau sedikit teliti saja sudah jelas juga… :D

    Terimakasih juga ditambahkan penjelasan dari ayat-ayat tentang ahli kitab setelah masa kenabian terakhir… kiranya juga semakin menjelaskan duduk perkaranya…. :D

  17. dins said

    sebagai umat islam mesti percaya pada suatu hari nanti nabi isa akan turun ke muka bumi untuk menyatakan kebenaran.

    @
    Sebagai ummat Islam, tentu saja saya percaya bahwa Nabi Isa akan menjadi saksi pada hari kiamat, hari ketika manusia dikumpulkan dan dibangkitkan seperti yang disampaikan firmanNya.

  18. Bukan hari berbangkit, banyak hadits menunjuk pada kehidupan dunia sekarang sebelum hari kiamat. artinya nabi Isa turun sebelum kiamat.
    Kiamat yaitu kehancuran bumi total.

    @
    Wah.. agor harus belajar lagi lebih banyak dari yang memahami… apa yang dimaksud dengan hari kiamat, seperti dari catatan komentar rekan lainnya… Terimakasih untuk catatannya…. :D

  19. Ahmad said

    Nabi Isa AS adalah manusia biasa yang pasti akan menemukan ajalnya sebagaimana manusia.

    Nabi Isa AS telah wafat sebagaimana manusia biasa

    Nabi Isa AS tidak akan turun ke Dunia ini lagi

    Pada dasarnya manusia diciptakan, secara rohani dan jasmaninya akan selalu menerima hal-hal yang masuk akal.

    Jika kita berbicara konsep Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, maka logika secara ruang dan waktu manusia tidak akan sampai. Artinya hanya Iman sebagai patokan utamanya, akan tetapi -Dia ada- adalah mutlak sifatnya, tetapi sekali lagi secara ruang dan waktu manusia atau alam raya fana ini tidak dapat mendeskripsikan dengan pola dan bentuk apapun. Dari mana Dia berasal, bagaimana rupanya dan lain-lain mengenai Dia, dari sudut pandang ruang dan waktu manusia tidak bisa dijelaskan. Maka Iman berbicara disana- Bahwa Dia ada!!!

    Akan tetapi jika kita berbicara konsep ciptaanNYA, alam raya ini, maka semua itu akan terikat dalam suatu hukum sebab-akibat atau boleh dikatakan sebuah hukum alam yang mutlak. Karena alam akan membuktikan apa-apa saja yang benar, termasuk keyakinan yang ada dimuka bumi ini.

    Begitu pun jika kita berbicara mengenai Nabi Isa AS, saya sebagai muslim berkeyakinan bahwa Allah adalah Dzat yang Maha segala-galanya dalam hal kebesaran dan kebaikan. Dan saya berkeyakinan bahwa dengan Maha SuciNYA Allah, Dia pun tidak akan melanggar hukum alam yang telah Dia ciptakan sendiri sebagai suatu keteraturan. Bukan Allah tidak bisa, tapi Dia Maha Suci. Karena itu Nabi Isa tidak diangkat kelangit dengan tubuh kasarnya atau dia bangkit dari kematiannya di Muka bumi ini.

    “Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, kemudian
    kepada Kami engkau akan kembali”. (Al-Ankabut 57)

    dengan dasar tersebut diatas, bahwa nabi Isa AS adalah makhluk yang bernyawa maka tidak ada pengecualian baginya untuk bangkit dari mati (diluar konteks hari akhir) atau diangkat kelangit dengan tubuh kasarnya.

    Artinya lagi bahwa hal tersebut bermakna, segala sesuatunya di jagad raya ini tidak keluar dari hukum alam yang mengikat dari benda-benda alam itu sendiri didalamnya.

    saya yakini bahwa tidak ada satu ayat pun didalam Al-quran yang saling bertentangan satu dengan lainnya.

    Maka apabila suatu keyakinan tentang keabadian Nabi Isa AS atas keberadaannya dilangit, maka ayat Al-quran tersebut diatas menjadi batal karena ada pengecualian terhadap Nabi Isa AS.

    @
    Rasanya… begitu jelas bahwa Allah mewafatkan Nabi Isa, dan itu difirmankan dalam Al Qur’an. Jadi kalau ini berbeda, termasuk juga seperti surat Al – Ankabut 57 makin melengkapi suatu penjelasan yang dari padanya kita bisa imani.

  20. Dono said

    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh sdr Ahmad.
    “Artinya lagi bahwa hal tersebut bermakna, segala sesuatunya di jagad raya ini tidak keluar dari hukum alam yang mengikat dari benda-benda alam itu sendiri didalamnya”
    “Maka apabila suatu keyakinan tentang keabadian Nabi Isa AS atas keberadaannya dilangit, maka ayat Al-quran tersebut diatas menjadi batal karena ada pengecualian terhadap Nabi Isa AS”

    Coba bapak Ahmad jelaskan firman Allah pada surat Al-Baqarah ayat 55-56 yg berbunyi :”Ingatlah ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak percaya kepadamu sebelum kami melihat
    Allah dengan nyata. Sebab itu mereka disambar petir, dan mereka menyaksikannya”.

    “Setelah itu Kami bangkitkan kamu dari matimu, supaya kamu bersyukur”.

    Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
    Dono.

    • haniifa said

      @Mas Dono
      “Setelah itu Kami bangkitkan kamu dari matimu, supaya kamu bersyukur”.
      ________________________
      Banyak orang mati suri dan pas mau dikubur hidup lagih… :mrgreen:

  21. myrazano said

    menurut riwayatnya Nabi Isa AS kan belum mati. hanya diangakat ke langit. Sebagai nabi tentunya belau akan masuk surga. Surga hanya untuk orang yang sudah mati. Jadi Nabi Isa AS akan turun lagi ke bumi. minimal untuk mati dulu. agar bisa masuk surga

    terimakasih

    nb : posting yang pintar

    @
    Yang dapat saya pahami, seperti link pada postingan.. sepertinya yang dijelaskan Al Qur’an, Nabi Isa diwafatkan dan sebelum diwafatkan juga diberitahu akan diwafatkan.
    Sedangkan mengenai riwayat dan penarikan kesimpulan Nabi Isa akan turun ke bumi tidak dijelaskan di AQ, Nabi Isa akan menjadi saksi di hari akhir (hari kebangkitan) dijelaskan oleh Al Qur’an.

  22. haniifa said

    @Mas Agor
    Sayah ketinggalan diskusi nehhh… :mrgreen:

    • toogeey said

      @Haniifa
      Dereng ketinggalan ta masssss. mangga…. mlebet, kawulo badhe ningali ke mawon panjenengan berceramah….

  23. @all

    makasih, saya banyak belajar dari sini.
    Karna saya bukan ahlinya, mohon diteruskan diskusinya, saya ingin belajar

    wassalam, qarrobin

    • Luga said

      Betul! anda belajar bagaimana cara menuju neraka dari yang Islam .

      • Betul, karena didunia ini tahu jalan keneraka, maka @mas Qarrobin Djuti memilih Agama Islam supaya masuk Syurga Dunia dan Syurga Akhirat. :D
        Islam dengan Al Qur’annya memberikan contoh berdo’a kepada Umat Manusia.

        Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian takbir mimpi. (Ya Tuhan). Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh.(QS 12:101)

        Wassalam, Haniifa.

  24. Filar Biru said

    @All

    Saya ingat firman Allah dalam AQ yang mengatakan dari bumi itu kamu diciptakan dan dari bumi itu pula kamu dibangkitkan. jelas sudah duduk persoalannya sekarang bahwa Nabi Isa AS sudah meninggal dunia namun entah dikubur dimana saya tidak tahu hanya Allah saja yang tahu heheheh.

    setiap yang berjiwa pasti mati dan yang kekal hanya Zat Tuhanmu berbanding lurus dengan firman diatas alias singkron.

    hadist2 yang mengatakan bahwa nabi isa akan turun kebumi omong kosong alias propaganda yahudi dan nasrani titik.

    hari kiamat itu berlangsung mulai tiupan sangkakala pertama sampai masuknya manusia terakhir kedalam surga jadi hari kiamat adalah hari yang sangat panjang dan melelahkan. segala tetek bengek persoalan dunia di hadirkan disini mulai dari persoalan adam sampai zaman akhir dunia tadi otomatis carut marut tentang nabi isa itu sendiri akan menjadi head linenya kiamat heheheh.

    jadi persoalan besar dan kecil suatu masalah, penyelesaiannya di hari kiamat itu. mengapa? karena manusia tidak mampu menyelesaikannya. itulah sebab gunanya malaikat yang ada dikiri dan kanan bani adam. Mau protes…ntar

    yang jelas hari kiamat bukan saja hari neraka dan hari surga, hari kiamat adalah hari penyelesaian tetek bengek amal manusia. masalah neraka dan surga hanya hasil dari penyelesaian tersebut.

    ada yang mau nambah?

    • Luga said

      Dimana Yesus sekarang lo baca Yoh 6:62

    • Luga said

      Setiap nabi harus penuh Roh kudus Yes 46:16…dan sekatang Tuhan Allah mengutus aku dengan RohNya . semua nabi penuh Roh kudus kecuali Mohammad kita lihat
      Daud1sam 16 :13
      Yehezkiel ,yeh 3:24 Daud nabi Musa nabi semua mereka penuh Roh kudus setiap orang yang penuh Roh kudus namnya tercata jika tidak da namanya baca why 20:15 Tuhan itu bijaksna kita diberikan tanda orang benar dengan pembohong tau tidak dannyata memang orang islam dan mohammad tidak punya Roh kudus yudas 1:19…..
      tidak mungkin orang yang tidak memiliki Roh Tuhan mengajari orang yang tidak memiliki Roh Tuhan jika demikian ngajarin Tuhan dong matius 10:20 luk 4:17,Paulus penuh Roh kudus kis 9:17 Yesus berkata jika orang tidak dilahirkan dari air dan Roh tidak dapat masuk kerajaan Allah artinya tidak masuk sorga Yoh 3:5 Rm 8:9 jika seorang tidak memiliki Roh kristus ia bukan milik Kristus
      jadi syarat masuk sorga yang ditanya nanti apakah orang itu punya meterai Roh kudus 2 kor 1:22 ingat Roh kudus cuma turun dalam nama Yesus yoh 14:26 dan islam menyangkal nama kuasa nama Yesus yoh 3:18 Yesus adalah pembabtis Roh kudus karena Roh itu turun dalam nama Yesus Roh kudus itu ibarat kata KTP,SIM,SURAT nikah ngaku nikah kalau gak ada surat nikah tetap aja dianggap kumpul kebo nagku nabi isra miraj 2000 kali tapi dicek gak punya Roh kudus seketika dilempar langsung keneraka tampa banyak tanya ,Roh kudus ibarat kata DNA Nya Tuhan ngaku anak Allah tapi gak ada DNA Tuhan ya ditangkap, Roh kudus ialah nafasNya dari Bapa dan Yesus satu nafas yoh 20:22,mat 10:20,nafas Allah ayub 34:14 jadi sangat masuk akal jika seorang nabi harus ada nafas Allah didalam dirinya sebab nafas dan firman itu satu sama sama keluar dari mulut Allah nafas Bapa dan Yesus satu yaitu Roh kudus,perhatikan kata Yesus di kis 1:8 kamu akan menerima Kuasa jika Roh kudus turun jika gak ada turun Roh kudus tidak ada otoritas kenabianatau ilegal sekalipun ia ngaku 1000 kali diutus oleh Allah ada meterai gak ?kalau gak ada, bunuh ditempat lihat razia orang yang gak punya Roh kudus kalau dulu darah anak domba sebab darah Yesus menyatu Roh 1 Yoh 5:8 razia gak punya Roh kudus bunuh ditempat keluaran 12:12-14 setiap kota yang gak punya Roh kuds dibinasakan ingat sodom dan gomorah ingat tsunami aceh 200 ribu orang lebih binasa zak 7:12 why 1:10 ef 3:5 luk 1:67 yoh 3:34…..

  25. [...] yang ingin saya utarakan disini bahwa artikel-artikel mengenai Imam Mahdi tidak untuk menyinggung umat Kritiani (mohon maaf jika [...]

  26. bukan siapa siapa said

    :) ingatlah kisah di gua Kahfi.

  27. Luga said

    Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikatNya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam kerajaanNya .semuanya akan dicampakkan kedalam dapur api disanalah akan terdapat ratapan dan kertak gigi Matius 13:41-42

    kasihan banget nasib orang Islam hanya ulah seorang yang menamakan antimurtad sipendusta rela loh mereka dibakar mereka sangat mencintai antimurtad ini bahkan mereka ingin menikah siri dengan antimurtad kepincut oleh peci dan sarungnya kepincut dengan tabligh bohong Allhuakabar !jelek amat sih nasib loh mending deh lo jadi pengamen dan anak jalanan dari pada ngikutin anak-anak iblis yang menamakan antimurtad. N huruf besar menunjukkan bahwa yang dimaksud penulis bahwa Yesus adalah Tuhan,

    • Yudhi said

      Akan kah kebenaran yang hak dan hakiki dapat dimengerti,jika segala sesuatu tentang keEsaan Tuhan,Tentang keabsahan Kitab belum dapat di tunjukan,Segala bentuk kebenaran tentang Tuhan adalah Tuhan sendiri yang akan menjelaskan tentang Dirinya melalaui kebenaran itu sendiri.

  28. Luga said

    Alquran tidak berani memuat Yesus datang dengan seluruh pasukan malaikat tetapi katanya hanya dengan 70 ribu orang kan ini jahat,dikatakan orang akan mati ketakutan saat Yesus datang (mat 24:29-30,WHY 6:16-17) siapa lagi kalau bukan Islam diperhadapkan dengan Tuhan semesta alam yang mereka seenaknya menghina anda bisa bayangkan murka Tuhan ditimpakan atas orang orang jahat DAPUR API SIKSAAN KEKAL !SEBAB PASUKAN MALAIKAT itu adalah keTuhanan Yesus kawalan itu menceritakan siapa Dia,jangan bodoh jika ingin selamat !

  29. Luga said

    Orang Islam di blog ini ngutip ayat Alquran terus,dia lupa bahwa masih ada kitab nabi-nabi sebagai referensi dan karena tidak nyambung jika direferensikan dengan kitab nabi-nabi mereka bilang kitab nabi-nabi hilang,lama lama pala lo yang hilang ,coba tujukkan nubuatan para nabi bahwa Yesus tidak disalib,karena kitab nabi-nabi tidak mungkin batal bahkan Yesus bilang lebih mudah langit dan bumi hilang dari pada kitab nabi-nabi hilang,langit saja belum hilang jadi tidak mungkin kitab nabi-nabi yang hilang tetapi jika palelo yang hilang masuk akal !Mat 5:18,mat 24:35

    • Orang Islam di blog ini ngutip ayat Alquran terus
      ________________________
      Lha yang namanya Kitab Suci Agama Islam adalah Al Qur’an jadi wajar sajah yang dikutip Al Qur’an terus, kalau sampean yang dikutip alkoran pagi petang, silahken !!!… suer sayah nggak keberatan tuhh… :mrgreen:

      • Luga said

        Sebelum Mohammad masih banyak nabi bro jadi lo jangan ngaku penyempurna kitab nabi-nabi tapi bilang Mohammad membawa agama baru tampa embel-embel menyempurnakan kitab sebelumnya, nah lo, kan kena batunya gak bisa jawab lo !jadi Mohammad kegep sendiri sama mulutnya sendiri ibarat kata jatuh kelobang galiannya sendiri.gak bisa lari lo bro,mau kemana lo ?

      • @Luga
        Nabi Muhammad s.a.w bukan membawa agama baru, tetapi melurusken kembali agama Nabi Ibrahim a.s yang sampean bengkokken… hehehe

      • Luga said

        Kalau lo menyempurnakan kitab nabi-nabi ya udah tunjukkan kitab-nabi nabi yang akan lo sempurnakan itu.lo menyempurnakan atau memperbaiki yang jelas dong sebab mulai hari ini lo gak akan mungkin bisa nyesatin orang lagi ya,kalau rusak kan alkitab, yang akan lo pebaiki,sebelum rusaknya mana kitabnya tolong tunjukkan kitab aslinya,kalau udah hilang kenapa gak lo cari sampai dapat,bagaimana mungkin lo bisa ngajar orang-orang tampa berkas yang aslinya karena kitab yang sudah hasil disempurnakan kan ada, Alquran.jadi lo jangan lo belajar bohong .

      • @Luga
        jadi lo jangan lo belajar bohong .
        _______________
        Lo = LONTONG
        Gua = Gua Selarong… hahaha… Dasar Si Buta dari GUA HANTU :D :lol:

      • Luga said

        Alquran berkata :mengeimani kitab sebelumnya.yang gua tanya, mana ” kitab yang sebelumnya ini ” yang gua cari kitab yang sebelumnya ini bro, mana?karena orang gak akan sempurna jika tidak baca kitab ini kan Alquran melengkapi,- kitab sebelumnya + Alquran = sempurna,tapi anda tidak seperti diatas yang anda maksud ialah :
        0 + Alquran = sempurna,kenapa 0(nol) karena kitab nabi-nabi kata Alquran hilang katanya,jadi Islam sesat karena 0 + Alquran =sempurna,harusnya kitab sebelumnya + Alquran=sempurna jadi jelas penyesatan itu terkuak tapi sebenarnya ialah :
        kitab nabi-nabi+ Mesias =sempurna,sebab kitab nabi-nabi itu ditutup oleh Mesias setelah resmi ditutup oleh Mesias lukas 20 :17-19 ,eh datang lagi anak ular!kitab nabi nabi ditutup dengan amanat agung menjadikan semua bangsa murid Yesus,tapi dasar iblis dibilanglah ayat ayat palsu coba buktikan jangan dengar apa kata, orang jangan bawa bangsa gua keneraka kurang ajar ! jika lo gak bisa nunjukin kitab nabi nabi yang aslinya sebagi batu ujian terhadap kitab yang ngaku-ngaku penyempurna yaitu kitab yang tampa Roh kudus ini dan kitab yang sangat jahat ini!

      • @Luga
        Kitab Zabur yang dibawa oleh Nabi Daud a.s
        Oleh YAHUDI: 0 + 123+ &^#@#@AZX?? = Acak-acakan…. maka diturunken lagi oleh Allah

        Kitab Tauret yang dibawa oleh Nabi Musa a.s…
        Oleh YAHUDI: 0 + 456 + &^#@#@AZX?? = Acak-acakan…. maka diturunken lagi oleh Allah

        Kitab Injil yang dibawa oleh Nabi Isa Al Masih…
        Oleh YAHUDI: 0 + 456 x 123 : 0 + &^#@#@AZX?? = Acak-acakan…. maka diturunken lagi oleh Allah : AL QUR’ANUL KARIM

        Maka Insya Allah, Al Qur’an tidak ada perubahan sedikitpun dan ini sesuai dengan janji Allah subhanahu wa ta’ala, tapi kalau sampean ragu sayah tidak aneh coy.. hehehe

        Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (QS 2:23)

      • Luga said

        Anda punya Roh kudus gak,jawab dulu ya atau tidak, kalu gak punya Roh kudus gak usah ngomong ,anda Prayitno punya Roh kudus gak dari kemaren gak bisa dijawab ngeles mulu karena iblis tahu kalau anda jawab kebohongan islam yang berabad abad terbongkar melalui jawaban anda,anda gak punya Roh kudus, seluruh umat islam juga diseluruh dunia gak punya Roh kudus siap siap menanti dilempar keneraka ,malaikat gak tanya agama lo apa ?kata malaikat yang gua tanya punya Roh kudus gak ?jangan berbelat belit ntar lo gua tendang keneraka ngajarin saya saya punya Roh Tuhan anda gak mau ngajarin saya bodohnya dia belajar sama orang yang gak punya Roh kudus pula,senasib pula, juga yang mengatakan ucapan Yesus cuma beberapa persen berguru sama orang yang gak punya Roh kudus dan sama sama gak punya Roh kudus yang gak punya Roh kudus saling bercipokan dan sama sama keneraka,itu pendeta neraka yang sepaham dengan anda orang buta nuntun orang buta, Mohammad aja gak punya Roh kudus ,kata Mohammad gua aja yang bos gak punya apalagi lo kata Mohammad sama Prayitno uda terima aja memamng nasip kita sudah gak punya Roh kudus yaitu nafas Bapa dan Yesus ,sekarang nama Roh kudus siapa ?gak mungkin bisa anda jawab !Abdullah gak punya Roh kudus hamba Allah yang kemarin gak punya Roh kudus kalian betiga ngotrak bareng aja yang 100 ribu per bulan sama sama biar kalian saling meratapi nasib, karena sama sama gak punya Roh kudus lalu anda mimpi terdengar dari neraka dengan serentak :kami rakyat neraka menyatakan bahwa dineraka kami gak punya Roh kudus, makanya anda minum air kehidupan Roh kudus kalau gak mau minum air kehidupan anda minum Vodka aja,harusnya orang islam bundaran HI demo kenapa kami umat Islam gak punya Roh kudus ini kerjaan siapa ? saya maka saya akan jawab :kerjaan Mohammad,five Gospel sudah saya baca dibuku Insan kuis BMW ,five gospel yang nulis gak punya Roh kudus tanda berbahasa Roh karena orang kristenpun banyak nyangkal Roh kudus ,fivegospel diciptakan oleh orang yang gak punya Roh kudus diterima oleh muridnya yang gak punya Roh kudus (senasib orang buta nuntun orang buta )terjadi perkawinan melahirkan anak pernyataan tampa Roh kudus dan ketiganya dilempar keneraka harusnya kalau gak punya Roh kudus belajar sama yang punya Roh kudus jika Mohammad punya Roh kudus tentu islam punya Roh kudus jadi yang gak punya Roh kudus saling cipokan,anda dulu kristen main main sih ahirnya dimangsa iblis mau doa puasa kek yang penting tuh ahir,ahirnya anda malas berdoa kali, salomo aja dapat penglihatan jatuh juga makanya jadi kristen tuh jangan main main ahirnya lo dimakan iblis,seruan untuk islam seluruh dunia kamu harus punya Roh kudus jangan dengar guru guru palsu yang gak punya Roh kudus ini nanti kamu dilempar keneraka,mau perang gak punya modal ya habis dibantai prayitno visi misi dari King of kings international adalah 3M melibas menghabisi menyembelihan nabi nabi baal lebih difokuskan kepenyembelihan nih udah mulai panas nih gimana ?mau kita bongkar keberadaan Mohammad sekarang kalau lo dengar pingsan lo ah ntar aja kita habisin dulu akidahnya,sudah baca buku
        1.Jarookle NERAKA siksaan ter hadap bayi Islam yang sudah mati
        2.M baxter 40 hari dialam maut dibakar ada yang dicincang karena nyangkal Yesus
        3.Saya sendiri luga perna dibawa kejurang maut jutaan orang nangis dibawa oleh Yesus
        4.Neraka Pariaji Yesus berkata pada Pariaji tentang orang yang lagi dibakar:Mereka ini tidak mengenalKU !
        nonton dong video pemimpin islam dibakar nagis nangis diinternet ini juga klik elisabeth Neraka dari google
        Mohammad ? entar aja kita ceritain biar seru kan bosnya selalu belakangan nonton jutaan terima Yesus dinegeria klik “Reihard bonke lagos “

      • Luga said

        Namanya Tuhan nurunin kitab gak ada yang acak acakan,masak Tuhan ngirim yang acak-acakan dulu baru yang bagus gitu eh lo tuh uda gila ya !
        Jadi mana kitab nabi-nabi
        Daniel
        Yesaya
        Yoel
        Yeremia
        dan masih banyak lo kemanain ?wah manusia ngarang ,namanya penipu gak lolos men diresere taman puring pasti kegep nih orang !hei orang gila !

      • @Lu Ga RING :mrgreen:
        Jadi mana kitab nabi-nabi
        Daniel
        Yesaya
        Yoel
        Yeremia

        _____________
        Tidak ada satupun nama-nama NABI dan RASUL pada Al Qur’an dan Al Hadit’s dalam AGAMA ISLAM… lha sampean nuduh seenak udel… hohoho :D :lol:

  30. agorsiloku said

    Orang Islam di blog ini, di sini, belajar untuk memahami kitab yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Jadi tidak lupa, tapi blog ini tidak digunakan untuk menghujat, untuk belajar. Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Segala apa yang diperselisihkan, akan tiba waktunya untuk dijelaskan di akhirat nanti.

  31. Luga said

    Udah, pindah agama aja kalian ok !

    • Kalau pindah Agama ke Kristen… harus bayar duwit ke Pendeta :mrgreen:
      Kalau sampean pindah Agama ke Islam, cukup bersyahadat malahan diberi duwit berupa bagian asnaf muallaf

      Yuk kita masuk Agama Islam rame-rame… ;)

      • Luga said

        Rame-rame keneraka !

      • toogeey said

        @Haniifa
        Insya Allah,,,, kawulo tetap islam mas Haniifa, kawulo nyuwon donga’ne menawi pejah gesang tetep Islam. Allahu Akbar.

      • @Kang Mas Toogeey
        Yo mari kita rame-rame, insya Allah ke syurga yang dijanjiken. dan biarkanlah @Oom Luga plus konco-koncone melo ke Neraka….. hua.ha.ha… emangnya siksa neraka itu ringan, pakai ngajak keneraka segala…. Duh.. :(

  32. @pak agor

    Si luga ini orang streess yang kecewa dgn agamanya….
    maklumin aja lach pak agor…

    @luga

    coba kau bantah commentku yang diatas:

    http://agorsiloku.wordpress.com/2009/03/08/akankah-nabi-isa-kembali-ke-dunia-fana-ini/#comment-23371

    s/d

    http://agorsiloku.wordpress.com/2009/03/08/akankah-nabi-isa-kembali-ke-dunia-fana-ini/#comment-23377

  33. Luga said

    Kan vis misi kita menembelih nabi-nabi palsu kayak kalian terjun aja lo kelaut anak ular !

  34. Luga said

    Orang boleh banyak ngomong tapi buah gak bisa dibohongi men !dicek gak punya Roh kudus !nah lo kegep ! mampus loh syukur !!maklum mereka ini sudah kapalan sudah didoktrin setan berabad-abad……

    • kakang said

      om luga dari tadi om ngomong terus tentang roh kudus, apa sih yang dimaksud om roh kudus itu,apakah masuk kesurga hanya harus ada stempel roh kudus. kalau om pingin kebenaran coba baca dulu Alqur’an, baca , pahami, mengerti dan tanya yang paham tentang Kitab – kitab terutama yang paham Alqur’an. om hanya belajar dari kitab yang sudah dirubah – rubah oleh tangan manusia.carilah kITAB Injil yang masih murni.

  35. ASTRID said

    Justru kehadiran Nabi Isa Diakhir Zaman untuk memberitahukan kembali kepada Khalayak umum bahwa Beliau (Nabi Isa) adalah seorang utusan (Rasull Allah), bukan SEORANG TUHAN.

    Sampai akhir zaman nanti beliau akan kembali diturunkan ke bumi menjadi bagian dari umat Islam.
    والذي نفسي بيده ليُوشِكَنَّ أن ينزل فيكم ابن مريم حَكَمًا عدلاً مُقْسطًا، فيكسر الصليب، ويقتل الخنزير ويضع الجزية
    Rasulullah SAW bersabda, Demi Allah Yang jiwaku berada di tangan-Nya, nyaris akan segera diturunkan di tengah kalian Isa putera Maryam menjadi hakim yang adil dan menegakkan keadilan. Beliau akan menghancurkan salib, membunuh babi, menetapkan jizyah.
    Nabi Isa turun untuk mematahkan kepercayaan yang mempertuhankan diriNya.
    Jadi akan meluruskan bahwasanya Beliau hanyalah utusan Allah ( Rasull Allah )

  36. Mr.Peace said

    Ya..Tuhan ampunilah kesalahan dan perkataan mereka, Karena mereka tidak tau apa yang mereka perbuat…AMIN.

  37. aguy said

    apakah di injil ada perintah utk menyembah yesus??

  38. Saya ingin menyampaikan beberapa dalil dari Al-Quran yang menyatakan secara tidak langsung mengenai akan turunnya/kembalinya Nabi Isa sbb:
    1. Menafsirkan ayat Al-Quran yang wajib dilakukan pertama adalah menafsirkan dengan ayat Al-Quran jg, di Tafsir Ibnu Katsir sdh dijelaskan bahwa QS.3:55 berhubungan dg QS.6:60 dan QS.39:42 jadi kalo kata muttawafika hanya diartikan sebagai kematian maka bagaimana kita menjelaskan atau menafsirkan 2 ayat terakhir?
    Ayat ini lebih tepat jika diartikan Nabi Isa dibuat “tidur” oleh Allah lalu diangkat ke langit, sehingga hal ini tidak bertentangan dengan QS.21:34 karena Nabi Isa tidak dapat dikatakan hidup/memiliki kehidupan dalam hal ini.
    2. Apa tanggapan anda tetang QS.43:61 dimana Isa memberi pengetahuan mengenai hari kiamat sementara disemua ayat yg lain pengetahuan hari kiamat ada pada Allah? kalo Nabi Isa sama dengan nabi lain mengapa ada ayat spesial ini?
    Dan mengapa juga terdapat sebutan Al-Masih untuk Isa, adakah hubungannya dengan Al-Masih Ad Dajjal?
    3. Ada yang menilai turunnya Nabi Isa merupakan berita besar yang mustahil luput dari Al Quran, lalu mengapa ada ayat hukum cambuk untuk pezina sedang hukum rajam tidak ada di Al-Quran? mengapa Manusia dan Jin disebut dalam Al-Quran diciptakan dari tanah dan api sedang Malaikat tidak disebutkan? Apa ini luput juga dari Al Quran? atau sebagian umat Islam yang luput?
    4. Di QS.4:159 disebutkan “Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya…”, ayat ini salah apa benar? kalo kita yakin benar karena Al-Quran tidak akan pernah keliru kita lihat kenyataannya.
    – Dijaman Nabi Isa, Ahli Kitab (Yahudi) tidak beriman kepada Nabi Isa malah berusaha membunuhnya, dan Ahli Kitab (Yahudi/Nasrani) berselisih ttg kematian Nabi Isa, jadi ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
    – Dijaman Nabi Muhammad apakah Ahli Kitab beriman kepada Isa? Yahudi tetap ga beriman kepada Nabi Isa dan Nasrani malah lebih parah menganggap Nabi Isa sbg Tuhan. lalu apakah ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
    – Dijaman kita sekarang bagaimana? masih sama jawabannya, lalu apakah ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
    5. Di QS.3:59 disebut misal Nabi Isa seperti Adam, apa hal ini hanya karena mereka berdua tidak memiliki ayah? saya kira tidak dan membalikkan konteks menjadi “penciptaan Nabi Adam menjadi semisal Nabi Isa” adalah salah, yang pasti di Al-Quran nama Nabi Adam dan nama Nabi Isa sama tercantum 25 kali dimana tidak ada nama Nabi lain yang menyamainya, jadi bagaimana kalo Nabi Isa diangkat ke langit ke tempat dimana Nabi Adam dulu tinggal, dan Nabi Adam pernah turun dari langit ke bumi dan nanti Nabi Isa jg akan turun dari langit ke bumi? bukankah hal ini lebih menguatkan ayat tsb? dan coba cocokan dengan QS.7:25 dimana Allah berfirman kepada Nabi Adam “dibumi kamu hidup dan dibumi kamu mati”, pada akhirnya Firman tersebut juga berlaku pada Nabi Isa, diturunkan kebumi untuk hidup kemudian mati.
    6. Turunnya Nabi Isa tidak berarti Nabi Muhammad sebagai penutup nabi menjadi batal karena Nabi Isa bukanlah Nabi lain/baru dan sesuai QS.3:81 Nabi Isa pasti termasuk didalamnya akan mengikuti syariat dari Nabi Muhammad/tidak ada risalah baru dan hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang menyatakan jika Nabi Musa ada/hidup di masa beliau maka tidak ada jalan bagi Nabi Musa selain mengikuti Nabi Muhammad.
    7. Mengenai tugas Nabi Isa membunuh babi yang dikatakan sebagian orang konyol malah saya lihat hadits ini terbukti benar, diabad 20 sampai sekarang ini babi merupakan hewan najis yg paling dimanfaatkan oleh orang nasrani dikehidupannya mulai dari sebagai makanan sampai jadi enzim serum meningitis, cat, peluru, lilin, kertas, mentega, kosmetik, shampo, sabun dll (di http://aneh-ajaib.blogspot.com menyebutkan ada 40 jenis manfaat babi). apa hal ini karena babi sangat bermanfaat dari binatang lain yang ada dibumi? ini sangat berbahaya unsur babi hampir ada di setiap benda dikehidupan kita, jadi bukan babi hidup saya rasa yang akan dibunuh tapi produk dari babi ini yang akan dihancurkan, hal ini tidak akan terbayang dimasa Nabi Muhammad.
    Mengenai Tugas Nabi Isa lainnya mematahkan salib adalah sesuai dengan QS.3:55 bahwa Allah akan membersihkan Nabi Isa dari orang-orang kafir (umat kristen), karena jika Allah membersihkan Nabi Isa disaat hari berbangkit atau setelah kiamat maka hal ini menjadi kurang tepat karena disaat ini bukan cuma Nabi Isa saja yang dibersihkan dari orang-orang kafir tetapi semua orang yang beriman akan dibersihkan/dipisahkan dengan orang-orang kafir (QS.36:59).
    Dan mengenai penghapusan Jizyah menurut saya dikarenakan harta cukup melimpah menjelang hari akhir nanti, hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang menyatakan orang-orang yang pergi kesana kemari mau memberikan zakat/sedekah tetapi tidak ada yang mau menerima, hal ini dikarenakan perbendaharaan/kekayaan yang selama ini terkonsentrasi/disimpan oleh segelintir manusia nanti akan dikeluarkan semua, contoh sederhana adalah PT.Freeport di Papua jika semua keuntungan PT.Freeport digunakan untuk kesejahteraan rakyat papua saja maka hal tersebut sudah lebih dari sekedar cukup, hal yang sama juga berlaku di berbagai tempat lain.
    8. Di QS.5.110 Allah mengajarkan Al-Kitab, hikmah, Taurat dan Injil kepada Nabi Isa, jika kita tidak persempit arti diatas maka tidak menutup kemungkinan Al-Kitab disini bisa berarti Al-Quran, dan bagaimana caranya Nabi Isa bisa mempelajari Al-Quran?
    7. Dan mengenai cukup banyak hadis shahih yang menerangkan mengenai turunnya Nabi Isa, hal ini cukup untuk menyimpulkan bahwa Al-Quran memang telah menjelaskan secara tidak langsung bahwa Nabi Isa akan turun kembali. Agaknya dari sinilah banyak orang Islam yang melakukan kesalahan dengan melakukan penolakan seluruh hadis dan hanya berpegang kepada Al-Quran dikarenakan anggapan bahwa banyak hadis shahih yang salah/bertentangan dengan Al-Quran.

    Saya melihat Al-Quran dan Al-Hadis seperti kunci dan anak kunci jika kita menggunakan keduanya maka terbukalah segala sesuatu menjadi terang, membuka tabir rahasia, memecahkan teka-teki, Nabi Muhammad adalah penafsir Al-Quran yang terbaik, maka lewat hadislah penafsiran yang baik akan didapat.

    Salam,

    • agorsiloku said

      Terimakasih untuk komentar dan catatannya yang panjang lebar ini. Banyak masukan yang saya terima. Perkenankan sedikit memberikan jawaban/catatan yang boleh jadi tidak sesuai dengan cara pandang dan pemahaman rekan lainnya atau uraian para ahli terdahulu (sementara saya bukan ahlinya, hanya berusaha memahami apa yang tersurat saja).

      1. Menafsirkan ayat Al-Quran yang wajib dilakukan pertama adalah menafsirkan dengan ayat Al-Quran jg, di Tafsir Ibnu Katsir sdh dijelaskan bahwa QS.3:55 berhubungan dg QS.6:60 dan QS.39:42 jadi kalo kata muttawafika hanya diartikan sebagai kematian maka bagaimana kita menjelaskan atau menafsirkan 2 ayat terakhir?
      Ayat ini lebih tepat jika diartikan Nabi Isa dibuat “tidur” oleh Allah lalu diangkat ke langit, sehingga hal ini tidak bertentangan dengan QS.21:34 karena Nabi Isa tidak dapat dikatakan hidup/memiliki kehidupan dalam hal ini.
      Komentar:
      Yang dapat saya pahami dari ayat 3:55 Allah mengabarkan bahwa Nabi isa akan sampai akhir ajal dan kembali kepadaNya. Kalau saya lebih berpandangan arti mutawaffika itu ya “mewafatkan engkau”. Jadi itu ya kematian.
      Hubungan dengan ayat 6:60 apa ya… Ini jelas kok, menjelaskan tentang perlakuan Allah dalam mengatur kehidupan manusia malam dan siang, disempurnakan umur dan telah ditentukan, dan kemudian kepada Allah kamu kembali. Sepertinya, pas benar ayat 3:55 dengan penjelasan 6:60. Hanya pernyataan pada ayat 3:55 jelas ditujukan kepada Isa : ..Aku akan menyampaikan akhir ajalmu (disempurnakan umur) dan mengangkat kamu kepada-Ku (semua kembali kepada Allah).
      Malam tidur dan siang dibangunkan pada ayat 6:60 sangat jelas bahwa itu menunjukkan informasi keberadaan manusia di bumi, perputaran bumi dan tatasurya sehingga ada siang dan malam.
      ayat 21:34 juga begitu pas, tidak ada hidup abadi bagi seorang mansiapun sebelum kamu. Saya memahaminya bahwa Nabi Isa juga sebelum Muhammad, maka Beliau (Nabi Isa) juga ya tidak akan kekal. Di alam gaib, ketika manusia mati di alam barzah, ada yang ditidurkan dan terbangun saat kiamat, ada yang mendapatkan rizkiNya, dan wallahu’alam. Tidak ada penjelasan bahwa ada perlakuan khusus kepada Nabi Isa untuk “tidur” diangkat ke langit dengan prosedur yang berbeda (hidup – meninggal, masuk alam barzah, dibangkitkan di hari H).
      Pembahasan mengenai hal ini, al cukup banyak pada http://haniifa.wordpress.com/ ,hanya saya agak kesulitan mencari lokasi persisnya di postingan mana.
      ==================
      2. Apa tanggapan anda tetang QS.43:61 dimana Isa memberi pengetahuan mengenai hari kiamat sementara disemua ayat yg lain pengetahuan hari kiamat ada pada Allah? kalo Nabi Isa sama dengan nabi lain mengapa ada ayat spesial ini?
      Dan mengapa juga terdapat sebutan Al-Masih untuk Isa, adakah hubungannya dengan Al-Masih Ad Dajjal?

      Komentar:
      Sepengetahuan saya, kita taurat dan injil juga menjelaskan tentang proses penciptaan alam semesta, tentang surga dan neraka, tentang hari kiamat.
      Pengetahuan tentang hari Kiamat diberikan Allah kepada manusia melalui petunjuk tersurat. Pengetahuan tentang kapan kiamat ini yang tidak diberikan kepada ciptaanNya (manusia, jin, bahkan malaikatpun tidak diberi tahu).

      Lalu,
      Dan mengapa juga terdapat sebutan Al-Masih untuk Isa, adakah hubungannya dengan Al-Masih Ad Dajjal?
      Komentar :
      Sebutan Al-masih itu adalah sebutan orang kafir. Ini dijelaskan pada ayat 5:17. Di ayat lain, Allah menyebutnya Al Masih putera Maryam.
      Al-Masih Ad Dajjal : ini tentang fitnah akhir jaman. Mohon maaf, saya tidak tahu banyak perihal ini dan cenderung tidak mempercayai uraian yang berkenaan dengan hal ini, apalagi yang berhubungan dengan Nabi Isa.
      ==================
      3. Ada yang menilai turunnya Nabi Isa merupakan berita besar yang mustahil luput dari Al Quran, lalu mengapa ada ayat hukum cambuk untuk pezina sedang hukum rajam tidak ada di Al-Quran? mengapa Manusia dan Jin disebut dalam Al-Quran diciptakan dari tanah dan api sedang Malaikat tidak disebutkan? Apa ini luput juga dari Al Quran? atau sebagian umat Islam yang luput?

      Komentar:
      Lha bukan luput, tapi yang jelas Al Qur’an tidak memberitakan berita yang tidak jelas kebenarannya.

      Lalu mengapa ada ayat hukum cambuk untuk pezina sedang hukum rajam tidak ada di Al-Quran?
      Ayat 24:2 dan 24:4 jelas menjelaskan mengenai hal hukum cambuk – dalam terjemahan depag RI disebutkan dengan dera. Bahkan yang menuduh tapi tidak bisa membawa 4 orang saksi, tidak bisa hukum ini dilaksanakan, bahkan yang menuduh yang terkena hukum untuk didera 80 kali. Jelas bahwa hukum yang ditetapkan ini tidak mudah pula untuk dilaksanakan.

      sedang hukum rajam tidak ada di Al-Quran?
      Tul, hukum rajam tidak disebutkan di Al Qur’an. Lalu emangnya kenapa harus ada? :D Lha yang menetapkan hukum ini adalah Allah. Di masa sebelum Al Qur’an, memang hukum rajam itu dijelaskan ada.

      mengapa Manusia dan Jin disebut dalam Al-Quran diciptakan dari tanah dan api sedang Malaikat tidak disebutkan?
      Terimakasih pertanyaan ini. Saya nyaris tidak pernah memperhatikan, karena meyakini saja malaikat itu diciptakan dari cahaya. Baru setelah pertanyaan ini saya korek google, eh emang sih yang menyebutkan ini adalah hadits. Jadi bukan Al Qur’an.
      Al Qur’an menegasi malaikat itu mahluk gaib yang diimani saja, artinya atau dengan kata lain, ini bagian dari keimanan (percaya kepada malaikat-malaikatNya). Dijelaskan juga tentang beberapa sifat dan tugas para malaikat.
      Kalau pertanyaannya, mengapa tidak disebutkan. Ya harus tanya sama yang pemberi wahyu. Kita tidak tahu, mengapa Allah tidak menjelaskan diciptakan dari apa?. Buat saya, pertanyaan ini sama sulitnya dengan menjawab pertanyaan kalau cahaya diciptakan dari apa?. Kalau meson, gluon, boson dan teman-temannya diciptakan dari apa?. Bahkan ilmu pengetahuan saja, setahu saya belum bisa mendefinisikannya. Masih terus dalam pencarian.

      ==================

      4. Di QS.4:159 disebutkan “Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya…”, ayat ini salah apa benar? kalo kita yakin benar karena Al-Quran tidak akan pernah keliru kita lihat kenyataannya.
      – Dijaman Nabi Isa, Ahli Kitab (Yahudi) tidak beriman kepada Nabi Isa malah berusaha membunuhnya, dan Ahli Kitab (Yahudi/Nasrani) berselisih ttg kematian Nabi Isa, jadi ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
      – Dijaman Nabi Muhammad apakah Ahli Kitab beriman kepada Isa? Yahudi tetap ga beriman kepada Nabi Isa dan Nasrani malah lebih parah menganggap Nabi Isa sbg Tuhan. lalu apakah ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
      – Dijaman kita sekarang bagaimana? masih sama jawabannya, lalu apakah ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?

      Komentar:
      Memang pusing ya lihat dan juga uraian tafsir dan penerjemahannya berbahasa Indonesia mengenai ayat 4:159. Saya juga merasa aneh dengan kata “…, kecuali akan beriman kepadanya….” –
      Karena saya bukan ahli bahasa Arab dan juga kurang menguasai bahasa Indonesia dengan benar, maka saya tidak bisa merefleksikan pemahaman ayat ini dengan baik.
      Tapi, coba kita lihat terjemahan google translate terhadap bahasa ayat ini dari berbagai sumber :

      Yusuf Ali 159: And there is none of the People of the Book but must believe in him before his death; and on the Day of Judgment he will be a witness against them;-
      Google : Yusuf Ali 159: Dan tidak ada dari Ahli Kitab, tetapi harus beriman kepadanya sebelum kematiannya, dan pada hari kiamat ia akan menjadi saksi terhadap mereka; -

      Shakir 159: And there is not one of the followers of the Book but most certainly believes in this before his death, and on the day of resurrection he (Isa) shall be a witness against them.
      Google :Shakir 159: Dan tidak ada satu dari para pengikut Kitab tetapi pasti percaya ini sebelum kematiannya, dan pada hari kebangkitan dia (Isa) akan menjadi saksi terhadap mereka.

      French 159: Il n’y aura personne, parmi les gens du Livre, qui n’aura pas foi en lui avant sa mort. Et au Jour de la Résurrection, il sera témoin contre eux.
      French 159: Akan ada salah satu di antara Ahli Kitab yang tidak akan beriman kepadanya sebelum kematiannya. Dan pada hari kiamat dia akan menjadi saksi terhadap mereka.

      Spanish 159: Entre la gente de la Escritura no has nadie que no crea en Él antes de su muerte. Él día de la Resurrección servirá de testigo contra ellos.
      Google : Spanyol 159: Dari Ahli Kitab belum siapa pun yang tidak beriman kepadanya sebelum kematiannya. Hari Kebangkitan akan menjadi saksi terhadap mereka.

      German 159: Es gibt keinen unter den Leuten der Schrift, der nicht noch vor dessen Tod ganz gewiß an ihn glauben wird. Und am Tag der Auferstehung wird er über sie Zeuge sein.
      Google : Jerman 159: Ada tidak ada Ahli Kitab yang tidak akan percaya sebelum kematiannya tentu dia. Dan pada hari kiamat dia akan menjadi saksi terhadap mereka.

      Russian 159: Среди людей Писания не останется такого, который не уверует в него (Ису или Мухаммада) до его смерти (до смерти Иисуса или до своей смерти), а в День воскресения он будет свидетелем против них.
      Google :Rusia 159: Di antara Ahli Kitab akan tetap orang yang tidak percaya kepada-Nya (Muhammad Isa atau) sampai kematiannya (atau sampai kematian Yesus sebelum kematiannya), dan hari kiamat ia akan menjadi saksi terhadap mereka.

      Bosnian 159: I nema nijednog sljedbenika Knjige koji, kada bude umirao, neće u njega onako kako treba povjerovati, a na Sudnjem danu on će protiv njih svjedočiti.
      Google Halaman 159: Dan tidak memiliki pengikut Kitab, bahwa ketika ia sedang sekarat, mereka tidak akan peduli karena mereka harus percaya, dan di akhirat ia akan bersaksi melawan mereka.

      Persis seperti translate google (apa adanya), namun setidaknya kita bisa membandingkan komparasi penerjemahan dari berbagai bahasa terhadap kata “Wain min ahli alkitabi illa layuminanna….”. Agak aneh ya, cuma di malay dan indon yang kata “illa” itu diterjemahkan dengan kecuali. Sangat boleh jadi pemahaman ini bersumber dari pengertian terhadap kata Tidak ada Tuhan selain Allah.
      Jadi kesimpulannya, terjemahan bahasa Indonesia dan Malay, jika dibandingkan dengan penerjemahan yang lain, kurang memberikan arti yang jelas untuk dipahami.

      Jadi,
      – Dijaman kita sekarang bagaimana? masih sama jawabannya, lalu apakah ayat QS.4:159 salah atau blm terbukti?
      he…he… yang harus diluruskan itu penafsiran dan penerjemahannya sehingga interpretasi semestinya berapa pada level pengertian, bukan kata per kata. Tumpukan huruf tidak memiliki arti, tumpukan kata belum menjadi sebuah kalimat…. Karena keterbatasan manusia dalam memahami, maka membandngkan setiap karya-karya dengan karya lainnya dalam tafsir dan penerjemahan diperlukan.
      ========================
      5. Di QS.3:59 disebut misal Nabi Isa seperti Adam, apa hal ini hanya karena mereka berdua tidak memiliki ayah? saya kira tidak dan membalikkan konteks menjadi “penciptaan Nabi Adam menjadi semisal Nabi Isa” adalah salah, yang pasti di Al-Quran nama Nabi Adam dan nama Nabi Isa sama tercantum 25 kali dimana tidak ada nama Nabi lain yang menyamainya, jadi bagaimana kalo Nabi Isa diangkat ke langit ke tempat dimana Nabi Adam dulu tinggal, dan Nabi Adam pernah turun dari langit ke bumi dan nanti Nabi Isa jg akan turun dari langit ke bumi? bukankah hal ini lebih menguatkan ayat tsb? dan coba cocokan dengan QS.7:25 dimana Allah berfirman kepada Nabi Adam “dibumi kamu hidup dan dibumi kamu mati”, pada akhirnya Firman tersebut juga berlaku pada Nabi Isa, diturunkan kebumi untuk hidup kemudian mati.

      Komentar:
      Ayat ini menyebutkan Permisalan atau perumpamaan Nabi Isa di sisi Allah seperti Nabi Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian….
      Hilangkan pada penerjemahan depag tanda kurung (penciptaa) –> 59. Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.
      karena tanda kurung itu interpretasi dari penerjemahnya. Orang bisa memiliki interpretasi yang berbeda terhadap ayat ini jika tanda kurungnya dihilangkan.
      Ayat ini dalam pemahaman saya (sekali lagi pemahaman saya yang sangat boleh jadi juga keliru) adalah : Maksud dari ayat ini sama-sama menunjukkan bahwa baik Nabi Adam as maupun Isa as, sama-sama diciptakan dengan perintah :”jadilah” atau lebih populer dengan kata “Kun Fayakun”. Coba lihat dalam ayat sebagai kalimat utuh dari awal sampai selesai. Persoalan mereka berdua tidak memiliki ayah, adalah interpretasi yang dihubung-hubungkan. Ayat itu sendiri tidak menjelaskannya.
      Ayat 7:25 itu jelas benar. Kalau dihubungkan dengan Nabi Isa diasumsikan di angkat ke langit dan tidur nyenyak di sana, maka menyalahi aturan pada ayat ini. Jelas, ayat ini tidak membicarakan orang yang dikembalikan dari tidur (dia alam yang tidak ada penjelasannya di Al Qur’an) ke dunia nyata (seperti penjelasan pada pertanyaan pertama). Namun yang jelas, ayat ini menegasi, berlaku untuk seluruh manusia. Lihat ayat sebelumnya, keberlakuan ini jelas ditunjukkan bukan untuk seorang Nabi Adam saja, tapi semua turunannya. Yang turun ke bumi itu juga bukan hanya Adam, tetapi juga yang lain sehingga kalimatnya :Turunlah kamu sekalian….” (7:124)
      Jadi,
      pandangan yang ada mengenai hal ini, saya menilai lebih bersifat spekulasi cara pandang dari pada apa yang telah dijelaskan oleh Al Qur’an.

      ========================
      6. Turunnya Nabi Isa tidak berarti Nabi Muhammad sebagai penutup nabi menjadi batal karena Nabi Isa bukanlah Nabi lain/baru dan sesuai QS.3:81 Nabi Isa pasti termasuk didalamnya akan mengikuti syariat dari Nabi Muhammad/tidak ada risalah baru dan hal ini sesuai dengan hadis Nabi yang menyatakan jika Nabi Musa ada/hidup di masa beliau maka tidak ada jalan bagi Nabi Musa selain mengikuti Nabi Muhammad.

      Komentar:
      Wah… ini persoalan berbeda, cuma karena saya sama sekali tidak mempercayai tentang turunnya Nabi Isa berdasarkan pengertian saya yang bodoh ini terhadap ayat-ayat Al Qur’an, sekaligus juga sangat meragukan pembahasan dari para ahli apa saja mengenai hal ini. Ya jadi, agak sulit mengomentari hal ini. Hanya jika saya memahami dengan logika terhadap ayat-ayat Allah memang merujuk kepada akan turunnya Nabi Isa, maka saya akan berjuang untuk mengimaninya. Saya takut kepada azabNya. Jadi kalau Mas punya pendapat ini, tentu pula tidak ada larangannya, hanya memang untuk hal ini kita berbeda.
      ========================
      7. Mengenai tugas Nabi Isa membunuh babi yang dikatakan sebagian orang konyol malah saya lihat hadits ini terbukti benar, diabad 20 sampai sekarang ini babi merupakan hewan najis yg paling dimanfaatkan oleh orang nasrani dikehidupannya mulai dari sebagai makanan sampai jadi enzim serum meningitis, cat, peluru, lilin, kertas, mentega, kosmetik, shampo, sabun dll (di http://aneh-ajaib.blogspot.com menyebutkan ada 40 jenis manfaat babi). apa hal ini karena babi sangat bermanfaat dari binatang lain yang ada dibumi? ….. (dipotong ya, biar nggak kepanjangan)

      Komentar:
      Gubrak… terus terang lucu tenan ini, Nabi Isa membunuh babi…. Semua Nabi ini pada intinya selalu berfokus pada tauhid, tidak pernah ada Nabi yang ditugasi spesifik seperti ini. Apalagi ini tidak ada sama sekali di Al Qur’an… Piye toh. Saya sependapat dengan awal kalimat pertanyaan mas : Memang Konyol. Sama membingungkannya dengan “mematahkan salib”. Jelas kata ini sangat multi interpretasi dan kenapa harus dipatahkan. Ada-ada saja….

      Oh ya, saya pernah postingkan mengenai Keistimewaan Babi, juga dipostingan ini : http://haniifa.wordpress.com/2012/09/15/agama-syiah-mengorbankan-syariat-islam-demi-toleransi/

      Ayat 3:55 sangat jelas diakhiri dengan kata : …lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya.
      Jadi, tunggulah sampai saatnya tiba, ketika Allah memutuskan tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih.

      ========================
      8. Di QS.5.110 Allah mengajarkan Al-Kitab, hikmah, Taurat dan Injil kepada Nabi Isa, jika kita tidak persempit arti diatas maka tidak menutup kemungkinan Al-Kitab disini bisa berarti Al-Quran, dan bagaimana caranya Nabi Isa bisa mempelajari Al-Quran?

      Komentar:
      Subhanallah, betapa banyak keistimewaan yang telah diberikan Allah kepada Nabi Isa.
      Kalau kalimat jika kita tidak persempit arti kata di atas tidak menutup kemungkinan Al-Kitab disini bisa berarti Al-Quran. Pernyataan ini terdengar aneh. Yang jelas, Al Qur’an menjelaskan dan menegasi apa-apa yang telah terjadi dan menjadi “topik” di masa lalu, masa depan. Pada topik masa lalu (dan ini berhubungan dengan kekinian) yang paling jelas adalah ummat Nabi Isa dari Nasrani sampai munculnya dan garis-garis pembeda yang dijelaskan oleh Al Qur’an.
      Pertanyaan : bagaimana caranya Nabi Isa bisa mempelajari Al-Quran?
      Wah ini aneh mas, tapi kalau pertanyaannya bagaimana orang siapa saja mempelajari Al Qur’an… sepertinya lebih mudah dijawab. :D

      ========================
      7. Dan mengenai cukup banyak hadis shahih yang menerangkan mengenai turunnya Nabi Isa, hal ini cukup untuk menyimpulkan bahwa Al-Quran memang telah menjelaskan secara tidak langsung bahwa Nabi Isa akan turun kembali. Agaknya dari sinilah banyak orang Islam yang melakukan kesalahan dengan melakukan penolakan seluruh hadis dan hanya berpegang kepada Al-Quran dikarenakan anggapan bahwa banyak hadis shahih yang salah/bertentangan dengan Al-Quran.

      Saya melihat Al-Quran dan Al-Hadis seperti kunci dan anak kunci jika kita menggunakan keduanya maka terbukalah segala sesuatu menjadi terang, membuka tabir rahasia, memecahkan teka-teki, Nabi Muhammad adalah penafsir Al-Quran yang terbaik, maka lewat hadislah penafsiran yang baik akan didapat.

      Komentar:
      Betul Mas, buat saya, apa saja yang menyelisihi Al Qur’an, maka tertolak secara otomatis. Tidak perduli sesahih apapun. Apa saja yang oke, tentu saja oke. Saya bukan ahli hadits. Tidak menolak semua hadits, saya lebih bekerja dan berpikir dengan hati dan logika saja. Kalau ada yang diperselisihkan mengenai hal ini, seperti Al Qur’an sampaikan, Allah akan memutuskan kelak di hari Kiamat (hari kebangkitan) tentang apa-apa yang diperselisihkan. Jadi, marilah kita sama-sama menunggu hari itu.

      Nabi Muhammad adalah suri tauladan untuk ummatnya. Al Qur’an adalah kitab yang diwahyukan kepada manusia melalui perantara Nabi Muhammad. Kitab ini dijanjikan Allah terpelihara sampai akhir zaman. Tidak ada jaminan Allah terhadap hadits, atau tafsir ulama dulu dan sekarang jadi sangat jelas bahwa saya harus mengutamakan Al Qur’an untuk dipahami.
      Memahami Al Qur’an itu adalah hidayah Allah, QS 15:19 :”Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya”.
      Al Qur’an adalah cahaya Illahiah. Sifat cahaya adalah menerangi apapun yang disinarinya, tidak perduli objek dan subjeknya apapun. Jarak keterangannya (lumen) adalah seberapa kedekatan sumber dan objeknya.
      Tentu saja, hadits, tafsir ulama, penjelas para ustad adalah alat bantu untuk memahami. Sekali lagi, alat bantu, yang utama adalah kitab Al Qur’annya. Saya harus mengimani Al Qur’an, absolutely. Dengan begitu, saya tidak melihat/mengharuskan absolut apa yang ditulis hadits menjadi seperti kunci dan anak kunci. Al Qur’an dipahami oleh pembacanya dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda.

      Nabi Muhammad adalah penafsir Al-Quran yang terbaik, maka lewat hadislah penafsiran yang baik akan didapat.
      Hadits dikumpulkan dengan berbagai kriteria. Sebagian saya belajar dari padanya, sebagian lagi, akal berpikir saya menolak. Kalau saya keliru, semoga Allah meluruskan pemahamannya, sesuai janjiNya : sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya. Jadi, bisa jadi apa yang saya mengerti saat ini, besok lusa berbeda pula.
      Pernyataan ini menurut saya aneh dan sedikit lebay. Pada masa kenabian, semua orang bertanya kepada Nabi tentang apa yang diwahyukan Allah kepadanya. Namun, tentu saja penafsiran itu sangat variatif dan muncul penafsir-penafsir sains di abad ini yang tidak pernah ada hadits-nya.
      ========================
      Akhirnya teriring salam, balasan komentar ini adalah salah satu cara pandang yang mungkin berbeda. Saya teringat salah satu pesan Nabi di haji wadda :
      …..
      Beliau (SAW) melanjutkan, “Setan menjadi sangat berang mengetahui bahwa tak seorangpun yang tersisa lagi di tanah kalian, yang bersedia mendengar bisikannya, apalagi bersedia mengikuti ajakannya. Namun janganlah kalian lupa, setan akan selalu membuntuti kalian sepanjang waktu. Setan akan selalu berusaha membelokkan jalanmu menuju arah yang melalaikan. Setan tahu persis bahwa dirinya tak dapat mengacaukan urusan-urusan agama kalian. Sungguhpun demikian, setan akan berusaha mengacaukan kalian melalui urusan kalian di bidang lain, dalam wujud bid’ah (hal-hal baru). Maka kalian sendirilah yang harus selalu waspada untuk melindungi diri kalian sendiri dari setan. Bahkan kalian harus tetap waspada dalam urusan sekecil apapun, agar setan tak berpeluang melibatkan dirinya didalam urusanmu yang sepele, dalam rangka menghancurkan pijakan kalian dalam beragama.”
      …..
      salah satu ijtihad saya adalah berjuang untuk mengimani Al Qur’an dalam logika berpikir dan pemahaman dengan segala kebodohannya, mengurangi pemahaman dengan “jika”, “kalau” sepanjang tidak dijelaskan dalam Al Qur’an. Apa yang berbeda, saya tolak. Kalau kemudian saya memahaminya benar, maka pemahaman baru tentu didapatkan….
      Kalau tafsir atau terjemahan tidak “sense”, saya bandingkan dengan yang lainnya. Saya juga sedikit membaca perjanjian lama dan baru, mencoba memahaminya, melihat perbedaannya, melihat persamaannya.
      Yah begitulah, namun, terimakasih untuk pertanyaannya yang membuat saya mengulas kembali catatan-catatan lama.
      Salam, agor

      • :D

      • naldi.amera said

        Terima kasih Mas Agor, blog anda adalah tempat kelima saya memposting pendapat saya tentang kembalinya Nabi Isa namun anda adalah orang yang pertama mau memberi jawaban/berdiskusi, sekali lagi terima kasih.

        1. Tentang QS.3:55 kejadian secara urut sesuai ayat tersebut adalah (1) “mutawaffīka” berasal dari akar kata “ta wa fa” yang berarti : menyempurnakan, memenuhi, menyelesaikan (2) “warafiʿuka” yang artinya menggangkat atau meninggikan, kata tersebut muncul 29 kali di Al-Quran dan tidak ada satupun yang disinonimkan dengan arti “kembali” dan (3) “wamutahhiruka/ memurnikan/mensucikan” (4) menjadikan pengikutnya “fawqa/diatas” orang kafir (5) “marjiʿukum” yang artinya “kembali”, dan
        terakhir (6)”fa-ahkumu” yang artinya menghakimi.
        jika kesimpulan anda bahwa mutawaffika adalah kematian dan warafiuka adalah kembali kepada Allah maka akan tetap ada 2 kali kejadian “kembali” kepada Allah, inikan jadi ganjil!!
        Dan jika Nabi Isa memang menurut anda telah wafat mohon penjelasan anda bagaimana kehidupan Nabi Isa setelah peristiwa penyaliban, karena Al-Quran hanya menjelaskan setelah peristiwa penyaliban adalah selisih paham tentang pembunuhan dan pengangkatan Nabi Isa, karena jika benar Nabi Isa hidup normal dan mati wajar setelah peristiwa itu maka tidak mungkin Al-Quran menceritakan kepada Nabi Muhammad tentang orang-orang yang berselisih paham tentang pembunuhan Nabi Isa seperti tertulis
        di QS.4:157.

        Mengenai QS.6:60 dan QS.39:42 menggunakan kata “yatawaffakum” dan “yatawaffa” yang mempunyai kata kerja yang sama dengan “mutawaffīka” dimana kedua kata itu tidak dapat diartikan mati karena akan membuat arti keseluruhan ayat tersebut menjadi rancuh, namun lebih tepat jika diartikan dengan “memegang” dan di QS.6:2 disebutkan mengenai dua “ajal” dan Qadha Allah yang kemudian dan dua ajal ini diterangkan di kembali di 2 ayat tersebut diatas.

        2. Tentang QS.43:61 menurut saya anda masih belum menjawabnya karena kalo jawaban anda “taurat dan injil juga menjelaskan tentang … dan tentang hari kiamat”, mengapa hanya Nabi Isa yang disebut memberi pengetahuan mengenai hari kiamat sedang Nabi Musa tidak? tidak mungkin Allah menurunkan keterangan sia-sia/sepeleh, pasti ada hikmah dibalik ayat tersebut.

        Dan tentang sebutan Al-Masih sebenarnya bukan sebutan dari orang kafir namun sebutan dari Allah sesuai QS.3:45 karena kejadian yang diterangkan ayat ini lebih dahulu ada dari QS.5:17 yang anda sebutkan, arti Al Masih dalam Al-Quran (bahasa arab) adalah dari kata masaha yang artinya menggosok atau mengusap hal ini karena mukjizat yang diberikan Allah melalui usapan tangan Nabi Isa yaitu menyembuhkan penyakit sopak, menghidupkan burung dari tanah dan lainnya. sedang dalam bahasa Ibrani berarti yang diurapi (diolesi minyak) dan juga bisa berarti juru selamat.
        Jadi Al-Masih adalah gelar Islami Nabi Isa.

        3. Contoh hukum rajam dan dari apa malaikat diciptakan adalah untuk menjawab dalil dari orang yang tidak percaya Nabi Isa akan kembali karena tidak disebutkan secara pasti dalam Al-Quran, tapi mempercayai adanya hukum rajam dan malaikat dan hal-hal besar lainnya yang juga tidak disebutkan secara pasti oleh Al-Quran, inikan namanya double standard.

        4. Di QS.4:159 ini adalah ayat yang terang tidak seperti QS.3:55, QS.6:60 dan QS.39:42 yang untuk memahaminya harus mengetahui banyak ayat lainnya, akar kata, dan juga hadis. Anda tinggal translate langsung dari bahasa arabnya saja, kalo hasil translate di translate lagi pasti menyimpang, hasil akhir ayat ini masih belum terbukti kebenarannya dan hanya bisa menjadi benar apabila Nabi Isa muncul lagi di bumi ini.

        5. Mengenai QS.3:59 sesuai pemahaman anda dan saya memang bisa menunjukkan bahwa baik Nabi Adam as maupun Isa as, sama-sama diciptakan dengan perintah :”jadilah” atau lebih populer dengan kata “Kun Fayakun” tetapi sekali lagi ayat ini terkesan sia-sia/mubazir dan bahkan salah jika hanya dikaitkan persamaannya dengan “Kun Fayakun” karena semua makluk hidup lainnya pertama kali diciptakan tentulah juga dengan “Kun Fayakun” oleh karena itu harus ada lagi persamaan antara Nabi Isa dengan Nabi Adam.
        Silahkan buka link dibawah ini untuk melihat keajaiban penyebutan 25 kali nama Nabi Adam dan Nabi Isa dalam matematika Al-Quran :
        http://www.quranwonders.com/2009/10/21/id/37

        6. Dan Mengenai QS.3:81 ini bukan persoalan berbeda karena orang yang tak yakin kepada kembalinya Nabi Isa menggunakan dalil “Khataman nabiyin” (QS.33:40) sehingga tidak boleh ada nabi lagi setelah Nabi Muhammad, lalu mengapa QS.3:81 ada? tentulah Allah tidak akan berfirman seperti ini jika memang hal ini tidak akan pernah terjadi karena tidak mungkin Allah berfirman yang sia-sia/mubazir.

        Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas pertukaran ilmunya semoga perbedaan yang ada tidak membuat kita melupakan tugas kita untuk selalu berwasiat akan kebenaran dan kesabaran, selamat berjuang semoga Allah memberkahi perjuangan kita.

        Salam.

      • agorsiloku said

        Terimakasih Mas, komentar baliknya tidak panas. Kita santai saja dengan semua perenungan berpikir. Yang namanya berijtihad selalu bisa benar bisa keliru. Ada sedikit tambahan pandangan untuk hal ini :
        1. …ika kesimpulan anda bahwa mutawaffika adalah kematian dan warafiuka adalah kembali kepada Allah maka akan tetap ada 2 kali kejadian “kembali” kepada Allah, inikan jadi ganjil!!.
        Komentar :
        Kenapa ganjil. Kalau kita mati, kita kembali kepadaNya. Langsung kembali kah?. Wallahu a’lam. Namun, sepengetahuan yang agor ketahui, kalau mau dipilah, ya masuk alam transisi yang disebut alam barzah, terus dibangkitkan di hari H, terus masuk pengadilan Allah, terus masuk ditetapkan masuk ke surga atau neraka. Jadi, saya tidak merasa ada keganjilan.
        =====================
        2. Tentang QS.43:61 menurut saya anda masih belum menjawabnya karena kalo jawaban anda “taurat dan injil juga menjelaskan tentang … dan tentang hari kiamat”, mengapa hanya Nabi Isa yang disebut memberi pengetahuan mengenai hari kiamat sedang Nabi Musa tidak? tidak mungkin Allah menurunkan keterangan sia-sia/sepeleh, pasti ada hikmah dibalik ayat tersebut.
        Komentar :
        Seperti kata ayat Al Qur’an, ada yang dikisahkan ada yang tidak. Masa kenabian Nabi Musa as, yang dikisahkan Al Qur’an adalah penuh dengan konflik dan usaha Nabi Musa untuk meyakini tauhid kepada Allah yang esa. Jadi dalam logika berpikir saya, fokusnya tidak pada pengetahuan tentang kiamat. Masih berkutat pada hal-hal yang tanda kutip “lebih primitif”. AQ 28:37 menjelaskan bahwa kembalinya manusia adalah negeri akhirat (Musa menjawab: “Tuhanku lebih mengetahui orang yang (patut) membawa petunjuk dari sisi-Nya dan siapa yang akan mendapat kesudahan (yang baik) di negeri akhirat. Sesungguhnya tidaklah akan mendapat kemenangan orang-orang yang zalim.” ). Sekali lagi, ini pemahaman saya yang amat terbatas ini.
        Di sisi lain, pertanyaan seperti ini tidak akan pernah habis-habis, dan bisa disambung-sambung, bagaimana dengan nabi-nabi lainnya. Bagaimana dengan mujizat-mujizatnya dan seterusnya. Kenapa Nabi Isa bisa menghidupkan orang mati, dengan seijin Allah, tapi mengapa pada zamannya tidak mengeluarkan azab-azab seperti jamannya Nabi Musa. Nabi Isa mujizatnya bersifat “menolong”, sedangkan Nabi Musa mujizatnya bersifat “menghancurkan”. Perbedaan-perbedaan seperti ini dipahami dalam kesejarahan dan kualitas keimanan manusia. Ini logika agor.

        <b?Jadi Al-Masih adalah gelar Islami Nabi Isa.
        Komentar : Astagfirullah. Sampeyan benar, saya keliru membaca pertanyaan Anda. Padahal begitu terang ayat yang menyebutkan hal ini. Dalam AQ, penyebutannya nyaris selalu Al Masih, Isa Putera Maryam atau Al Masih putera Maryam. Penegasan ini, dalam pemahaman saya, karena orang kafir menyebutnya Al Masih putera Allah.
        =================
        3. Contoh hukum rajam dan dari apa malaikat diciptakan adalah untuk menjawab dalil dari orang yang tidak percaya Nabi Isa akan kembali karena tidak disebutkan secara pasti dalam Al-Quran, tapi mempercayai adanya hukum rajam dan malaikat dan hal-hal besar lainnya yang juga tidak disebutkan secara pasti oleh Al-Quran, inikan namanya double standard.
        Komentar :
        Kalau saya tidak menyimpulkan begitu (double standard).
        ==================
        4. Di QS.4:159 ini adalah ayat yang terang tidak seperti QS.3:55, QS.6:60 dan QS.39:42 yang untuk memahaminya harus mengetahui banyak ayat lainnya, akar kata, dan juga hadis. Anda tinggal translate langsung dari bahasa arabnya saja, kalo hasil translate di translate lagi pasti menyimpang, hasil akhir ayat ini masih belum terbukti kebenarannya dan hanya bisa menjadi benar apabila Nabi Isa muncul lagi di bumi ini.
        Komentar :
        Tul, google translate tidak sempurna, namun setidaknya menjadi alat bantu. Kalau saya mau translate Indonesia ke Inggris dengan benar, maka saya juga harus sederhanakan bahasa Indonesianya dengan kaidah-kaidah formal sehingga bolak-balik hasil akhirnya menjadi sama. Tapi, kerap lebih gampang translate begitu sehingga tinggal edit.
        Betul juga, semua ayat yang kurang jelas dipahami, harus mengetahui banyak ayat, akar kata, juga hadits dan tentu saja penguasaan bahasa sumber dan bahasa terjemahan dengan baik dan benar. Kemampuan memahami, kecerdasan, potensi lain tentu saja dibutuhkan pula. Semakin lengkap, tentu semakin baik.

        …. hasil akhir ayat ini masih belum terbukti kebenarannya dan hanya bisa menjadi benar apabila Nabi Isa muncul lagi di bumi ini.
        Komentar :
        Tidak ada komentar, ini kesimpulan “hanya bisa”. Setiap orang punya daya untuk menarik kesimpulan yang berbeda.
        =================
        5…..”jadilah” atau lebih populer dengan kata “Kun Fayakun” tetapi sekali lagi ayat ini terkesan sia-sia/mubazir dan bahkan salah jika hanya dikaitkan persamaannya dengan “Kun Fayakun” karena semua makluk hidup lainnya pertama kali diciptakan tentulah juga dengan “Kun Fayakun” oleh karena itu harus ada lagi persamaan antara Nabi Isa dengan Nabi Adam.
        Komentar :
        Yang saya baru bisa pahami dari pengertian ini teramat sangat sedikit. Jadi, tidak bisa berkomentar lagi terlalu banyak. Ada pikiran, yang dimaksud adalah dari “ketiadaan” menjadi “keadaan”. Ini adalah proses penciptaan pertama, selanjutnya adalah evolusi dan revolusi. Melalui proses pentahapan. Apakah “ketiadaan” menjadi “keadaan” berlangsung terus menerus, wallahu a’lam. Sains, kalau tidak salah ada yang menyimpulkan begitu.

        … karena itu harus ada lagi persamaan antara Nabi Isa dengan Nabi Adam.
        Komentar :
        Ya, bisa jadi, mengapa tidak. Hanya saya tidak berani merujuk untuk menguraikannya.
        ===================
        6. Dan Mengenai QS.3:81 ini bukan persoalan berbeda karena orang yang tak yakin kepada kembalinya Nabi Isa menggunakan dalil “Khataman nabiyin” (QS.33:40) sehingga tidak boleh ada nabi lagi setelah Nabi Muhammad, lalu mengapa QS.3:81 ada? tentulah Allah tidak akan berfirman seperti ini jika memang hal ini tidak akan pernah terjadi karena tidak mungkin Allah berfirman yang sia-sia/mubazir.
        Komentar :
        Kalau saya sih nggak karena alasan ini. Alasan ini, setahu agor antara lain menjadi pembenaran untuk agama Ahmadiyah, yang saya tahu klaimnya amat lengkap. :D
        Sebagain pandangan lain, bisa juga menggunakan alasan ini untuk tidak yakin dan sebagai jawabannya, Ntar kalau Nabi Isa turun, tidak bawa risalah baru dan bla… bla…bla.
        Itu memang bagian dari “seni” mempertahankan pendapat berdasarkan jalinan logika yang disambung-sambungkan. Baik dari yang menyetujui mauupun dari yang menolak. Saya lebih melihat, kalau ini yang menjadi titik tolak persoalan. Semua punya pendapat yang diyakininya benar. Kagak bakalan ada kesamaan karena argumen akan dibalas oleh argumen yang “tidak kalah sengitnya”. Karena itu pula, kerap saya sampaikan dalam masalah ini, apa yang diperselisihkan, tunggu saja waktu sampai Allah menjelaskan. Kurang lebih begitu sejumlah ayat menegasi.
        ======================
        Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas pertukaran ilmunya semoga perbedaan yang ada tidak membuat kita melupakan tugas kita untuk selalu berwasiat akan kebenaran dan kesabaran, selamat berjuang semoga Allah memberkahi perjuangan kita.
        jawab :
        Teriring salam kembali, pesan Mas adalah amanat yang semoga Allah merahmati kami untuk berada selalu di jalanNya. Blog ini bagian dari proses belajar, bukan blog untuk menggurui.
        agor.

  39. [...] Nabi Isa Kembali ke Du…agorsiloku on Hukum Memakan Hewan Pemakan Ba…naldi.amerai on Akankah Nabi Isa Kembali ke Du…zal on Hukum Memakan Hewan Pemakan Ba…Tri Agung Pamungkas on Pusat Pergerakan Lempeng Bumi [...]

  40. herman said

    orang yang beriman dan bertakwa adalah org yang sadar dan tahu benar kodratnya sebagai manusia ciptaan ALLAH…saya adalah seorang yg mengimani ALLAH TRITUNGGAL MAHA KUDUS.agar anda yang mengomentr dalam blog ini bila anda speperti saya harusx tahu benar silsila mc pertama sd mc sekarang.jangan mencela,,,jangan menghujat karena sesungguhx kita tidak ada apa-apax,tidak mpunyai apa-apa,dan tidak bisa berbuat apa-apa!INGAT ADA TERTULIS YANG PUNYA MATA HENDAKLAH IA MENDENGAR,YANG PUNYA TELINGA HENDAKLAH IA MENDENGAR!

    • agorsiloku said

      Terimakasih catatannya Mas, memang saling menghujat tidak ada gunanya sama sekali. Postingan ini pun berkenaan dengan Nabi Isa, salah satu dari nabi dari ummat Islam yang cukup banyak disebutkan dalam Al Qur’an. Sama sekali tidak membicarakan di luar itu. Namun, kadang terlihat diskusi memang sering keluar jalur. Pada batas tertentu saya biarkan, kecuali sudah terlalu kelewatan (menurut anggapan saya) ya… terpaksa di delete saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: